Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

AttailahPetir Bijih timah yang ditambang di Indonesia ini umumnya berasal dari endapan timah Aluvial dan tidak jarang orang menyebutnya dengan endapan Timah sekunder atau Timah Placer.

4 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia

Sebenarnya jenis timah ini sudah terlepas dari endapan induknya yakni Timah Primer namun Timah tersebut di endapkan kembali oleh air di tempat lain yang lebih rendah.

Adapun mineral penghasil timah putih ini merupakan kasiterit dengan Rumus Kimia SnO2. Walupun sebenarnya ada juga sebagian kecil timah yang dihasilkan dari Sulfida layaknya Stanit, Silindrit, Frankeint, Kanfieldit dan juga Tealit.

Untuk mengolah bijih timah ini sendiri sebenarnya dibutuhkan beberapa tahapan yang mana diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tahapan Konsentrasi.
  • Tahapan Smelting.
  • Tahapan Refining

Setiap tahapan punya prosesnya tersendiri yang harus dilewati dengan seksama oleh bijih timah terebut untuk menghasilkan timah yang baik.

Adapun daerah penghasil timah sendiri di indonesia ini pada dasarnya ada beberapa, namun 4 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia ini sendiri diantaranya akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Kira-kira daerah-daerah mana sajakah itu? Mari kita Ulas lebih jauh satu-persatu di bawah ini.

Kepulauan Bangka Belitung

Kepulauan Bangka Belitung

Pada posisi pertama Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia ini adalah kepulauan Bangka Belitung. Kepulauan Bangka Belitung ini sendiri merupakan sebuah provinsi yang ada di indonesia yang terdiri dari 2 pulau utama yakni Pulau Bangka dan juga Pulau Belitung.

Sebenarnya ada ratusan pulau-pulau kecil yang termasuk kedalam wilayah Bangka Belitung ini. Kalau ditotalkan, keseluruhan dari pulau yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini mencapai 470 pulau.

Tapi, dari sekian banyak pulau-pulau tersebut, hanya sekitar 50 pulau saja yang didalamnya terdapat penghuni berupa manusia. Yang mana selebihnya pulau-pulau kecil tersebut merupakan pulau-pulau kosong.

Selain dari fakta kalau ada banyak sekali pulau-pulau yang ada di Kepulauan Bangka Belitung tersebut. Ternyata daerah Kepulauan Bangka Belitung ini.

Hal ini terbukti dari adanya 28 Perusahaan Tambang Timah Yang masih aktif beroperasi di tahun 2020 lalu. Tambang-tambang timah tersebut juga sangat beragam, mulai dari Tambang Timah Kecil hingga Tambang timah yang paling besar yang ada di Kepulauan Bangka Belitung ini.

Berdasarkan beberapa informasi yang admin dapat, kalau teknik pengambilan timah yang dilakukan penambang tersebut sebenarnya sama-sama saja yakni jenis timah Aluvial yang diambil dengan Tambang Semprot.

Bahkan, dulunya Kepulauan Bangka Belitung ini menjadi penyumbang timah terbesar di indonesia yakni mencapai 90% dari total produksi timah indonesia.

Selama ini, Kepulauan Bangka Belitung ini mampu menghasilkan timah dalam jumlah yang lumayan besar yakni mencapai 100.000 Ton. 

Fakta menarik lainnya dari produksi timah di Kepulauan Bangka Belitung ini adalah letaknya yang sangat strategis untuk Perdagangan Timah Dunia.

Bangkinang Riau

Bangkinang Riau

Selanjutnya Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia selain dari Kepulauan Bangka Belitung adalah Bangkinang Kabupaten Kempar Riau.

Bangkinang ini sendiri hanya memiliki jarak sekitar 60 Km dari Ibukota Provinsi Riau yakni Pekanbaru. Sebagai Ibu kota kabupaten yang berdekatan dengan Ibu Kota Provinsi dan menjadi daerah penghubung menuju ke Sumatera Barat, Bangkinang ini punya segudang hasil alam yang bisa di Eksplore yang mana salah satunya adalah berupa Timah.

Mayoritas orang yang tinggal di Bangkinang ini sendiri adalah orang beragama Islam yang asal muasalnya adalah Orang Melayu kempar atau yang lebih dikenal sebagai orang Ocu.

Penambangan Timah di Desa Siabu Kecamatan Salo dan s.Pinang , Desa Bukit Melintang Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kempar, Provinsi Riau ini sudah dilakukan sejak Zaman penjajahan Belanda.

Bahkan dulunya penambangan timah di daerah tersebut sudah dilakukan dengan menggunakan kapal keruk bertenaga Diesel.

Pada tahun 1972 lalu, Penambangan timah mulai dilanjutkan oleh PT.Timah yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara. Karena semakin lama cadangan timah yang tersedia di daerah ini semakin berkurang, akhirnya PT.Timah menghentikan kegiatan Eksploitasinya dan sisa-sisa cadangan yang tersesisa ditambang oleh masyarakat dengan cara manual.

Sejak saat itu mulai bermunculan penambangan-penambangan timah dengan cara manual dengan cara mendulang dengan peralatan seadanya. Tapi walau bagaimana pun, tetap saja timah yang dihasilkan dalam jumlah yang tidak sedikit yakni mencapai 8,1% dari cadangan Timah Indonesia.

Dabo

Dabo

Dabo merupakan salah satu kelurahan yang berada di kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga Provinsi Riau.

Dabo Singkep ini sendiri merupakan tanah melayu asli yang berada di kepulauan Riau. Maka tidak akan aneh rasanya kalau ada banyak sekali orang yang sangat fasih berbicara bahasa melayu.

Karena memang mereka masih memegang teguh adat istiadat secara turun temurun dan tidak menutup kemungkinan kalau kita akan sangat jarang bahkan hampir tidak menemukan orang yang menggunakan bahasa indonesia di Dabo Singkep ini.

Sebagai salah satu Daerah Penghasil Emas Terbesar di Indonesia, Dabo mampu menghasil timah dalam dalam jumlah yang tidak sedikit, apalagi jika mengingat penambangan timah di Dabo ini sudah ada sejak tahun 1992 lalu.

Sama halnya seperti Bangkinang yang sudah kita bahas sebelumnya, Timah di Dabo ini awalnya juga dikelola oleh PT.Timah dan membuat kemajuan yang begitu besar. Namun setelah era kjayaan tersebut, sekarang bekas tambang timah di Dabo ini dimanfaatkan untuk usaha Budidaya Sayuran dan juga Rumah Plastik.

Bahkan di beberapa kolong-kolong bekas galian timah juga digunakan untuk kebutuhan budidaya ikan air tawar.

Muntok

Terakhir Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan ini adalah Muntok.

Muntok ini sendiri merupakan sebuah kecamatan yang berada di kabupaten bangka barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Daerah ini memiliki luas wilayah yang mencapai 414km persegi dengan jumlah penduduk yang mencapai 53.381 jiwa di tahun 2021 lalu.

Berdasarkan data dari peluang Investasi Timah 2020 lalu, urutan provinsi penghasil timah terbesar di indonesia ini dimulai dari Kepulauan Bangka Belitung yang punya Bijih Timah hingga 9,9 miliar ton.

Nah, itu dia 4 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia yang admin tau dan berhasil admin rangkum menjadi sebuah postingan yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini.

Sebenarnya diluar dari ke 4 daerah yang sudah admin sebutkan tadi masih ada beberapa daerah lainnya seperti daerah sungai liat dan beberapa daerah lainnya. Mungkin nanti akan coba kita bahas pada postingan yang berbeda.

Semoga informasi tersebut bisa berguna untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Timah Terbesar di Indonesia"