Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kelebihan Printer InkTank

AttailahPetir Pada dasarnya yang dimaksud dengan teknologi ink tank pada sebuah printer merupakan  modifikasi printer bawaan dari pabrik dengan tujuan untuk bisa menggunakan tinta dengan kapasitas yang lebih banyak

4 Kelebihan Printer InkTank

Dengan kata lain pengguna printer bisa menggunakan wadah tabung yang bisa ditempelkan langsung  pada bagian luar body dari printer itu sendiri. Hal tersebut bertujuan untuk mempermudah setiap pengguna printer untuk melakukan pengisian tinta dan menghemat biaya cetak nantinya.

Printer Ink Tank ini juga bisa digunakan hampir di berbagai tempat yang memang membutuhkan alat cetak berupa printer untuk mencetak dokumen maupun Foto.

Namun, dikarenakan pada postingan kali ini kita lebih berfokus pada Kelebihan yang dimiliki Printer Ink Tank ini. Maka ada baiknya untuk kita ulik satu persatu dari ke 4 Kelebihan yang akan coba admin jabarkan pada postingan ini.

Penasaran kelebihan Printer Ink Tank apa-apa saja? Langsung saja kita bahas satu per satu di bawah ini.

Penggunaan Tinta Lebih Efisien

Penggunaan Printer Lebih Efisien

Kelebihan yang pertama yang dimiliki Printer Ink Tank tidak bukan dan tidak lain adalah Efisiensi dari penggunaan tintanya. Karena seperti yang kita tahu kalau masalah utama setiap pengguna printer berasal dari poin yang satu ini.

Walaupun memang hal ini tidak akan pernah terjadi pada pengguna printer Thermal. Karena memang printer thermal tidak menggunakan tinta untuk mencetak informasi, melainkan lebih memanfaatkan panas yang dihasilkan printer tersebut untuk menghasilkan cetakan informasi pada jenis kertas khusus.

Sebenarnya harga tinta printer Ink Tank dan printer Ink Jet bisa dibilang mirip-mirip. Namun dikarenakan Printer Ink Tank menggunakan Box Tintanya di bagian luar printer, maka sudah pasti pengguna akan lebih mudah untuk mengisi ulang tinta printer tersebut karena bisa mengisi tinta seperti mengisi air ke dalam botol.

Hal ini akan sangat berbeda dengan jenis Printer Inkjet, yang mana printer Inkjet masih menggunakan sistem pengisian ulang tinta langsung pada baigan Catride.

Dan tidak sedikit orang yang mengalami kegagalan pada saat melakukan isi ulang tinta pada Jenis Printer Inkjet hingga menyebabkan Catride dari Printer Inkjet ini menjadi rusak ( Tidak bisa digunakan lagi ).

Memang ada orang yang bisa mengganti tinta dari Printer Inkjet dengan menggunakan jarum suntik agar catride yang bawaan tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Tapi tidak sedikit orang yang kewalahan dalam hal ini. Karena memang Catride dari printer InkJet ini tidak di desain untuk bisa di isi ulang tinta dengan mudah layaknya Printer InkTank.

Sebagai perbandingan paling mudah untuk dipahami adalah penggunaan 1 botol tinta pada jenis printer InkTank dengan harga Rp 100.000 yang bisa digunakan untuk mencetak dokumen hingga 6.500 halaman pada jenis tinta hitam dan bisa mencapai 5.000 halaman pada jenis tinta berwarnanya di kertas ukuran A4.

Hal ini tentu sangat berbeda jika dibandingkan dengan jenis printer InkJet yang dengan biaya yang sama tapi hanya mampu mencetak 150 hingga 200 halaman saja.

Nah, dari poin yang satu ini tentu kita bisa melihat seberapa jauh perbedaan efisiensi dari kedua printer yang sudah admin jelaskan tadi yakni Printer InkTank dan juga Printer InkJet.

Tidak menggunakan Catride

Tidak Menggunakan Catride

Kelebihan lainnya yang dimiliki printer InkTank yang mungkin tidak banyak orang yang tahu adalah printer tersebut tidak mengandalkan Catride layaknya Pirnter InkJet.

Namun Printer InkTank ini menggunakan Box tinta nya di bagian luar printer dengan memanfaatkan selang tinta yang rapih bawaan dari pabrik printer tersebut. Sehingga akan lebih sempurna dibandingkan dengan printer yang di infus sendiri oleh masing-masing orang seperti yang banyak terjadi sekarang ini.

Bagi yang belum tahu, Catride merupakan tempat penampungan tinta yang ada pada setiap printer ( Printer InkJet ). Dengan adanya benda yang bernama Catride tersebut tentu akan membuat setiap printer InkJet bisa mencetak dengan lebih mudah dan printer Inkjet bisa terlihat lebih rapi dibandingkan dengan Printer InkTank yang menggunakan Box Tinta nya di bagian luar printer.

Tapi hal tersebut tidak belaku pada jenis printer InkTank. Karena pada printer InkTank ini Box Tinta sudah ditempatkan di bagian luar printer dan lebih mengandalkan selang tinta bawaan dari pabrikan masing-masing printer untuk transfer tinta ke bagian dalam printer untuk melakukan pencetakan.

Begitu pula halnya pada saat melakukan pengisian ulang tinta nya. Printer InkTank akan lebih mudah untuk isi ulang tinta dibandingkan dengan printer InkJet, walaupun jika printer InkJet tersebut melakukan prosedur yang seharusnya Penggantian Catride Printer InkJet juga tidak kalah mudahnya.

Walau bagaimanapun sebenarnya bagian yang menjadi kelemahan dari Printer InkJet dibandingkan dengan Printer InkTank ada pada bagian yang satu ini yakni pada bagian Catride.

Karena tidak sedikit pengguna printer InkJet yang mengeluh akan bagian yang satu ini yang paling sering bermasalah, terutama pada saat mereka melakukan pencetakan dalam jumlah yang lumayan banyak.

Lebih Efisien

Lebih Efisien

Tidak sedikit orang yang berpendapat kalau printer InkJet punya kualitas cetakan yang lebih baik dari jenis printer InkTank.

Namun sebenarnya mereka salah besar, karena untuk sekarang ini kualitas cetakan dari kedua jenis printer tersebut bisa dibilang sudah mirip-mirip.

Karena pada dasarnya hanya teknologi peletakan box tintanya saja yang berbeda. Bahkan pada jenis-jenis printer tertentu kualitas cetak dari printer InkTank bisa dibilang jauh lebih unggul dibandingkan dengan printer InkJet.

Selain itu, ada juga yang berpendapat kalau printer InkJet lebih efisien dalam hal biaya, karena harga dari Printer InkJet yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan Printer InkTank.

Tapi pada kenyataannya tidak sedikit orang yang malah tertipu dengan pendapat yang semacam ini. Karena pada dasarnya, meskipun harga dari printer InkTank lebih mahal.

Biaya perawatan printer InkTank jauh lebih murah dibandingkan biaya perawatan printer InkJet. Apalagi pada saat ganti tinta. Dimana printer InkTank bisa dengan mudah mengganti tinta botol tanpa harus ganti Cratride seperti yang sudah pernah admin singgung diatas.

Sedankgan untuk jenis printer InkJet, pengguna diharuskan untuk mengganti Catride setiap kali ganti tinta jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tentu hal ini akan membuat seitap orang yang hendak melakukan pencetakan untuk lebih melakukan penghematan guna mendapatkan hasil seperti yang mereka inginkan.

Walaupun memang harga dari printer InkJet 50% lebih murah ketimban printer InkTank, namun biaya yang harus dikeluarkan untuk tahapan selanjutnya jauh lebih boros ketimbang printer InkTank.

Fiturnya Sudah Lumayan Lengkap

Fiturnya Sudah Lumayan Lengkap

Terakhir kelebihan yang dimiliki printer InkTank yang mungkin tidak banyak orang tahu adalah fiturnya yang juga sudah lumayan lengkap bahkan bisa menyamai fitur dari sebuah Printer InkTank.

Yang mungkin terbanyang dari kebanyakan orang yang ingin memboyong printer InkTank adalah pemangkasan fitur  karena terdapat selang tinta di bagian dalam printer.

Pemangkasan fitur tersebut bisa berupa fitur-fitur yang dibutuhkan dalam keadaan mendadak seperti Scan file hingga Foto Copy.

Pada masa awal-awal peluncuran printer InkTank memang hal semacam ini bisa terjadi. Namun untuk sekarang ini pihak pabrikan printer dari berbagai brand sudah menyematkan fitur lengkap layaknya di beberapa jenis printer InkJet.

Begitu juga hasil cetakannya yang juga tidak kalah berkualitas bila dibandingkan dengan hasil cetakan dari Printer InkJet.

Pengguna masih bisa mendapatkan fitur berupa scan, foto copy hingga Fax di beberapa jenis printer InkTank ini.

Selain itu, ada beberapa jenis printer InkTank yang sudah mendukung print file dengan ukuran kertas yang jauh lebih besar seperti kertas A3.

Maka dari itu, penggunaan printer InkTank untuk sekarang ini sudah bukan lagi hal yang tabu yang harus terlalu diperhitungkan.

Karena dalam beberapa kondisi printer InkTank malah lebih Worth’it ketimbang printer InkJet.

Nah, setelah melirik 4 kelebihan yang dimiliki Printer InkTank ini, admin yakin sebagian besar orang akan lebih memilih untuk menggunakan Printer InkTank dibandingkan menggunakan printer InkJet karena biaya operasionalnnya yang jauh lebih terjangkau.

Semoga apa yang admin sampaikan pada postingan kali ini bisa bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi untuk mereka yang sedang mencari printer yang akan mereka gunakan untuk kebutuhan mencetak dalam jumlah yang lumayan banyak.

Semoga bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Posting Komentar untuk "4 Kelebihan Printer InkTank"