Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia

4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia
4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia - Seperti yang kita tahu atau bahkan sudah kita alami bersama, kalau Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia ini terjadi secara berkelanjutan.

Bencana Alam tersebutpun terjadi di sejumlah di indonesia ini tanpa terkecuali. Namun ada beberapa bencana alam dahsyat sepanjang tahun 2022 di indonesia terutamanya yang terjadi akhir tahun 2022 ini yang akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Mungkin anda sudah bisa menebak bencana alam yang admin maksud yang mana saja. Tapi untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut dibawah ini.

Gempa Cianjur ( 21 November 2022 )
4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia

Bencana alam yang pertama dan masih terngiang di benak kebanyakan orang adalah gempa yang terjadi di Cianjur pada 21 November 2022 kemarin yang memakan korban jiwa hingga ratusan orang.

Gempa yang terjadi adalah gempa dengan magnitudo 5,6 Skala Richter pada kedalaman 11 kilometer yang memporak-porandakan area yang terdampak gempa.

Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh BNPB ( Badan Penanggulangan Bencana ) per 12 Desember 2022 kemarin, tercatat korban meninggal dunia mencapai 335 orang .

Adapun infrastruktur yang rusak parah mencapai 27.434 unit, dengan kondisi rusak sedang sebanyak 13.070 unit dan rusak ringan sebanyak 22.124 unit.

Informasi yang disampaikan oleh Kepala BMKG ( Balai Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ) Dwikorita Karnawati menyampaikan bahwa sebenarnya pemicu gempa cianjur ini sendiri sebenarnya adalah patahan ataupun sesar cugenang.

Sesar cugenang ini sendiri membetang kurang lebih sekitar 9 kilometer yang melewati 9 desa di kabupaten cianjur.

Kita do’akan sama-sama mudah-mudahan kondisi mereka segera pulih dan bisa kembali beraktivitas seperti sediakala.

Gempa Sukabumi ( 8 Desember 2022 )
4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia

Tidak lama selang setelah gempa cianjur, jawa barat kembali di guncang gempa dengan magnitudo 5,8 dan 6,1 Skala Richter.

Gempa tersebut terjadi pada tanggal 8 Desember 2022 kemarin yang menelan korban jiwa mencapai sekitar 46 orang.

Gempa terjadi pada pukul 07:50 pagi pada saat semua orang baru memulai aktivitas mereka sehari-hari.

Adapun untuk pusat gempa sendiri berasda di laut, dan terjadi pada kedalaman 113 km dibagian tenggara kota sukabumi.

Guncangan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut bahkan terasa hingga ke beberapa kabupaten lain selain dari sukabumi seperti kabupaten cianjur, kabupaten bogor dan juga bandung kota pada skala III MMI .

Sedangkan untuk wilayah jakarta dan tangerang hanya dirasakan oleh para warga pada skala II MMI saja.

Menurut informasi dari kepala BMKG gempa bumi yang terjadi tersebut akibat dari adanya patahan batuan dalam lempeng indo-australia.

Erupsi Gunung Semeru ( 4 Desember 2022 )
4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia

Gunung semeru atau dikenal juga dengan sebutan gunung meru merupakan salah satu gunung berapi aktif yang berada di bagian sebelah timur pulau jawa atau lebih tepatnya di provinsi jawa timur.

Terakhir kali gunung semeru ini aktif dan mengeluarkan guguran lava yang menghasilkan awan panas guguran dengan jaraknya yang mencapai 10 km adlaah pada 1 Desember 1977 lalu.

Gunung semeru ini sendiri merupakan salah satu gunung berapi tertinggi yang ada di pulau jawa. Dimana ketinggian dari gunung ini yang mencapai 3.676 mdpl, bahkan membuat gunung semeru ini disebut dengan nama Mahameru.

Sebelum aktivitas erupsi yang terjadi pada 4 Desember 2022 kemarin, gunung semeru ini menjadi salah satu lokasi tracking faforit bagi kebanyakan orang untuk melakukan pendakian gunung.

Namun setelah terjadi aktivitas erupsi kemarin, untuk sementara waktu aktivitas pendakian tersebut ditutup.

Adapun tinggi kolom letusan gunung semeru ini mencapai 1.500 meter diatas puncak, atau kurang lebih mencapai 5.176 meter diatas permukaan laut.

Dampak yang ditimbulkan akibat dari kejadian tersebut sangat besar, dimana 1.979 jiwa terpaksa mengungsi ke 11 titik pengungsian.

Hal tersebut tentu saja dilakukan guna menghindari Sumber ( APG ) Awan Panas Guguran yang merupakan tumpukan material yang berada i bagian ujung lidah lava.

Erupsi Gunung Kerinci ( 6 Desember 2022 )
4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia

Masih bencana menjelang akhir tahun yang seakan tidak ada jedanya dari bencana alam, indonesia kembali diterpa benca alam dahsyat yakni erupsi gunung kerinci.

Gunung kerinci ini sendiri ini sendiri sebenarnya merupakan gunung berapi aktif tertinggi yang ada pulau sumatera.

Berdasarkan kutipan dari laman wikipedia, Ketinggian gunung kerinci ini sendiri mencapai 12.484 kaki diatas permukaan laut.

Jika anda penasaran seberapa tinggi gunung kerinci ini anda bisa melihat pendakian yang dilakukan di gunung kerinci ini beberapa bulan yang lalu sebelum terjadi erupsi. Anda bisa searching di youtube lebih tepatnya di Channel Anak Pedalaman.

Kalau dikonversikan kedalam satuan meter, maka ketinggian dari gunung kerinci ini kurang lebih mencapai 3.805 mdpl.

Bakan pada saat anda berada dipuncak gunung kerinci ini anda bisa dengan leluasa melihat keindahan pemandangan Kota Jambi, Kota Padang, Kota Bengkulu bahkan samudera hindia dengan sangat jelas.

Namun pada selasa 6 Desember 2022 pukul 08:22 kemarin pemandangan ke arah gunung kerinci teras jadi sangat mengerikan.

Hal tersbeut dikarenakan erupsi yang terjadi dengan ketinggian abu vulkanik yang kurang lebih mencapai 700 meter.

Berdasarkan hasil rekaman di seismograf didapatkan bahwa erupsi gunung kerinci ini terjadi pada amplitudo maksimum di 3 milimeter dengan durasinya sekitar 60 detik.

Meskipun belum ada korban jiwa, tapi erupsi gunung kerinci ini jadi salah satu bencana alam dahsyat di tahun 2022 ini menurut admin pribadi.

Posting Komentar untuk "4 Bencana Alam Dahsyat Sepanjang Tahun 2022 di Indonesia"