4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia

AttailahPetirIndonesia merupakan salah satu negara dengan kepulauan terbanyak di Asia bahkan di dunia. Sebagai salah satu negara dengan pulau terbanyak, maka tidak aneh kalau di indonesia ini hidup berbagai mancam jenis hewan dan tumbuhan.

4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia

Karena seperti yang kita tahu kalau tanah air tercinta kita ini punya sumber daya alam yang sangat berlimpah ruah dan punya tingkat kesuburan tanah yang sangat luar biasa bila dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia. Berbicara tentang tanaman yang hidup dan tumbuh di indonesia ini tidak akan ada habis nya, namun tahukah anda bahwa ada beberapa jenis tanaman yang memang hanya bisa tumbuh dengan baik di beberapa daerah di indonesia?

Tanaman-tanaman tersebut seakan sudah menjadi simbol daerah-daerah tertentu di indonesia. Pada postigan kali ini admin akan mencoba untuk menyebutkan 4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia.

Penasaran tanaman-tanaman apa saja? Mari kita ulas satu persatu di bawah ini.

Bunga Bangkai
4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia

Pada posisi pertama Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia adalah Tanaman Bunga Bangkai. Mungkin bagi sebagian besar masyarakat indonesia sudah tidak terasa aneh lagi saat mendengar kata bunga bangkai. 

Menurut Wikipedia, Bunga Bangkai ini merupakan tumbuhan yang berasal dari suku talas-talasan (Araceae) endemik Sumatra, dan dikenal juga sebagai tumbuhan dengan bunga (majemuk) terbesar di dunia.

Untuk Ciri-ciri dari bunga bangkai ini sendiri diantaranya adalah:

  • Warna kelopak merah hati, jingga dan kehijauan.
  • Warna tongkol keungguan serta kuning.
  • Mengeluarkan bau busuk.
  • Tingginya busa mencapai 5 meter dan berdiameter 1,5 meter.
  • Biji berwarna merah.
  • Masa mekarnya 7 hari.

Sebagai salah satu tanaman yang hanya akan tumbuh dengan baik di daratan Indonesia. Bunga bangkai ini sangat mudah ditemukan di beberapa wilayah di indonesia pada musimnya, diantaranya ada di bengkulu dan juga lampung dan untuk tempat tumbuhnya sendiri adalah di area Hutan, ladang-ladang penduduk, pinggir sungai dan juga di area-area pinggir hutan.

Sedangkan jenis dari bunga bangkai ini sendiri juga luamayan banyak, dimana beberapa diantaranya adalah:

  • Amorphophallus titanum.
  • Amorphophallus hewittii.
  • Amorphophallus peoniifolius.
  • Amorphophallus gigas.

Memang tidak akan mudah untuk bisa menemukan bunga bangkai ini, namun setiap orang yang tahu akan tanaman pasti akan mengabadikan momen saat mereka datang ke tempat tumbuhnya bunga bangkai tersebut, karena bunga bangkai ini tidak akan tumbuh setiap saat.

Raflesia Arnoldi
4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia

Selanjutnya Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Subur di Indonesia Adalah Tanaman Rafflesia Arnoldi. Dimana tanaman yang satu ini pada dasarnya hampir-hampir sama dengan Bunga Bangkai yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

Tidak sedikit dari orang indonesia yang menyebut tanaman yang satu ini sebagai tanaman bunga bangkai karena baunya yang sama-sama memiliki bau busuk. Akan tetapi hal tersebut tentu saja berbeda mengingat tanaman yang satu ini yang merupakan tanaman parasit obligat yang terkenal karena punya ukuran bunga yang sangat besar dan bahkan bunga tersebut merupakan salah satu bunga terbesar di dunia.

Sama halnya seperti Bunga Bangkai yang sudah pernah admin sebutkan diatas tadi, Rafflesia Arnoldi ini juga tumbuh pada jaringan tumbuhanyang merambat (liana) Tetrastigma dan tidak punya daun sehingga tidak akan mampu untuk berfotosintesis. Untuk penamaan bunga raksasa ini sendiri tentu tidak akan terlepas oleh sejarah penemuannya yang pertama kali ditemukan pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu (Sumatra), maka dari itu tidak akan terasa aneh kalau tanaman yang satu ini bisa tumbuh dengan sangat baik di wilayah Bengkulu.

Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau jenis bunga yang satu ini, punya bau yang lumayan menyengat layaknya bunga bangkai, maka tidak heran kalau kebanyakan dari masyarakat yang tinggal di sekitar tempat tumbuhnya bunga yang satu ini menyebut Rafflesia Arnoldi ini dengan sebutan bunga bangkai.

Untuk jenis dari Tanaman Rafflesia sendiri ada beberapa jenis tanaman, Berikut adalah jenis-jenis tanaman Rafflesia yang berhasil admin Reasearch:

  • Rafflesia Arnoldii.
  • Rafflesia Bengkuluensis.
  • Rafflesia Gadutensis.
  • Rafflesia Kerrii.
  • Rafflesia Keithii.
  • Rafflesia Hasseltii.
  • Rafflesia Kemumu.

Walaupun bau dari Bunga Rafflesia Arnoldi ini lumayan menyengat layaknya Bunga Bangkai yang sudah pernah admin sebutkan sebelumnya, namun tidak sedikit dari para pengunjung yang berdatangan ke tempat tumbuhnya tumbuhan yang satu ini pada saat bunganya mekar.

Tujuannya adalah untuk menyaksikan langsung bentuk dan keindahan dari tanaman yang satu ini, untuk masalah dari baunya sendiri bisa diatasi dengan menggunakan masker, kebanyakan dari para pengunjung juga mengabadikan momen pada saat mereka berada di dekat bunga Rafflesia Arnoldi ini dengan menggunakan kamera maupun Handphone.

Bunga Edelwis
4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia

Selanjutnya jenis Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan di Indonesia adalah Bunga Edelwis, Bunga Edelwis atau dengan nama lain Anaphalis javanica ini merupakan jenis tumbuhan endemik zona alpina/montana yang tumbuh di berbagai pegunungan tinggi di seluruh Nusantara.

Bagi anda yang tinggak disekitar pulau jawa tentu tidak asing lagi dengan Tanaman yang satu ini, apalagi untuk mereka yang suka Hiking di  Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pasti sudah pernah melihat keindahan dari tanaman yang satu ini, dan bisa dikatakan kalau Bunga Edelwish ini merupakan salah satu bunga paling langka di dunia.

Untuk lokasi tumbuhnya sendiri, berdasarkan informasi yang admin peroleh dari beberapa situs terpercaya di internet, Bunga Edelwish ini bisa tumbuh dengan baik di Tegal Alun (Gunung Papandayan), Alun-Alun Surya Kencana (Gunung Gede), Alun-Alun Mandalawangi (Gunung Pangrango), dan Plawangan Sembalun (Gunung Rinjani).

Sedangkan untuk jenis dari Bunga Edelwish ini sendiri juga ada beberapa jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Anaphalis Javanica.
  • Leontopodium Alpinum.
  • Leucogenes Grandiceps.
  • Bunga Cantigi.
  • Bunga Turuwara.
  • Bunga Verbena

Dikarenakan populasi dari Tanaman Bunga Edelwis ini yang semakin lama semakin berkurang, maka ada baiknya bagi kita yang punya kesempatan untuk memelihara tanaman yang satu ini untuk menjadikan tanaman hias, karena bentuk dari bunga ini sendiri yang lumayan menarik saat dilihat.

Kantong Semar
4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia

Terakhir Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di Indonesia yang akan kita coba bahas pada postingan kali ini adalah Kantong Semar. Kantong Semar atau dalam bahasa inggris nya disebut Tropical pitcher plant ini merupakan jenis tumbuhan karnivora yang punya banyak sekali jenisnya, bahkan saking banyaknya jenis dari tumbuhan ini yang bisa mencapai 130 jenis.

Walaupun tanaman yang satu ini bisa tumbuh di beberapa negara seperti  Republik Rakyat Tiongkok bagian selatan, Indochina, Malaysia, Filipina, Madagaskar bagian barat, Seychelles, Kaledonia Baru, India, Sri Lanka, dan juga di Australia, namun habitat yang paling baik dan paling cocok untuk jenis tanaman yang satu ini adalah di Indonesia.

Seperti yang kita tahu kalau Kantong Semar ini merupakan jenis tanaman yang sangat berguna untuk anda yang memiliki masalah Terlalu banyak serangga di rumah anda. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk menjadikan tanaman yang satu ini sebagai salah satu tanaman Hias dengan tujuan kegunaan yang lumayan banyak.

Sedangkan ciri-ciri nya sendiri juga sangat mudah dikenali, dimana tinggi dari tumbuhan ini yang bisa  mencapai 15 hingga 20 meter untuk spesies-spesies tertentu. Sedangkan pada bagian ujung daun terdapat sulur yang bisa termodifikasi membentuk kantong, yang berguna sebagai alat perangkap untuk memakan mangsanya layaknya serangga, pacet, anak kodok yang masuk ke dalam

Untuk jenis-jenisnya sendiri seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi, Kantong semar ini punya spesies yang sangat banyak, namun beberapa diantaranya adalah:

  • Kantong Semar Menggala.
  • Kantong Semar Slamet.
  • Kantong Semar Bibir Putih.
  • Kantong Semar Guci.
  • Kantong Semar Taji Dua.
  • Kantong Semar Putri Bungsu.
  • Kantong Semar Daun Sompitan.
  • Dll.

Nah, itulah 4 Tanaman Yang Hanya Bisa Tumbuh Dengan Baik di indonesia Yang bisa admin sebutkan pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda, Terimakasih dan Sampai Jumpa.



Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »