Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Industri Kecil di Indonesia

4 Contoh Industri Kecil di Indonesia - Pernahkah anda berfikir bahwa industri merupakan salah satu bagian yang sangat penting untuk menopang perekonomian di sebuah negara?

4 Contoh Industri Kecil di Indonesia

Karena dengan adanya industri ini sendiri pastinya bisa menghasilkan kegiatan ekonomi yang semakin lancar kedepannya nanti.

Alasannya sederhana saja yakni karena dalam industri itu sendiri terdapat berbagai macam kegiatan perdagangan yang menjadikan transaksi dalam motif ekonomi yang bisa berjalan dengan semakin baik tentunya.

Sedangkan disisi lain industri ini sendiri ada banyak sekali jenis maupun ragamnya yang mana yang paling umum bahkan paling dikenal oleh orang banyak adalah jenis industri kecil dan juga jenis industri besar.

Masing jenis industri tersebut memiliki ciri dan contoh khususnya tersendiri. Namun yang pasti dalam industri yang berskala kecil didalamnya terdapat jumlah karyawan yang juga relatif sedikit dibandingkan dengan jenis industri besar.

Pada postingan ini kita akan membahas tentang 4 Contoh Industri Kecil di Indonesia ini yang diantaranya adalah sebagai berikut.

Industri Kerajinan Dari Tanah Liat
4 Contoh Industri Kecil di Indonesia

Contoh industri kecil yang paling gampang dan paling mudah untuk kita temui di indonesia ini adalah berupa Industri kerajinan tangan yang berbahan dasarkan tanah liat.

Dimana industri kecil yang satu ini yang bergerak dibidang pengolahan bahan utamanya yang berupa tanah liat guna dijadikan sebagai sebuah produk yang layak untuk dipasarkan agar nantinya bisa menghasilkan profit yang berupa uang.

Contoh yang paling gampang dan paling mudah kita temui sehari-hari adalah seperti produk-produk gerabah kendi, Gentong dan masih banyak lagi produk-produk yang berasal atau berbahan dasarkan tanah liat ini.

Hasil dari kerajinan tanah liat ini sendiri juga sering kali dijual pada tradisi pasar malam atau sekaten.

Beberapa contoh yang paling banyak dipasarkan di pasar malam tersebut ceperti celengan model hewan, permainan alat-alat masak dari tanah liat dan masih banyak lagi barang-barang yang memang dijual dari hasil Industri Kerajinan dari tanah liat ini.

Industri Kayu
4 Contoh Industri Kecil di Indonesia

Contoh industri kecil selanjutnya yang paling mudah kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah berupa industri kayu.

Karena pada dasarnya industri kayu ini merupakan salah satu bisnis atau usaha yang menggunakan bahan dasar berupa kayu sebagai bahan utamanya.

Salah satu contoh yang paling sering kita dapati dari industri kayu ini di kehidpuan sehari-hari yakni seperti usaha membuat bingkai foto dengan bahan dasarkan kayu, Usaha mebel yang membuat perlengkapan rumah tangga layaknya meja, kursi dan lain sebagainya.

Industri Rumahan
4 Contoh Industri Kecil di Indonesia

Industri rumah rumahan ini sendiri sebenarnya merupakan jenis industri yang paling banyak digeluti oleh orang-orang dizaman sekarang ini.

Karena selain mudah untuk dijalankan tanpa harus menyewa tempat khusus yang membutuhkan anggaran lebih untuk menjalankannya.

Industri rumahan ini juga sudah bisa anda jalankan di tempat tinggal anda masing-masing karena memang untuk industri rumahan kecil ini tidak membutuhkan tempat yang terlalu proper.

Bahkan tidak sedikit orang yang menjalankan industi kecil-kecilan yang satu ini di Kos-kosan tempat mereka sewa.

Dalam bisnis ini juga ada banyak sekali yang menjual peralatan maupun perlengkapan rumah tangga yang memang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang didalam kehidupan mereka sehari-hari.

Conton yang paling mudah kita lihat di berbagai tempat dari Industri rumahan ini layaknya toko kelontong dan lain sebagainya.

Industri Kue
4 Contoh Industri Kecil di Indonesia

Terakhir contoh dari Industri Kecil yang ada di indonesia ini dan yang paling gampang untuk anda jalankan adalah berupa industri kue.

Sebenarnya industri kue ini sendiri ada yang sudah sangat besar di indonesia ini bahkan salah satu produk mereka banyak yang anda konsumsi.

Bahakn contoh yang paling gampang yang bisa kita temui dipasaran dari hasil industri kue dalam skala besar adalah berupa Roti Boga Sari.

Namun, untuk industri kue dalam skala kecil ini sendiri bisa dengan mudah anda jalankan dirumah atau home made saja.

Selain itu, industri kue skala kecil ini juga tidak membutuhkan karyawan yang terlalu banyak layaknya yang dijalankan di industri kue yang berskala besar.

Justru terkadang anda hanya memerlukan satu atau dua orang saja guna membantu anda dalam menyelesaikan setiap pekerjaan atau proses pembuatan kue yang nantinya anda lakukan.

Posting Komentar untuk "4 Contoh Industri Kecil di Indonesia"