Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Teknologi Buatan Korea Utara

4 Teknologi Buatan Korea Utara - Sudah bukan rahasia lagi kalau Korea Utara merupakan salah satu  negara yang sangat sulit untuk bisa diakses.

4 Teknologi Buatan Korea Utara

Hal tersebut terjadi dikarenakan mereka memiliki peraturan yang sangat ketat yang membuat para turis ataupun warga negaranya sendiri untuk tidak sembarangan keluar masuk Korea Utara.

Selain dari banyaknya larangan tersebut, sebenarnya masih ada banyak lagi larangan-larangan lainnya  di negara yang dipimpin oleh Kim Jong Un tersebut.

Maka dari karenanya tidak heran kalau masyarakat Korea Utara awam dengan teknologi-teknologi yang berasal dari luar negaranya.

Bahkan jika memang mereka ingin mengakses internet saja mereka harus berhati-hati karena provider internet pun juga dipantau langsung oleh pemerintahnya.

Tapi memang dibalik itu semua Korea Utara tentu punya teknologi mereka sendiri yang dibolehkan untuk digunakan oleh para penduduknya.

Namun seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau ada sejumlah peraturan yang harus diikuti oleh penduduk agar mereka bisa menggunakan teknologi tersebut.

Pada postingan ini admin sedikit memberikan ulasan tentang 4 Teknologi Buatan & Digunakan di Korea Utara yang jarang orang tahu.

Beberapa dari teknologi buatan korea utara tersebut adalah sebagai berikut.

Kwangmyong Intranet
4 Teknologi Buatan Korea Utara

Betapa beruntungnya kita yang tinggal di indonesia karena kita bisa mengakses internet secara global dengan regulasi yang tidak terlalu ketat layaknya di Korea Utara.

Karena kalau dilihat lebih jauh, warga Korea Utara tak bisa mengakses internet secara global layaknya para penduduk yang berasal dari negara-negara lainnya yang ada didunia ini.

Bahkan mereka juga sama sekali tidak punya harapan akan bisa mengakses google seperti kebanyakan orang yang ada di tanah air kita ini.

Karena kita semua sudah paham kalau Google itu sendiri merupakan teknologi yang berasal dari Amerika yang notabene nya bersitegang dengan Korea Utara.

Nah, agar para penduduk Korea Utara bisa menggunakan internet tersebut, pemerintah Korea Utara memperkenalkan teknokogi Kwangmyong intranet.

Bedanya teknokogi Kwangmyong intranet ini dengan web browser ataupun teknologi internet dari negara-negara lainnya adalah teknologi tersebut hanya bersifat lokal saja.

Karena melalui Web Browser yang bisa diakses secara legal oleh penduduk Korea Utara tersebut mereka hanya bisa mengakses sedikit informasi saja.

Itupun juga hanya informasi-informasi seputar Korea Utara semata yang diantaranya meliputi layanan universitas, perpustakaan hingga organisasi pemerintahan serta informasi seputar keluarga Kim dinegara tersebut.

Sebenarnya ada ribuan website yang bisa diakses oleh setiap orang yang tinggal di Korea Utara, namun lagi-lagi di bawah kontrol pemerintah langsung yang akan sangat beresiko kalau sampai ketahuan mencari informasi yang dilarang oleh pemerintah.

Jadi bisa dibayangkan seberapa bebasnya kita yang tinggal di indonesia ini dalam hal teknologi maupun sistem akses yang ada, walaupun kedepannya juga tidak ada yang tahu akan seperti apa.

OS Red Star
4 Teknologi Buatan Korea Utara

Sedikit informasi kalau OS Red Star ini merupakan sistem Operasi yang digunakan di perangkat komputer di Korea Utara.

Kalau kita yang tinggal di indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi Windows ataupun Mac di perangkat layaknya PC ataupun laptop.

Tapi untuk penduduk Korea Utara sistem operasi komputer yang resmi untuk mereka gunakan diberi nama OS Red Star.

Kalau diperhatikan sekilas tampilannya mirip dengan Mac OS X yang merupakan sistem operasi Macbook ataupun iMac buatan Apple.

Namun diketahui OS Red Star tersebut sebenarnya merupakan modifikasi dari sistem operasi linux yang merupakan sistem operasi paling kopleks apalagi bagi orang awam yang baru menggunakan komputer ataupun laptop.

Nah untuk browsernya sendiri yang umum mereka gunakan untuk mengakses Website adalah Web browser Naenara.

Tablet Samjiyon
4 Teknologi Buatan Korea Utara

Jika di komputer saja penduduk Korea Utara tidak bisa mengakses internet secara bebas.

Maka hal tersebut juga tidak terkecuali dengan smartphone yang menjadi salah satu perangkat wajib bagi sebagaian besar orang yang ada di dunia saat ini.

Tapi memang, sebenarnya Korea Utara punya teknologi buatan negara mereka sendiri yang sudah secara resmi diluncurkan sejak tahun 2012 lalu.

Seperti yang sudah admin singgung diatas kalau nama dari Tablet tersebut adalah Samjiyon.

Tablet terserbut sudah dilengkapi dengan fitur nonton TV resmi pemerintah Korea Utara tanpa perlu di install lagi oleh calon penggunanya.

Arirang Smartphone
4 Teknologi Buatan Korea Utara

Selain menggunakan tablet untuk kebutuhan banyak orang. Ternyata Korea Utara juga memiliki smartphone buatan mereka sendiri.

Smartphone tersebut mereka berinama Arirang. Dimana smartphone tersebut diluncurkan setahun setelah Tablet Samjiyon yang sudah kita bahas tadi diperkenalkan.

Sebenarnya produk yang berupa smartphone ini diduga tidak dibuat 100% oleh Korea Utara .

Namun mereka mendapat dukungan negara tirai bambu yakni Tiongkok.

Karena pada beberapa bagian Arirang Smartphone ini memiliki banyak sekali kemiripan dengan produk smartphone cina yang bernama Uniscope.

Akan tetapi tentu saja anda tidak bisa secara bebas berselancar ria di internet menggunakan Arirang Smartphone ini, karena memang provider di korea utara sendiri yang sangat terbatas.

Posting Komentar untuk "4 Teknologi Buatan Korea Utara"