Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Tips Memilih Asuransi Yang Tepat

4 Tips Memilih Asuransi Yang Tepat - Kesehatan seakan sudah menjadi sesuatu yang mahal di zaman sekarang ini.

4 Tips Memilih Asuransi Yang Tepat

Karena memang kesahatan itu sendiri sangat dibutuhkan oleh semua orang terutama di masa pandemi COVID-19 seperti yang sedang terjadi sekarang ini.

Jadi dengan kata lain, bisa dibilang kalau memiliki asuransi itu sama pentingnya dengan memiliki tempat tinggal. 

Tujuannya sendiri tidak lain adalah agar kita bisa mendapatkan produk asuransi dengan manfaat paling lengkap.

Maka dari karena itu, ada baiknya bagi anda untuk mengetahui terlebih dulu tentang tips memilih asuransi asuransi yang tepat agar anda tidak salah pilih nantinya.

Seperti yang diterangkan pada laman resmi asuransi yakni prudential, mengingat risiko akan adanya gangguan kesehatan yang bisa terjadi pada setiap orang dan juga kematian yang bisa datang kapan saja tanpa bisa diprediksi.

Maka ada baiknya untuk memproteksi diri dan juga keluarga anda dengan asuransi yang mampu memberikan manfaat yang paling lengkap.

Dengan membayar harga premi yang sesuai dengan pertanggungan yang diberikan oleh masing-masing asuransi kesehatan.

Maka dari karenanya, pada postingan ini admin akan coba untuk membeberkan 4 Tips memilih asuransi yang tepat agar nantinya anda tidak salah pilih asuransi. Berikut adalah 4 Tips Memilih Asuransi Yang Tepat untuk anda & keluarga anda masing-masing.

Beli Produk Asuransi Sesuai Kebutuhan
Membeli Produk Asuransi

Tips pertama memilih asuransi yang tepat untk diri maupun keluarga anda masing-masing adalah dengan Membeli Produk Asuransi Yang Sesuai dengan kebutuhan diri anda masing-masing.

Sebelum memutuskan untuk membeli produk asuransi yang tepat tentunya anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu kira-kira asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan diri anda masing-masing.

Misalkan anda mebutuhkan asuransi yang memberikan perlindungan jiwa sekaligus sebagai wadah investasi.

Maka ada baiknya untuk memilih produk asuransi jiwa unit link dibandingkan anda memilih asuransi jiwa dwiguna.

Karena memang manfaat pertanggungan yang diberikan asuransi jiwa dwiguna yang nantinya tidak akan memberikan manfaat untuk investasi dan begitu juga sebaliknya.

Jadi admin rasa ada baiknya untuk menentukan terlebih dahulu kira-kira asuransi seperti apa yang anda butuhkan.

Barulah setelah itu anda menyesuaikan dengan kemampuan finansial dalam membayar premi asuransi tersebut nantinya.

Aktif Bertanya Kepada Konsultan Asuransi Atau Agen Yang Berlisensi
Konsultasi asuransi

Selanjutnya Tips memilih asuransi yang tepat adalah dengan cara aktif bertanya kepada para konsultan asuransi maupun agen asuransi  yang memang memiliki lisensi yang valid.

Karena memang pada saat anda merasa ragu dan juga merasa khawatir terhadap manfaat ataupun pertanggungan yang akan anda dapatkan dari produk  sebuah asuransi.

Maka cara yang paling bijaknya adalah dengan bertanya langsung kepada konsultan asuransi yang anda tuju.

Ataupun agen yang memang sudah disiapkan dan telah memiliki lisensi dari perusahaan asuransi yang anda tuju.

Hal ini berguna agar nantinya semua pertanyaan yang ada di benak Anda bisa terjawab dengan tepat.

Sebenarnya ada banyak sekali kasus yang terjadi di masyarakat yang tidak lain adalah malu dan sungkan pada saat mereka hendak mengutarakan pertanyaan yang ada di dalam benak mereka masing-masing .

Alhasil pada saat mereka pulang ke rumah, tidak sedikit dari mereka yang masih dipenuhi dengan segudang pertanyaan dan membuat mereka menjadi penasaran.

Lakukan Riset Tentang Produk Asuransi
Riset Jenis Asuransi

Di Indonesia ini sendiri setidaknya terdapat 10 produk asuransi ditawarkan oleh setiap perusahaan asuransi.

Masing-masing dari asuransi tersebut di antaranya ada produk asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi rumah, asuransi kendaraan, asuransi pendidikan, asuransi kerugian, asuransi perjalanan, asuransi pensiun dan yang terakhir ada asuransi syariah.

Pada setiap jenis dari asuransi tersebut tentunya menawarkan manfaat pertanggungan yang berbeda-beda.

Misalnya saja produk asuransi jiwa berjangka yang mampu memberikan manfaat perlindungan untuk jangka waktu tertentu misalnya saja dimulai dari jangka waktu 5 atau 10 tahun.

Selain itu tersedia pula asuransi jiwa dwiguna yang mampu memberikan manfaat sebagai asuransi berjangka yang sekaligus bisa menjadi tabungan.

Kemudian Asuransi jiwa unit link yang nantinya akan memberikan manfaat pertanggungan yang tidak lain adalah berupa asuransi perlindungan jiwa dan juga investasi.

Pahami Dengan Benar Akan Asuransi Yang Anda Pilih
Jenis asuransi

Tips terakhir Memilih Asuransi Yang Tepat yang perlu untuk anda perhatikan adalah dengan Memahami secara pasti akan Asuransi Yang Nantinya Anda Pilih.

Karena sebenarnya, sebelum anda benar-benar menandatangani Surat Permintaan Asuransi Jiwa (SPAJ) maupun Permintaan Asuransi Kesehatan (SPAK).

Ada baiknya untuk anda agar bisa memantapkan langkah dan benar-benar sudah memahami tentang produk asuransi yang akan anda dipilih nantinya.

Cari tahu secara pasti seberapa jauh manfaat pertanggungan yang bisa anda dapatkan nantinya.

Kira-kira bagaimana alur manfaat pertanggungan yang akan anda dapatkan tersebut?.

Seperti apakah kira-kira proses Withdraw ( Pencairan ) pertanggungan? 

Hingga bagaimana cara anda untuk membayar premi setiap bulannya?

Selain itu, pastikan juga beberapa hal yang sudah admin sebutkan diatas tadi yakni sudahkah anda pahami dengan sangat baik sebelum nantinya anda menandatangani SPAJ atau SPAK.

Selain melakukan riset yang mendalam terhadap produk asuransi yang akan anda beli penting juga untuk melakukan riset agar anda bisa tahu tentang track record dari perusahaan asuransi yang nantinya anda tuju.

Yang paling penting adalah seberapa besarkah tingkat solvabilitas ataupun risk based capital dari perusahaan asuransi yang anda tuju?

Sedikit informasi untuk anda yang belum tahu kalau Risk Based Capital ini merupakan metode perhitungan untuk menentukan apakah perusahaan asuransi yang anda tuju memang berada pada tingkat yang sehat secara finansial untuk membayarkan seluruh tanggung jawabnya?

Karena berdasarkan informasih dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang mewajibkan seluruh perusahaan asuransi untuk menginformasikan kepada nasabahnya seberapa jauh kira-kira tingkat RBC perusahaan asuransi tersebut.

Posting Komentar untuk "4 Tips Memilih Asuransi Yang Tepat"