Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Merawat Printer

AttailahPetir Membeli printer baru bukan satu-satunya solusi untuk bisa memiliki printer di zaman sekarang ini. Walaupun memang jika anda mampu maka alangkah lebih baik untuk membeli printer dengan kondisi yang baru.

4 Tips Merawat Printer

Bagi anda yang membeli printer dengan kondisi yang baru juga bukan berarti anda hanya menggunakan printer tersebut tanpa perlu memikirkan cara untuk merawat printer tersebut agar tetap awet dan bisa anda gunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk merawat printer kesayangan anda tersebut agar tetap awet dan bisa anda gunakan dengan lancar tanpa kendala pada saat printer tersebut anda butuhkan.

Sebenarnya setiap orang punya trick sendiri dalam merawat printer yang mereka miliki masing-masing dan tergantung juga pada jenis printer yang mereka gunakan. Tapi, Ada 4 Tips Merawat Printer versi admin yang akan coba admin share untuk anda semua pada postingan kali ini.

Untuk bagian lebih lengkapnya mari  kita jabarkan 4 Tips Merawat Printer di bawah ini

Gunakan Printer Secara Rutin

Gunakan Printer Secara Rutin

Tips pertama yang bisa anda terapkan pada diri anda masing-masing dalam merawat printer yang anda miliki adalah dengan menggunakan printer tersebut secara rutin.

Memang terdengar agak aneh karena biasanya setiap perangkat yang sering digunakan akan membuat perangkat tersebut menurun performanya.

Sebenarnya hal tersebut juga berlaku pada semua perangkat termasuk perangkat yang sedang kita bahas sekarang ini yakni printer. Tapi, mengingat printer ini punya komponen lain yang memang butuh untuk digunakan secara rutin agar komponen tersebut tidak membeku

Komponen yang admin maksudkan disini tidak lain adalah berupa tinta. Walaupun tidak ada kepentingan, tapi ada baiknya untuk melakukan printing setiap 2 hari sekali kalau memang printer tersebut tidak anda gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Anda bisa mencetak 1 halaman dengan menggunakan tinta hitam dan 1 halaman lagi tinta berwarna jika memang tinta yang terdapat di dalam printer anda terpisah antara tinta hitam dan juga tinta berwarnanya.

Selain itu, dengan menggunakan printer secara rutin juga bisa membuat Head pada bagian Catride printer tersebut menjadi bersih. Sehingga kualitas hasil cetak dari printer yang anda miliki selalu baik.

Karena bisa saja kalau printer tersebut tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama bahkan tidak di hidupkan secara rutin. Nanti pada saat hendak melakukan printing secara mendadak printer tersebut sudah tidak bisa digunakan.

Bahkan dalam beberapa kasus pemilik printer tersebut terpaksa ke jasa foto copy hanya untuk mencetak dokumen yang sebenarnya bisa dengan mudah dicetak pada printer yang mereka punya masing-masing.

Maka dari itu, sebelm hal yang menjengkelkan tersebut terjadi pada anda. Ada baiknya untuk melakukan perawatan printer yang begitu mudah ini, bahkan admin yakin tidak akan membuat anda meneluarkan keringat sedikitpun.

Jangan Mencetak Dalam Jumlah Yang Terlalu Banyak Sekaligus

Jangan Mencetak Dalam Jumlah Yang Terlalu Banyak Sekaligus

Selanjutnya yang perlu anda perhatikan dalam merawat printer yang anda miliki adalah pada saat anda melakukan printing dalam jumlah yang sangat banyak.

Tidak hanya puluhan, ratusan bahkan hingga ribuan halaman. Point yang satu ini sebenarnya sangat penting diperhatikan oleh mereka para Mahasiswa.

Karena tidak jarang dari mereka yang mencetak tugas yang diberikan oleh dosen pada printer yang mereka miliki dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Apalagi kalau waktu yang mereka miliki sudah mepet, biasanya langsung saja mereka mencetak tugas terbut baik itu berupa makalah, laporan hingga tugas-tugas lain sekalian dalam jumlah sebanyak-banyaknya tanpa jeda.

Padahal sangat penting untuk memberikan jeda ke printer yang sedang digunakan untuk mencetak dalam jumlah yang banyak guna mendinginkan Head yang terdapat pada bagian catride printer tersebut.

Selain itu, dengan memberikan jeda 3 hingga 5 menit/20 halaman cetak bisa membuat Head dari printer tersebut menjadi bersih kembali

Sehingga pada saat mencetak kembali baik itu berupa dokumen maupun foto akan memiliki kualitas yang baik dan tidak akan ada bagian-bagian yang terlihat putus atau bergaris yang membuat dokumen yang dicetak tersebut tidak terlihat dengan jelas.

Sebenar point yang satu ini sangat logis, karena setiap perangkat yang digunakan untuk kebutuhan kerja tidak boleh terlalu dipaksakan. Karena perangkat tersebut pasti punya batasnya masing-masing.

Begitu pula halnya dengan printer, jika anda ingin printer yang anda miliki tersebut tetap awet, memiliki kualitas cetak yang baik maka anda perlu memberikan keringanan untuk printer tersebut beristirahat.

Yang paling penting tips yang satu ini tidak hanya berlaku pada jenis printer InkJet saja tapi juga berlaku pada jenis printer InkTank.

Gunakan Jenis Tinta Yang Sesuai

Gunakan Jenis Tinta Yang Sesuai

sama seperti induknya yakni printer, tinta juga punya jenis yang sangat beragam. Sehingga perlu untuk memilih tinta mana yang cocok untuk anda gunakan. 

Beberapa jenis printer yang mungkin cocok untuk anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing antara lain:

  • Tinta Printer Dye Base: Jenis tinta ini biasanya lebih sering digunakan karena memang harganya yang terjangkau, selain itu hasil cetakan dengan menggunakan tinta Dye Base ini juga akan terlihat lebih cerah. Tinta Dye Base ini juga dominan berbahan dasar Air yang di Campur dengan bahan pewarna lainnya dan bisa menyatu dengan sangat baik.
  • Tinta Printer Pigment/Durabrite: Tinta printer jenis ini punya kualitas hasil cetak yang sangat baik, tahan lama, terlihat tajam dan pastinya juga water proof alias tahan air. Biasanya jenis tinta ini digunakan oleh beberapa produsen printer Original , meskipun ada juga Tinta Pigment non-original yang beredar di pasarn. Kekurangan dari jenis tinta ini adalah mudah mengering sehingga perlu mencetak lebih sering untuk menghindari selang tinta tersumbat.
  • Tinta Printer Sublimation Ink: Jenis tinta  ini sebenarnya lebih sering digunakan oleh mereka pengguna printer infus. Bahkan ada juga yang menggunakan Tinta Printer Sublimation Ink ini untuk kebutuhan sablon baik itu Kaos, Pin, Mug, Keramik dan masih sangat banyak lagi. Sedangkan kekurangan dari jenis tinta ini adalah punya potensi tersumbat yang lebih besar dibandingkan dengan jenis Tinta Pigment yang sudah kita bahas diatas.
  • Tinta Pigment Art Paper Ink: Jenis tinta ini sebenarnya lebih cocok untuk digunakan di percetakan. Karena memang apda dasarnya Tinta Pigment yang ini bisa digunakan untuk mencetak di kertas Art Paper maupun Invory dnegan menggunakan beberapa jenis printer dari pabrikan Epson.
  • Tinta Printer Solvent: Dari ke 4 jenis tinta printer yang sudah kita bahas tadi. Jenis Tinta Printer Solvent ini punya ketahanan yang paling baik terhadap air dan juga sinar UV. Karena memang jenis tinta printer yang satu ini yang dibuat dari bahan-bahan yang mendekati Cat Cuco. Tinta Solvent ini juga lebih sering digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, Billboard, Neonbox dan masih sangat banyak lagi.
  • Tinta Printer Eco Solvent: Hampir sama dengan jenis Tinta Solvent, hanya saja jenis tinta Eco Solvent ini kurang tahan terhadap sinar UV. Namun kelebihan dari jenis tinta yang satu ini adalah tidak memiliki bau yang terlalu menyengat layaknya Tinta Solvent. Maka tidak heran kalau ada banyak orang yang menggunakan jenis tinta ini untuk kebutuhan Printing Indoor.

Dari beberapa jenis tinta printer tersebut seharusnya sudah bisa disimpulkan mana tinta yang cocok untuk anda gunakan pada printer anda masing-masing.

Ganti Selang Infus Secara Berkala

Ganti Selang Infus Secara Berkala

Poin yang satu ini hanya mungkin terjadi pada jenis printer yang sudah di Infus. Karena memang, memodifikasi printer untuk mendapatkan jumlah cetak yang lebih banyak seakan sudah sangat umum dilakukan untuk sekaranga ini.

Apalagi jika printer yang di modifikasi tersebut bawaannya adalah berjenis printer InkTank. Memang, point yang satu ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang (Orang tanpa pengalaman).

Karena butuh ketelitian serta kejelian yang baik agar tidak ada kesalahan pada saat pemasangan selang infus yang baru.

Karena jika seandainya hal tersebut terjadi pasti ujung-ujung akan jadi buntung bukan malah untung. Maka dari itu, ada baiknya untuk menyerahkan pekerjaan ini pada ahlinya yakni teknisi.

Dengan mengeluarkan budget sedikit lebih besar, anda tetap bisa menggunakan printer yang anda miliki tersebut lebih lama dari yang seharusnya.

Memang, tanpa mengganti selang infus tersebut sebenarnya printer masih bisa anda gunakan. Tapi tentu sudah tidak sesuai harapan, karena bisa saja tinta menjadi macet pada saat sedang melakukan pencetakan.

Maka dari karena nya, alangkah baik nya jika anda mengganti selang infus pada printer yang menggunakan jenis tinta sublim, pigment dan kawan-kawan selama 5 hingga 6 bulan sekali, dan setahun sekali pada printer yang menggunakan tinta berjenis Dye Base.

Nah, itu dia 4 Tips merawat printer yang mungkin bisa anda terapkan pada printer anda masing-masing dengan harapan printer yang anda miliki bisa tetap awet.

Dan pastinya tetap bisa digunakan dengan normal pada saat anda benar-benar membutuhkan printer untuk mencetak. Semoga informasi tersebut berguna untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa Pada postingan selanjutnya.

1 komentar untuk "4 Tips Merawat Printer"

  1. Terimakasih gan artikel yang sangat bermanfaat

    www.koraninformasi.com

    BalasHapus