Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Fakta Menarik Danau Toba

4 Fakta Menarik Danau Toba Danau Toba merupakan salah satu tujuan wisata setiap orang yang anda di indonesia. 

4 Fakta Menarik Danau Toba

Tidak hanya di indonesia saja, Danau toba bahkan dikenal hingga ke berbagai belahan dunia karena sejarah panjang akan terjadinya danau yang berlokasi di Provinsi Sumatera Utara ini.

Danau toba ini sendiri juga menyimpan sejuta misteri yang hingga saat ini masih belum terpecahkan. Namun, diluar dari misteri yang tersimpan di Danau Toba ini, sebenarnya ada banyak sekali fakta-fakta menarik untuk dari Danau toba ini.

Penasaran fakta-fakta menarik apa saja? Yuk simak hingga selesai.

Terbentuk Dari Letusan Gunung
Letusan Gunung

Fakta menarik pertama dari Danau Toba ini adalah terbentuknya danau Terbesar di indonesia ini dari hasil letusan gunung.

Akibat dari letusan gunung yang maha dahsat ini yang terjadi pada masa lampau membuat sebuah kaldera dengan ukuran yang besar yang mampu menampung air dalam jumlah yang tidak sedikit.

Begitu jug dengan informasi yang dimuat di situs genpi.id yang menyatakan kalau Danau Toba ini terbentuk dari hasil letusan gunung berapi masa lampau.

Sebenarnya letusan gunung berapi tersebut tidak hanya terjadi sekali, tapi terjadi hingga 3 kali letusan dahsyat hingga menghasilkan Danau Toba ini.

Letusan pertama terjadi pada 800.000 tahun yang lalu yang mampu menghasilkan kaldera  di bagian sisi selatan gunung yang meliputi daerah perapat dan juga porsea.

Letusan kali keduanya memang tidak sedahsyat letusan kali pertama dan terjadi pada 500.000 tahun yang lalu.

Meskipun tidak sedahsyat letusan kali pertama, tapi setidaknya letusan kali kedua tersebut juga masih mampu membentuk kaldera di bagian sisi utaranya yang sekarang dikenal dengan daerah Silalahi dan juga Haranggaol.

Yang terakhir adalah letusan ketiga yang terjadi pada 74.000 tahun yang lalu. Dimana pada letusan ketiga ini yang membentuk kaldera menjadi danau toba.

Selain itu, akibat dari letusan kali ketiga ini juga menjadi masa dimana terbentuknya pulau samosir yang berlokasi di bagian tengah danau.

Gunung Toba Masih Aktif
Gunung Aktif

Gunung Toba sendiri merupakan sebuah gunung berapi raksasa atau yang dikenal dengan istilah supervolcano purba yang berada di provinsi Sumatra Utara. 

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi, kalau gunung berapi ini diperkirakan meletus terakhir kali sekitar 74.000 tahun yang lalu dan membentuk kaldera degan ukuran yang sangat besar yang sekarang dikenal sebagai Danau Toba.

Namun diluar dari fakta diatas, Fakta lainnya yang menarik untuk dibahas adalah status dari Gunung Toba ini yang masih aktif hingga sekarang ini.

Pasalnya, fakta yang satu ini besar kemungkinan tidak ada banyak orang yang tahu, dikarenakan orang-orang yang berkunjung atau pernah melihat gambar dari Danau Toba ini hanya mengetahui kalau Danau Toba ini sekedar tempat untuk melepas rasa penat saja.

Padahal, setelah letusan dahsyat pada 74.000 tahun yang lalu tersebut. Yang membuat suhu di seluruh Samudera turun hingga 5 derajat celcius dan memakan korban hingga 60 ummat manusia yang hidup disekitar Gunung tersebut.

Yang munkin menjadi pertanyaan, Apaah Gunung Toba masih bisa meletus? Jawabannya sudah pasti anda tahu kalau Gunung Toba ini bisa saja sewaktu-waktu meletus kembali.

Karena memang, para Ilmuan telah mempelajari Supervulcano purba yang ada di indonesia ini, dan menemukan fakta bahwa Gunung Toba ini merupakan gunung berapi Aktif yang masih menghantui ummat manusia selama ribuan tahun.

Walaupun memang setelah letusan nya yang sudah 3 kali pernah mengancam penduduk dunia. Tapi walau bagaimana pun, Gunung Toba ini masih bisa mempelihatkan aktivitas bebahayanya kapan saja dan kita perlu mewaspadai hal tersebut.

Salah Satu Danau Terdalam
4 Fakta Menarik Danau Toba

Fakta menarik lainnya dari danau toba ini adalah kedalaman dari danau ini yang menjadi salah satu danau terdalam, bahkan tidak hanya di indonesia, tapi juga sebagai salah satu danau terdalam di Asia.

Yang paling umum orang tahu dari danau toba ini adalah ukuran panjangnya yang mencapai 100 kilometer dengan lebar sekitar 30 kilometer.

Sedangkan kedalaman yang palim umum orang tahu dari Danau Toba ini adalah sekitar 505 meter atau 1.657 kaki saja.

Namun sebenarnya, kedalaman sesungguhnya dari Danau Toba ini mencapai 1.600 meter. Hal tersebut terbukti dari informasi yang diberikan oleh Infosumut.com yang memberitakan kalau data yang diberikan dari Sebuah GPS yang terpasang pada Boat.

Boat yang dimaksud adalah sebuah Boat yang digunakan untuk melakukan pencarian bangkai kapal KM Sinar Bangun.

Maka ini bisa diartikan kalau kedalaman dari Danau Toba ini masih lebih dalam dari rata-rata kedalaman laut jawa yang hanya sekitar 200 meter saja dari permukaan.

Tapi memang, untuk menyelam hingga kedasar danau rasa-rasanya sulit, dikarenakan pada kedalaman 40 meter saja kondisinya sudah sangat gelap, dimana jangkauan penglihatan hanya berkisar antara 1,5 meter saja.

Jadi bisa disimpulkan, kalau kedalaman dari Danau Toba ini bisa saja lebih dalam dibandingkan dengan kedalaman Rata-rata laut jawa.

Terdapat Danau di Tengah Danau
4 Fakta Menarik Danau Toba

Mungkin dari kata-katanya saja sudah terasa unik, karena biasanya yang umum terjadi adalah hanya air saja yang mengisi danau, namun di danau toba yang terjadi adalah sebaliknya.

Karena anda masih bisa menemukan danau di tengah danau toba. Danau yang dimaksud adalah Danau Sidihoni & Danau Aek Natonang.

Adapun lokasi dari kedua danau tersebut berada di Pulau Samosir atau lebih tepatnya di bagian tengah-tengahnya danau toba.

Lebih dari itu, anda juga masih bisa menemukan 4 pulau di tengah-tengah danau tersebut yakni Pulau Sibadang, Pulau Tao, Pulau Tolping dan juga Pulau Tulas.

Nah, dengan sederet fakta-fakta menarik dari Danau Toba ini, Apakah anda masih berminat untuk berkunjung ke Danau Toba ini? 

Posting Komentar untuk "4 Fakta Menarik Danau Toba"