4 Manfaat Batu Bara

Attailah Petir - Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan sumber daya alam, dimana salah satu kekayaan alam yang dimiliki indonesia adalah batu bara, menurut informasi yang admin kutip dari CNN.com, stock cadangan batu bara yang tersedia di indonesia mencapai 26 Milliar Ton, dan itu merupakan sebuah angka yang sangat fantastis.
Batu bara
Batu bara
Batu bara tersebut tersebar di beberapa pulau di indonesia diantaranya adalah pulau kalimantan, Sumatera, papua dan juga pulau sulawesi. Namun yang disayangkan adalah dengan sebegitu besarnya kekayaan alam di indonesia, masih terdapat sejumlah masyarakat indonesia yang masih kelaparan, tidak mendapatkan pekerjaan setelah selesai dari studynya, dan masih banyak lagi yang belum mendapatkan kesejahteraan.


Harapan dari banyak orang di bumi pertiwi ini adalah terciptanya kesejahteraan bagi mereka selaku orang yang seharusnya mendapatkan haknya. Dibalik banyaknya batu bara tersebut tersimpan sejuta manfaat yang bisa digunakan bahkan sudah di terapkan dalam kehidupan manusia, namun pada postingan kali ini akan coba di ulas 4 Manfaat Batu Bara yang harus diketahui.

Sebagai Energi Pembangkit Listrik
Salah satu manfaat yang paling terlihat dari batu bara ini adalah sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik, selain menggunakan minyak sebagai sumber energi untuk menggerakkan turbin, batu bara juga menjadi salah satu sumber energi untuk pembangkit listrik terutama untuk pembangkit listrik tenaga uap.

Batu bara dijadikan bahan bakar yang dikonversi kedalam bentuk uap panas yang ujung-ujungnya bertujuan untuk menghasilkan energi listrik, indonesia memiliki 10 PLTU yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakar dan mampu menerangi indonesia hingga 48%, sedangkan sisanya barulah berasal dari gas alam, minyak bumi, tenaga angin, panel surya dan juga tenaga air.


Produksi Pupuk Pertanian
Selain digunakan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik, peran lain yang dimiliki oleh batu bara ini adalah sebagai salah satu bahan utama untuk pembuatan pupuk pertanian, tidak banyak orang yang menyangka bahwa batu bara juga bisa berfungsi sebgai salah satu bahan untuk membuat pupuk pertanian dan banyak digunakan oleh masyarakat indonesia sendiri.

Asam nitrat dan juga garam amoniak yang terdapat dalam batu bara adalah komponen yang paling penting dalam pembuatan pupuk pertanian, zat-zat tersebut digunakan untuk  pengolahan sampingan dari sisa pembakaran batu bara, dan hasil yang didapatkan juga sangat luar biasa, hal tersebut terlihat dari hasil panen masyarakat yang begitu melimpah ruah.

Pada Tahun 2014 lalu Universitas Winaya Mukhti atau yang lebih dikenal dengan kampus UNWIM bandung membuat inovasi baru untuk pengolahan limbah batu abu bara yang dikenal dengan istilah Flying Button Ash dalam jumlah yang besar yang dicampur dengan sumber daya alam lokal dan mampu menghasilkan pupuk organik yang padat.


Sebagai Komponen Bahan Sabun
Tidak banyak orang yang percaya bahwa salah satu manfaat yang bisa di dapatkan dari batu bara ini berkaitan dengan bahan yang mereka gunakan setiap hari, memang pada dasarnya bahan untuk membuat sabun adalah minyak kelapa, namun beberapa jenis sabun yang beredar di pasaran saat ini bahan bakunya adalah hasil olahan dari batu bara.

Bahan olahan batu bara tersebut digunakan sebagai zat pelarut dan juga pengikat aroma pada sabun, dan kebanyakan sabun yang beredar di pasaran juga menggunakan olahan batu bara ini sebagai zat pelarut dan juga penguat aroma.


Sebagai Bahan Utama Produksi Baja
Baja merupakan salah satu material yang sangat dibutuhkan di zaman sekarang ini, tidak hanya pada bangunan, baja juga banyak digunakan sebagai salah satu komponen yang harus ada untuk membangun sebuah mesin kendaraan, dikarenakan memang untuk membangun mesin tersebut akan membutuhkan material yang benar-benar kuat untuk menahan panas yang akan dihasilkan oleh mesin nantinya.

Untuk memproduksi baja salah satu bahan baku yang digunakan dari batu bara tidak lain adalah Metarulgi batu bara dari batu bara kokas, karbon dari batu bara mampu menghasilkan panas yang tinggi untuk mendukung produksi baja.

Itulah 4 Manfaat Batu Bara yang bisa admin share kali ini, silahkan di share ke teman-teman yang lain jika memang dirasa penting, Terimakasih dan sampai jumpa pada postingan selanjutnya.



Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »