Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DSLR

4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DSLR - Untuk sekarang-sekarang ini ada dua jenis kamera yang kerap kali jadi perbincangan dalam dunia fotografi.

4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DS

Kamera tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah jenis kamera mirrorless dan kamera DSLR.

Kedua jenis kamera tersebut pada dasarnya memiliki sejumlah kesamaan dan juga perbedaan.

Dari sejumlah persamaan maupun perbedaan tersbut,  bagaimana jika seandainya pada postingan kali ini kita bandingkan antara kamera berjenis mirrorless dengan kamera DSLR?

Kerena memang pada dasarnya ada beberapa hal menarik yang perlu anda perhatikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli salah satu dari kedua jenis kamera tersebut.

Bagi anda yang penasaran perbedaan kamera tersebut apa-apa saja dan bagaimana saja. 

Mari kita bahas lebih jauh pada postingan ini.

Keberadaan Cermin Antara Kamera Mirrorless Berbeda  Dengan Dslr
4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DS

Perbedaan yang pertama yang sebenarnya paling banyak orang tidak tahu ada pada keberadaan Cermin antara kamera Mirrorless dengan kamera DSLR.

Sedikit informasi bagi anda yang belum tahu kalau DSLR ini sendiri sebenarnya merupakan singkatan Digital Single Lens Reflex.

Kata-kata tersebut lebih mengacu pada cermin yang yang digunakan untuk memantulkan cahaya dari lensa ke lubang intipnya.

Kehadiran cermin yang berukuran kecil ini nantinya akan memungkinkan setiap pengguna kamera berjenis DSLR untuk melihat objek foto langsung dari lensanya.

Jadi dengan kata lain tampilan dari cermin kecil tersebut belum melalui pengeditan apapun dan bagaimanapun.

Karena ketika anda menekan tombol shutter pada kamera tersebut cermin pada jenis kamera DSLR akan terangkat dan membiarkan cahaya dari luar masuk ke bagian lensa dan mengenai sensor kamera.

Saat itulah foto yang anda jepret diambil dan nantinya akan tertangkap oleh kamera.

Bagaimana Halnya Dengan Jenis Kamera Mirrorless? 

Sesuai namanya, jenis kamera yang satu ini pada dasarnya tidak mempunyai mekanisme cermin layaknya yang digunakan pada jenis kamera DSLR.

Jadi setiap ada cahaya yang masuk dari bagian lensa nantinya akan langsung ditangkap oleh sensor Kamera Mirorrless tersebut.

Nantinya cahaya yang ditangkap tersebut akan ditayangkan di layar kamera Mirrorless itu sendiri.

Perbedaan Lubang Intip Kamera Mirrorless Dengan Dslr
4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DS

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau Lubang Intip dari kamera Mirrorless berbeda dengan kamera DSLR.

Dimana kehadiran dari cermin ataupun lubang intip pada kamera DSLR yang memungkinkan anda untuk melihat langsung objek yang akan anda Shoot.

Kelebihan dari lubang intip tersebut tidak lain adalah anda bisa melihat objek yang akan anda shoot tersebut tanpa adanya distorsi dan juga noise.

Pada keadaan ataupun kondisi-kondisi tertentu layaknya malam hari, Lubang itip ini akan sangat berguna untuk melihat dengan jelas tanpa noise objek yang akan anda Shoot.

Sedangkan Dan untuk kekurangannya sendiri ada pada cakupan bidang pandangnya.

Adapun lubang intip optikal dengan cakupan bidang pandang 100 persen ini biasanya hanya akan tersedia di kamera DSLR kelas atas atau pada jenis-jenis kamera premium saja. 

Sedangkan untuk jenis kamera DSLR di kelas entry-level dan kelas mid-range sendiri setahu admin cakupannya hanya berkisar di angka 90 persen saja.

Tingkat cakupan bidang pandang inilah yang nantinya akan memengaruhi framing foto anda jepret.

Karena saat tombol shutter di kamera anda tekan, maka detail dari sebuah objek foto yang terlihat oleh mata saat dibidik dengan hasil foto yang diambil biasanya akan terasa lumayan berbeda. 

Meskipun memang memang efek yang terasa lumayan minim bahkan tidak terasa ketika dilihat secara sekilas.

Sebaliknya, dikarenakan tidak adanya sistem cermin ataupun lubang intip optikal pada jenis kamera Mirrorless.

Maka objek yang ditangkap oleh lensa kamera tersebut bisa langsung ditampilkan di layar ataupun ke lubang intip elektroniknya.

Untuk kelebihan dari sistem semacam ini sendiri adalah objek yang akan anda bidik bisa menjadi representasi akan hasil foto yang akan anda dapatkan nantinya.

Bahkan dalam beberapa kasus layaknya pada saat anda menggunakan efek foto layaknya efek hitam-putih.

Gambar yang ditampilkan di layar dan lubang intip ataupun layar kamera Mirorrless ini pasti akan sesuai dengan efek tersebut.

Ukuran sensor Kamera Mirrorless Kebanyakan Berbeda Dengan Sensor Kamera DSLR
4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DS

Pada dasarnya semua jenis kamera DSLR dan sebagian besar dari kamera mirrorless pasti menggunakan sensor dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sensor dari ukuran sensor kamera-kamera kompak.

Kamera DSLR itu sendiri ada yang menggunakan sensor full-frame seperti yang terdapat pada kamera Canon 1DX dan juga pada kamera Nikon D5.

Adapun ukuran lainnya yang juga lumayan berbeda adalah APS-C yang juga biasa digunakan pada kamera-kamera entry-level dan pada kamera-kamera mid-range layaknya pada Canon 1300D, Pentax KP dan juga Nikon D7500.

Ukuran sensornya pun yang digunakan pada kamera mirrorless juga bisa dibilang lumayan beragam.

Akan tetapi yang paling umumnya ada dua ukuran sensor yang diantaranya ada Four Thirds seperti yang digunakan pada kamera Micro Four Thirds (MFT) keluaran Olympus dan juga Panasonic.

Sedangkan ukuran lainnya adalah APS-C yang biasa digunakan oleh pabrikan kamera Fujifilm, Canon dan juga pabrikan kamera Sony.

Adapun untuk kamera-kamera yang berasal dari pabrikan Sony dan juga Fujifilm sendiri biasanya mereka menyediakan lini kamera khusus dengan sensor lebih besar.

Dimana Sony menjejali lini kamera A7 dan A9 dengan sensor full-frame mereka dan Fujifilm menyematkan sensor medium-format mereka ke dalam kamera GFX 50S mereka.

Sedangkan pabrikan Nikon dan Pentax sendiri lebih memilih mengambil langkah unik dalam mendesain kamera mirrorless mereka.

Karena kedua pabrikan kamera teraesbut punya lini kamera Nikon 1 menggunakan sensor 1 inci, yang untuk sekarang ini semakin umum digunakan pada kamera-kamera compact premium.

Sementara itu di lini Pentax Q justru lebih memilih untuk menggunakan sensor dengan ukuran yang lebih umum digunakan pada jenis-jenis kamera saku layakanya 1/2,3 dan juga 1/1,7 inci.

Tapi memang karena sensor yang digunakan tidak terlalu seimbang seperti yang satu lebih kecil dibanding yang lain.

Bukan berarti hasil foto yang anda dapatkan menjadi lebih buruk, karena pada dasarnya foto yang dihasilkan oleh setiap kamera akan sangat berpengaruh pada pemilihan lensa dan juga tipe prosessor gambar yang digunakan.

Ukuran Bodi Kamera Mirrorless Berbeda Dengan Ukuran Body Kamera DSLR
4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DS

Mugnkin poin yang satu ini sudah banyak orang yang tahu.

Karena memang perbedaan bodi antara Kamera Mirrorless Dengan Kamera DSLR lumayan terasa menurut admin.

Apalagi pada jenis kamera DSLR yang sudah menggunakan sistem cermin yang membuat body kamera tersebut lebih terasa besarnya.

Sedangkan kamera mirrorless kebanyakan memiliki didesain lebih ramping dibandingkan dengan kamera-kamera DSLR.

Karena kamera tersebut tidak bersandar kepada lubang intip guna mengatur komposisi foto yang dihasilkan.

Maka tidak aneh rasanya kalau ada bisa menemukan lebih banyak kamera mirrorless yang memiliki bodi dengan ukuran yang lebih mungil dibandingkan dengan Body kamera DSLR.

Ditambah lagi dengan adanya lensa-lensa yang relatif lebih kecil juga.

Maka dari karenanya bisa admin simpulkan kalau Kamera Mirrorless ini sebenarnya memang lebih cocok untuk digunakan oleh mereka para Traveller.

Posting Komentar untuk "4 Perbedaan Antara Kamera Mirorrless Dengan Kamera DSLR"