Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti

4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti - Sebagai seorang pemilik mobil dengan jenis transmisi otomatis, pada dasarnya ada satu komponen yang tidak boleh sampai anda lupa untuk anda rawat dengan baik.

4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti

Komponen tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah berupa oli gardan Mobil Matic yang memang punya peranan penting dalam menjaga mobil agar tetap dalam kondisi yang awet.

Sebenarnya Oli Gardan mobil ini tidak perlu anda ganti sesering anda mengganti oli mesin mobil. 

Karena umumnya frekuensi penggantiannya juga jauh lebih lama dibandingkan dengan frekuensi penggantian oli mesin itu sendiri.

Normalnya penggantian Oli Gardan pada sebuah mobil hanya perlu anda lakukan setiap 3 hingga 4 bulan sekali.

Tapi bukan berarti juga kalau anda tidak perlu untuk melakukan pengecekkan oli gardan tersebut secara rutin. 

Karena jika seandainya sebuah mobil yang sudah lama tidak melakukan penggantian oli gardan ini umum yang terjadi pada mobil tersebut adalah berkurangnya rasa nyaman saat anda kendarai.

Mengutip informasi dari laman Lifepal.co.id kalau setidaknya ada lima ciri dari oli gardan mobil yang sudah minta untuk diganti.

Tapi pada postingan kali ini kita akan coba membahas 4 cirinya saja . Penasaran Ciri-ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti apa-apa saja? Dibawah ini merupakan 4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti.

Muncul Aroma Sesuatu Yang Terbakar Dari Bagian Gardan Mobil
4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti

Ciri yang pertama dan yang paling utama bahkan bisa jadi yang paling mudah untuk anda deteksi adalah munculnya bau seperti ada sesuatu yang terbakar yang bersumber dari bagian gardan mobil anda.

Biasanya penyebab utama dari bau terbakar yang lumayan mencolok tersebut bisa dengan mudan anda deteksi sendiri dari arah gearbox mobil.

Aroma terbakar ini sendiri bisa muncul karena gardan mobil anda yang terlalu panas.

Sedangkan penyebabnya lainnya juga bisa terjadi akibat dari oli gardan mobil anda yang sudah terlalu kotor atau bahkan dalam beberapa kasus ada yang sampai sudah habis.

Selain itu, penyebab lainnya juga bisa diakibatkan oleh penggunaan oli yang bisa dikatakan sudah kadaluarsa.

Makanya kebanyakan kasus pada saat mobil dinyalakan atau bahkan dibawa jalan sedikit pasti akan tercium bau yang tidak sedap bahkan menyerupai aroma sesuatu yang terbakar seperti yang sudah admin singgung diatas tadi.

Terjadi Getaran Yang Lumayan Kencang Pada Mobil
4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti

Selanjutnya ciri kalau mobil anda sudah waktunya untuk ganti Oli Gardan adalah munculnya getaran yang cukup kencang sangat-sangat mengganggu pada saat mobil anda bawa jalan.

Rasa getaran tersebut juga biasanya akan semakin terasa kuat pada saat anda membawa mobil tersebut melewati jalanan lurus ataupun jalanan yang berbelok.

Umumnya hal tersebut terjadi akibat dari oli gardan mobil anda sudah lama tidak anda  ganti.

Namun memang, kebanyakan orang yang tahu mobil umumnya mereka akan berpendapat kalau getaran akan semakin terasa kencang pada saat mobil dalam posisi berbelok.

Selain pada saat berbelok hal serupa juga tidak jarang terjadi pada saat mobil tersebut hendak melakukan akselerasi.

Tanda tersebutlah salah satu dari sekian banyak tanda kalau mobil anda sudah waktunya untuk melakukan penggantian Oli gardan agar bisa selalu nyaman untuk dikendarai.

Muncul Suara Mendengung Yang Berlebih
4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti

Tidak hanya getaran saja yang bisa anda rasakan pada saat mobil anda sudah lama tidak ganti oli gardan.

Tapi sebenarnya anda juga harus memperhatikan suara berisik yang terjadi dan cukup mengganggu.

Biasanya suara tersebut muncul pada saat anda sedang mengendarai mobil tersebut.

Untuk suaranya sendiri lebih kurang menyerupai suara mendengung dan lumayan terasa kencang.

Suara berisik tersebut biasany disebabkan oleh beberapa komponen yang terdapat pada bagian gardan mobil yang notabene nya saling bergesekan.

Gesekan yang terjadi tersebut tentu tidak akan terasa halus tanpa adanya pelumasan yang cukup dari oli gardan mobil itu sendiri.

Kalau anda tidak segera mengganti oli gardan pada saat gejala ini terjadi, maka bisa dipastikan kalau suara mendengung ini nantinya akan terasa semakin kencang 

Ujung-ujunya bisa sangat menggangu para pengguna serta pengendara mobil itu sendiri. 

Lebih parah dari itu juga bisa menyebabkan kerusakan pada bagian komponen Gardan Mobil anda.

Pengendalian Roda Menjadi Lebih Sulit Dilakukan
4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti

Terakhir ciri oli gardan mobil sudah waktunya untuk anda laukan pergantian adalah pada saat roda mobil terasa lebih sulit untuk anda kendalikan.

Hal tersebut biasanya terjadi karena kondisi dari oli gardan mobil anda yang sudah tidak layak sekali untuk digunakan lagi.

Sehingga gardan mobil anda tidak lagi bisa mengendalikan kecepatan dari perputaran roda dengan baik atau sebagai mana mestinya.

Maka dari karenanya, admin sangat menyarankan anda yang ingin memiliki mobil yang proper dan nyaman untuk anda bawa kemanapun.

Untuk selalu menjaga dan merawat mobil tersebut terutama pada bagian oli gardannya yang sebenarnya jadi pokok pembahasan kita pada postingan kali ini.

Posting Komentar untuk "4 Ciri Oli Gardan Mobil Sudah Harus Diganti"