Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

AttailahPetir Emas merupakan salah satu jenis mineral yang sangat berharga bagi kebanyakan orang di berbagai belahan dunia.

4 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia

Dalam ilmu kimia, emas termasuk kedalam unsur logam dengan nama ilmiah Aurum atau disingkat dengan “Au”.

Beberapa fakta menarik tentang emas yang mungkin tidak banyak orang tau diantaranya adalah:

  1. Emas tidak murni berasal dari dalam bumi melainkan berasal dari meteorit yang menabrak bumi sekitar 4 miliar tahun yang lalu.
  2. Emas merupakan satu-satunya logam yang murni berwarna kuning dan menjadi pembeda dengan logam lainnya yang ada di muka bumi.
  3. Emas punya sifat yang sangat elastis, hal semacam ini terbukti dengan 1 Once atau sekitar 28 gram emas yang bisa ditempa menjadi benang sepanjang 8 km.
  4. Emas tidak akan pernah berkarat dan tidak akan bereaksi dengan unsur lainnya dan menjadikannya sebagai logam mulia.
  5. Emas juga bisa didapat di lautan, tapi sayangnya emas tidak dapat dipisiahkan dari campurannnya atau diektraksi karena memang wujudnya yang terlalu encer.
  6. Istilah Fool’s Gold yang berarti emas palsu hanya ditunjukkan untuk unsur lain yang mirip dengan emas yakni pirit.
  7. Terjadinya gempa bumi ternyata bisa menciptakan kilang Emas, hal ini terjadi pada saat air pada patahan bumi menguap dan menciptakan Kristal Emas.

Sebenarnya masih ada sangat banyak lagi fakta menarik tentang emas ini yang masih belum kita bahas dan mungkin bisa menjadi pembahasan kita pada postingan selanjutnya.

Indonesia sendiri sebagai salah satu negara yang sangat kaya akan sumber daya alam terutama dari bidang mineral.

Ada beberapa daerah di indonesia yang menjadi penghasil emas dalam jumlah yang lumayan besar dan 4 diantaranya akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Bagi anda yang merasa penasaran daerah tersebut dimana saja, mari kita bahas lebih jauh di bawah ini. Berikut adalah 4 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia.

Papua

Papua

Sudah bukan rahasia lagi kalau bagian paling timur dari indonesia ini punya segudang kekayaan alam yang sudah sejak lama di eksplore.

Namun sayangnya, walaupun kekayaan alam dari daerah tersebut diambil. Tidak semua penduduk di daerah papua ini merasakan dampaknya, bahkan tidak sedikit yang bisa dibilang jauh dari kata makmur.

Ada beberapa fakta menarik tentan papua ini yang mungkin belum banyak orang yang tau. Yang mana beberapa diantaranya adalah:

  • Penduduknya yang sangat beragam.
  • 1/5 bahasa di dunia ada di papua.
  • Papua merupakan saksi bisu Perang Dunia II.
  • Mop menjadi budaya Humor Khas Papua.
  • UNESCO sudah mengakui Noken sebagai warisan budaya dunia.
  • Papua juga punya batik khas nya tersendiri.

Dari beberapa faktu unik tersebut. Sebenarnya masih ada fakta menarik lainnya yang mungkin bisa membuat setiap orang menjadi tercengang.

Karena seperti yang sudah pernah admin singgung tadi kalau papua ini merupakan penyumbang emas terbesar di indonesia.

Berdasarkan laporan tahunan dari Freeport McMoran. Tambang freeport yang ada di papua ini memiliki cadangan emas sebesar 28,2 juta ounce, atau lebih kurang sekitar 881,25 tondan 14,5 juta ton tembaga.

Maka sangat wajar kalau ada pihak-pihak tertentu yang sangat tertarik dengan daerah yang satu ini yakni papua.

Tidak hanya itu, salah satu tambang emas terbesar dunia juga ada di Papua yang tidak lain adalah Tambang Emas Grasberg.

Nusa Tenggara Barat

Nusa Tenggara Barat

Selanjutnya Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini adalah Nusa Tenggara Barat atau NTB.

Nusa Tenggara Barat ini sendiri merupakan salah satu provinsi yang berada di Nusa Tenggara yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa dan juga Laut Flores di bagian sebelah Utara.

Samudera Hindia di bagian sebelah selatan, Selat Lombok dan Provinsi Bali di bagian sebelah barat, Selat Sape dan Provinsi Nusar Tenggara Timur di bagian sebelah Timur nya.

Sebenarnya terdapat sangat banyak pulau-pulau kecil yang mengitari Nusa Tenggara Barat ini, yang mana lebih kurang terdapat sekitar 378 pulau. 

Namun tidak semua dari pulau tersebut berpenghuni, karena sebagian besarnya hanya dijadikan sebagai Objek Wisata saja, layaknya Pulau Moyo, Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air dan juga masih banyak lagi pulau-pulau lainnya.

Pada tahun 2019 lalu, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Nusa Tenggara Barat mencatat sebanyak 24 Perusahaan Pertambangan Mineral Logam yang masih beroperasi di Nusa Tenggara Barat ini.

Sebagian besarnya beroperasi di Pulau Sumbawa, meskipun ada juga yang beroperasi di Pulau Lombok. Sedangkan pada tahun 2020 lalu kembali ditemukan cadangan emas di wilayah Dompu yang menyerap tenaga kerja hingga 600 orang.

Nanggroe Aceh Darussalam

Nanggroe Aceh Darussalam

Selain dikenal akan Agama Islamnya yang kuat, Aceh juga merupakan salah satu Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia.

Aceh ini sendiri merupakan sebuah provinsi yang berada di ujung barat pulau Sumatera. Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi, kalau Aceh merupakan Salah Satu Daerah yang punya pengaruh Agam dan juga Kebudayaan Islam yang begitu kental.

Sehingga tidak akan terasa aneh kalau Aceh di sebut sebagai Daerah Serambi Mekkah. Menurut Catatan Sejarah, Aceh merupakan tempat pertama kali Masuknya agama Islam ke indonesia yakni ke Wilayah Perlak dan juga Samudera Pasai.

Selain dari fakta tentang Agama Islam yang begitu kuat di Aceh. Ternyata Aceh juga merupakan salah satu daerah penghasil Emas Terbesar yang ada di indonesia setelah Papua dan juga NTB.

Di Aceh ini sendiri tambang emas tersebarnya tersebar di beberapa wilayah seperti Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Bener Meriah, dan juga Meulaboh.

Hingga akhir 2021 lalu, LMR adalah pemegang konsesi penambangan emas Linge Abong seluas 36.420 hektar di Provinsi Aceh.

Seharusnya, dengan adanya cadangan Emas yang begitu besar di Aceh mampu membuat masyarakat Aceh hidup dengan lebih sejahtera, walaupun sebenarnya hal tersebut masih jauh dari yang diharapkan.

Sumatera Utara

Sumatera Utara

Terakhir Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini adalah Sumatera Utara.

Sumatera Utara ini berbatasan langsung dengan Aceh di sebelah Utara dan juga Sumatera Barat dan Riau di bagian sebelah selatannya.

Mungkin sebagian besar dari anda sudah tau kalau Danau Toba merupakan Ikon dari Provinsi Sumatera Utara ini. Karena memang, setiap orang yang berkunjung ke Provinsi Sumatera Utara ini Pasti Tidak akan melewatkan Objek wisata tersebut.

Walaupun sebenarnya dari kota medan masih harus menempuh perjalanan yang lumayan jauh. Selain terkenal akan objek wisatanya yang lumayan banyak, Sumatera Utara ini juga menyimpan segudang mineral untuk di Eksploitasi dan digunakan sewajarnya.

Yang mana salah satunya adalah berupa Emas. Sebagai salah satu daerah yang kaya akan sumber daya alam berupa Mineral layaknya Emas tersebut, Sumatera Utara Punya Tambang Emas Martabe yang berada di Kecamatan Batang Toru Kabupaten Tapanuli Selatan.

Sejak pertama kali dibuka pada tahun 2012 lalu, Produksi Emas di Martabe ini kurang lebih sudah mencapai 9,4 ton dan menjadi salah satu yang paling besar yang ada di indonesia.

Nah, itu dia 4 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Sebenarnya masih sangat banyak lagi daerah-daerah lainnya yang juga menjadi penyumbang logam mulia ini yang belum tersebutkan.

Mungkin akan coba kita bahas pada postingan yang lain nantinya. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa memperluas wawasan anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia"