Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan

4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan
4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan - Laptop merupakan salah satu perangkat yang harus anda jaga dan tentu harus selalu anda perhatikan dengan baik.

Karena seperti yang kita tahu, kalau perangkat tersebut memiliki sejumlah komponen yang bisa saja rusak kapan pun.

Dari sekian banyak komponen yang terdapat pada sebuah laptop yang pelu untuk diperhatikan tersebut. 

4 Komponen diataranya akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Sekedar Disclaimer kalau komponen yang admin maksudkin disini bukanlah komponen yang terlalu halus layaknya komponen resistor, transistor maupun sejenisnya. 

Tapi lebih ke perangkat-perangkat ataupun bagian-bagian yang terdapat pada laptop yang itu sendiri.

Untuk lebih jelasnya tentang 4 Komponen Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut.

Area Pendingin Laptop
4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan

Komponen Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan pertama menurut admin adalah pendinginan laptop atau pada bagian Air Flow nya.

Karena pada dasarnya setiap laptop yang ada sekarang ini pasti memiliki kipas pendingin yang memiliki fungsi atau kegunaan untuk mendinginkan bagian terpanas dari laptop tersebu.

Komponen atau pun bagian tersebut tidak lain adalah berupa Prosessor yang didinginkan oleh kipas pendingin melalui Heat Sink yang mengarah ke Air Flow masing-masing laptop.

Maka dari itu anda perlu memastikan dan juga membersihkan bagian Air Flow tersebut secara rutin.

Apalagi jika seandainya laptop tersebut sering kali anda gunakan di area-area yang memiliki banyak sekali debu atau bahkan minim akan sirkulasi udara yang nantinya akan berujung pada penurunan performa dari laptop yang anda miliki tersebut.

Selain itu anda juga bisa melakukan pembersihan pada bagian lubang ventilasi udara laptop yang memang menjadi tempat pembuangan hawa panas yang dihasilkan oleh laptop tersebut.

Bersihkan lubang-lubang kecil tersebut dari debu maupun kotoran yang menempel dengan cara meniupnya dengan peralatan khusus untuk membersihkan laptop atau dengan menggunakan kain yang bersih.

Jangan lupa juga untuk mengganti thermal paste pada bagian atas prosesor laptop jika memang anda mampu untuk melakukannya agar proses pendinginan dapat berlangsung dengan lebih maksimal.

Hal tersebut sangat efektif dalam mengusir hawa panas yang berlebih baik itu yang berasal dari bagian prosesor maupun hawa panas yang berasal dari bagian hardisk ataupun SSD laptop itu sendiri.

Layar Laptop
4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan

Komponen Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda perhatikan adalah Layar dari Laptop yang anda gunakan.

Terutama bagi anda yang sudah memiliki atau yang membeli laptop tersebut dengan kondisi yang baru.

Jika anda baru saja atau hendak membeli laptop dengan BNIB ( Brand New Un Box ) maka ada baiknya untuk langsung anda gunakan proteksi pada layar laptop anda masing-masing layaknya anti gores.

Hal tersebut berguna untuk meminimalisir goresan-goresan halus maupun kasar yang bisa saja terjadi akibat dari gesekan dengan benda keras maupun debu.

Tapi sebelum itu anda juga perlu memastikan terlebih dahulu kalau anti gores yang anda beli tersebut sesuai dengan ukuran layar dari layar laptop yang anda miliki masing-masing.

Hal tersebut bertujuan agar screen protector yang anda beli tersebut tidak mubazir atau bisa saja tidak bisa menutupi seluruh bagian dari layar laptop anda.

Tidak hanya itu, jangan pernah sekali-kali untuk menaruh benda yang memiliki bobot yang lumayan berat diatas laptop baik ketika dalam keadaan laptop tersebut terbuka ataupun dalam keadaan laptop anda masih tertutup.

Karena hal tersebut bisa saja membuat layar dari laptop anda menampilkan berbagai macam garis yang berujung pada kerusakan layar.

Karena seperti yang kita tahu kalau salah satu bagian yang paling mahal dari sebuah perangkat terutama laptop ada di bagian layarnya. 

Bahkan jika anda menggunakan laptopnya Apple layaknya Macbook, harga layarnya saja bisa dapat sebuah vario seken.

Anda bisa juga menambahkan proteksi anti silau atau anti adiasi agar nantinya penggunaan laptop anda bisa jadi lebih nyaman apalagi jika anda gunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Keyboard
4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan

Kemudian Komponen Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan menurut admin pribadi adalah Keyborad dari laptop itu sendiri.

Disini admin lebih menyarankan anda agar sebisa mungkin anda selalu membersihkan keyboard laptop yang anda miliki masing-masin.

Anda bisa membersihkannya dengan menggunakan kain bersih setelah laptop anda digunakan mengetik terutama untuk jangka waktu yang lumayan lama.

Karena biasanya hal tersebut sangat efektif untuk membuat tulisan pada setiap tombol di keyboard tidak memudar dengan mudah.

Kebanyakan tulisan yang pudar pada setiap keyboard laptop di akibatkan oleh bekas keringat yang ada di jari tangan anda masing-masing.

Maka dari itu, ada baiknya untuk selalu anda bersihkan dari debu maupun kotoran yang umumnya tersembunyi di antara celah-celah tombol keyboard pada laptop.

Cara yang paling gampang adalah dengan menggunakan beberapa peralatan seperti bulu sikat yang halus, kompresor dengan tekanan angin rendah agar tidak sampai membuat Keyboard laptop anda berterbangan ataupun anda juga bisa menggunakan penyedot debu yang memang dikhususkan untuk laptop.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan keyboard eksternal jika anda punya guna untuk penggunaan jangka waktu penggunaan yang lama agar keyboard laptop anda senantiasa terjaga akan keawetannya.

Touchpad/Trackpad
4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan

Terakhir Komponen Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan  dan perlu anda jaga dengan baik adalah berupa Tochpad/Tackpad laptop itu sendiri.

Dimana bagian tersebut merupakan sebuah bagian laptop yang tidak kalah sensitif terhadap sentuhan dibandingkan dengan bagian-bagian lainnya di laptop.

Jika pada sebuah komputer Mouse merupakan komponen wajib yang harus ada maka pada laptop Tochpad merupakan perangkat yang tidak boleh tidak ada.

Bahkan tanpa adanya touchpad ini anda tidak akan nyaman menggunakan laptop.

Apalagi untuk sebuah laptop tidak akan mungkin dioperasikan tanpa adanya Touchpad ataupun Mouse.

Maka dari karenanya sangat wajar jika Touchpad ini menjadi salah satu bagian yang penting untuk anda perhatikan.

Dimana bagian yang satu ini yang selalu anda sentuh tapi tetap perlu anda perlalukan dengan sangat hati-hati dan lembut.

Anda juga perlu membersihkan dari keringat jari dengan menggunakan kain yang bersih pada saat laptop selesai anda gunakan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Hal tersebut tentu saja bertujuan agar warna di area touchpad laptop tersebut tidak terlalu mudah untuk memudar akibat dari terlalu sering digunakan.

Anda juga bisa menggunakan mouse sebagai alternatif untuk mengoperasikan laptop anda masing-masing seperti yang sudah admin singgung diatas tadi.

Tentunya dalam beberapa kondisi layaknya ketika sedang mendesain sesuatu di laptop sebenarnya mouse lebih baik dan lebih nyaman untuk digunakan dari pada hanya mengandalkan touchpad laptop itu sendiri.

Nah, itulah dia 4 Komponen Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan menurut admin pribadi dan bisa admin share pada postingan kali ini, semoga bermanfaat, Terimakasih & Sampai Jumpa.

Posting Komentar untuk "4 Bagian Penting di Laptop Yang Perlu Diperhatikan"