Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Memilih Harddisk External

4 Tips Memilih Harddisk External Pada saat hard disk di sebuah laptop maupun komputer yang anda miliki penuh. Kira-kira apa yang akan anda lakukan? 

4 Tips Memilih Harddisk External

Yups buy a new external hard disk atau anda harus membeli Hard disk External yang baru.

Apalagi untuk sekarang ini dipasaran sudah ada banyak pilihan hard disk External yang harganya sudah lumayan terjangkau dibandingkan dengan beberapa tahun yang lalu.

Kapasitas dari masing-masing harddisk tersebut pun sebenarnya sangat beragam mulai dari 250GB, 500GB, 1TB, 2TB, 4TB ataupun 5TB untuk harddisk External yang ukurannya compact yakni yang punya dimensi 2,5 inch.

Sebenarnya ada juga varian lain yang punya dimensi yang lebih besar yakni versi 3,5 inch.

Namun yang paling banyak digunakan oleh orang sekarang sebagai Harddisk External adalah yang berdimensikan 2,5 inch SATA karena memang ukurannya yang tergolong compact yang mudah untuk dibawa kemanapun.

Tapi jika anda adalah orang yang akan menggunakan Harddisk External tersebut di PC yang tidak akan anda bawa-bawa sebenarnya harddisk 3,5 inch jadi pilihan yang menurut menurut admin.

Nah, saking banyaknya hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli Harddisk External ini, maka pada postingan ini admin ingin memberikan Beberapa Tips Memilih Harddisk External.

Bagi anda yang penasaran Tips tersebut apa saja? Berikut adalah 4 Tips Memilih Harddisk External.

Pilih Harddisk Dengan Kapasitas Sesuai Dengan Kebutuhan
4 Tips Memilih Harddisk External

Tips yang pertama dalam memilih Harddisk External adalah memilih Kapasitas Ruang Penyimpanan  sesuai dengan kebutuhan anda masing-masing.

Karena seperti yang kita tahu, kalau Kapasitas ruang penyimpanan pada sebuah harddisk merupakan hal pertama yang harus jadi pertimbangan kita pada saat hendak memboyong sebuah Hard disk External.

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau dipasaran indonesia ini sendiri punya banyak sekali kapasitas ruang penyimpanan yang ditawarkan.

Tentu dengan banyaknya varian kapasitas dari storage tersebut membuat kita bingung dalam memilih Harddisk mana yang kira-kira cocok untuk anda beli.

Umumnya kapasitas Harddisk External SATA 2,5 inch mulai dari 250GB, 500GB, 1TB, 2TB, 4 TB dan juga 5TB.

Sedangkan untuk Harddiks External SATA 3,5 inch juga sama seperti harddisk SATA 2,5 inch, hanya saja Harddisk tersebut punya kapasitas yang lebih tinggi layakanya 6TB, 8TB, 10TB, 12TB dan juga 14TB yang admin tahu.

Dengan banyaknya varian kapasitas storage yang ditawarkan tersebut tentu bisa membuat setiap orang jadi bingung dalam memilih kapasitas mana yang akan dibeli.

Jika hal tersebut juga terjadi pada anda, anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan anda masing-masing.

Misalnya saja anda adalah seorang pelajar, mungkin Harddisk External dengan kapasitas 500GB atau 1TB saja sudah sangat cukup.

Berbeda halnya dengan mereka para Kolektor Film, Desainer, Fotografer, Editor dan sejenisnya tentu akan membutuhkan Harddisk External dengan kapasitas yang lebih lega.

Pentingnya memilih Harddisk sesuai dengan kebutuhan adalah karena harga dari Harddisk ini yang berbeda.

Semakin luas ruang penyimpanan yang ditawarkan maka akan semakin tinggi pula harga yang harus anda bayar untuk bisa memiliki harddisk tersebut nantinya.

Rata-rata Harddisk External dengan kapasitas 500 GB berkisar antara Rp600 hingga Rp700 ribu, Namun jika memang anda lebih rajin dalam hal Searching di e-commerce anda bisa mendapatkan Hard disk External ini dengan harga yang lebih terjangkau, bahkan anda bisa menemukan harga yang benar-benar terjangkau yakni hanya berkisar Rp 300 ribuan saja.

Begitu juga dengan Harddisk External dengan kapasitas 1 TB yang biasanya dijual pada rentang harga Rp700 ribu hingga Rp1 jutaan saja.

Maka dari itu, ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu kubutuhan anda akan harddisk tersebut untuk apa? Apakah anda memang benar-benar membutuhkan Harddisk Extenal dengan kapasitas yang terlalu lega? Apakah budget tidak menjadi masalah sama sekali? Semuanya kembali ke anda masing-masing.

Perhatikan Rotasi ( Putaran ) Harddisk
4 Tips Memilih Harddisk External

Tips selanjutnya dalam memilih Hard disk Eksternal yatiu dengan menyesuaikan kebutuhan Hard disk berdasarkan kecepatan rotasinya piringan yang terdapad di bagian dalam Harddisk itu sendiri.

Karena pada dasarnya tidak semua calon konsumen tahu mengenai hal ini. Sebuah Harddisk memiliki piringan yang terdapadi di bagian dalamnya.

Piringan tersebut yang berputar pada kecepatan tertentu yang disingkat dengan Revolusi per menit ( Rpm ).

Umumnya, sebuah harddisk punya kecepatan putaran yang berbeda-beda, namun yang paling umumnya ada yang 4200 rpm, 5400 rpm, 7200 hingga yang paling tinggi yang admin tahu adalah 10.000 Rpm.

Biasanya semakin cepat putaran dari piringan Harddisk tersebut maka akan semakin cepat pula Harddisk ini akan melakukan proses data yang ditulis dan dibaca pada piringan yang berputar tersebut.

Tapi yang paling umum Harddisk External yang beredar dipasaran indonesia memiliki speed piringan tersebut pada 5400 rpm.

Namun yang perlu menjadi catatan disini adalah secepat apapun sebuah Harddisk pasti akan kalah jika dibandingkan dengan SSD dengan teknologi paling rendah sekalipun.

Hal tersebut memang terasa wajar mengingat harga dari SSD yang bisa mencapai 2 hingga 3 kali lipatnya harga dari sebuah Harddisk.

Dulunya, Orang-orang yang memiliki basic pekerjaan sebagai seorang Gamer, Desainer maupun Editor, mereka akan memilih Harddisk External dengan kecepatan putar piringan Harddisk mulai dari 7200 hingga 10.000 rpm.

Hal tersebut memang terasa wajar mengingat pekerjaan yang mereka kerjakan ini yang memamang lebih berat jika dibandingkan dengan para kolektor film.

Jadi, disini Putaran (Rotasi) Piringan atau speed rotasi harddisk memiliki peranan yang sangat penting untuk diperhatikan.

Perhatikan Speed Transfer Data
4 Tips Memilih Harddisk External

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi kalau Speed dari sebuah harddisk merupakan sesuatu yang penting untuk anda perhatikan pada saat anda hendak membeli harddisk eksternal.

Hal ini tentu akan mengacu pada jenis konektor yang digunakan oleh harddisk tersebut.

Umumnya sebuah Harddisk External memiliki kecepatan transfer data mulai dari 100 hingga 200MB/s. 

Biasanya jika putaran dari piringan yang terdapad dibagian dalam Harddisk sudah kencang tapi media koneksi yang digunakan masih belum memadai, biasanya Speednya juga akan terasa lambat.

Begitu pula sebaliknya, cara yang paling gampang untuk tahu seberapa cepat harddisk yang kita miliki adalah dengan melakukan proses Copy Paste data dari & ke Harddisk itu sendiri.

Walaupun memang sebenarnya masih ada banyak sekali cara lainnya yang bisa anda coba untuk tahu seberapa kencang harddisk yang anda miliki tersebut.

Namun yang paling umumnya adalah dengan cara Copy Paste data ataupun media.

Dikarenakan pada postingan ini kita sedang membahas tentang Harddisk External, maka tentu saja tidak luput dari perangkat yang namanya USB.

Semakin tinggi gerasi USB dari sebuah Harddisk biasanya akan semakin kencang pula performa dari harddisk tersebut.

Untuk jenis-jenis USB beserta dengan Speednya nanti akan coba kita bahas pada postingan yang terpisah.

Perhatikan Feedback Pengguna Harddisk Dari Setiap Brand
4 Tips Memilih Harddisk External

Terakhir Tips Memilih Harddisk External yangn bisa anda terapkan pada saat hendak membeli Harddisk External adalah memperhatikan Feedback dari para pengguna Harddisk tersebut.

Feedback yang admin maksud disini adalah komentar mengenai usia ataupun keawetan dari para pengguna harddisk dari masing-masing brand.

Karena setiap brand pasti memiliki keunggulan maupun kelemahan yang berbeda-beda pada setiap perangkat yang mereka buat.

Hal tersebut juga tentu berlaku pada perangkat yang bernama Harddisk ini.

Scara umum, usia dari sebuah Harddisk External adalah berkisar antara 3 hingga 5 tahun lamanya. 

Tapi memang tidak bisa dipungkiri bahkan ada harddisk yang terdapat pada sebuah laptop yang masih bisa digunakan hingga 10 bakan hingga 13 tahun atau bahkan lebih.

Sebenarnya usia yang admin maksudkan disini adalah usia yang normal dengan performa Harddisk yang masih di angka 100%.

Biasanya setelah usia dari Harddisk tersebut maksimalnya 5 tahun, kebanyakan harddisk performanya akan terpangkas sebesar 20% yang hanya menyisakan perfroma harddisk 80 % saja.

Memang masih bisa digunakan, tapi tentu tidak semenyenangkan menggunakan Harddisk dengan performa yang baru.

Selain itu sebuah brand Harddisk punya standar usia dari perangkat mereka masing-masing. 

Sebagai contoh yang paling gampang dan paling umum terjadi adalah Harddisk dari Brand Western Digital (WD) dan Hitachi punya standar usia yang lebih lama dibandingkan dengan Harddisk dari Brand Seagate.

Adapun kerusakan harddisk yang paling umum terjadi adalah munculnya berbagai macam peringatan yang berhubungan dengan data pada saat Komputer ataupun Laptop dijalankan. 

Posting Komentar untuk "4 Tips Memilih Harddisk External"