Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Daerah Penghasil Padi Terbesar di Indonesia

AttailahPetir Beras atau padi merupakan salah satu komoditi pokok yang ada di berbagai daerah di indonesia.

4 Daerah Penghasil Padi Terbesar di Indonesia

Pada dasarnya padai atau beras ini merupakan jenis biji-bijian yang menjadi makanan wajib yang dikonsumsi oleh kebanyakan masyarakat indonesia ini.

Selain itu, mengonsumsi nasi yang sudah di olah tentu membuat kita merasa lebih kenyang dibandingkan dengan jenis-jenis makanan lain.

Di pasaran sendiri beras ini tersedia dalam beragam jenis dan dengan harga yang berbeda-beda. Namun yang paling umum dikonsumsi oleh kebanyakan orang di indonesia merupakan beras putih.

Beras Putih tersebut pun masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis beras putih tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Beras Pandan Wangi.
  • Beras Setra Ramos.
  • Beras Rojolele.
  • Beras IR 42.

Beberapa jenis beras tersebut dihasilkan di beberapa daerah di Indonesia. Namun 4 Daerah yang akan coba kita bahas di bawah ini merupakan 4 Derah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia.

Penasaran Daerah-daerah Mana Saja? Mari kita ulas satu persatu di bawah ini.

Provinsi Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah

Pada posisi pertama daerah penghasil beras terbesar yang ada di indonesia tidak lain adalah berada di Provinsi Jawa Tengah.

Sesuai dengan namanya, Provinsi yang satu berada di bagian tengah dari pulau jawa. Ibu Kota dari Provinsi Jawa Tengah ini tidak lain adalah Kota Semarang.

Provinsi Jawa Tengah ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan Daerah Istimewa Yogyakarta di bagian sebelah Selatan. Provinsi Jawa Barat di bagian sebelah Baratnya, Jawa Timur di bagian sebelah Timur dan laut jawa di bagian sebelah Utaranya.

Adapun luas wilayah dari provinsi Jawa Tengah ini sendiri mencapai 3,25 juta hektare atau lebih kurang sekitar 25,04% dari total luas pulau jawa.

Setiap orang yang berkunjung ke pulau jawa pasti akan betah berlama-lama di pulau tersebut, karena memang sifat dari masyarakat jawa yang dinekal cenderung lebih sopan, sederhana, setia dan juga rajin. 

Pada dasarnya provinsi dari masyarakat Jawa Tengah ini sendiri sangat beragam. Namun, dari ragam profesi tersebut banyak dari meraka yang berprofesi sebagai petani padi.

Lahan sawah yang terdapat di Provinsi Jawa Tengah ini meruapakan salah satu yang terluas di Indonesia yakni mencapai 1.678.479 hektare.

Dengan luas lahan tersebut, hasil panen yang di dapatnya oleh masyarakatnya juga akan sangat berlimpah yakni mencapai 9.655.653 ton GKG (Gabah Kering Giling) atau lebih kurang sekitar 5,5 juta ton beras setiap tahunnya.

Maka tidak terlalu berlebihan rasanya kalau Provinsi Jawa Tengah ini menempati posisi nomor 1 sebagai Daerah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia 

Provinsi Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur

Selanjutnya Daerah Pengahsil Beras Terbesar di Indonesia adalah Jawa Timur. Jawa Timur ini sendiri merupakan bagian paling timur dari pulau jawa.

Hampir sama dengan provinsi Jawa Tengah yang sudah kita baha diatas tadi, kalau Provinsi Jawa Timur ini juga merupakan salah satu daerah dengan lahan padi paling luas yang ada di indonesia.

Hal tersebut terbukti dari Area lahan padi yang terdapat di Provinsi Jawa Timur ini yang mencapai 1,7 juta Hektare lebih.

Yang mana ini artinya luas lahan sawah tersebut mencapai 25,41% dari total luas wilayah Provinsi Jawa Timur ini sendiri.

Dengan luas lahan sawah tersebut yang bisa dibilang sebagai salah satu daerah dengan lahan sawah terluas yang ada di indonesia. Maka sangat wajar kalau Jawa Timur ini mampu menghasilkan beras sejumlah 5,5 ton.

Beberapa fakta menarik yang bisa ditemukan oleh kebanyakan orang di Provinsi Jawa Timur ini diantaranya adalah:

  • Harga Rumah yang masih terjangkau.
  • Nilai Properti yang semakin meningkat.
  • Transportasinya sudah lumayan memumpuni.
  • Pembangunan Infrastruktur yang tergolong pesat.

Sebenarnya masih ada sangat banyak lagi fakta-fakta menarik lainnya yang mungkin belum terbahaskan pada postingan kali ini.

Karena seperti yang kita tahu kalau indonesia ini merupakan salah satu negara yang punya seribu satu keunikan yang tidak dimiliki oleh negara lain di dunia.

Provinsi Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat

Jawa Barat merupakan sebuah provinsi yang berlokasi di pulau jawa. Mungkin sebagian besar dari anda sudah tau kalau Ibu Kota dari Provinsi Jawa Barat ini tidak lain adalah Kota Bandung.

Adapun batasan dari Provinsi Jawa Barat ini adalah Provinsi Banten & DKI Jakarta di bagian sebelah barat. Lautan Hindia di bagian sebelah Selatan, Provinsi Jawa Tengah di bagian sebelah Timur, dan juga laut jawa di bagian sebelah utaranya.

Dikarenakan Provinsi Jawa Barat ini Lokasinya berdekatan dengan DKI Jakarta, maka tidak aneh rasanya kalau ada banyak sekali pendatang yang menetap di Provinsi yang satu ini.

Hingga pada tahun 2020 lalu tercatat sejumlah 48, 27 juta jiwa penduduk yang menetap di Provinsi Jawa Barat ini.

Penduduk tersebut tersebar di 28,28 juta jiwa tinggal di daerah perkotaan dan sisanya sebanyak 14,77 juta jiwa beradai daerah pedesaan.

Untuk profesinya sendiri sebenarnya sangat beragam, namun kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai petani, terlebih petani Padi.

Luas lahan padi di Provinsi Jawa Barat ini mecapai 1,57 juta hektar dan mampu menghasilkan padi sejumlah 9,08 juta ton GKG atau lebih kurang 5,21 juta ton beras setiap tahunnya.

Setidaknya, dengan hasil panen padi yang begitu melimpah tersebut mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup setiap orang yang tinggal di daerah tersebut dan bahkan bisa di ekspor ke luar daerah.

Provinsi Sulawesi Selatan

Provinsi Sulawesi Selatan

Terakhir Daerah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini adalah Provinsi Sulawesi Selatan.

Sesuai dengan namanya, Provinsi Sulawesi Selatan ini merupakan sebuah provinsi yang berada di bagian paling selatan dari pulau sulawesi.

Ibu Kota dari Sulawesi Selatan ini berlokasi di Kota Makasar, dan hingga pada tahun 2020 lalu, jumlah penduduk di Provinsi Sulawesi Selatan ini lebih kurang mencapai 9,07 juta jiwa dan tersebar di 24 Kabupaten Kota di Provinsi Sulawesi Selatan ini.

Beberapa Suku yang hidup di Sulawesi Selatan ini diantaranya ada Suku Bugis, Makasar, Suku Asal Sulawesi, Suku Jawa, Tionghoa dan masih banyak suku-suku lainnya yang hidup secara berdampingan.

Sebenarnya bahasa daerah Masyarakat Provinsi Sulawesi Selatan ini mencapai 13 bahasa daerah dengan logat yang bisa dibilang berbeda-beda.

Namun diluar dari semua yang sudah admin beberkan barusan. Ternyata Sulawesi Selatan ini merupakan daerah yang punya lahan padi yang tergolong luas. Bahkan bisa mencapai 1,01 juta hektare lahan yang digunakan untuk menanam tanaman padi.

Dengan luas lahan tersebut, setidaknya mampu menghasilkan padi dalam jumlah yang besar juga yakni mencapai 5,05 juta ton GKG, atau setara dengan 2,89 juta ton beras setiap tahunnya. Maka dari karena nya, wajar kalau Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi Daerah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia ini.

Nah, itulah 4 Derah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia yang berhasil admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga informasi tersebut berguna dan bisa memperluas wawasan anda selaku pengunjung. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Posting Komentar untuk "4 Daerah Penghasil Padi Terbesar di Indonesia"