Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia

4 Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia Berbicara tentang sawit pastinya kita tidak akan boleh luput dari ngeri tercinta kita ini yakni Indonesia.

4 Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia

Sebagai salah satu negara penghasil sawit terbesar di dunia. Tentu indonesia memiliki keunggulan di bidang komoditi yang satu ini.

Seperti yang kita tahu kalau di indonesia ini sendiri ada banyak sekali perusahaan-perusahaan sawit yang sudah berdiri. Berdirinya perusahaan kelapa sawit ini pun sebenarnya ada yang sudah sejak sangat lama.

Maka dari itu, pada postingan kali ini admin terfikirkan untuk membuat postingan tentang 4 Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia.

Pada dasarnya, mayoritas perusahaan sawit yang beroperasi di indonesia ini punya lahan sawitnya sendiri yang mencapai ratusan ribu hektar.

Bahkan beberapa pulau menjadi target perluasan lahan sawit di indonesia ini layaknya pulau Sumatera, Kalimantan dan juga di Papua.

Sesuai dengan apa yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau pada postingan kali ini kita akan coba bahas tentang 4 Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia. 

Tapi yang mungkin kalau berbicara tentang Fokusnya, admin akan lebih berfokus pada perusahaan-perusahaan sawit yang memiliki status Terbuka saja.

Jadi dengan kata lain, saham dari perusahaan-perusahaan sawit tersebut sudah diperjual belikan. Untuk acuan datanya sendiri admin kumpulkan berdasarkan Laporan dari Bursa Efek Indonesia yang disertai dengan Rangkuman Data melalui Anual report 2019.

Singkatnya, mari kita ulas lebih jauh tentang 4 Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia di bawah ini.

PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology ( Rp 36,19 Triliun )
PT. Sinarmas

Pada posisi pertama perusahaan sawit dengan pendapatan terbesar yang ada di indonesia sudah pasti PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology, dimana perusahaan sawit yang satu ini sudah ada di indonesia sejak tahun 1962 yang lalu.

Mungkin sebagian besar dari anda sudah pasti tahu kalau PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology bernaung langsung dibawah Sinar Mas Group yang tidak lain pendirinya adalah Eka Tjipta Widjaja.

Berdasarkan informasi yang admin dapat, hingga tahun 2019 yang lalu PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology ini sudah punya lahan yang mereka kelola yang sangat besar. Bahkan admin bisa bilang sebagai yang terbesar di indonesia.

Pasalnya, Luas lahan yang dimiliki PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology ini mencapai 137.372 Hektar, yang mana 106.428 hektare diantaranya adlaah lahana produktif dari perusahaan dan barulah sisanya merupakan lahan plasma yang dikelola dengan para petani setempat.

Adapun untuk pendapatannya sendiri, PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology ini sudah memiliki Total pendapatan hingga Rp 36,19 Triliun. Dengan keuntungan bersih yang didapat yang mencapai Rp 899 Miliar.

Bagi kita masyarakat awam nominal tersebut merupakan sebuah angka yang luar biasa fantastis. Hal tersebut sebenarnya juga masih berlaku untuk PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology ini sendiri, karena memang menjadi perusahaan sawit dengan pendapatan tertinggi yang ada di indonesia dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan sawit lainnya.

Bahkan menurut beberapa informasi dari beberapa situs terpercaya di indonesia. Produk yang dihasilkan oleh PT. Sinar Mas Agro Resource & Technology ini tidak hanya mampu untuk memasok kebutuhan dalam negeri saja.

Tapi juga sudah mampu di ekspor ke beberapa negara di kawasan Eropa, Timur Tengah / Amerika Serikat hingga ke Afrika.

PT. Astra Agro Lestari ( Rp 17,45 Triliun )
PT. Astra Agro Lestari Tbk

Selain dari PT.Sinar Mas Agro Resource & Technology yang sudah kita bahas diatas. Masih ada perusahaan sawit lainnya yang ada di indonesia ini yang memiliki pendapatan yang luar biasa fantastis, yakni mencapai Rp 17,35 Triliun.

PT. Astra Agro Lestari merupakan salah satu perusahaan sawit, yang pada awal-awal berdirinya perusahaan ini bergerak di bidang perkebunan. Namun bukan perkebunan kelapa sawit, tapi lebih ke industri perkebunan singkong dan juga karet.

Selain itu, perusahaan ini punya lebih banyak produk turunan yang tidak hanya berpatok pada satu patokan saja. Hal tersebut dilakukan PT. Astra Agro Lestari ini guna memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun Ekspor.

PT. Astra Agro Lestari ini sudah ada di indonesia sejak tahun 1948 yang lalu, dengan lokasi pertama berdirinya perusahaan tersebut di Provinsi Riau.

Seiring waktu berjalan, PT. Astra Agro Lestari ini semakin memperluas lokasi lahan dan mampu melahirkan banyak anak perusahaan yang bernaung dibawahnya.

Sebelumnya, mungkin tidak banyak orang yang tahu kalau PT. Astra Agro Lestari ini merupakan hasil merger dari beberapa perkebunan lainnya. Dengan total lahan saiwt yang miliki perusahaan tersebut yang mencapai 287.604 hektare di tahun 2020 yang lalu.

Dari total luas lahan sawit tersebut, sebenarnya lahan sawit yang punya status aktif hanya 217.132 hektare saja. Sedangkan sisanya hanya kebun plasma saja, itupun masih tersebar di 3 daerah yakni pulau Sumatera, Pulau Kalimantan dan juga Pulau Sulawesi.

PT. Salim Invomas Pratama Tbk ( Rp 14,4 Triliun )
PT. Salim Invomas Pratama Tbk

Mungkin sebagian besar dari kita sudah pernah mendengar nama dari perusahaan kelapa sawit yang satu ini. Tapi tidak banyak dari kita yang sadar kalau perusahaan ini merupakan sebuah perusahaan kelapa sawit dengan dengan pendapatan terbesar yang ada di indonesia ini.

Perusahaan kelapa sawit tersebut adalah PT.Salim Invomas Pratama Tbk. Perusahaan sawit ini sudah memulai debutnya di indonesia sejak tahun 1992 lalu.

Sebenarnya, PT.Salim Invomas Pratama Tbk ini sendiri tidak hanya berforkus pada tanaman kelapa sawit saja, tapi juga memproduksi beberapa tanaman lain layaknya tanaman Karet, Tebu, Kakao dan juta tanaman Teh.

PT.Salim Invomas Pratama Tbk ini sendiri juga merupakan bisa dibilang sebagai kelompok usaha agribisnis yang memang sudah terindentivikasi dan juga terintegrasi dengan operasi bisnis utamanya yakni penelitian & pengembangan, pengembang biakan & budidaya tanaman sawit dan juga penggilingan hingga pemurnian Minyak sawit mentah.

Sebagai salah satu pemain besar di bidang produksi minyak kelapa sawit, admin rasa wajar rasanya kalau PT.Salim Invomas Pratama Tbk ini punya 28 pabrik yang berada di pulau sumatera dan juga kalimantan.

Sedangkan untuk total kapasitas produksi pertahunnya PT.Salim Invomas Pratama Tbk ini mampu menyumbang hingga 6,8 juta ton.

Tidak banyak juga orang yang sadar kalau minyak goreng yang mereka gunakan sehari-hari merupakan produk yang dihasilkan oleh PT.Salim Invomas Pratama Tbk ini. Contoh yang paling gampangnya yang mudah didapatkan dipasaran adalah Minyak Goreng Bimoli dan juga Palmia.

Sedangkan untul luas lahan yang dimiliki PT.Salim Invomas Pratama Tbk ini sendiri mencapai 251.112 hektar, dimana dengan luas lahan sawit tersebut, perusahaan ini mampu menghasilkan pendapatan hingga Rp 340 Miliar di tahun 2020 lalu dan masih bisa lebih tinggi di tahun 2022 ini.

Karena seperti yang kita tahu kalau permintaan akan minyak goreng beberapa waktu yang lalu lumayan tinggi, hingga membuat harga minyak goreng di pasaran lumayan membengkak.

Adapun total keuntungan yang sudah telah diraup oleh PT.Salim Invomas Pratama Tbk ini macapai Rp 14,4 Trilliun 

PT. Dharma Satya Nusantara Tbk
PT. Dharma Satya Nusantara Tbk

Pada posisi terakhir Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia  adalah PT. Dharma Satya Nusantara Tbk.

PT. Dharma Satya Nusantara Tbk ini sendiri merupakan perusahaan sawit yang bernaung langsung di bawah Triputra Group dan masih terus berkembang hingga sekarang.

Sebagai salah satu perusaan yang sudah sejak lama hadir di indonesia, PT. Dharma Satya Nusantara Tbk ini sebenarnya ada sejak September 1980 lalu, namun memang bukan langsung berkecimpung di dunia kelapa sawit, akan tetapi lebih dulu di industri perkayuan.

Tapi, barulah pada tahun 1996 PT. Dharma Satya Nusantara Tbk ini mulai melakukan ekspansi secara resmi ke bisnis kelapa sawit.

Hingga saat ini lahan yang dimiliki oleh PT. Dharma Satya Nusantara Tbk ini sudah mencapai 112.450 hektare. Dimana 84.556 hektare diantaranya adalah berupa lahan aktiv produksi, sedangkan sisanya adalah lahan plasma yang digunakan bersama para petani setempat.

Jadi wajar saja kalau hingga tahun 2020 lalu PT. Dharma Satya Nusantara Tbk ini mampu  menghasilkan provit hingga Rp 6,6 Trilliun. Untuk keutungan bersihnya sendiri mencapai Rp 478 Miliar.

Posting Komentar untuk "4 Perusahaan Sawit Dengan Pendapatan Terbesar di Indonesia"