Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Makanan Khas Pekanbaru

4 Makanan Khas PekanbaruKetika anda berkunjung ke suatu daerah, tidak akan lengkap rasanya jika anda belum mencoba kuliner khas daerah tersebut.

4 Makanan Khas Pekanbaru

Begitu pula halnya ketika anda bekunjung ke Pekanbaru Riau. Dimana daerah tersebut juga punya banyak sekali kuliner khas yang menarik untuk dicoba.

Sedikit informasi untuk anda yang berasal dari luar indonesia, kalau Pekanbaru ini merupakan ibu kota sekaligus jadi kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia.

Kota ini sendiri merupakan salah satu sentra ekonomi terbesar yang ada di pulau Sumatra dan termasuk kedalam kota dengan tingkat pertumbuhan, migrasi, dan juga urbanisasi yang tinggi.

Makanya sangat wajar kalau Pekanbaru ini punya banyak sekali kuliner khas yang mesti untuk anda coba.

Karena memang pada dasarnya, pada postingan sebelumnya admin sudah pernah membuat postingan tentang 4 tempat yang harus anda kunjungi di Pekanbaru.

Jadi tidak ada salahnya kalau pada postingan kali ini admin memberikan list makanan yang harus anda coba di Pekanbaru Riau.

Bagi anda yang penasaran Makanan Khas Pekanbaru mana saja yang admin maksud? Mari kita bahas 4 Makan Khas Pekanbaru di bawah ini.

Bolu Kemojo
Bolu Kemojo

Pada posisi pertama makanan Khas Pekanbaru yang akan coba kita bahas pada postingan ini adalah Bolu Kemojo.

Dimana Bolu Kemojo ini sendiri merupakan salah satu jenis makanan ringan yang tentunya tidak boleh anda lewatkan untuk anda coba saat anda berkunjung ke Pekanbaru.

Seperti yang sudah admin singgung diatas akalau bolu Kemojo Pekanbaru ini sendiri merupakan salah satu hidangan yang berupa makanan ringan tapi punya rasa manis yang begitu khas.

Nama “Kemojo” pada bolu ini sendiri berasal dari kata “Kojo” memiliki makna bunga kamboja.

Tentunya nama tersebut sangat berkaitan erat dengan bentuk kue bolu ini yang memang aslinya tampak seperti bunga tersebut dan biasanya memiliki ukuran yang lumayan besar.

Akan tetapi untuk sekarang ini, anda sudah bisa menemukan ukuran kecil dari Bolu Kemojo ini yang memmiliki bentuk yang persis layaknya cupcake.

Tekstur kue Bolu Kemojo ini juga lumayan padat tapi tetap dengan teksturnya yang lembut dan juga mengeluarkan aroma manis yang khas.

Bahkan beberapa diantara Bolu Kemojo ini ada juga yang memiliki aroma seperti aroma dari buah durian.

Bolu Kemojo punya warna permukaan yang hijau, karena memang adonan dari bolu ini yang  menggunakan ekstrak daun pandan dan juga daun suji.

Selain bisa untuk anda coba langsung saat anda berkunjung ke pekanbaru Riau.

Bolu Kemojo ini juga bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas pekanbaru yang coock untuk anda bawa pulang ke kampung halaman anda masing-masing.

Gulai Ikan Patin
Gulai Ikan Patin

Selanjutnya makanan khas pekanbaru yang benar-benar harus anda coba saat berkunjung ke daerah tersebut adalah Gulai Ikan Patin.

Karena memang pada dasarnya Gulai ikan patin ini merupakan salah satu makanan khas Pekanbaru / yang punya cita rasa asam, manis dan juga Pedas.

Ada juga sedikit rasa hint melayu pada kuliner yang satu ini.

Bagi sebagian orang mungkin Ikan patin ini bukan sesuatu yang terdengar asing lagi.

Karena sebenarnya masakan gulainya sendiri besar kemungkinan sudah sangat sering anda temui di kehidupan anda sehari-hari.

Namun jika sendainya saja anda berkunjung ke Pekanbaru, menikmati Gulai Ikan Patin ini merupakan suatu keharusan menurut admin.

Karena memang rasanya sangat khas dengan citarasa segar yang mungkin tidak akan anda temukan di kota-kota lainnya yang ada di indonesia ini.

Layaknya gulai-gulai lain pada umumnya, kuah dari gulai ikan patin ini memiliki warna yang kuning pekat.

Sedangkan untuk potongan ikannya tergolong besar yang akan membuat selera makan anda menjadi semakin menggugah.

Bahkan kalau menurut admin, aromanya saja bisa membuat air liur setiap orang menetes karena memang selezat itu Gulai Ikan Patin ini.

Tapi perlu anda pastikan kalau anda menyantap Gulai Ikan Patin ini dengan nasi hangat, daun singkong rebus dan juga bunga kecombrang.

Cencaluk
Cencaluk

Bicara tentang makanan khas Pekanbaru Riau admin rasa tidak akan lengkap rasanya kita jika tidak membahas salah satu kuliner unik dan khas Pekanbaru yakni Cencaluk.

Meskipun nama dari kuline ini sedikit terdengar asing untuk para wisatawan yang berasal dari luar Riau, namun sebenarnya makanan ini sangat-sangat populer di daerah asalnya yakni di Pekanbaru Riau.

Adapun bahan dasar pembuatan Cencaluk ini pada dasarnya adalah berupa udang kecil yang melalui proses fermentasi.

Dengan memanfaatkan bakteri asam laktat hingga membuat Cencaluk ini memiliki cita rasa yang unik dan khas di Pekanbaru.

Biasanya, Cencaluk ini dijadikan sebagai bahan dasar pada sambal khas di Riau.

Udang-udang kecil yang akan digunakan tersebut awalnya akan dicuci terlebih dulu dengan menggunakan air laut.

Selanjutnya akan dicampur dengan garam dan juga nasi pada wadah tembikar.

Hal tersebut dilakukan agar Cencaluk ini bisa tercipta rasa yang nikmat.

Pembuat sendiri akan mendiamkan adonan cencaluk ini selama lebih kurang sekitar 30 hari.

Umumnya Cencaluk ini memiliki rasa asam dan juga gurih.

Meskipun memang , terkadang anda juga bisa menemukan makanan ini yang berwarna kemerahan akibat dari pembuatannya yang menggunakan sedikit saus tomat.

Roti Jala
Roti Jala

Terakhir makanan khas pekan baru yang akan coba kita bahas pada postingan ini tidak lain adalah Roti Jala.

Karena seperti yang sudah admin jelaskan diatas tadi kalau budaya dan juga tradisi Melayu masih sangat kental di provinsi Riau hingga saat ini.

Makanya sangat wajar kalau anda akan dengan mudah menemukan berbagai macam hidangan berbau Melayu pada saat anda berkunjug ke Pekanbaru.

Roti Jala ini adalah salah satu hidangan khas pada saat  hendak memasuki bulan Ramadhan.

Sebagai salah satu jenis makanan dari Pekanbaru sangat yang enak roti yang satu ini akan terasa semakin mantap apabila anda nikmati dengan kuah kari.

Adapun kudapan yang satu ini pada dasarnya memang sagat mirip dengan canai.

Bahkan rasanya dari Roti Jala ini pun bisa dibilang  hampir-hampir mirip.

Tapi, roti yang berbentuk seperti jala ini memang terlihat lebih unik dibandingkan dengan roti-roti lain pada umumnya.

Anda bisa menemukan roti jala yang satu ini dengan begitu mudah di berbagai tempat makan di Kota Pekanbaru Riau.

Posting Komentar untuk "4 Makanan Khas Pekanbaru"