Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Keuntungan Bisnis Kelapa Sawit

4 Keuntungan Bisnis Kelapa Sawit - Kelapa sawit merupakan jenis tumbuhan yang termasuk dalam genus Elaeis dan masuk ke dalam ordo Arecaceae. 

4 Keuntungan Bisnis Kelapa Sawit

Tumbuhan ini banyak di budidayakan di indonesia dan juga banyak digunakan dalam usaha pertanian komersial untuk memproduksi minyak sawit. 

Pada tahun 1970-an lalu, minyak kelapa menjadi minyak yang paling banyak digunakan untuk kebutuhan minyak goreng dan menjadi masa ke emasan bagi minyak tersebut.

Tapi memang sangat disayangkan, karena semakin lama produksi minyak kelapa menjadi semakin menurun di 20 tahun terakhir. Maka tidak heran, kalau karena hal tersebutlah yang mendorong diberlakukannya Substitusi ke Minyak sawit.

Karena memang seperti yang kita tahu, kalau produksi minyak sawit ini semakin lama semakin meningkat. Adapun masalahnya baru timbul ketika meningkatnya volume produksi dari minyak sawit tersebut yang tidak diiringi dengan kenaikan nilainya.

Tapi walau bagaimana pun tetap saja Bisnis Kelapa Sawit ini menjadi salah satu bisnis dengan keuntungan terbesar yang bisa diraup oleh para pelakunya. Penasaran apa sajakah kira-kira keuntungan yang bisa anda dapat dari Bisnis Kelapa Sawit ini? Mari kita kupas lebih jauh lagi di bawah ini.

Profitnya Bisa Mencapai 3 Kali Lipat Dari Modal

Dalam menjalankan sebuah bisnis, pastinya keuntungan yang bisa didapat dari bisnis yang dijalankan tersebut merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan.

Pada bisnis kelapa sawit ini, mungkin sudah bukan rahasia lagi kalau keuntungan yang bisa anda raup nantinya sangatlah besar. Hal tersebut terbukti dari rata-rata biaya produksi kelapa sawit yang nilainya adalah sebesar Rp 500/kg nya.

Sedangkan untuk nilai jual Tandan Buah Segar (TBS) nya bisa mencapai 3 kali lipat bahkan lebih yakni sebesar 1.597/kg nya. Jadi dengan kata lain, Keuntungan yang bisa didapat dalam 1 kg sawit tersebut adalah senilai 1.097/kg nya.

Tentu nilai tersebut masih bisa jauh lebih besar lagi jika sawit yang dihasikan tersebut dalam jumlah yang lebih besar juga. Jadi bisa dibayangkan seberapa besar keuntungan yang bisa anda dapatkan jika lahan sawit yang anda miliki mencapai puluhan, bahkan ratusan hektar dengan kondisi berbuah setiap tahunnya.

Selain itu, Harganya masih bisa naik ke angka yang lebih tinggi lagi kalau permintaan akan bahan baku pembuatan minyak goreng menjadi lebih tinggi lagi.

Cepat Balik Modal

Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan dalam berbisnis adalah waktu yang dibutuhkan untuk bisa balik modal.

Karena seperti yang kita tahu, kalau kita tidak akan mungkin untuk menjalankan sebuah bisnis jika modal yang harus dikeluarkan terlalu besar tapi waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan kembali modal tersebut terlalu lama.

Apalagi di zaman sekarang ini yang semuanya sudah serba cepat. Maka dari itu, lamanya waktu yang dibutuhkan untuk kembalinya modal dalam sebuah bisnis merupakan hal yang penting untuk dipertimbangkan.

Namun tentu hal tersebut tidak akan menjadi masalah jika seandainya anda melakukan investasi di dunia kelapa sawit. Karena anda bisa mendapatkan kembali modal anda dalam jangka waktu 5 hingga 7 tahun saja.

Selebihnya anda tinggal menikmati hasilnya hingga 25 tahun kedepan. Umumnya modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisa menjalankan bisnis kelapa sawit dalam 1 hektarnya adalah senilai Rp 30 juta.

Tapi tentu, selama dalam masa perawatan anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa merawat sawit anda dengan baik hingga nantinya sawit tersebut mulai menghasilkan dan sudah bisa anda dapatkan Profit.

Namun, seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau sudah tiba pada saat masa sawit tersebut berbuah, anda sudah bisa memulai memetik hasilnya hingga 25 tahun kedepan. Biasanya Sawit akan mulai berbuah 4 tahun setelah masa penanaman.

Harga Sawit Bersifat Stabil

Selanjutnya keuntungan yang bisa anda dapat dari bisnis kelapa sawit ini adalah harganya yang bersifat stabil.

Pada dasarnya harga dari setiap barang merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan sebelum melakukan transaksi, apakah anda akan membeli ataupun menjual barang tersebut.

Dalam hal ini, anda selaku petani atau Produsen yang memproduksi untuk menghasilkan sawit. Harga yang stabil merupakan faktor penting yang benar-benar harus anda perhatikan.

Berdasarkan tren beberapa tahun terakhir yang memperlihatkan bahwa harga dari kelapa sawit ini bisa dibilang cenderung stabil dibandingkan dengan jenis buah lainnya.

Pada tahun 2011 lalu harga sawit dimulai dari angka Rp 1300/kg nya yang selanjutnya mengalami peningkatan ke angka Rp 1600/kg dan kemudian turun lagi ke angka Rp 1395/kg.

Berdasarkan informasi yang admin dapat, kalau Minyak Kelapa Sawit indonesia merupakan salah satu Minyak goreng yang paling diminati dunia. Makanya tidak heran kalau ada sejumlah negara yang iri dengan bahan baku berupa sawit dari indonesia ini.

Dipasaran global, Minyak sawit kita bersaing sengit dengan minyak kedelai. Tapi seperti yang admin singgung diatas tadi, kalau minyak sawit kita merupakan salah satu yang paling diminati dunia karena berbagai macam alasan.

Tidak hanya itu, anda juga tidak perlu terlalu khawatir dengan saingan kita berupa minyak kedelai. Karena pada dasarnya produksi minyak kedelai masih jauh dibawah minyak sawit kita.

Semua Pekerjaan Dikerjakan Oleh Para Pekerja

Terakhir Keuntungan Dari Bisnis Kelapa Sawit yang perlu anda tahu adalah anda tidak perlu melakukan semua pekerjaan sendirian.

Akan tetapi, para pekerjalah yang akan melakukan semua pekerjaan yang nantinya harus dikerjakan. Baik pekerjaan tersebut pada saat mulai menanam sawit, hingga pekerjaan yang rutin harus dilakukan layaknya merawat sawit.

Karena memang keuntungan yang akan didapat nantinya yang lebih dari cukup untuk membiayai mereka para pekerja. Meskipun memang, seperti yang sudah admin singgung diatas, kalau biaya awal yang harus dikeluarkan tentu tidak sedikit.

Tapi setelah sawit mulai berbuah dan menghasilkan, anda tinggal memetik hasilknya dalam jangka waktu yang sangat panjang. Maka tidak heran kalau Bisnis Kelapa sawit ini masuk ke dalam Passive Income. 


Posting Komentar untuk "4 Keuntungan Bisnis Kelapa Sawit"