Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas

4 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas  Pada saat hendak membeli sebuah barang, kita semua dituntut untuk bisa memilih barang yang akan kita beli tersebut.

4 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas

Hal tersebut perlu dilakukan guna mendapatkan barang akan dibeli sesuai dengan ekspektasi.

Begitu pula halnya dengan membeli printer, terutama jika printer yang akan anda beli tersebut adalah sebuah printer bekas.

Tentu akan sangat menjengkelkan jika setelah membeli printer tersebut kita harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk memperbaiki printer bekas yang baru saja dibeli.

Maka dari karenanya, ada beberapa Tips yang mungkin bisa menjadi referensi bagi setiap orang yang hendak membeli printer dengan kondisi yang bekas.

Pada postingan kali ini, admin coba untuk membeberkan 4 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas. Bagi anda yang penasaran Tips nya apa-apa saja, mari kita ulas satu persatu dibawah ini.

Periksa Kelengkapan Printer

Periksa Kelengkapan Printer

Yang pertama dan yang paling utama yang harus anda lakukan pada saat hendak membeli barang dalam kondisi bekas adalah mengecek semua kelengkapan dari perangkat tersebut.

Hal tersebut juga berlaku untuk printer bekas yang akan anda beli ini. Dimana perangkat-perangkat bawaan tentu punya peranan yang sangat penting dalam menunjang penggunaan printer bekas tersebut nantinya.

Pastikan semua barang bawaan dari printer yang anda beli ini masih tersedia baik itu berupa Kabel Power, CD Driver, Manual Book hingga kotak bawaan jika masih tersedia.

Walaupun 2 item terakhir seperti manual book maupun CD Driver tidak terlalu penting karena bisa dipelajari di internet.

Begitu pula dengan CD Drivernya, karena untuk beberapa tahun terakhir ini. Software dari sebuah perangkat memang sudah dibekali di dalam paket penjualan pada saat membeli barang dalam kondisi yang baru.

Tapi developer dari perangkat tersebut juga sudah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi tersebut, yakni dengan memberikan driver maupun sofware perangkat yang dibeli tersebut secara gratis di internet.

Namun untuk untuk Item seperti kabel power sebaiknya menggunakan kabel power bawaan, karena perangkat tersebut merupakan perangkat yang berbentuk fisik.

Yang mana jika perangkat yang berbentu fisik tersebut rusak bahkan hilang. Maka besar kemungkinan akan sangat repot untuk mencari unit Ori nya.

Maka dari itu, Cek dan Pastikan kelengkapan dari printer yang akan anda beli tersebut agar nantinya Printer yang akan dibeli bisa langsung digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk membeli perangkat tambahan yang sudah tidak tersedia atau bahkan rusak.

Periksa Kondisi Printer

Periksa Kondisi Printer

Tips kedua yang bisa anda terapkan pada saat hendak membeli printer dengan kondisi bekas, adalah dengan memeriksa kondisi dari printer tersebut.

Hal ini perlu dilakukan guna mengantisipasi kerusakan parah dari printer yang akan anda beli tersebut. Karena akan sangat repot jika baru membeli printer walau statusnya adalah bekas tapi kondisinya tidak layak pakai.

Cara untuk mengetahui printer tersebut masih layak untuk digunakan sebenarnya akan berbeda dari setiap orang. Namun untuk admin pribadi, admin akan menghidupkan printer tersebut terlebih dahulu.

Pada saat printer tersebut sudah hidup, biasanya setiap printer akan melakukan kalibrasi dengan cara menggeserkan Catride ke arah samping kiri dan samping kanan.

Pada saat tersebut, kita bisa memperhatikan akan suara dari printer yang kita coba beli ini apakah terdapat suara yang aneh-aneh? Apakah ada suara yang berdecit? Atau bahkan muncul suara yang lebih parah yang tidak sewajarnya terjadi pada sebuah printer.

Jika terdapat suara-suara aneh baik itu berdecit atau sejenisnya, maka ada baiknya untuk melakukan negosiasi kembali dengan sipenjual, karena besar kemungkinan kalau ada beberapa komponen pada printer tersebut yang sudah karatan atau bahkan sudah Aus.

Dan jika terlalu anda paksakan untuk anda beli, maka tidak menutup kemungkinan kalau nanti kedepannya anda masih harus mengeluarkan biaya yang lebih untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Maka dari karenanya, sebelum hal tersebut terjadi ada baiknya untuk mengantisipasi hal tersebut terlebih dahulu.

Lakukan Pengetesan Print

Lakukan Pengetesan Print

Poin yang satu ini hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang melakukan belanja secara Offline, karena tidak akan mungkin untuk melakukan pengetesan secara langsung pada sebuah print jika kita belanja secara Online.

Walaupun memang pada saat belanja online semua keterangan tentang printer yang akan kita beli sudah tertera pada kolom deskripsinya.

Tapi tidak sedikit dari tulisan-tulisan tersebut hanya sekedar tulisan semata yang pada kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang tertulis pada kolom tersebut.

Maka dari karenanya ada baiknya untuk melakukan pengetesan Printer bekas yang akan dibeli secara langsung untuk mengetahui secara pasti kondisi dari Printer yang akan dibeli.

Karena biasanya, kesan berbelanja secara Offline akan sangat berbeda dengan kesan berbelanja secara Online. Bahkan ada beberapa hal yang hanya bisa dipastikan dengan cara berbelanja secara Offline yang sebagai salah satu contohnya adalah memberli printer bekas dengan kualitas yang baik.

Bahkan anda bisa tahu kualitas cetakan dari printer yang akan anda boyong tersebut seperti apa, apakah masih sesuai dengan ekspektasi anda sebelum membeli atau jauh dari bayangan anda tentang kondisi dari printer yang akan anda beli tersebut.

Tawarkan Harga Sewajar Mungkin

Penawaran Harga

Terakhir Tips yang bisa anda terapkan pada saat hendak melakukan Deal dengan si penjual printer adalah melakukan negosiasi dengan harga yang sewajar mungkin.

Sewajar mungkin yang admin maksudkan disini adalah serendah mungkin dalam konteks yang masih wajar. Jangan menawarkan harga yang tidak masuk akal baik itu terlalu murah ataupun terlalu mahal.

Karena ada sebagian orang yang melakukan penawaran harga barang yang mereka ingin beli dengan harga yang tidak sewajarnya.

Bahkan sampai-sampai ada diantara mereka yang menawarkan harga dengan diskonan hingga 80% dari harga dasar. Memang pembeli sah-sah saja menawarkan harga semau mereka, tapi tentu hal tersebut akan membuat si penjual merasa jengkel yang bahkan tidak akan merespon lagi tawaran dari si pembeli tersebut.

Maka dari itu, tawarkan harga sewajarnya saja. Cek kondisi dari printer yang akan dibeli, tanyakan berapa bukaan harga dari printer tersebut.

Tawarkan dengan harga sesuai dengan kondisi dari printer itu sendiri. Jika kondisinya masih 90% bahkan lebih. Maka tidak ada salahnya untuk menawarkan harga dengan diskon 10 hingga 20% saja.

Namun jika kondisi dari printer tersebut banyak yang sudah bermasalah tapi penjual hendak menjual printer tersebut dengan kondisi yang apa adanya. Maka sah-sah saja untuk menawarkan harga yang masuk akal.

Hitung-hitung biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki parts yang bermasalah tersebut masih lebih murah jika dibandingkan dengan harga membeli printer baru

Tapi semua kembali lagi ke preferensi dari anda masing-masing, apakah ingin melanjutkan Deal printer tersebut atau memang lebih memilih untuk mengambil unit barunya saja karena memang resikonya yang tidak sepadan dengan harga yang harus dibayar.

Nah, itulah 4 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini.

Harapan dari admin pribadi adalah agar bisa menjadi referensi untuk anda dan mereka yang hendak membeli printer tapi budget yang dimiliki pas-pasan yang tidak akan mungkin membeli printer dengan kondisi yang baru.

Semoga informasi tersebut bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa Pada Postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Tips Membeli Printer Bekas Berkualitas"