Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

AttailahPetir - Sumber daya alam yang ada di Indonesia tidak hanya terbatas pada kekayaan hayatinya saja. 

4 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia

Ada banyak sekali daerah di Indonesia yang juga dikenal sebagai daerah penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan juga  perak.

Dari sekian banyak kekayaan alam tersebut, Nikel merupakan salah satu jenis mineral yang paling banyak dihasilkan di beberapa daerah di indonesia.

Nikel ini sendiri punya segudang manfaat untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari, yang mana diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pembuatan Stainless Steel dan Koin.
  2. Campuran pada Besi Baja dan Pembuatan Rangka Otomotif.
  3. Baterai Isi Ulang, Pembuatan Kawat, dan Pelapis Antikarat.

Sebenarnya kegunaan dari Nikel ini sangatlah banyak yang jika diuraikan bisa dalam 1 postingan yang terpisah dengan detail di setiap poinnya.

Dan pada postingan kali ini, admin ingin mengajak anda semua untuk melirik 4 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia.

Penasaran Daerah-daerah mana saja? Mari kita ulas lebih jauh satu persatu di bawah ini.

Luwu Timur ( Sulawesi Selatan )

Luwu Timur ( Sulawesi Selatan )

Pada posisi pertama Daerah Penghasil Nikel terbesar di indonesia berada di Pulau Sulawesi, lebih tepatnya di Luwu Timur Sulawesi Selatan.

Adapun Ibu Kota dari Luwu Timur ini sendiri adalah Malili yang berada di ujung Utara Teluk Bone. Luas dari Kabupaten Luwu Timur ini sendiri mencapai 6.944 km persegi.

Provinsi Luwu Timur ini barbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah di bagian sebelah Utaranya dan di bagian sebelah Selatannya berbatasan langsung dengan Teluk Bone. Sedangkan di bagian sebelah baratnya berbatasan langsung dengan Luwu Utara.

Ada beberapa hal menarik yang bisa anda temukan di Luwu Timur ini yang mana diantaranya adalah:

  • Danau Terdalam di Asia Tenggara.
  • Air Terjun Mata Buntu.
  • Wisata Gunung Terindah.
  • Dijuluki Sebagai Kota Cahaya.
  • Memiliki Ikan Purba.
  • Terdapat Gua Tengkorak.
  • Biaya Hidup Yang Murah, dll.

Tapi luar dari kesemua fakta tersebut, ternyata Luwu Timur ini punya segudang kekayaan alam lain yang mana salah satunya berasal dari sektor Mineral. Lebih tepatnya berupa nikel, dan menjadi salah satu daerah penghasil terbesar yang ada di Indonesia.

Sebenarnya daerah penghasil Nikel di Luwu Timur ini sendiri berada di 2 kecamatan yakni Malili dan juga Nuha.

Salah satu perusahaan tambang terbesar di dunia juga beroperasi di Luwu Timur ini yakni Vale Indonesia. Maka dari itu, bisa dibayangkan seberapa besar cadangan nikel yang ada di Luwu Timur ini.

Kolaka ( Sulawesi Tenggara )

Kolaka ( Sulawesi Tenggara )

Selanjutnya daerah penghasil Nikel terbesar di dunia berasal dari Pulau Sulawesi, Lebih tepatnya di Kabupaten Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara.

Adapun Ibu Kota dari Kabupaten Kolaka ini tidak lain adalah Kendari yang sudah diresmikan sebagai Kota Madya pada tanggal 27 September 1995 lalu.

Secara administratif, Kolaka ini terdiri dari 12 kecamatan dengan jumlah penduduknya yang mencapai 237.587 jiwa pada tahun 2020 lalu. Selain itu ada juga beberapa fakta menarik tentang Kolaka ini yang mungkin jarang orang tau.

Beberapa diantara fakta menarik tersebut adalah:

  • Cerita Tentang Elang Besar.
  • Negeri Anggrek ( Julukan Untuk Daerah Yang Tumbuh Berbagai Macam Anggrek ).
  • Adat Mosehe Wonua ( Ritual Tolak Bala ).
  • Bende Wuta ( Benteng Tanah ).
  • Tambang Nikel.
  • Terdapat Sungai Terpendek.

Sebenarnya salah satu dari beberapa fakta menarik tersebut merupakan yang sedang kita bahas sekarang ini yakni Tambang Nikel.

Karena memang pada dasarnya Kabupaten Kota Kolaka ini ditargetkan untuk menghasilkan 27.800 ton setiap tahunnya yang akan di mulai pada tahun 2023 mendatang.

Untuk pengerjaan proyek itu sendiri dikerjakan langsung oleh PT Ceria Nugraha Indotama.

Morowali ( Sulawesi Tengah )

Morowali ( Sulawesi Tengah )

Dari Sulawesi tenggara sekarang kita menuju Sulawesi Tengah, lebih tepanya di Morowali Sulawesi Tengah. 

Morowali ini sendiri merupakan sebuah kapuaten yang beradi di Provinsi Sulawesi Tengah, dimana Ibu Kota sekaligus Pusat Administrasinya yang berlokasi di Kota
Bungku.

Luas total dari kabupaten Morowali ini sendir mencapai 3.037km persegi dengan jumlah penduduknya yang mencapai 162.098 jiwa pada tahun 2021.

Nama Morowali ini sendiri berasal dari bahasa Suku Wana yang berarti gemuruh. Kebanyakan penduduk yang  tinggal di kabupaten Morowali ini adalah petani.

Sebenarnya Morowali ini punya potensi wisata yang sangat banyak karena memang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Beberapa diantara keindahan alam yang dimiliki Morowali ini diantaranya ada di Pulau Sombori yang berlokasi di Desa Mbokita, Kecamatan Menui yang terkenal sebagai surganya Pulau Karang.

Keindahan alam Bawah lautnya. Goa Berlian yang merupakan Goa paling indah dengan stalaktit berkilau dan mirip dengan berlian yang membuatnya memantulkan cahaya ketika terkena sinar matahari dan masih sangat sangat banyak lagi keindahan-keindahan alam yang dimiliki Morowali ini.

Tapi, diluar dari kesemuanya itu, Morowali ini ternyata merupakan salah satu Daerah penyumbang Nikel Terbesar yang ada di Indonesia setelah Kolaka.

Sebenarnya ada banyak perusahaan tambang yang beroperasi di Morowali ini, namun beberapa diantaranya yang paling dikenal ada PT. Sulawesi Mining Investment, PT. Gunbuster Nickel Industry, PT. IMIP dan masih banyak lagi.

Pada tahun 2019 lalu, produksi Nikel di Morowali ini mencapai 250.787 ton bijih, yang mana ini artinya mengalami peningkatan sebesar 38% dibandingkan tahun 2018 lalu.

Adapun target Ekspor Nikel dari Morowali pada tahun 2023 nanti mencapai 168,2 Trilliun. Namun walau bagaimana pun, pemerintah tetap membatasi eksplorasi tambang di daerah ini.

Seharusnya, dengan hasil alam berupa nikel yang begitu berlimpah di Morowali ini mampu untuk membangkitkan perekonomian masyarakatnya.

Helmahera Timur ( Maluku Utara )

Helmahera Timur ( Maluku Utara )

Terakhir Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini adalah Helmahera Timur yang berada di Provinsi Maluku Utara.

Sedikit informasi kalau Helmahera Timur ini merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Maluku Utara. Helmahera Timur ini sendiri ber Ibu Kota kan Kota maba.

Hingga tahun 2020 lalu jumlah total penduduk Helmahera Timur ini mencapai 91.707 jiwa  yang tersebar di 10 Kecamatan dan 102 Desa.

Ada beberapa fakta menarik tentang Helmahera timur ini, yang mana diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Memiliki lebih kurang sekitar 50 pulau yang tersebar di laut Maluku dan Laut Helmahera.
  • Memiliki Suku Tugotil yang merupakan kelompok orang yang tinggal di hutan dan selalu berpindah-pindah.
  • Punya Rumah Hibualamo yang merupakan Rumah Adat Suku Bangsa/Klan/Hoana yang menetap di Helmahera.
  • Memiliki Sangat Banya Tempat Wisata Menarik untuk dikunjungi.

Sebenarnya masih sangat banyak lagi hal-hal menarik yang bisa dijumpai di Helamahera Timur ini.

Namun yang membuat daerah Helmahera Timur ini lebih dibandingkan dengan daerah lain adalah daerah ini merupakan salah satu daerah yang memiliki hasil alam berupa Nikel dalam jumlah yang lumayan besar.

Bedasarkan informasi dari BKPM PIR Cadangan bijih nikel kadar rendah di Helmahera Timur ini mencapai 39,5 juta ton.

Setidaknya, dengan cadangan bijih nikel yang tersedia tersebut mampu membangkitkan ekonomi masyarakat yang ada di Helmahera timur ini.

Nah, Itulah 4 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia yang berhasil admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga informasi tersebut berguna dan bisa memperluas wawasan.

Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Nikel Terbesar di Indonesia"