Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

AttailahPetir Sebelum membeli sebuah Laptop, terlebih dulu anda mempertimbangkan beberapa hal guna menghindari kesalahan apalagi jika anda ingin membeli laptop dengan kondisi bekas.

4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Karena seperti yang kita tahu kalau laptop baru saja masih berpotensi Rusak jika digunakan dengan kurang hati-hati ataupun memang kondisi yang kurang sempurna bawaan dari pabriknya. Maka dari itu ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal terlebih dahulu sebelum membeli laptop bekas tersebut.

Membeli laptop bekas merupakan solusi yang paling tepat bagi anda yang punya masalah dengan budget, tapi membutuhkan laptop dengan performa yang baik yang bisa diandalkan. Maka dari itu, Pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas.

Pahami Kebutuhan Dengan Spesifikasi Laptop
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Dikarenakan laptop yang akan dibeli tersebut nantinya akan digunakan untuk berbagai macam kebutuhan terutama untuk kebutuhan produktivitas, maka ada baiknya untuk memperhatikan Spesifikasi dari laptop tersebut.

Karena performa yang ditawarkan pada laptop tersebut akan sangat bergantung pada spesifikasi dari laptop itu sendiri. Ada orang yang membeli laptop seperti meraba-raba (Asal Sudah Ada),  padahal mereka membutuhkan sebuah laptop yang memang bisa diandalkan guna membantu mempercepat pekerjaan yang sedang mereka kerjakan.

Ada orang yang membeli laptop dengan performa yang terlalu lemot yang sebenarnya mereka membutuhkan laptop dengan performa yang tinggi dan ada juga orang yang membeli laptop dengan performa yang tinggi yang sebenya mereka hanya akan menggunakan laptop tersebut untuk kebutuhan nonton film dan Microsoft Office saja.

Memang hal yang satu ini tidak akan menjadi masalah yang serius bagi mereka yang punya budget yang sangat terbatas. Maka dari itu, ada baiknya untuk memahami terlebih dahulu kebutuhan akan laptop tersebut nantinya digunakan untuk apa.

Jika hanya digunakan untuk sekedar nonton film atau mengetik dokumen saja, maka laptop dengan spesifikasi paling rendah pun seharusnya sudah cukup, berbeda halnya untuk anda yang membeli lapto bekas untuk kebutuhan pekerjaan berat baik itu untuk desain ataupun untuk kebutuhan gaming, maka ada baiknya untuk membeli laptop dengan spesifikasi tinggi.

Karena komponen yang terdapat pada laptop tidak seperti komponen yang terdapat pada Komputer yang kebanyakannya bisa di ganti (Di Upgrade) dengan mudah. Sedangkan part ataupun komponen yang terdapat pada perangkat laptop tidak akan bisa diganti semudah mengganti komponen pada PC, bahkan ada beberapa jenis Ultrabook yang akhir-akhir ini sudah menggunakan part permanen yang seharusnya bisa di Upgrage.

Lakukan Pengecekan Pada Bagian Keyboard & Trackpad
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Keyboard dan juga Trackpad merupakan salah satu bagian yang tidak kalah penting pada sebuah laptop, karena jika Keyboard ataupun Trackpad tersebut bermasalah, maka pengguna akan langsung merasakan dampaknya mulai dari saat pertama kali laptop tersebut dihidupkan.

Memang bagian yang satu ini harganya tidak akan semahal harga layar dari sebuah laptop tapi tetap saja kalau sudah rusak untuk menggantinya membutuhkan budget lebih dari harga laptop yang seharusnya, apalagi jika laptop yang anda beli tersebut merupakan laptop bekas, yang peluang terjadinya masalah pada komponen yang satu ini yang lebih tinggi.

Pada Laptop bekas keyboard maupun Trackpad sering kali bermasalah, untuk bagian keyboard sendiri jika permasalahan yang terjadi adalah beberapa tombol jadi macet, mungkin masih bisa diperbaiki, tapi jika sudah lebih dari 2 tombol yang macet atau bermasalah, maka ada baiknya untuk mengganti Keyboard tersebut.

Sedangkan untuk bagian Trackpadnya, pengguna harus benar-benar merawatnya, karena Baik Trackpad ataupun Mouse pada komputer tidak bisa diperbaiki, kalau pun bisa biasanya harga perbaikannya lebih mahal dibandingkan dengan harga membeli Mouse yang baru.

Maka dari itu, sebelum membeli laptop dengan kondisi bekas, ada baiknya untuk mengecek bagian ini terlebih dahulu guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi nantinya.

Cek Kondisi Layar
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Layar pada sebuah laptop ataupun komputer merupakan bagian yang penting yang harus diperhatikan sebelum seseorang membeli sebuah laptop, apalagi jika laptop yang dibeli tersebut merupakan sebuah laptop bekas.

Karena sepserti yang kita tahu kalau Parts termahal kedua setelah Motherboard (Mesin) pada sebuah laptop tidak lain adalah layarnya.

Selain itu, layar ini juga merupakan salah satu faktor penentu seberapa betah seseorang untuk berada di depan laptop, jenis layar yang diguankan pada laptop tersebutpun punya peran yang penting yang bisa memberikan rasa nyaman dimana pada saat laptop tersebut digunakan nantinya.

Adapun jenis-jenis panel layar yang paling umum dan mudah ditemukan dipasaran saat ini ada 4 jenis yang diantaranya adalah:

  • Twisted Nematic (TN)
  • In-Plane Switching (IPS)
  • Organic Light-emitting Diode (OLED)
  • Vertical Alignment (VA)

Masing-masing jenis panel layar tersebut punya keunggulan dan kekurangnnya tersendiri dan yang pasti harga dari setiap panel layar tersebut juga berbeda-beda.

Maka dari itu, untuk anda yang hendak membeli laptop dalam kondisi bekas, anda tida boleh melewatkan bagian yang satu ini, karena jika layar dari laptop tersebut bermasalah dan harus diganti, maka admin bisa memastikan kalau anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk mengganti layar tersebut.

Maka dari itu, ada baiknya sebelum memboyong laptop bekas yang anda incar tersebut, maka ada baiknya untuk mengecek bagian yang satu ini terlebih dahulu.

Pastikan Semua Port Berfungsi Normal
4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas

Poin terakhir yang harus benar-benar anda perhatikan saat hendak membeli laptop dengan kondisi bekas ada pada bagian port-portnya. Pastikan port-port tersebut berfungsi normal sebagaimana mestinya baik itu port DC in, Port Audio Combo Jack, Port USB Port LAN dan juga Port VGA jika ada.

Karena jika bagian yang satu ini juga bermasalah, maka admin lebih menyarankan anda untuk tidak membeli laptop tersebut, karena akan sangat-sangat susah memperbaikan bagian yang satu ini, apalagi port-port tersebut terhubung langsung ke bagian Motherboard.

Bagi anda yang belum tahu, Motherboard ini merupakan papan induk pada sebuah perangkat komputer atau dengan kata lain Motherboard ini merupakan mesin dari sebuah perangkat laptop. Untuk memperbaiki Port yang bermasalah pada sebuah laptop yang terhubung langsung ke bagian Motherboard dibutuhkan sklill khusus karena tidak bisa Plug & Play layaknya mengganti komponen lain seperti RAM ataupun HDD.

Anda harus bisa menyolder, membaca jalur PCB dan punya pengalaman semacamnya. Karena jika 1 jalur saja terputus atau jika terdapat 1 komponen lain saja bermasalah maka akan sangat suash untuk mendeteksi kerusakan hingga mengganti komponen tersebut.

Maka dari itu, sebelum melakukan Deal dengan penjual laptop yang akan anda beli. Ada baiknya untuk memastikan terlebih dulu Port-port yang terdapat pada laptop tersebut berfungsi sebagai mana mestinya.

Nah, itudia 4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk mereka yang hendak membeli laptop bekas. Terimakasih & Sampai Jumpa pada Postingan selanjutnya.



Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Posting Komentar untuk "4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Laptop Bekas"