Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Penyebab Utama Gempa Bumi

4 Penyebab Utama Gempa Bumi

4 Penyebab Utama Gempa BumiSebelum membahas lebih jauh tentang Penyebab Utama Gempa Bumi, disini admin akan sedikit menjelaskan tentang segalah sesuatu yang berhubungan dengan gempa bumi.

Gempa bumi merupakan getaran ataupun getar-getar yang terjadi di permukaan bumi yang diakibatkan oleh pelepasan energi dari bagian dalam bumi secara tiba-tiba, sehingga bisa mencapitakan gelombang seismik.

Bahaya Gempa Bumi

Sebenarnya ada sejumlah bahaya yang bisa ditembulkan akibat dari gempa bumi ini kepada manusia. Beberapa contoh yang paling gampangnya dan yang paling sering terjadi adalah robohnya bangunan, Terjadi kebakaran, Tanah longsor hingga terjadi runtuhan batuan.

Apakah Bidang Ilmu Pengetahuan Yang Mempelajari Tentang Gempa Bumi

Adapun ilmu yang mempelajari gempa bumi adalah Seismologi, dimana seisme sendiri yang berarti gerakan pada kulit bumi. Sedangkan dalam banyak kasus Seisme ini sendiri biasa disebut dengan gampa bumi atau ilmu yang mempelajari tentang gempa bumi.

Gempa Bumi Menurut Para Ahli

Menurut Noor ( 2005 ) sendiri, gempa bumi merupakan getaran bumi yang terjadi sebagai akibat dari terlepasnya eneri yang terkumpul secara tiba-tibadi dalam batuan yang mengalami deformasi.

Lantas apa sajakah Penyebab Utama Gempa Bumi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut lagsung saja kita bahas lebih jauh dibawah ini.

Pergeseran Lempeng Bumi

Penyebab Utama Gempa Bumi yang paling umum terjadi di seluruh dunia adalah karena adanya pergeseran lempeng bumi.

Pengertian Lempeng Bumi

Lempeng bumi itu sendiri merupakan bagian materi penyusun bumi yang berada di susunan yang paling atas. Umumnya lempeng tersebut memiliki ketebalahan hingga 100km.
Bagian atas bumi itu sendiri terdiri dari lapisan lithosphere yang didalamnya masih terdiri dari bagian atas kerak bumi dan juga mantel bumi yang memiliki sifat kaku.

Fungsi Lempeng Bumi

Adapun fungsi dari lempeng bumi itu sendiri diantaranya adalah:
  • Untuk peneliti mereka bisa mengetahui peristiwa geologi yang pernah terjadi sebelumnya.
  • Tempat sumber daya alam berkumpul seperti gas bumi, tambang minyak bumi dan masih banyak lagi.
  • Fungsi lainnya adalah untuk bisa membantu memprediksi fenomena yang akan terjadi layaknya gampa bumi, tsunnami, gunung meletus dan juga beberapa fenomena alam lainnya.

Jenis-jenis Pergerakan Lempeng Bumi

Sebenarnya jenis dari pergerakan lempeng bumi ini sendiri sangatlah banyak, namun beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Pergerakan Divergen.
  • Pergerakan Konvergen.
  • Pergerakan Transform.
  • Pergerakan Epirogenetik.
  • ergerakan Orogenetik.

Adapun hubungan antara pergerakan lempeng bumi ini sendiri dengan Faktor Utama Gempa Bumi yang sedang kita bahas adalah karena adanya retakan yang kemudian bergerak dengan sangat cepat sebagai akibat dari pelepasan energi yang berasal dari bagian dalam bumi.

Istilah tersebut biasanya dikenal dengna nama Endogen, sedangkan jika yang terjadi adalah sebaliknya, yakni berasal dari bagian luar bumi maka disebut dengan istilah Eksogen.

Pergerakan Magma Gunung Berapi

Selanjutnya Penyebab Utama Gempa Bumi yang terjadi di area gunung berapi adalah karena adanya pergerakan magama gunung berapi itu sendiri.

Pengertian Magma

Magma merupakan bebatuan cair yang beradai di bagian dalam kamar magma, lebih tepat nya berada dibagian bawah permukaan bumi.

Magama yang biasanya kita lihat baik di video ataupun secara langsung merupakan larutan siliki yang memiliki suhu yang sangat tinggi dengan susunannya yang kompleks bahkan bisa dikatakan juga kalau magma tersebut merupakan asal muasal dari semua batuan beku yang ada di bumi.

Perbedaan Magma dengan Lava

Mungkin banyak dari anda yang bertanya apa sebenarnya perbedaan antara magma dan juga lava? Karena kedua kata tersebut sering sekali kita dengar bahkan kita anggap sama saja.

Magma sendiri adalah berupa batuan yang meleleh  dan masih tersimpan dengan sangat baik didalam kantong magma yang berada di bagian dalam kerak bumi.

Sedangkan Lava merupakan magma yang sudah muncul bahkan sudah mengalir ke permukaan bumi akibat dari letusan gunung berapi.

Sedangkan Lahar yang juga sangat umum disebutkan orang adalah berupa lava yang mengalir di permukaan bumi yang sudah tercampur dengan air lumur dan juga batuan.

Asal Muasal Magma

Magma sendiri terbentuk akibat terjadinya pertemuan tara dua lempeng litosfer di dalam siklus batuan.

Akibat dari pertemuan tersebut membuat interaksi antara lempeng yang akan menimbulkan gaya gesekan.

Alhasil yang terjadi adalah peningkatan suhu serta dalam waktu yang berasamaan terjadi peningkatan tekanan di area tersebut.

Magma tersebut yang sejatinya berada dibagian dalam perut bumi bisa naik ke permukaan bumi karena adanya dorongan dari gas yang bertekanan tinggi.

Gas yang memiliki tekanan tinggi tersebutlah yang sedikit-demi sedikit mendorong magma untuk keluar ke permukaan bumi, hingga pada akhirnya kedua unsur tersebut menyembur dengan sangat deras keudara.

Manfaat Magma

Magma tidak selalu membawa mudharat bagi makhluk hidup, karena sebenarnya kita bisa mendapatkan beberapa manfaat dari magma tersebut.

Sebagai contoh yang paling gampang dilihat di kehidupan sehari-hari adalah magma membawa banyak sekali mineral yang berasal dari dalam perut bumi.

Mineral tersebut bisa berupa emas, tembaga, perak, timah dan juga belerang. Selain itu setelah selesai letusan gunung berapi biasanya akan tercipta sumber air panas alami yang sangat umum dijadikan sebagai objek wisata terutama di indonesia.

Adapun hubungan antara pergerakan magma dengan Penyebab Utama Gempa Bumi ini sendiri sebenarnya sudah admin jelaskan diatas.

Dorongan Gas bertekanan tinggi terhadap magma akan menghasilkan letusan besar dan letusan tersebutlah yang menyebabkan terjadi gempa di sekitar letusan gunung berapi tersebut.

Akibat Dari Ledakan Besar

Penyebab Utama Gempa Bumi lainnya selain dari kedua penyebab yang sudah admin sebutkan diatas adalah karena adanya ledakan besar yang terjadi di suatu tempat.

Biasanya ledakan besar tersebut terjadi akibat dari campur tangan manusia itu sendiri. Meskipun memang gempa yang timbul akibat dari ledakan besar tersebut tidak sebesar gempa yang ditimbulkan oleh kedua penyebab yang sudah kita bahas diatas.

Tapi sebenarnya untuk area atau disekitar ledakan tersebut lumayan terasa. Contoh yang paling gampangnya dari ledakan besar ini adalah berupa uji coba senjata nuklir.

Pengertian Senjata Nuklir

Senjata nuklir ataupun bom atom sendiri merupakan jenis senjata pemusnah mssal yang tenaga dari senjata tersebut bersal langsung dari reaksi nuklir dan sudah pasti memiliki daya ledak yang amat sangat tinggi.

Karena pada dasarnya, hanya dengan 1 bom saja senjata tersebut sudah mampu menghancurkan sebuah kota, atau bahkan sebuah daerah di suatu negara tergantung dari dari jenis senjata nuklir apa yang digunakan.

Bahaya Nuklir

Sedangkan untuk bahaya dari senjata nuklir tersebut selain dapat menghancurkan sebuah daerah efek radiasi yang ditimbulkan juga akan sangat lama.

Bahkan bisa mengakibatkan hilangnya sel darah putih di dalam tubuh seseorang jika seandainya orang tersebut terpapar langsung radiasi nuklir.

Seperti yang kita tahu kalau salah satu fungsi dari sel darah putih adalah untuk menciptakan antibodi guna melawan infeksi virus yang ada didalam tubuh kita.

Selain itu, berkurangnya trombosit juga membuat setiap orang an menjadi lebih rawan terhadap pendarahan, masalah kesuburan, serta beberapa penyakit lainnya juga akan muncul seperti penurunan fungsi ginjal, anemia, kataran da juga masalah pada jantung.

Apakah Indonesia memiliki Senjata Nuklir?

Sebenarnya indonesia semdoro sudah mengoperasikan 3 unit reaktor nuklir untuk kebutuhan penelitian lengkap dengan beberapa fasilitas nuklir lainnya seperti fabrikasi elemen bahan bakar nuklir, produksi isotop, pengolahan limbah nuklir dan juga iradiator/akselerator nuklir.

Namun seperti yang kita tahu kalau TPNW secara menyeluruh melakarang segala aktivitas senjata nuklir baik itu pengembangan, pembuatan bahkan kepemilikiannya. 

Hal tersebut mereka lakukan karena penggunaannya dalam konflik tidak sesuai dengan asas-asas kemanusiaan.

Negara Kepemilikan Senjata Nuklir

Berdasarkan lansiran dari laman wikipedia kalau di dunia terdapat 5 Negara yang hak atau kepemilikan senjata Nuklir.

Kelima negara tersebut diantaranya.
  • Amerika serikat.
  • Rusia.
  • Inggris.
  • Prancis.
  • RRC ( Republik Rakyat Tiongkok ).
Sedangkan dari ke 5 negara tersebut ada tiga negara lainnya yang juga pernah melakukan uji coba senjata nuklir yang mana diantaranya adalah sebagai berikut.

  • India.
  • Pakistan.
  • Korea Utara.

Alasan ASEAN Pelarangan Pengembangan Senjata Nuklir

ASEAN sendiri ditetapkan sebagai kawasan yang bebas nuklir. Hal tersebut memang sejalan dnegna tujuan berdirinya ASEAN yakni guna memelihara dan juga meningkatkan perdamaian, kemanan dan juga stabilitas serta guna memperkuat nilai-nilai yang berorientasi pada perdamaian ASEAN itu sendiri.

Akibat Dari Tumbukan Meteor Atau Asteroid

Terakhir Penyebab Utama Gempa Bumi adalah diakibatkan oleh tumbukan benda lagit layaknya Meteor ataupun Asteroid.

Memang dalam beberapa film yang mungkin sudah pernah anda saksikan seberapa besar bencana yang bisa ditimbulkan akibat dari tumbukan meteor ataupun asteroid ini.

Karena selain bisa menyebabkan gempa dengan guncangan yang luar biasa dahsyat, akibat lainnya yang juga beser kemungkinan untuk timbul adalah berupa Tsunnami jika seandainya benda tersebut jatuh ke laut.

Walaupun memang kejadian tersebut sangat kecil kemungkinan untuk bisa terjadi. Tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau kejadian tersebut bisa terjadi kapan pun dan dimana pun.

Beberapa waktu yang lalu sempat beredar kabar Hoaks mengenai asteroid akan menabrak bumi pada 22 Oktober 2022.

Kabar tersebut sempat dihebohkan oleh pengguna media sosial karena seperti yang kita tahu kalau untuk sekarang ini penyebaran informasi terjadi dengan begitu cepat.

Posting Komentar untuk "4 Penyebab Utama Gempa Bumi"