Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh

Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh

Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh - Renang merupakan salah satu jenis olahraga di cabang akuatik yang bisa dikatakan sangat populer di dunia. 

Dimana setiap gerakannya murni dilakukan di dalam air yang membutuhkan koordinasi gerak hampir diseluruh bagian tubuh manusia. 

Sehingga tidak heran kalau olahraga yang satu ini kemudian memberi banyak manfaat bagi tubuah kita, karena memang olahraga tersebut yang menuntut seluruh bagian tubuh untuk selalu bergerak ketika berada di dalam air.

Olah raga Renang ini sendiri masuk kedalam Cabang olahraga air full body workout yang masuk ke dalam kategori kardio, tapi memang bisa digunakan untuk melatih hampir seluruh otot yang ada di tubuh anda.

Jenis-jenis Olahraga Air

Adapun beberapa olahraga air yang bisa anda coba diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Scuba
  • Selam Bebas.
  • Selancar.
  • Kano.
  • Snorkling.
  • Polo Air.
  • Arung Jeram.
  • Aqua Joging
  • dll.

Tujuan Olah Raga Renang

Pada dasarnya setiap orang punya persepsi ataupun tujuan yang berbeda-beda. Namun yang paling umumnya adalah dengan berenang bisa meningkatkan sirkulasi darah di dalam tubuh serta kemampuan tubuh dalam menggunakan oksigen.

Dampaknya tidak hanya terasa pada jantung saja, karena jika anda lakukan secara rutin, olahraga renang ini bisa membantu memelihara fungsi-fungsi organ vital tubuh dan nantinya bisa menurunkan risiko penyakit jantung maupun strok.

Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh

selain dari tujuan olahraga renag yang sudah admin sebutkan diatas, ada sejumlah manfaat lainnya yang bisa anda dapat dari olahraga renang ini.

Namun 4 Manfaat Olahraga Renang Bagi Tubuh diantaranya adalah sebagai berikut.

Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal
Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh

Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh yang pertama yang bisa anda dapat adalah untuk menjaga berat badan anda agar tetap ideal.

Berat badan ideal ideal itu sendiri sebenarnya merupakan berat badan yang dianggap paling menyehatkan bagi seseorang dengan mengacu pada beberapa faktor seperti tinggi badan dan juga massa berat badan itu sendiri. 

Dengan kata lain, berat badan inilah yang nantinya akan memberikan angka maupun harapan hidup yang paling tinggi bagi tubuh anda masing-masing.

Sedangkan Tubuh ideal sendiri adalah tubuh yang memiliki beberapa komposisi seperti lemak tubuh, massa tulang, massa otot, dan juga kadar air yang sesuai dengan bentuk tubuh yang anda miliki masing-masing.

Berat badan ideal akan memberikan beragam manfaat bagi tubuh, diantaranya: Tubuh lebih bugar dan aktif. Tidak mudah terserang penyakit. Sirkulasi darah menjadi lebih sehat.

Berat badan yang ideal sendiri akan memberikan beragam manfaat bagi tubuh anda, yang mana diantaranya: Tubuh jadi lebih bugar dan aktif, Tubuh jadi tidak mudah terserang penyakit, Sirkulasi darah didalam tubuh menjadi lebih baik.

Selain itu, dengan anda melakukan olah raga renang kurang lebih selama 1 jam juga sebenarnya anda sudah bisa membakar 100 hingga 200 kalori yang ada ditubuh anda.

Tapi memang tentu hal tersebut juga harus didukung dengan seberapa efisien anda melakukan olahraga renang tersebut.

Faktor lainnya yang juga menjadi penentu seberapa efisien kalori bisa terbakar di dalam tubuh anda yang juga seberapa rutin anda melakukan olahraga renang tersebut.

Membentuk Sekaligus Menguatkan Massa Otot
Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh

Otot merupakan salah satu bagian dari jaringan lunak yang terdapat di bagian dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai penggerak aktif tulang yang juga bisa jadi sebagai tempat disimpannya cadangan energi untuk tubuh. 

Karena seperti yang kita tahu, kalau tubuh manusia sendiri tersusun dari sekitar 650 jenis otot, bahkan kategori normal untuk massa otot adalah setengah dari total berat badan manusia.

Sebenarnya ada banyak sekali cara membentuk sekaligus menguatkan massa otot anda. Namun 6 Cara diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Fokus dengan latihan fisik.
  2. Melakukan sistem defisit kalori.
  3. Melakukan olahraga interval dengan intensitas yang tinggi.
  4. Rajid melakukan olahraga.
  5. Mengonsumsi makanan yang bervariasi.
  6. Istirahat yang cukup.

Selain itu, Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh lainnya adalah dengan cara membentuk sekaligus menguatkan massa otot seperti yang sudah admin singgung diatas barusan.

Tidak hanya itu, dengan melakukan olahraga renang tersebut secara tidak sadar juga anda sudah menguatkan otot Triceps yang ada di tubuh anda masing-masing.

Bahkan berdasarkan informasi dari beberapa sumber yang admin pantau, dengan berenang secara rutin bisa memberikan peningkatan massa otot tersebut hingga mencapai 23%.

Untuk Melatih Pernapasan Serta Kesehatan Jantung
Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh

Seperti yang kita tahu kalau setiap kita pasti memiliki sistem pernapasan agar bisa tetap melangsungkan hidup. 

Untuk bisa bernapas kita butuh menghidup udara, dimana udara yang berupa oksigen tersebut akan dipompa oleh jantung bersama dengan darah untuk disalurkan ke seluruh tubuh anda masing-masing.

Kegunaan Sistem Pernapasan

Pada dasarnya ada banyak sekali kegunaan dari sistem pernapasan yan terdapat pada makhluk hidup ini terutama pada manusia.

Karena selain untuk bisa bernapas, ada juga beberapa fungsi atau kegunaan lainnya seperti yang ada dibawah ini.

  • Untuk membuat anda bisa berbicara dan mencium bau dari suatu zat.
  • Untuk mengalirkan udara sesuai dengan suhu tubuh dan juga berguna untuk melembabkan tubuh sesuai dengan kondisi dari tubuh anda pada saat hendak di lembabkan.
  • Untuk melindungi saluran udara dari zat-zat berbahaya maupun iritasi.

Organ-Organ Pernapasan Pada Manusia

Dikarenakan manusia ini memiliki sistem pernapasan seperti yang sudah admin sebutkan diatas barusan, tentunya kita selaku makhluk yang bernama manusia ini juga memiliki organ pernapasan yang mana diantaranya adalah.

  • Mulut & hidung.
  • Sinus.
  • Tenggorokan.
  • Trakea.
  • Tabung bronkial.
  • Paru-paru.
  • Diafragma.
  • Tulang Rusuk.
  • Alveoli.
  • Bronkiolus.
  • Kapiler.
  • Lobus paru-paru.
  • Pleura.
  • Cilia.
  • Laring.

Nah, kesemua organ pernapasan tersebut memiliki peran dan fungsinya tersendiri dan harus selalu anda jaga dan juga anda rawat dengan baik.

Salah satu cara untuk merawat organ pernapasan tersebut adalah dengan berolahraga  guna melatih pernapasan serta kesehatan jantung anda.

Dalam hal ini, olahraga yang admin maksudkan adalah olahraga renang. Dimana olah raga yang satu ini yang bisa sangat membantu anda dalam hal sirkulasi darah untuk dikirimkan ke organ-oran lain di seluruh tubuh anda sepserti yang sudah admin singgung diatas tadi.

Bahkan pada sebuah penelitian disebutkan bahwa orang-orang yang rutin melakukan latihan olahraga renang dalam kurun waktu lebih kurang selama 12 minggu.

Mereka memiliki pentingkatan pada jumlah darah yang dipompa atau yang lebih dikenal dengan istilah stroke volume yang bisa mencapai 18% dari kondisi awalnya.

Untuk Menambah Tinggi Badan
Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh

Terakhir Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh anda yang bisa anda dapatkan adalah untuk menambah tinggi badan anda masing-masing.

Kelebihan Orang Tinggi Badan

Sebenarnya ada banyak kelebihan yang dimiliki orang-orang yang memiliki postur badan yang tinggi. Yang mana beberapa diantaranya seperti.

  1. Orang yang postus tubuhnya tinggi umumnya orang tersebut adalah orang yang cerdas.
  2. Jika orang tersebut adalah perempuan biasanya memmiliki resiko diabetes yang lebih rendah.
  3. Memiliki peluang lebih untuk bisa sukses.
  4. Dipercaya lebih kebal terhadap demensia.
  5. Poin pentin lain adalah peluang akan terkena serangan jatung sangat-sangat rendah.
  6. Biasanya orang yang memiliki postur tubuh yang tinggi lebih produktif dan lebih percaya diri.

Tinggi Badan Yang Ideal

Kalau berbicara soal seberapa tinggi seseorang yang ideal untuk saat ini admin bisa katakan relatif. Karena standar tersebut tidak akan berlaku jika anda berada di wilayah yang berbeda yang ada di beberapa belahan bumi.

Namun tinggi badan yang ideal untuk orang-orang asia terutama orang indonesia. Tinggi badan yang ideal dimulai dari 157 cm hingga 175 cm tergantung pada gender dan juga genetik seseorang.

Selain itu tinggi badan seseorang juga bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor lain seperti berat badan seseorang, seberapa bugar atau sehatkah orang tersebut hingga beberapa faktor lainnya yang punya pengaruh serta peranan yang penting menurut admin.

Jika dihitung berdasarkan umur, tinggi badan yang ideal untuk anak usia 1 tahun lebih kurang sekitar 1,5 kali dari tinggi anak tersebut pada saat baru lahir.

Bisa dibilang kalau rata-rata tinggi badan yang ideal untuk anak-anak dengan usia 1 sampai 2 tahun adalah sekitar 80 cm.

Dalam hal ini proses pertumbuhan si anak itu sendiri juga memiliki peranan yang sangat penting dalam hal tinggi badan.

Namun, jika seandainya anda ingin memiliki atau ingin menambah tinggi badan anak atau diri anda masing-masing, anda bisa melakukan beberapa olahraga terutama renang.

Karena ada banyak sekali orang yang bisa menghasilkan tinggi badan yang ideal dan sesuai dengan karakter tubuh mereka masing-masing secara alami dengan cara berenang.

Posting Komentar untuk "Manfaat Olah Raga Renang Bagi Tubuh"