Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Struktur Organisasi & Fungsinya

Pengertian Struktur Organisasi

Pengertian Struktur Organisasi Tahukah anda mengapa kita membutuhkan sebuah struktur organisasi? Karena pada dasarnya jika sudah berbicara tentang manajemen maka tidak akan luput dari pembahasan tentang manusia. 

Fungsinya yang memang memungkinkan orang untuk saling bekerja sama dengan tujuan untuk bisa mencapai hasil dan memungkinkan setiap orang dalam mengembangkan kekuatan dan juga saling melengkapi kekurangan masing-masing.

Pengertian Struktur Organisasi

Secara umum, Struktur organisasi ini adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mendefinisikan hierarki yang ada didalam sebuah organisasi dengan tujuan untuk menetapkan cara sebuah organisasi agar bisa beroperasi, dan membantu organisasi tersebut dalam mencapai tujuan yang memang sudah ditetapkan untuk masa depan.

Struktur organisasi sebagai suatu garis hirarki yang mendeskripsikan berbagai macam komponen yang menyusun setiap bagian di sebuah perusahaan.

Dimana setiap individu ataupun Sumber Daya Manusia yang ada pada ruang lingkup perusahaan tersebut yang kemudian memiliki posisi dan fungsinya masing-masing.

Struktur organisasi ini sendiri juga dibuat untuk kepentingan perusahaan dengan sebelumnya menempatkan orang-orang yang memiliki kompeten sesuai dengan bidang dan juga  keahliannya masing-masing. 

Bagi seorang HRD, dengan adanya struktur organisasi ini mereka bisa dengan mudah mengetahui peran dan tanggung jawab setiap karyawannya.

Maka dari karenanya, dengan menempatkan seseorang ke dalam sebuah posisi yang ada didalam struktur organisasi sesuai dengan kemampuannya juga bisa menjadi patokan HRD dalam menentukan jumlah gaji karyawan bersangkutan nantinya.

Misalnya saja Jika si A pandai dalam bidang pemasaran namun tidak dengan penjualan, sedangkan si B sebaliknya yang pandai dalam penjualan tetapi tidak dengan pemasaran.

Maka kerja sama dari kedua orang tersebut adalah cara yang paling efisien untuk mencapai tujuan tunggal yakni profit. 

Setiap kekuatan tentu punya kegunaan tersendiri didalam sebuah sistem organisasi.

Oleh karena itu, sangat penting rasanya bagi seseorang yang ada di dalam sebuah organisasi untuk memiliki pengetahuan seputar struktur, perilaku, proses, dan juga hasil organisasi. 

Fungsi Struktur Organisasi

Pada dasarnya fungsi struktur organisasi ini bisa berbeda-beda tergantung dari organisasi apa yang dimaksud tersebut.

Namun secara umum terdapat 4 Fungsi Utama Struktur Organisasi seperti yang ada dibawah ini.

  • Memberikan Kejelasan Tentang Tanggung Jawab di Setiap Bagian.
  • Menjelaskan Kedudukan dan Juga Koordinasi Dari Masing-masing Penyusun Perusahaan.
  • Menjelaskan Secara Rinci Bagaimana Jalur Hubungan Antara Masing-masing Hierarki didalam Sebuah Organisasi.
  • Memberikan Uraian Tugas Yang Dibebankan Kepada Masing-masing Bagian Secara Jelas
Nah, Itulah Pengertian Struktur Organisasi & Fungsinya yang bisa admin share pada postingan ini, semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Pengertian Struktur Organisasi & Fungsinya"