Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kelebihan Printer Thermal

AttailahPetir Setiap perangkat pasti punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Begitu pula hal nya dengan sebuah perangkat yang bernama printer. 

4 Kelebihan Printer Thermal

Sedikit informasih kalau Printer Thermal ini sendiri merupakan salah satu jenis printer yang paling sering digunakan untuk mencetak struk, baik itu berupa struk belanja pada pusat perbelanjaan hingga kebutuhan cetak resi di sebuah bank ataupun perusahaan-perusahaan tertentu

Cara kerja dari jenis printer thermal ini sendiri adalah dengan memanfatkan panas yang dihasilkan printer tersebut guna menghasilkan tulisan maupun gambar di atas kertas khusus .

Kertas khusus yang digunakan tersebut pun pada dasarnya sangat beragam, namun yang paling sering digunakan adalah jenis gulungan kertas karbon.

Adapun ciri khas dari Printer Thermal ini adalah ukurannya yang sangat kecil yang membuatnya tidak membutuhkan banyak ruang atau space  untuk menempatkan printer tersebut pada saat digunakan.

Sebenarnya ada banyak sekali kelebihan yang dimiliki Printer Thermal ini. Namun 4 Kelebihan Printer Thermal yang akan coba kita bahas pada video kali ini adalah sebagai berikut.

Mudah Digunakan

Mudah Menggunakan Printer

Yang paling digunggulkan dari sebuah Printer Thermal ini berasal dari segi kemudahan dalam penggunaan.

Karena seperti yang kita tahu kalau setiap printer yang beredar di pasaran terutama dari jenis Printer Ink pasti memiliki banyak sekali fitur dengan berbagai macam tombol yang tersedia pada jenis printer tersebut untuk dioperasikan.

Namun hal tertsebut tentu sangat berbeda dengan Printer Thermal ini. Dimana jenis printer Thermal merupakan salah satu jenis printer yang  paling mudah digunakan karena tidak memiliki banyak tombol.

Tapi walaupun tombol yang tersedia pada printer ini tidak sebanyak tombol yang terdapat pada jenis printer Ink, printer ini punya banyak fitur yang bisa dioperasikan melalui aplikasi smartphone ataupun komputer untuk menjalankan printer Thermal ini.

Bahkkan pada beberapa kondisi Printer Thermal ini memang bisa dibilang lebih unggul dibandingkan dengan jenis printer Ink.

Sebagai salah satu contoh yang paling mudah dipahami adalah kemudahan penggunaan Printer Thermal pada sebuah pusat perbelanjaan. Dimana pengguna ( User ) hanya perlu melakukan Scanning barcode pada setiap produk yang dibelanjakan.

Selanjutnya printer akan mencetak resi/struk pembayaran dalam waktu hanay beberapa detik saja. Hal ini tentu tidak akan mungkin dilakukan oleh printer Ink/Laser.

Pada Jenis Bluetooth Printer Thermal anda hanya perlu menghidupkan saja print tersebut. Selebihnya kontrol dari printer bisa anda lakukan melalui smartphone.

Jadi dalam hal ini skill anda dalam menggunakan smarpthone sebenarnya lebih gampang. Selain itu printer ini juga tidak memiliki kabel yang harus di hubungkan ke berbagai perangkat lain yang membuatnya terasa ribet.

Bahkan ada diantara printer thermal ini yang sudah serba nirkabel ( Tidak menggunakan kabel  sama sekali ).

Hemat Biaya

Hemat Biaya

Selanjutnya kelebihan dari Printer Thermal ini adalah Hemat biaya. Karena seperti yang kita tahu kalau Printer Thermal ini tidak menggunakan Tinta sama sekali untuk mencetak sesuatu pada kertas khusus.

Karena pada dasarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk tinta pada sebuah printer sama sekali tidak murah. Apalagi printer tersebu merupakan printer-printer yang memang membutuhkan tinta khusus dengan kualitas yang baik.

Bahkan dalam beberapa kasus, ada printer-printer tertentu yang mengharuskan setiap penggunanya untuk mengganti beberapa komponen pada saat hendak melakukan isi ulang tinta.

Kalau jenis-jenis tinta yang digunakan adalah jenis tinta murah yang harganya masih terjangkau untuk digunakan harian. Tapi bagaimana jia tinta yang digunakan tersebut adalah jenis tinta khusus yang harganya tidak murah?

Maka dari karenanya sangat wajar kalau ada beberapa kalangan pengusaha yang lebih memilih untuk memanfaatkan Printer Thermal ini untuk mencetak beberapa bagian yang diarasa perlu untuk dicetak seperti untuk mencetak struk dan lain sebagainya.

Memang, setiap perangkat pasti punya usia pakainya masing-masing. Hal tersebut juga tidak terkecuali dengan Printer Thermal ini.

Oleh karena itu, jika memang printer ini sudah mulai bermasalah ( meski sangat jarang terjadi ) sebaiknya ganti saja dengan Printer Thermal yang baru. Lagian untuk sekarang ini sudah ada banyak sekali jenis Printer Thermal yang ada di pasaran dengan harga yang lumayan terjangkau.

Selain itu, jika printer Thermal ini digunakan pada tempat-tempat tertentu layaknya pada sebuah UMKM pastinya bisa menghemal lebih banyak biaya operasional setiap bulannya. Karena biaya harian yang dikeluarkan setiap orang untuk menjalankan usaha tidaklah sedikit.

Maka pasti akan terasa sangat membantu jika dari segi pencetakan struk atau resi ini bisa lebih menghemat biaya.

Awet & Minim Perawatan

Minim Perawatan

Setiap perangkat pasti membutuhkan perawatan untuk bisa digunakan dengan nyaman dalam jangka waktu yang lama.

Begitu pula halnya dengan Printer Thermal ini yang membutuhkan perawatan untuk bisa digunakan dengan lancar dalam jangka waktu yang panjang.

Perawatannya pun sebenarnya juga sangat mudah untuk dilakukan karena hanya perlu memperhatikan beberapa hal saja.

Cara yang paling umum yang bisa anda lakukan untuk merawat Printer Thermal ini diantaranya adalah:

  • Jagalah print head pada printer thermal yang anda miliki dan pastikan selalu dalam kondisi bersih.
  • Jangan sekali-kali menggunakan benda tajam untuk mengatasi kemacetan yang terjadi pada saat sedang mencetak di kertas ataupun label.
  • Bersihkan debu yang menempel pada printer thermal tersebut setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Dengan melakukan beberapa hal yang admin sarankan tersebut besar kemungkinan kalau Printer Thermal yang anda miliki akan tetap bisa awet dan bisa anda gunakan dengan nyaman dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Setidaknya lebih lama dan lebih awet dibandingkan dengan Printer Thermal orang lain yang memang tidak melakukan perawatan sama sekali.

Ukuran Yang Compact (Ringkas)

Ukuran Yang Compact

Ukuran dari sebuah perangkat elektronik seringkali menjadi kendala bagi sebagian besar orang yang hidup di indonesia ini.

Apalagi jika orang tersebut masih menyewat tempat tinggal dengan biaya seadanya dan ruangan yang seadanya juga.

Mereka harus mengukur ukuran kamar atau ruangan meraka miliki tersebut apakan mampu memuat perangkat yang akan mereka beli.

Biasanya semakin besar ukuran dari perangkat tersebut akan membuat orang yang akan membeli perangkat tersebut untuk lebih berfikir 2 kali.

Tapi jika seandainya perangkat yang akan mereka beli tersebut punya ukuran yang Compact admin rasa orang akan lebih mudah dalam memilih untuk memboyongnya.

Walaupun ada juga beberapa perangkat yang lebih baik jika ukurannya lebih besar. Namun untuk sebuah printer ukuran yang compact sangatlah dibutuhkan. 

Karena printer tersebut harus bisa ditempatkan di ruangan yang sempit dengna rapi tanpa harus mengganggu barang-barang lainnya yang ada di dalam ruangan tersebut.

Bahkan pada beberapa tempat seperti di Mesin ATM hingga ke pintu masuk Tol printer thermal ini di posisikan sebaik mungkin pada sabuah tempat agar lebih mudah dijangkau penggunanya.

Nah, itu dia 4 Kelebihan Printer Thermal yang admin tahu dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini.

Mudah-mudahan dengan 4 poin yang admin paparkan diatas tadi bisa menjadi pertimbangan untuk anda yang hendak membeli Printer Thermal. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Kelebihan Printer Thermal"