Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Printer Paling Umum Digunakan

AttailahPetir Printer sudah menjadi perangkat wajib bagi mereka para mahasiswa maupun karyawan kantor.

4 Printer Paling Umum Digunakan

Karena seperti yang kita tahu kalau untuk sekarang ini perangkat tersebut sudah sangat-sangat dibutuhkan. Bahkan tidak jarang ada orang yang memang memanfaatkan printer yang mereka miliki tersebut dengan tujuan untuk mendapatkan penghasilan.

Untuk jenisnya sendiri printer tersedia dalam sangat banyak jenis dan model. Setiap jenis dari printer tersebut pasti punya keungggulan dan fusngsi utamanya masing-masing.

Pada postingan sebelumnya kita sudah pernah membahas tentang rekomendasi printer dengan harga yang paling terjangkau di awal tahun 2022 ini.

Maka pada postingan kali ini, admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 jenis printer yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang.

Bagi anda yang penasaran printer-printer mana saja. Mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Printer laser

Printer Laser

Pada posisi pertama printer yang paling umum digunakan oleh kabanyakan orang sekarang ini adalah jenis printer laser.

Sedikit informasi bagi yang belum tahu, kalau printer Laser ini merupakan jenis printer yang menggunakan teknologi cahaya dari sebuah dioda guna mendapatkan partikel-partikel toner dari catride ke bagian kertas.

Tahapan kerja dari printer ini sendiri terbagi menjadi 7 tahap yang secara umum ada tahap pemrosesan gambar raster, pengisian, penulisan, perkembangan, transfer, penggabungan hingga ke pembersihan.

Setiap proses yang dijalankan tersebut pasti punya tujuanya dan kelebiahannya tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis printer lain saat ini.

Jenis printer laser ini sendiri pertama kali dikembangkan oleh Xerox pada tahun 1960-an lalu. Dimana pada saat itu, gagasan untuk menggunakan laser untuk kebutuhan menggambar ataupun mencetak sebuah dokumen ke mesin foto copy pertama kali di pertimbangkan

Walaupun memang, sebagian besar dari Printer laser ini hanya digunakan untuk mencetak dokumen yang monokromnya saja.

Tapi walau bagaimanapun, tetap saja Printer laser ini menjadi printer yang paling banyak digunakan di kantor-kantor dengan dalih efisiensi dari jenis print laser ini.

Adapun beberapa kelebihan yang bisa ditemukan dari Printer laser ini diantaranya adalalah:

  1. Kulitas mencetak teks yang lumayan tinggi.
  2. Kecepatan cetaknya yang kencang.
  3. Bisa digunakan untuk mencetak di berbagai ukuran kertas yang diinginkan.
  4. Punya banyak pilihan yang termasuk Collator dan juga Stapler.
  5. Biaya operasionalnya yang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan printer jenis lainnya.

Sedangkan beberapa kekurangan yang bisa ditemukan pada Printer laser ini diantaranya adalah:

  1. Hasil cetak fotonya yang sangat jelek.
  2. Untuk versi printer warna harganya sangat mahal.
  3. Kebanyakan hasil cetak gambar banyak yang blur.

Jika semua hal yang sudah admin sebutkan diatas tidak menjadi masalah yang admin yakin kalau Printer laser ini merupakan printer yang mampu menolong banyak orang pada kondisi-kondisi tertentu.

Printer Inkjet Bisnis

Printer InkJet Bisnis

Selain dari printer laser, printer lainnya yang juga lumayan banyak digunakan oleh kebanyakan orang dibeberapa tahun terakhir adalah Printer Inkjet Bisnis.

Dimana printer Inkjet Bisnis ini merupakan sebuah printer yang mampu mencetak dengan menggunakan tinta sebagai mana printer-printer yang bisa ditemukan di jasa foto copy.

Sebenarnya printer Inkjet ini sendiri tersedia dalam beberapa varian. Salah satu dari beberapa varian tersebut adalah berupa Printer Inkjet Bisnis.

Sebenarnya printer inkjet ini lebih cocok digunakan untuk kebutuhan Pribadi, karena selain harganya yang sangat-sangat terjangkau. Hasil cetakannya juga tidak kalah baik dibandingkan dengan jenis-jenis printer lain pada umumnya

Adapun beberapa kelebihan dari printer Injet Bisnis ini diantaranya adalah:

  1. Kualitas cetakan fotonya tinggi pada saat menggunakan kertas foto khusus.
  2. Kecepatan cetak yang juga kencang.
  3. Harganya yang terjangkau.
  4. Punya fitur yang lumayan banyak.

Sedangkan untuk beberapa kekurangan dari Printer Inkjet Bisnis ini diantaranya adalah:

  1. Masih kalah kencang bila dibandingkan dengan printer Laser.
  2. Setiap ganti tinta harus ganti Catride ( Kecuali Sudah di Infus ).
  3. Harga cetak untuk setiap halamannya lebih tinggi dibandingkan dengan printer laser.
  4. Tinta bisa luntur jika cetakan belum terlalu kering atau terkena cairan.

Memang, untuk kebutuhan pribadi printer ini masih sangat layak untuk dipertimbangkan. Walaupun sekali lagi Printer Inkjet Bisnis ini memang lebih diperuntukkan untuk kebutuhan bisnis.

Karena pada beberapa merek dan tipe printer yang beredar dipasaran ada yang sudah menggunakan Catride dengan ukuran yang lumayan besar yang mampu menampung tinta dalam jumlah yang lumayan banyak.

Sehingga pengguna tidak perlu mengganti catride terlalu sering.

Printer Dot Matrix

Printer Dot Matrix

Printer yang satu ini mungkin agak terdengar sedikit lebih asing dibandingkan dengan kedua printer yang sudah admin sebutkan diatas.

Karena memang Printer Dot Matrix ini merupakan salah satu jenis printer yang memanfaatkan ketukan mesin guna mencetak dokumen.

Cara kerja sendiri juga lumayan mirip dengan mesin ketik, karena masih memanfaatkan pita dan juga jarum besi untuk bisa menghasilkan tulisan.

Beberapa contoh dari printer Dot Matrix ini diantaranya adalah:

  • Epson LX 310
  • Epson LQ-310
  • Epson LQ 590
  • Epson LQ 2190 
  • Epson LQ-680Pro.

Perbedaan yang paling terasa dari Printer Dot Matrix ini dengan kedua printer yang sudah kita bahas diatas tadi sebenarnya sangat banyak.

Namun, perbedaan yang paling jelas ada pada cara kerja dari masing-masing jenis printer tersebut. Dimana printer Laser lebih berfokus pada pemanfaatkan sinar untuk mencetak.

Printer Inkjet lebih fokus pada tinta dengan dibantu Cratride. Dan Printer Dot Matrix ini lebih memanfaatkan jarum besi untuk menghasikan tulisan seperti yang ada di mesin ketik.

Tapi diluar dari itu semua, Printer Dot Matrix ini punya keungglan tersendiri dan masih ada kalangan-kalangan tertentu yang memanfaatkan jenis printer yang satu ini sebagai alat bantu kerja mereka.

Adapun beberapa kelebihan dari printer Dot Matrix ini adalah:

  1. Pita Printer Dot Matrix jauh lebih murah bila dibandingkan dengan toner untuk jenis Printer Injet dan juga Printer Laser.
  2. Varian dari Printer Dot Matrix ini sangatlah banyak, ada yang menggunakan tinta warna dan ada juga yang hanya Monokrom nya saja.
  3. Untuk varian Printer Dot Matrix warna punya 4 pita karbon khusus yakni Hitam, Biru, Merah dan juga kuning.
  4. Bisa mencetak rangkap dalam 1 waktu.
  5. Bisa mencetak pada ukuran kertas yang lumayan lebar.

Sedangkan beberapa kekurangan dari Printer Dot Matrix ini diantaranya adalah:

  1. Resolusi Cetaknya masih sangat rendah.
  2. Lebih berisik dibading kedua jenis printer yang sudah kita bahas diatas.
  3. Kulitas cetak gambar sangat kurang karena memang Printer Dot Matrix ini lebih cocok untuk kebutuhan cetak dokumen monokrom saja.
  4. Proses mencetaknya sangat lambat.
  5. Warna yang mampu dihasilkan printer ini sama sekali tidak bervariasi.

Printer A3

Printer A3

Mungkin banyak dari anda yang awam dengan jenis printer yang satu ini. Karena memang pada dasarnya, Printer A3 ini merupakan jenis printer yang lebih sering digunakan untuk mencetak dokumen pada ukuran kertas A3.

Biasanya, printer A3 ini hanya digunakan oleh mereka yang membuka usaha percetakan layaknya Fotocopy.

Ukuran kertas A3 itu sendiri adalah 29,7 X 42,0 cm. Atau untuk gambaran yang lebih gampang nya adalah 2 kalinya ukuran kertas A4.

Dipasaran indonesia sendiri ada banyak sekali printer A3 yang memang berasal dari berbagai merk dan tipe yang punya keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Beberapa dari printer tersebut diantaranya adalah:

  1. Epson L1300 Hitam Printer [A3].
  2. Epson L1300 Hitam Printer [A3].
  3. Epson Printer A3+ L1300 - Hitam (Print).
  4. Canon PIXMA iP8770 Photo Printer [A3] dan masih sangat banyak lagi.

Harga dari printer tersebut pun juga sangat beragam, mulai dari Rp 5,9 Hingga 11 juta tergantung model, tipe dan juga fitur yang ditawarkan dari masing-masing printer tersebut.

Dari sekian banyak printer A3 yang beredar dipasaran, ada beberapa printer A3 yang paling umum digunakan untuk usaha. Printer-printer tersebut diantaranya adalah:

  • Epson T1100
  • Canon Pixma IX 6560
  • Brother MFC – J3720
  • Epson L1800
  • Epson L1455
  • Epson Stylus Photo 1390
  • Epson Stylus Photo 1390
  • Canon PIXMA iX7000
  • Canon Pixma Pro 10
  • HP Officejet 7110

Masing-masing printer tersebut punya kelebihan, kekurangan serta fiturnya masing-masing. Semakin banyak fitur yang ditawarkan tentu harga yang harus dibayar juga semakin mahal.

Memang printer tersebut populasinya tidak sebanyak printer-printer pada umumnya yang menggunakan ukuran kertas A4.

Namun di setiap daerah yang punya institusi maupun instansi pasti membutuhkan printer A3 ini.

Nah, itu dia 4 Printer yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang untuk sekarang ini. Sebenarnya kalau membahas tentang jenis-jenis printer masih ada sangat banyak printer lainnya yang masih belum kita ulas.

Mungkin bisa menjadi ulasan pada postingan lain nantinya. Semoga informasih tersebut berguna untuk anda. Terimakasih & Sampai jumpa pada postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Printer Paling Umum Digunakan"