4 Senjata Api Canggih Buatan Indonesia

Attailah Petir - Indonesia terkenal akan budaya nya yang sangat beragam, indonesia juga terkenal dengan keramahan penduduknya dan rasa solidaritas masyarakatnya yang tinggi, selain itu, Indonesia juga memiliki pasukan hebat bahkan pasukan kopasus TNI masuk dalam salah satu pasukan terbaik dunia setelah Special Air Service dari Britania raya dan Spetsnaz dari Rusia.
Senjata Api Canggih Buatan Indonesia
Peluru
Selain itu, Indonesia juga memiliki senjata api yang memang diproduksi di tanah air, dan senjata api tersebut di produksi oleh PT.Pindad, beberapa jenis senjata api buatan PT.Pidad bahkan sampai digunakan oleh negara-negara lain dikarenakan beberapa faktor yang menjadi pertimbangan, selain harganya yang murah, tapi memiliki kwalitas yang sangat baik.


Beberapa negara yang memesan senjata api buatan PT. Pindad diataranya adalah Malaysia, Kamboja, Myanmar, Mali, Oman, Filipina, dan juga Afganistan yang dikenal dengan senjata Khas yang di pegang tentara Afganistan yaitu AK-47, tapi dalam hal jarak tembak efektif dan akurasinya harus diakui beberapa senjata api buatan PT. Pindad masih lebih baik dan masih lebih efektif dari AK-47.

Berikut merupakan 4 Senjata Api Canggih Buatan Indonesia:


SS2 ( Senapan Serbu 2 ) V2
Salah satu senjata api canggih yang diproduksi PT. Pindad tidak lain adalah Senapan Serbu 2 atau yang lebih dikenal dengan sebutan SS2, SS2 ini merupakan penerus dari Senapan Serbu 1 yang lebih dulu di produksi, dan SS2 ini merupakan pengembangannya menjadi lebih sempurna, yang menjadi fokus pengembangan SS2 ini dibandingkan dengan SS1 ada pada bagian akurasi dan fokus targetnya.

Tingkat keakuratan target menjadi keunggulan yang paling utama dari SS2 atau senapan serbu 2, Selain itu, SS2 ini juga memiliki bobot yang lebih ringan yang membuat setiap penggunanya merasa lebih nyaman untuk membawa jenis senjata api ini, SS2 ini juga sudah bisa menggunakan Amunisi 54.6 x 45mm dan mampu memuntahkan sebanyak 700 peluru dalam setiap menitnya.


SS4 ( Senapan Serbu 4 ) 
Setelah SS2 yang sudah kita bahas diatas tadi, sekarang kita beralih ke SS4 yang menjadi senjata canggih buatan indonesia yang diproduksi oleh PT. Pindad, SS4 ini merupakan saingan terberatnya salah satu senjata api terbaik dunia dan sangat banyak digunakan di dunia yaitu AK-47 yang berasal dari rusia.

SS4 ini memiliki jarak tembak efektif 600 sampai dengan 800 meter, sedangkan AK-47 hanya memiliki jarak tembak efektif di angka 300 meter saja, jadi dalam hal jarak tembak, SS4 lebih unggul dari AK-47.

SPR2 Kaliber 12,7mm
Senjata api canggih buatan indonesia yang ketiga berasal dari jenis senjata api Hunting yang tidak lain adalah SPR2 Kaliber 12,7mm, walaupun senjata api jenis ini merupakan jenis senjata api penembus baja, tapi hentakan yang dihasilkan oleh senjata api yang satu ini terasa sangat kurang dan tidak sebanding dengan kekuatan dorongan peluru yang dihasilkan, dan itu merupakan sesuatu hal yang baik.


Hal tersebut dikarenakan adanya fitur A Malt Buffer Muzzle Brake, SPR2 Kaliber 12,7mm ini merupakan jenis senjata Sniper dan menjadi salah satu senjata sniper yang paling di incar oleh Sniper dunia dikarenakan peluru 12,7mm nya yang mampu menembus Tank yang berlapis baja sekalipun, jadi bisa dibayangkan seperti apa, dan senjata Sniper yang satu ini masuk kedalam salah satu rekomendasi situs alutsista canggih dunia.

SSBA ( Senapan Serbu Bawah Air )
Yang terakhir senjata api canggih buatan indonesia adalah SSBA atau dengan kata panjangnya Senapan Serbu Bawah Air, senjata api jenis ini merupakan proyek senjata untuk TNI angkatan laut, layaknya amfibi, SSBA ini bisa digunakan baik didarat maupun di dalam air, dan walaupun digunakan di dalam air, performa dari senjata api jenis ini sama sekali tidak akan berkurang.

SSBA ini menggunakan peluru 5,66 x 10mm, dan berat dari senjata apinya sendiri mencapai 4,5kg, jarak tembak efektif dari SSBA ini saat berada di dalam air dengan kedalaman 5 meter di bawah air dengan jarak 20 hingga 30 meter, jadi dengan adanya SSBA ini, akan mempermudah TNI untuk membasmi musuh yang ingin mencoba masuk dari bawah perairan indonesia.

Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »