Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis

4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis

4 Ciri Oli Mesin Mobil HabisAda Banyak Ciri Oli Mesin Mobil Habis, maka sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya untuk anda cek langsung ke mesin mobil anda masing-masing.

Sebelum membahas lebih jauh tentang apa saja ciri-ciri oli mesin mobil habis tersebut admin terlebih dahulu akan menjabarkan beberapa hal terkait oli mesin mobil itu sendiri.

Apa Itu Oli Mesin Mobil?

Oli itu sendiri merupakan jenis minyak pelumas mesin yang berguna untuk melumasi mesin mobil.

Dipasaran sendiri ada berbagai macam dan jenis oli mesin mobil yang berasal dari berbagai merek dan tipe dengan spesifikasinya masing-masing.

Setiap oli yang dikeluarkan oleh masing-masing brand pasti memiliki spesifikasi yang berbeda dan punya masa pakai yang juga berbeda.

Fungsi Oli Mesin Mobil

Sebenarnya ada banyak selali kegunaan oli mesin mobil selain untuk melumasi bagian dalam mesin, namun 5 diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Sebagai pelumas mesin.
  • Untuk mencegah kebocoran gas yang beroperasi di bagian dalam ruang bakar.
  • Berguna untuk mendinginkan mesin.
  • Sebagai media pengendali kontaminan.
  • Untuk mencegah karat di bagian dalam mesin.

Perbedaan Oli Mesin Dengan Oli Gardan

Banyak orang yang menyangka kalau pada sebuah kendaraan hanya terdapat satu jenis oli saja ( meskipun ada juga kendaraan yang hanya menggunakan 1 jenis oli saja ).

Padahal pada beberapa kendaraan terdapat 2 jenis oli kendaraan yang diantaranya ada Oli Mesin dan ada juga yang dinamakan dengan Oli Gardan.

Oli Mesin mobil merupakan Oli yang melumasi berbagai macam komponen mesin mobil. Sedangkan Oli Gardan merupakan oli yang hanya melumasi bagian kontak gigi di box gardan saja.

Tentu kedua jenis oli tersebut punya peranannya masing-masing dan masa pakai yang juga berbeda. Umumnya Oli gardan diganti setiap 12.000 km sekali sedagkan oli mesin sebaiknya diganti setiap 10.000 km sekali.

Biaya Pergantian Oli

Kalau sudah berbicara soal biaya pergantian oli, maka admin akan menjawab tergantung. Karena harga disetiap tempat bisa berbeda-beda.

Sebagai contoh Oli dengan ukuran 120 ml harganya mulai dari Rp 12 hingga 15 ribu. Sedangkan untuk jenis oli lainnya harganya juga bisa berbeda, ada yang hanya Rp 35 ribu bahkan ada yang mencapai 60 ribu tingkat kerumitan pergantian olinya.

Lalu apa saja Ciri Oli Mesin Mobil Habis?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut admin akan membahas lebih jauh tentang 4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis di bawah ini.

Lampu Indikator Menyala
4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis

Ciri Oli Mesin Mobil Habis pertama yang paling umum dan bisa anda deteksi dengan mudah adalah adanya lampu indikator yang menyala.

Biasanya lampu tersebut berada di bagian panel instrumen mobil. Tapi dibeberapa kasus lampu indikator oli ini tidak selalu menyala saja, tapi juga bisa menyala dengan nyalanya yang berkedip.

Penjelasan secara ilmiahnya, lampu indikator oli mesin mobil ini akan menyala pada saat anda menyetir mobil yang memiliki makna kalau tekanan oli mesin mobil anda turun secara drastis.

Jika seandaninya lampu indikator tersebut menyala sebelum anda mulai berkendara atau baru hanya sekedar menyalakan stop kontak saja. Maka ada baiknya untuk tidak menyalakan mesin atau bahkan anda bisa langsung memeriksa oli mesin mobil anda tersebut.

Hal tersebut bertujuan untuk menghindari kerusakan komponen mesin mobil yang memiliki sifat saling bergesek.

Bisa dibayangkan seberapa bahayanya jika komponen mesin mobil saling bergesekan tanpa ada pelumas yang melumasi komponen tersebut.

Penyebab Lampu Indikator Oli Menyala

Sebenarnya lampu indikator oli yang menyala pada sebuah mobil tidak melulu menandakan kalau oli mesin mobil habis.

Karena bisa saja lampu indikator oli mesin menyala akibat dari beberapa msalah seperti switch oli yang rusak ataupun filter oli yang sudah habis masa pakainya.

Jika hal tersebut terjadi maka yang perlu anda lakukan adalah mengganti perangkat tersebut dengan perangkat yang baru agar sensor oli mobil anda bisa berja dengan normal kembali.

Harga Oli Mesin Mobil

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau untuk harga dari Oli Mobil ini sendiri sebenarnya sangat beragam tergantung dari spesifikasi.

Namun yang paling umumnya harga oli dengan viskositas 5W-30 berkisar antara 400 hingga 600 ribuan per 4 liternya. Untuk kemasan 1 liternya sendiri harganya dimulai dari angka Rp 120 ribuan saja.

Sedangakn untuk mobil Toyota Avanza manual umumnya menggunakanoli 10W-40 yang harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan 5W-40. Harganya sendiri untuk kemasan 4 liternya berkisar antara 300 hingga 400 ribuan saja.

Suara Mesin Terasa Kasar
4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis

Selain dari nyala lampu indikator oli, Ciri Oli Mesin Mobil Habis lainnya adalah suara mesin mobil yang terdengar lebih kasar dari yang biasanya.

Karena seperti yang sudak kita tahu bersama kalau pada setiap kendaraan dengan mesin konvensional ( bukan kendaraan listrik ) pasti memiliki Oli sebagai pelumas.

Apabila jumlah oli yang terdapad di bagian dalam mesin tersebut berkurang pasti kendaraan tersebut akan mengeluarkan bunyi-bunyi aneh.

Dengan kata lain mesin kendaraan tersebut akan mengeluarkan bunyi khusus yang berasal dari mesin.

Karena seperti yang sudah admin sebutkan diatas kalau pada saat volume oli di dalam mesin sebuah mobil berkurang.

Maka biasanya yang akan terjadi adalah gesekan dari setiap komponen mobil akan menjadi lebih kasar dari yang seharusnya.

Bahkan tidak akan menutup kemungkinan kalau pada saat oli mesin mobil habis total yang terjadi adalah mobil akan berhenti total dan tidak akan menyala sama sekali.

Penyebab Suara Mesin Mobil Kasar

Selain dari kekurangan oli sebenarnya penyebab suara mesin mobil lebih kasar juga bisa terjadi karena beberapa hal.

Yang mana hal tersebut pasti punya kaitan erat dengan komponen-komponen mesin, oli atau bahkan juga bisa berasal dari AC yang bermasalah.

Sedangkan untuk suara lain yang biasanya terdengar seperti gerungan biasanya berasal dari gesekan antar logam.

5 Pemicu Suara Mesin Mobil Kasar Ketika Throtling

Adapun 5 pemicu utama sara mesin mobil menjadi kasar pasa saat melakukan Throtling adalah sebagai berikut.

  • Kompresor AC Mobil.
  • Oli Mesin.
  • Belt atau Sabuk Kendaran.
  • Bearing Mobil Yang Bermasalah.
  • Celah katup mesin yang terlalu rapat maupun longgar.

Posisi Ketinggian OLI Pada Dipstick Berada Dibawah L
4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis

Selain dari kedua ciri yang sudah admin sebutkan diatas, Ciri Oli Mesin Mobil Habis lainnya yang paling mudah anda deteksi adalah dengan mengecek secara langsung Posisi ketinggian Oli mesin mobil menggunakan Dipstick.

Pastikan posisi ketinggian oli mobil anda berada di atas L, karena jika posisi oli mesin mobil anda berada dibawah L maka admin sangat menyarankan anda untuk mengganti oli mesin mobil anda dengan yang baru.

Fungsi Dari Dipstick

Sebelumnya disini admin ingin menegaskan kalau Dipstick yang admin maksud adalah Dipstick Oli Mesin Mobil bukan istilah Dipstick lainnya.

Dipstick ini sendiri merupakan salah satu komponen mesin mobil yang berupa batang besi berbentuk pipih dan dicelupkan kedalam tempat penyimpanan oli mesin.

Tujuan dibentuk sedemikian rupa adalah agar bisa digunakan untuk memantau level oli pada sebuah mesin mobil. Sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk memantau Level oli saja tapi anda juga bisa menggunakan Dipstick ini untuk memantau tingkat kekentalan oli di mesin mobil tersebut.

Cara Memeriksa Kondisi & Level Oli Mesin Mobil Menggunakan Dipstick

Sebenarnya cara untuk memeriksa Kondisi & Level Oli Mesin Mobil Dengan menggunakan Dipstick sangatlah gampang.

Karena anda hanya perlu memarkir mobil pada permukaan yang rata, kemudian matikan mesin mobil. Selanjutnya adalah buka kap mesin dan cabut Dipstick olinya.

Perhatikan dengan baik Level Indikator volume Oli mesin mobil tersebut apakah berada diatas huruf F ( Full ) atau sudah berada dibawah huruf L ( Low ).

Selain itu anda juga perlu untuk memperhatikan kondisi warna dari oli itu sendiri seperti apa, apakah masih berwarna emas atau bahkan sudah berwarna kecoklatan atau bahkan hitam.

Ketika Oli Terlalu banyak

Ketika mengisi oli anda harus memastikan kalau takaran oli yang dibutuhkan dengan yang anda isi kedalam mesin mobil anda sudah sesuai.

Karena jika Oli Mesin Mobil anda isi terlalu banyak atau berlebihan, maka biasanya akan menyebabkan performa dari setiap komponen Mesin menjadi berkurang.

Yang lebih terasa lagi adalah tarikan mesin terutama pada putaran tinggi akan terasa lebih berat, padahal kalau diperhatikan lebih jauh pedal gas yang anda injak sudah mentok.

Mesin Menjadi Lebih Cepat Panas ( Overheat )
4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis

Terakhir Ciri Oli Mesin Mobil Habis adalah mesin menjadi lebih cepat panas dari biasanya, bahkan bisa saja mobil akan mengalami overheating.

Karena seperti yang sudah admin singgung diatas kalau salah satu fungsi dari oli mesin mobil adalah sebagai media untuk menjaga agar suhu mesin mobil tetap stabil.

Maka pada saat oli mesin mobil sudah habis, maka yang terjadi adalah suhu mesin akan sangat mudah meningkat bahkan bisa berujung pada overheat.

Penyebab Suhu Mesin Terlalu Tinggi

Tapi memang perlu anda pastikan juga kalau suhu mesin mobil anda selalu dalam keadaan terlalu tinggi.

Karena bisa jadi Suhu Mesin Mobil Terlalu Tinggi tersebut disebabkan oleh beberapa faktor lain seperti kerusakan pada bagian termostat dan radiator, Air Radiator yang sudah habis ( kering ), Penggunaan Oli dan air radiator yang salah hingga Kipas pendingin yang rusak ( Tidak berfungsi ).

Jika hal tersebut terjadi, maka ada baiknya untuk memperbaiki masalah tersebut karena hal kecil semacam itu bisa berubah menjadi hal besar ketika mesin mobil yang anda miliki jadi jebol.

Mengatasi Mesin Mobil Yang Terlalu Panas

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk menurunkan suhu mesin mobil anda masing-masing.

4 cara  mengatasi suhu mesin mobil Yang Terlalu Panas

Adapun cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Langsung matikan mesin mobil agar tidak sampai mati sendiri di tengah jalan.
  • Buka kap mesin mobil agar lebih cepat dingin.
  • Jangan langsung membuka penutup radiator karena akan sangat berbahaya bagi anda.
  • Terakhir adalah dengan membawa ke bengkel untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Suhu Normal Mesin Mobil

Sebenarnya setiap mobil memiliki suhu normal mesin yang berbeda-beda, hal tersebut dikarenakan masing-masing pabrikan mobil memiliki standar suhu mesin yang tidak sama dengan pabrikan mobil lainnya.

Namun yang paling umum dan yang paling idealnya berada pada kisaran 60 hingga 95 Derajat Celcius.

Jika sudah melebihi batas tersebut biasanya mobil-mobil modern akan mengalami overheat atau bahkan akan mati sendiri ( mogok ).

Kalau hal tersebut anda biasakan maka potensi mesin mobil mengalami kerusakan akan semakin tinggi.

Posting Komentar untuk "4 Ciri Oli Mesin Mobil Habis"