Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Tertinggi di Indonesia

Gunung Tertinggi di Indonesia - Gunung merupakan sebuah bentuk tanah yang menonjol yang berada di bagian atas suatu wilayah atau sekitarnya. 

Gunung sendiri merupakan bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah lain yang ada di sekitarnya. 

Sebuah gunung biasanya memiliki ketinggian yang lebih dengan tingkat kecuraman yang lebih dalam  dari sebuah bukit, tetapi memang tetap ada kesamaaan, dan penggunaannya lebih sering bergantung pada adat lokal. 

Beberapa otoritas bahkan ada yang sampai mendefinisikan kalau sebuah gunung akan memiliki puncak yang lebih dari besaran tertentu.

Sebuah gunung juga biasanya akan terbentuk dari gerakan tektonik lempeng, gerakan orogenik ataupun gerakan epeirogenik. Untuk istilah pegunungan sendiri merupakan kumpulan atau barisan gunung-gunung yang ada.

Jenis-jenis Gunung
Gunung Tertinggi di Indonesia

Sebenarnya ada tiga jenis atau tipe utama dari sebuah gunung yakni berupa Gunung api, gunung lipatan dan juga gunung patahan. 

Ketiga jenis gunung tersebut terbentuk dari lempeng tektonik pada saat bagian dari kerak bumi bergerak, roboh atau bahkan tenggelam. 

Tenaga endogen, pengangkatan isotasi dan juga intrusi magma akan mengangkat lapisan batuan ke bagian atas dan membentuk sebuah dataran yang lebih tinggi dari dataran lain yang berada disekitarnya. 

Ketinggian dari pengangkatan tersebutlah yang akan membentuk bukit, jika bukitnya lebih tinggi dan lebih curam maka akan terbentuk menjadi sebuah gunung. 

Pegunungan utama cenderung terbentuk dalam garis panjang yang menandakan akan batas dan aktivitas dari sebuah lempeng tektonik.

Perbedaan Gunung Dengan Bukit
Gunung Tertinggi di Indonesia

Sebenarnya selain dari yang sudah admin sebutkan diatas barusan, Gunung dan bukit ini punya perbedaan yang lumayan banyak.

Namun, beberapa perberdaan diantaranya adalah seperti yang ada dibawah ini.

Gunung Bisa Mengalami Yang Namanya Erupsi Sedangkan Bukit Tidak Bisa

Perbedaan Gunung dan Bukit yang pertama adalah ada pada aktivitasnya, dimana gunung bisa mengalami yang namanya erupsi yang tidak akan pernah dialami oleh sebuah bukit.

Meskipun memang gunung itu sendiri juga masih dibedakan lagi menjadi dua kategori yakni gunung berapi dan juga bukan gunung berapi. 

Namun meski demikian, yang paling membedakan antara gunung dan juga bukit dari segi aktivitasnya adalah adanya potensi erupsi pada sebuah gunung. 

Erupsi itu sendiri merupakan aktivitas keluarnya magma dari bagian dalam perut bumi yang bisa terjadi pada gunung berapi aktif. 

Sementara itu bukit sudah pasti tidak bisa melakukan erupsi seperti halnya gunung berapi aktif yang admin sebutkan diatas barusan.

Bukit Umumnya Lebih Rendah Ketimbang Gunung

Perbedaan Gunung dan Bukit Selanjutnya adalah ketinggian dari sebuah gunung yang umumnya lebih tinggi ketimbang sebuah bukit.

Karena kalau dilihat dari wujud fisiknya, sangat jelas kalau yang membedakan antara gunung dengan bukit ada pada ketinggiannya. 

Sebuah gunung umumnya memiliki ketinggian yang mencapai hingga 8.000 mdpl dengan angka rata- rata tinggi dari sebuah gunung yang berada di atas 1.000 mdpl. 

Semetara bukit ada yang tidak mencapai 1.000 mdpl. Melihat banyaknya contoh yang terdapat di sekitar kita sekarang ini, sepengetahuan admin hingga saat ini belum ada bukit yang ketinggiannya mengalahkan gunung.

Ukuran Bukit Biasanya Lebih Kecil dari Gunung 

Selain dari kedua Perbedaan Gunung dan Bukit yang sudah admin sebutkan diatas. Ada perbedaan gunung dan bukit lainnya yang bisa anda lihat dari ketinggiannya, fisik gunung dan juga bukit dari bentuknya. 

Umumnya gunung memiliki bentuk yang runcing layaknya sebuah nasi tumpeng. Di pucuk gunung itu sendiri biasanya terdapat sebuah kawah yang menjadi jalan keluarnya magma. 

Sementara bukit biasanya tidak berbentuk runcing seperti sebuah tumpeng melainkan agak memanjang dan tidak terlalu meruncing. 

Walaupun memang, ada juga beberapa bukit yang tidak memanjang dan juga tidak terlalu meruncing, atau bisa dikatakan hanya berbentuk sebuah tonjolan saja. 

Secara umum bentuk bukit biasanya lebih kecil daripada gunung, dengan kelandaian yang lebih landai dari pada gunung dan juga memiliki panjang yang lebih panjang daripada gunung.

Biasanya Gunung Memiliki Kawah Sedangkan Bukit Tidak Memiliki Kawah

Kemudian Perbedaan Gunung dan Bukit adalah adanya kawah pada Gunung terutama pada guung berapi yang masih berstatus aktif yang sangat identik dengan adanya kawah di bagian puncaknya. 

Kawah itu sendiri menjadi jalan keluarnya magma dari dalam perut bumi secara berkala

Kawah tersebut biasanya terdapat di bagian pucuk gunung berapi yang masih aktif. Sedangkan untuk ukuran dari kawah itu sendiri bisa dibilang bermacam- macam, ada yang besar dan ada juga yang ukurannya kecil. 

Kawah tersebut juga sudah pasti memiliki suhu yang panas, sementara itu gunung berapi yang sudah tidak aktif memiliki kawah yang suhunya sudah tidak panas lagi dan umumnya terisi oleh air. 

Sedangkan bukit sendiri berdasdarkan informasi dari banyak sumber tidak memiliki kawah. Bukit tidak memiliki kawah karena memang bukan menjadi tempat keluarnya magma atau bahkan tidak akan bisa bisa mengalami erupsi sama sekali sebelum menjadi gunung.

Puncak Gunung Tidak Memiliki Tumbuhan Sedangkan Puncak Bukit Memiliki Tumbuhan 

Biasanya pada saat berada di ketinggian kita akan dengan mudah menemukan banyak tumbuh- tumbuhan. 

Hal tersebut juga sama pada saat sedang berada digunung. Dimana kita bisa dengan sangat gampang menemukan banyak jenis tumbuhan.

Namun tentu hal tersebut tidak terjadi di semua bagian gunung. Karena di area gunung yang sangat miring atau paling atas kita tidak akan bisa menemukan tumbuhan segampang pada saat kita berada dibagian kaki gunung atau daratan yang datar. 

Di sekitar kawah pun juga kita akan jarang menemukan tumbuhan yang bisa tumbuh dengan baik. 

Berbeda halnya pada saat berada di sebuah bukit terdapat banyak jenis tumbuhan yang bisa tumbuh mulai dari bawah hingga ke pucuk bukit. 

Hal tersebut bisa terjadi karena suhu di puncak gunung yang bisa dibilang panas sehingga tidak mendukung kehidupan tumbuhan. Sementara itu bukit tidak memiliki suhu yang terlanjur panas layaknya di puncak bukit.

Sehingga dengan suhu yang normal tersebut tumbuhan dengan sangat gampang bisa tumbuh.

Dipuncak Gunung Terdapat Banyak Batuan Sedangkat Bukit Tidak

Terakhir Perbedaan Gunung dan Bukit ada pada material yang terdapat di puncak kedua tempat tersebut.

Karena seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau bukit unggul dalam hal tumbuhan, maka lain halnya dengan batuan dan juga pasir. 

Pada saat anda berada di puncak gunung, maka anda akan dengan sangat mudah menemukan bebatuan dan juga pasir.

Berbeda halnya pada saat anda berada di puncak bukit, dimana anda hanya bisa menemukan tanah yang subur dengan tanaman yang tumbuh dengan baik dibagian puncaknya.

Hal tersebut terjadi karena batuan dan pasir itu sendir yang merupakan material yang dimuntahkan gunung pada saat mengalami erupsi. Sementara bukit tidak memiliki batuan dan pasir layaknya yang ada di puncak gunung.

Gunung Tertinggi di Indonesia
Gunung Tertinggi di Indonesia

Bagi kita orang-orang yang tinggal di indonesia baik bukit maupun gunung sudah tidak terasa aneh lagi.

Apalagi di indonesia ini juga punya salah satu gunung tertinggi di dunia yang bahkan punya satu-satunya gletser di indonesia seperti yang akan kita bahas di bawah ini.

Berikut adalah 4 Gunung Tertinggi di Indonesia.

Puncak Jaya ( 4.884 mdpl )

Pada posisi pertama gunung Tertinggi yang ada di indonesia ini ada Puncak Jaya. Dimana Puncak Jaya ini sendiri yang berlokasi di Provinsi Papua.

Gunung Puncak Jaya ini sendiri memiliki ketinggian yang mencapai 4.884 mdpl dan dikenal dengan nama lain yakni Cartenz Pyramid.

Gunung Puncak Jaya ini juga merupakan bagian dari pegunungan Sudirman yang ada di daratan Papua dan bahkan gunung tersebut juga merupakan gunung tertinggi yang di seluruh papua bahkan di Indonesia.

Bahkan sebenarnya Puncak Jaya ini masuk ke dalam daftar tujuh puncak tertinggi dunia. Satu hal yang menurut admin lebih menakjubkan dari Puncak jaya ini adalah anda akan menemukan satu-satunya gletser tropika di bumi Indonesia jika anda bisa sampai ke Puncak Jaya tersebut.

Gunung Kerinci ( 3.805 mdpl )

Selain dari puncak jaya yang sudah kita bahas diatas barusan, ada juga Gunung Tertinggi di indonesia lainnya adalah salah satu gunung yang belum lama ini mengalami erupsi.

Gunung tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah Gunung Kerinci.

Dimana Gunung Kerinci ini sendiri yang berada di Provinsi Jambi dan memiliki ketinggian yang mencapai 3.805 mdpl.

Seperti yang sudah admin singgung barusan kalau gunung kerinci ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang.

Selain statusnya yang masih aktif, Gunung Kerinci ini juga jadi gunung tertinggi yang ada di Pulau Sumatera.

Tidak hanya itu, Gunung Kerinci ini juga menjadi salah satu destinasi favorit bagi mereka para pendaki yang berpengalaman untuk melakukan Tracking.

Gunung Rinjani ( 3.762 mdpl )

Selain dari kedua gunung yang sudah admin sebutkan diatas barusan, masih ada gunung tertinggi lainnya di bumi nusantara kita ini.

Gunung yang admin maksud tidak bukan dan tidak lain adalah adalah Gunung Rinjani yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dimana gunung tersebut memiliki ketinggian yang mencapai 3.762 mdpl. Gunung Rinjani ini sendiri sebenarnya berada di gugusan Kepulauan Nusa Tenggara yang lebih tepatnya berada di Pulau Lombok.

Tentu untuk bisa mendaki Gunung Rinjani ini anda tentu akan membutuhkan skill mendaki khusus agar bisa menapakkan kaki ke puncak Gunung Rinjani ini.

Karena memang medan yang harus anda lalui untuk menggapai puncaknnya yang sangat terjal.

Namun meski demikian, Gunung Rinjani ini tetap menyuguhkan pemandangan alam yang sangat luar biasa dan menjadikannya sebagai salah satu destinasi favorit oleh para pendaki yang ingin melakukan Tracking ke gunung tersebut.

Gunung Semeru ( 3.676 mdpl )

Terakhir Gunung Tertinggi di Indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan ini adalah Gunung yang lagi-lagi belum lama ini mengalami erupsi.

Gunung yang admin maksud tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah gunung semeru atau yang juga dikenal dengan nama lain yakni Mahameru.

Gunung Semeru ini sendiri berada di Provinsi Jawa Timur yang memiliki ketinggian puncaknya yang mencapai 3.676 mdpl dan menjadikan Gunung Semeru ini sebagai gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa.

Gunung Semeru ini juga masih aktif hingga saat ini, dan jika pada saat anda mendengar kata semeru atau mahameru ini terasa familiar.

Admin rasa wajar-wajar saja mengingat Gunung Semeru ini pernah populer karena dijadikan sebagai salah satu tempat syuting film berjudul '5 cm'.

Dimana film tersebut yang bercerita tentang pendakian yang dilakukan oleh sekelompok sahabat untuk bisa mencapai puncak Mahameru.

Posting Komentar untuk "Gunung Tertinggi di Indonesia"