Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

 Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja - Seperti yang kita tahu kalau pada saat hendak memasuki dunia kerja kita pasti akan dihadapkan dengan yang namanya Interview.

Salah satu pertanyaan wajib yang diajukan pada saat proses interview berlangsung adalah tentang Kelebihan dan Kekurangan Diri.

Sebenarnya Jawaban dari setiap orang dalam menjawab pertanyaan ini sangat beragam. Namun beberapa Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja diantaranya akan coba kita bahas lebih jauh pada postingan dibawah ini.

Contoh Kelebihan Diri 

Beberapa Contoh Kelebihan Diri yang bisa anda jawab pada saat Proses Interview Kerja adalah sebagai berikut:

Mampu Berpikir Kreatif

Contoh Kelebihan Diri Saat Interview Kerja yang pertama adalah Mampu Berpikir Kreatif.

Meskipun memang pada dasarnya ada banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan keterampilan untuk berpikir kreatif. 

Terlebih jika seandainya anda melamar pekerjaan di industri kreatif, maka anda perlu menyampaikan bahwa sebenarnya anda memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik. 

Hal tersebut berguna untuk meyakinkan perekrut yang sedang menyeleksi untuk merekrut anda sebagai salah satu pekerja yang bisa diandalkan.

Jangan lupa juga untuk menceritakan dengan singkat contoh dari kreativitas yang sudah pernah anda lakukan di organisasi ataupun kantor lama beserta dengan dampak ataupun hasilnya.

Mampu Berkomunikasi Dengan Baik

Contoh Kelebihan Diri Saat Interview Kerja selanjutnya yang bisa anda jawab adalah anda mampu untuk berkomunikasi dengan baik.

Karena memang komunikasi merupakan kunci dalam bekerja apalagi pada saat anda berhadapan dengan orang lain. 

Sampaikan kepada perekrut bahwa anda mampu berkomunikasi secara efektif dengan orang lain, seperti: mampu untuk menyampaikan informasi, menerima informasi/arahan, mendengarkan penjelasan, dan juga komunikasi tertulis.

Disisi lain anda juga bisa menyampaikan kelebihan ini dengan kalimat yang lebih jelas, bahasa tubuh yang tepat, dan harus mudah untuk dipahami oleh perekrut sebagai bukti bahwa anda memang mampu untuk berkomunikasi dengan baik.

Berinisiatif Tinggi

Perusahaan pasti akan sangat menyukai karyawan yang memiliki inisiatif yang tinggi. 

Jika seandainya anda adalah orang yang seperti demikian, maka anda bisa menyampaikan hal tersebut sebagai salah satu kelebihan yang anda miliki. 

Sampaikan bahwa anda sudah terbiasa dalam menyelesaikan pekerjaan tanpa menunggu disuruh oleh atasan anda. 

Tentu anda sadar dan tahu bagaimana caranya anda dalam menyelesaikan pekerjaan yang anda miliki setiap harinya. 

Inisiatif membantu rekan kerja dan juga menyampaikan ide/gagasan juga bisa anda sampaikan. 

Anda juga bisa menceritakan contoh inisiatif yang memang sudah pernah anda lakukan di perusahaan lama tempat anda bekerja atau di organisasi tertentu selama anda dalam masa kuliah untuk meyakinkan perekrut.

Bisa Bekerja Dalam Tim

Dalam bekerja, tentu anda akan dihadapkan dengan berbagai macam situasi mulai dari bekerja sendiri ataupun pada saat anda harus bekerja dengan orang lain dalam tim. 

Karena itu, kemampuan kolaborasi antara anda saat bekerja sendiri dan kerja tim bisa jadi salahs atu kelebihan yang bisa anda sampaikan.

Ini juga menunjukkan bahwa anda merupakan orang yang fleksibel, mudah beradaptasi, dan pastinya anda juga memiliki interpersonal skill yang baik.

Percaya Diri

Contoh Kelebihan Diri Saat Interview Kerja Terakhir yang mungkin bisa anda paparkan pada perekrut adalah anda memiliki rasa Percaya Diri yang tinggi.

Yang mana ini berarti kalau anda merupakan orang yang percaya pada diri anda sendiri. 

Sampaikan kelebihan yang satu ini dengan kalimat dan bahasa tubuh yang sesuai agar anda tidak terkesan terlalu narsis ataupun arogan. 

Sebenarnya anda juga bisa memberikan contoh, seperti, anda bisa tampil dengan percaya diri pada saat diminta untuk melakukan presentasi ataupun public speaking karena sering menjadi host atau MC misalnya.

Contoh Kekurangan Diri Saat Interview Kerja

Adapun beberapa Contoh Kekurangan Diri Saat Interview Kerja yang bisa anda paparkan ke perekrut adalah sebagai berikut.

Terlalu Mengkritisi Diri

Kekurangan Diri Saat Interview Kerja yang pertama yang bisa anda sebutkan adalah terlalu mengkritisi diri sendiri. 

Beberapa orang bahkan bisa sangat mengkritik diri sendiri, merasa selalu kurang dan bahkan mereka merasa tidak melakukan beberapa hal dengan baik. 

Ini tentunya membuat anda bisa bekerja dengan sangat keras untuk bisa mencapai hasil terbaik, dan terkadang sampai kelelahan. 

Untuk mengurangi hal tersebut, anda juga perlu menyampaikan bahwa anda juga sedang belajar untuk lebih menghargai setiap pekerjaan yang anda lakukan agar bisa lebih menghargai diri sendiri.

Kurang Menguasai Software Tertentu

Contoh Kekurangan Diri Saat Interview Kerja selanjutnya yang bisa anda paparkan pada perekrut adalah anda masih kurang menguasai Software atau perangkat lunak tertentu yang digunakan dalam pekerjaan yang biasanya akan selalu mengalami pembaruan. 

Beberapa pekerjaan memang mengharuskan anda untuk bisa menguasai penggunaan software tertentu.

Akan tetapi , jika seandainya anda belum terlalu menguasai software tersebut, maka anda hanya perlu mengatakannya dengan jujur.

Selain itu anda juga perlu menyampaikan bahwa anda belum terlalu lihai dalam mengoperasikan software terbaru yang digunakan oleh perusahaan tempat anda melamar. 

Tapi memang, sebenarnya anda merupakan orang yang mau dan cepat bisa belajar sehingga anda akan bersedia untuk bekerja sambil belajar mengoperasikan software tersebut hiangga anda bisa menguasai software tersebut.

Berbicara di Depan Umum/Presentasi

Beberapa orang memang tidak terbiasa atau bahkan merasa kurang nyaman pada saat mereka harus berbicara di depan banyak orang. 

Nah, jika anda merupakan orang yang kurang percaya diri ketika diminta untuk berbicara di depan umum.

Maka anda bisa menyampaikannya sebagai salah satu kelemahan yang anda miliki. 

Tapi jangan lupa juga untuk mengatakan bahwa anda memang sedang dalam proses belajar mengembangkan keterampilan tersebut melalui kursus, komunitas, dan banyak berlatih bersama dengan orang-orang yang memiliki keterampilan public speaking yang baik. 

Beritahukan juga apabila anda sudah mengalami banyak kemajuan selama proses belajar tersebut.

Masih Belum Terlalu Mahir Dalam Berbahasa Asing

Mahir dalam berbahasa asing memang banyak dijadikan sebagai requirement dalam setiap pekerjaan. 

Layaknya, bahasa Mandarin, bahasa Inggris, bahasa Korea, dan bahasa-bahasa lainnya yang ada di dunia ini. 

Misal, anda menguasai bahasa Inggris tapi belum terlalu mahir berbahasa Korea.

Maka anda hanya perlu menyampaikan bahwa anda belum terlalu mahir berbahasa Korea, tapi anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik (jangan lupa anda berikan bukti jika memang ada).

Katakan juga untuk saat ini anda sedang belajar untuk lebih mengembangkan keterampilan berbahasa Korea anda dengan mengikuti kursus.

Merasa Sulit Bisa Percaya Dengan Orang Lain

Ada orang yang memang bisa dengan sangat mudah untuk percaya dan bisa mendelegasikan tugas mereka kepada orang lain. 

Tapi ada juga orang yang memang sangat sulit untuk bisa percaya pada orang lain dan bahkan merasa lebih suka untuk mengerjakan semuanya secara mandiri. 

Jika anda adalah orang yang sulit untuk bisa percaya kepada orang lain, maka anda bisa menyampaikan kepada perekrut bahwa anda sedang berusaha memperbaiki hal tersebut dengan mencoba untuk mengerjakan projek bersama dengan rekan-rekan kerja anda yang lain dan membagi tugas kepada semua anggota tim anda.


Posting Komentar untuk "Contoh Kelebihan dan Kekurangan Diri Saat Interview Kerja"