4 Senjata Tradisional Asli Indonesia

Attailah petir - Senjata diciptakan untuk berperang namun senjata juga bisa berfungsi sebagai alat pertahanan diri, indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya yang tersebar di berbagai pulau pasti mempunyai  senjata tradisional tersendiri, dimana masing-masing daerah memiliki keunikannya tersendiri dari sudut senjata khasnya.

Attailah Petir
Pedang
Sebagai orang Indonesia patutnya kita bangga karena mempunyai beragam jenis senjata tradisional, bahkan negara luar sendiri juga banyak yang tertarik dengan senjata tradisionalnya negara kita, dan berikut ini adalah 4 jenis senjata tradisional indonesia berdasarkan daerah asalnya masing-masing.

Golok Dari Betawi
Anda tahu sipitung? Pasti anda tidak asing lagi dengan senjata tradisional yang satu ini, golok merupakan salah satu senjata tradisional indonesia yang berasal dari betawi, selain sebagai senjata tradisional, golok ini sendiri juga digunakan sebagai senjata dalam dunia bela diri pencaksilat yang juga seni bela diri asli dari indonesia.

Dan khasnya orang betawi asli, kebanyakan dari mereka pasti memiliki golok yang di selipkan di pinggang masing-masing.

Keris Dari Jawa
Pulau jawa menawarkan berbagai keunikan yang dimilikinya, begitu juga dengan senjata tradisionalnya yang asalnya dari pulau jawa yaitu keris, bagi orang-orang jawa, keris merupakan sebuah senjata khas yang di berikan secara turun temurun dari generasi ke generasi, tidak hanya sebagai senjata, di budaya orang jawa keris juga dianggap sebagai benda sakti ataupun benda suci.

Banyak orang-orang asli jawa yang menyimpan keris yang selain sebagai koleksi pribadi, namun keris juga befungsi sebagai jimat, untuk panjangnya sendiri itu berbeda-beda, namun pada umumnya itu panjangnya hampir sama seperti pisau, hanya saja bentuknya yang berliku-liku.

Rencong Dari Aceh
Beralih ke ujung pulau sumatra ( Aceh ) Aceh merupakan daerah yang terkenal dengan nuansa islaminya yang kental dan juga kuat, senjata tradisional di masyarakat aceh sendiri tidak lain adalah Rencong, Rencong juga merupakan sebuah senjata tajam yang panjangnya juga menyerupai pisau.

Senjata tradisional ini sendiri memiliki sejarah yang di tanah Aceh, Rencong ini sendiri menjadi simbol bagi pria aceh, terutama pada masa penjajahan belanda, dimana Rencong ini menjadi senjata dalam melawan penjajahan belanda.

Kurambiak Atau Karambit Dari Minangkabau
Masih dari pulau sumatera di tanah minangkabau, senjata tradisional kecil dan keren ini menjadi pusat perhatian dunia untuk sekarang ini, senjata ini menjadi tenar setelah digunakan di film indonesia yang mendunia yang berjudul The Raid yang sudah rilis 2 episode dan sukses menjadi film action terbaik dunia.

Di minang sendiri, kurambiak digunakan sebagai alat untuk mencabut akar dan juga menanak nasi dikarenakan bentuknya yang melengkung yang menyerupai kuku macan, Kurambiak ini menjadi salah satu senjata paling berbahaya jika digunakan sesorang untuk menyerang lawannya, karena bisa membuat luka yang sangat serius.

Senjata tradisional yang satu ini sekarang sudah mendunia, bahkan sudah dikenal hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, Filipina dan masih banyak negara-negara lain nya di eropa.

Itulah 4 senjata tradisional indonesia berdasarkan daerah asalnya masing-masing, pada dasarnya masih banyak daerah lain di indonesia yang memiliki senjata tradisional, namun di postingan ini admin hanya menyebutkan 4 dan selebihnya akan admin buat di postingan selanjutnya.



Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »