Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Motor Terkencang Berdasarkan Power to Weight Ratio

AttailahPetirMotor merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat indonesia saat ini. Motor itu sendiri juga punya jenis dan model yang lumayan banyak, ada motor bebek, motor matic, motor sport dan ada juga motor dari kelas super sport.

4  Motor Terkencang Berdasarkan Power to Weight Ratio

Masing-masing motor tersebut punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing, seperti motor matic yang unggul dari segi kenyamanan dan kemudahan berkendaranya, motor sport yang unggul dari segi tampilannya dan motor super sport yang unggul dari segi kecepatannya.

Namun, beberapa orang menganggap kalau motor tercepat adalah motor yang paling tinggi. Padahal sebenarnya, perhitungan sebuah motor kencang itu dilihat dari sebenerapa ringan motor tersebut dan seberapa besar motor tersebut mampu menghasilkan tenaga ( HP ).

Memang faktor Top Speed juga penting tapi sebenarnya baik di sirkuit maupun dijalanan umum faktor yang paling penting adalah akselerasi dari motor tersebut sekencang apa. Maka dari itu, pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 Motor Terkencang di Dunia Berdasarkan Power to Weight Ratio.

Bagi anda yang pensaran motor-motor manan saja, Langsung saja kita ulas satu per satu di bawah ini.

Ducati Superleggera V4
4  Motor Terkencang Berdasarkan Power to Weight Ratio
Sumber: id.motor1.com

Pada posisi pertama Motor terkencang di dunia berdasarkan perhitungan Power to Weight Ratio adalah motor dari pabrikan Ducati yakni Ducati Superleggera V4. Mungkin bagi anda yang suka mengikuti vlog bikers indonesia baik Den Dimas maupun Dandi Malik Abdullah sudah pasti tahu akan Motor Tercepat di Dunia yang satu ini.

Pasalnya motor buatan Ducati yang satu ini punya keunggulan yang bisa admin bilang sudah mentok untuk saat ini (pada saat pembuatan postingan ini). Selain itu, Ducati Superleggera V4 ini juga merupakan Superbike Limited Edition dari ducati dan menjadi rebutan di pasaran saat ini.

Bagaimana tidak Ducati Superleggera V4 ini hanya diproduksi sebanyak 500 unit saja di dunia dan di indonesia ini sendiri motor yang satu ini hanya kebagian 2 unit. Satu unit di pesan oleh trader terkenal di indonesia yakni Doni Salmanan dan yang satu nya lagi milik salah satu bengkel yang ada di indonesia.

Ducati Superleggera V4 merupakan sebuah Superbike yang sudah menggunakan Full Carbon baik di bagian kap mesin, sasis , Velg hingga ke bagian swing arm nya. Maka tidak heran kalau Superleggera V4 ini punya bobot yang sangat-sangat ringan untuk sebuah Superbike kelas 1000cc yakni hanya 159 kg saja.

Bobot yang ringan tersebut dipadukan dengan tenaga yang besar yangi dihasilkan dari mesin 998cc dengan konfigurasi mesin 900 yang mampu menghasilkan tenaga hingga 234 HP. Dengan bobot yang ringan dan mesin yang bertenaga tersebut maka akan sangat wajar jika Power to Weight Ratio dari Ducati Superleggera V4 mencapai 1.4 HP/Kg nya.

Selain itu, sejumlah fitur canggih untuk sebuah Superbike juga sudah bisa ditemukan pada Ducati Superleggera V4 ini. Dimana diantaranya adalah 

  • Traction Control
  • Ducati Power Launch
  • Ducati Quick Shifter Up & Down (EVO2)
  • Pit Limiter
  • Stearing Dumper
  • Lamp Limiter EVO2
  • modul GPS (yang akan sangat berguna pada saat Ducati Superleggera V4 ini diajak ke sirkuit).

Tidak hanya itu, Ducati Superleggera V4 ini juga punya banyak sekali mode berkendara, ada yang sudah dibekali dengan preset dari pabrik ada beberapa mode berkendara lainnya yang masih bisa di Adjust sesuai dengan keinginan dari masing-masing Calon pengguna tentunya.

Untuk pasaran Amerika Serikat Ducati Superleggera V4 ini dibandrol mulai dari angka 1,4 miliar sedangkan untuk bisa memiliki Superbike ini di indonesia setidaknya anda harus menyiapkan Budget yang tidak kurang dari Rp 5,5 miliar.

Ducati Panigale V4R
4  Motor Terkencang Berdasarkan Power to Weight Ratio
Sumber: Otoasia.com

Selanjuntya motor terkencang di dunia berdasarkan perhitungan Power to Weight Ratio masih dari pabrikan Ducati yakni Ducati Panigale V4R. Dimana Superbike yang satu ini merupakan motor yang digunakan pada ajang balap WSBK, maka tidak akan aneh kalau Ducati Panigale V4R ini meenjadi motor tekencang yang berada pada urutan ke dua di dunia setelah kakaknya yang sudah kita bahas tadi yakni Ducati Superleggera V4.

Sebagai salah satu motor dengan Power to Weight ratio terbesar di dunia, Ducati Panigale V4R ini punya tenaga yang bisa dibilang diatasnya Kawsaki ZX10R dan juga Honda CBR1000RR Fireblade SP dari pabrikan Honda yang menjai motor impian kebanyakan anak muda untuk sekarang ini.

Padahal kalau dilihat dari kapasitas mesin yang digunakan sebenarnya Superbike yang satu ini sama-sama sama saja dengan Ducati Superleggera V4 yang sudah kita bahas tadi, karena sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 998cc yang mampu menghasilkan tenaga 221HP  dengan torsi 112 NM. 

Untuk bobotnya sendiri Ducati Panigale V4R punya bobot yang sedikit lebih berat dari kakaknya yakni 172 kg saja. Namun kalau dilihat dari kelasnya Superbike pabrikan ducati ini masih sangat-sangat ringan untuk sebuah motor yang bersaing di kelas 1000 cc.

Dengan tenaga yang besar dan bobotnya yang ringan tersebut Ducati Panigale V4R ini punya Power to Weight Ratio sebesar 1,28 HP/kg nya.

Tidak hanya itu, sejumlah ducati juga menyematkan sejumah fitur canggih guna mengontrol Ducati Panigale V4R ini, yang mana diantarany adalah.

  • BOSCH Cornering ABS EVO
  • DTC (Ducati Traction Control) EVO
  • DWC (Ducati Whilie Control) EVO
  • DCS (Ducati Slide Control) EVO
  • EBC (Engine Brake Control) EVO
  • Riding Mode
  • Power Mode
  • Auto Tyre Calibration

Dengan segenap keunggulan dan fitur canggih untuk sebuah Superbike, maka akan sangat wajar jika harga yang harus dibayar untuk bia memiliki Ducati Panigale V4R yang dimulai dari angka Rp 2,4 miliar On The Road.

BMW S1000RR M Sport/Package
4  Motor Terkencang Berdasarkan Power to Weight Ratio
Sumber: warungasep.net

Jika pada posisi pertama dan kedua tadi motor terkencang di dunia berdasarkan perhitungan Power to Weight Ratio berasal dari pabrikan Ducati, maka pada posisi ketiga motor tekencang di dunia berdasarkan perhitungan Power to Weight Ratio berasal dari pabrikan BMW.

Mungkin kebanyakan dari orang indonesia hanya tahu kalau BMW merupakan salah satu pabrikan Mobil asal jerman yang menawarkan mobil mewah dengan harga yang bisa dibilang khas nya mobil-mobil eropa. Tapi tidak banyak yang tahu kalau BMW juga memproduksi superbike yang mana salah satunya adalah BMW S1000RR M Sport/Package ini.

Dimana Superbike yang satu ini merupakan salah satu superbike Pabrikan BMW dari varian M yang sudah dibekali dengan performa mesin yang sangat-sangat memumpuni untuk saat ini. Selain itu, BMW S1000RR M Sport/Package ini juga sudah menggunakan Mesin berkapasitas 999cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 207 HP dengan torsi 113 Nm pada putaran mesin 11.000 rpm.

Untuk bobotnya sendiri BMW S1000RR M Sport/Package ini punya bobot yang sedikit lebih berat dibanginkan dengan bobot dari kedua motor yang sudah kita bahas diatas tadi. Yang mana bobot dari Superbike yang satu ini yang mencapai 193 kg.

Walaupun dengan bobotnya yang sedikit lebih berat tersebut, Superbike pabrikan BMW ini masih mampu dengan sangat baik dan Top Speed dari BMW S1000RR M Sport/Package ini juga bisa menyentuh angka 300 Kph (303 Kph).

Untuk urusan Power to Weight Ratio BMW S1000RR M Sport/Package ini punya Power to Wight Ratio sebesar 1,19 Hp/kg nya. Hampir sama dengan motor dari pabrikan Ducati yang sudah kita bahas diatas tadi, ada beberapa bagian dari superbike yang satu ini yang sudah menggunakan carbon yang terkenal akan kekuatannya yang kokoh dengan bobobtnya yang sangat ringan

Selain itu, BMW S1000RR M Sport/Package ini juga sudah dibekali dengan 7 Mode berkendara yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dari setiap Raider nantinya. Mode-mode tersebut adalah.

  • Rain Mode
  • Road Mode
  • Dynamic Mode
  • Race Mode:
  1. Race Pro 1 (Adjustable)
  2. Race Pro 2 (Adjustable)
  3. Race Pro 3 (Adjustable)

Dengan segenap keunggulan yang ditawarkan BMW pada unit BMW S1000RR M Sport/Package ini, maka wajar rasanya untuk bisa memiliki Superbike yang satu ini budget yang harus dipersiapkan mulai dari angka Rp 828 Jutaan pada saat diperkenalkan di ajang IIMS 2019 lalu.

Aprilia RSV4 1100 Factory

4  Motor Terkencang Berdasarkan Power to Weight Ratio
Sumber: Visordown.com
Terakhir Superbike terkencang di dunia berdasarkan perhitungan Power to Weight Ratio adalah berasal dari pabrikan Aprilia lebih tepatnya Aprilia RSV4 1100 Factory. Sebenarnya Superbike asal italy ini punya performa yang baik berkat penggunaaan mesin yang bertenaga dengan bobotnya yang ringan.

Karena kalau dilihat dari ketiga motor yang sudah admin sebutkan sebelumnya, Superbike yang satu ini merupakan motor dengan kapasitas mesin yang paling besar yakni mencapai 1.078 cc. Dengan penggunaan mesin V4 4 Silinder 650 tersebut mampu menghasilkan tenaga hingga 217 HP dengan torsi 122 Nm.

Seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau bobot dari Aprilia RSV4 1100 Factory ini tergolong ringan mengingat kapasitas mesinnya yang sudah diatas 1000cc yakni dengan bobot 204Kg. Dikarenakan tenaga yang terlalu buas dari Motor yang satu ini, maka tidak aneh rasanya kalau Aprilia sudah memikirkan cara untuk mengontrol tenaga yang besar tersebut.

Sejumlah fitur canggih yang berguna untuk mengontrol tenaga dari Superbike yang satu ini yang bisa ditemukan pada Aprilia RSV4 1100 Factory ini diantaranya adalah.

  • APRC ( Aprilia Performance Ride Control )
  • IMU 6 axis dari Bosch
  • Cornering ABS
  • Wheelie control
  • Launch control
  • Up-down quick-shifter
  • Pit limiter dan juga cruise control

Sedangkan untuk Power to Weight Ratio dari Aprilia RSV4 1100 Factory ini mencapai 119 Hp/kg nya. Untuk harganya sendiri hingga pada saat pembuatan postingan ini Superbike yang satu ini dimulai dari angka Rp 553 Jutaan saja.

Itulah 4 Motor terkencang di dunia berdasarkan perhitunga Power to Weight Ratio yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga informasi tersebut bermanfaat untk anda. Terimakasih & Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Motor Terkencang Berdasarkan Power to Weight Ratio"