Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi

Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi

Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi - Selama masa pandemi Corona berlangsung, pembelajaran jarak jauh atau yang lebih dikenal dengan istilah PJJ dilakukan oleh berbagai lembaga pendidikan.

Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi tanpa harus khawatir akan penyebaran virus yang sangat mematikan tersebut sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara tersendiri. 

Karena seperti yang kita tahu kalau kejadian selama ini para pelajar melakukan proses pembelajaran dengan sistem cara online.

Selama kurun waktu lumayan lama tersebut, tidak sedikit pelajar yang mengeluh karena mereka tidak bisa belajar dengan lebih efektif. 

Dengan Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini mudah-mudahan bisa membuat anda jadi terbantu dan tidak lagi merasa kekurangan yang terlalu berlebih layaknya yang sudah admin singgung diatas.

Berikut merupakan beberapa Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi ini yang bisa anda coba.

Memodifikasi Ruang Belajar
Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi

Pertama Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi ini yang bisa anda terapkan pada diri anda masing-masing adalah dengan Memodifikasi Ruang Belajar anda masing-masing.

Melansir dari laman resmi Washington University, yang menyatakan kalau selama masa pandemi ini penting untuk memisahkan ruang belajar dengan ruang rekreasi. 

Ada baiknya untuk mengusahakan tempat belajar dengan kamar tidur agar bisa terpisah. Hal tersebut bisa anda terapkan guna meminimalisir rasa malas karena ingin rebahan di tempat tidur saja.

Yang nanti hasilnya adalah proses belajar anda bisa lebih efektif karena minim gangguan akan pemikiran tadi yang membuat anda merasa jadi malas untuk belajar. 

Memisah ruang belajar dengan kamar tidur tersebut juga bisa memaksimalkan istirahat anda selaku pelajar. 

Saat beristirahat anda juga tidak akan terbayang-bayang akan tumpukan buku maupun tugas yang ada di meja belajar.

Anggap Seperti Sekolah Luring
Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi

Selain itu, anda juga bisa membuat rutinitas seperti pada saat anda sedang sekolah secara offline atau luring. 

Aktivitas tersebut bisa anda atur mulai dari bangun pagi sesuai jadwal biasanya, mandi, lalu jangan lupa juga untuk sarapan. 

Cara ini terbukti bisa lebih memaksimalkan belajar dengan lebih efektif. Karena secara tidak langsung otak dan tubuh akan tetap menganggap pembelajaran daring tersebut layaknya aktivitas pembelajar tatap muka. 

Selama mengikuti pembelajaran anda juga bisa mengatur agar pesan yang masuk ke smartphone atau perangkat gadget lainnya tidak muncul di layar gawai. 

Karena pesan ataupun notifikasi yang muncul tiba-tiba tersebut nantinya bisa membuyarkan konsentrasi anda masing-masing ketika sedang dalam proses pembelajaran. 

Pastikan juga kalau koneksi dan HP/gawai yang anda miliki dalam kondisi yang baik. Jangan lupa juga untuk mencatat semua materi yang diberikan guru atau dosen dengan rapih.

Hindari Multitasking
Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi

Kemudian Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi yang akan kita bahas pada postingan ini adalah dengan menghindari multitasking dalam waktu yang bersamaan.

Karena pada saat anda belajar di rumah yang memang lebih fleksibel dan santai. Biasanya yang terjadi adalah anda akan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. 

Maka dari itu, ada baiknya untuk menghindari multitasking tersebut jika anda ingin belajar lebih efektif dan efisien. 

Dikarenakan Otak akan terpecah konsentrasinya yang membuat anda tidak akan bisa lebih berfokus pada proses pembelajaran. 

Imbas yang akan anda terima nantinya adalah berupa materi pelajaran tidak bisa anda pahami dengan baik.

Jaga Kondisi Kesehatan
Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi

Agar nantinya anda bisa belajar dengan lebih baik dan efektif, jangan lupa juga untuk menjaga kesehatan anda masing-masing. 

Jangan lupa untuk melakukan peregangan disela-sela pembelajaran online tersebut. Cara ini bisa sangat membantu otak anda untuk beristirahat sejenak selama proses belajar. 

Anda juga perlu memperhatikan akan asupan makanan serta dengan beristirahat yang cukup.

Pastikan juga kalau anda mendapatkan durasi tidur yang cukup agar pada saat anda bangun otak akan terasa lebih segar.

Tetap Bersosialisasi
Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi

Terakhir Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi yang bisa anda terapkan dalam kehidupan anda yang sekarang adalah dengan Tetap Bersosialisasi.

Karena seperti yang kita tahu bersama kalau otak juga butuh refershing agar belajar bisa dengan lebih efektif. 

Selama pandemi ini berlangsung memang aktivitas di luar ruangan jadi sangat-sangat dibatasi ( meskipun untuk sekarang-skarang ini sudah mulai dilonggarkan ) dengan tujuan untuk meminimalisir penularan Covid-19. 

Tapi walaupun demikian, komunikasi dengan teman-teman maupun keluarga anda harus tetap harus terjaga. 

Maka dari itu, ada baiknya untuk anda sempatkan waktu anda sedikit untuk bersosialisasi dengan teman-teman anda. 

Kareana berdasarkan informasi yang admin search di beberapa laman website mengatakan kalau cara yang satu ini bisa menjaga anda agar tetap fokus pada saat anda belajar. 

Bersosialisasi secara tidak langsung juga bisa menumbuhkan motivasi yang positif dibandingkan anda terus menyendiri di kamar anda masing-masing.

Adapun cara anda bersosialisasi tersebut juga sangat banyak. yang mana diantaranya anda  melakukannya melalui chatting ataupun video call. 

Bahkan jika memang sudah terpaksa bertemu secara tatap muka, anda juga bisa melakukannya dengan tetap menerapkan prosedur 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan).

Nah, itulah beberapa Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi Yang berhasil admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan ini, Semoga bermanfaat & Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Belajar Yang Efektif di Masa Pandemi"