Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022

4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022

4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022Untuk sekarang ini sudah ada banyak sekali Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 yang bisa anda jajal selama anda memiliki budget yang cukup.

Tapi memang, lagi-lagi anda juga perlu untuk mengetahui kira-kira VGA Card mana yang kira-kira cocok untuk anda gunakan bermain game.

Karena seperti yang kita tahu kalau kebutuhan dari VGA Card ini sendiri bisa dibagi kedalam 2 kategori. Yakni untuk kebutuhan produktivitas dan juga untuk kebutuhan Gaming.

Sebelum merambah lebih jauh ke Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 ini. Disini admin akan sedikit menjelaskan terlebih dahulu tentang kartu grafis ini sendiri apa.

Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Kartu Grafis di PC?

Kartu Grafis atau yang lebih umum dikenal dengan nama VGA ( Video Graphics Accelerator ) pada sebuah PC merupakan salah satu jenis perangkat keras yang memiliki kegunaan untuk menerjemahkan tampilan yang sebelumnya sudah di proses oleh prosessor ke layar monitor.

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau untuk sekarang ini kartu grafis ini ( VGA Selain Bawaan Prosessor ) sudah menjadi kebutuhan yang wajib ada.

Karena selain membantu mendongkrak performa pada sebagian besar aplikasi atau game, adanya kartu grafis dengan spek yang tinggi tersebut juga berguna untuk memberikan tampilan yang maksimal pada layar monitor yang anda miliki.

Sebenarnya kartu grafis ini punya sebutan yang lumayan banyak dikalangan para pengguna komputer seperti VGA Card, GPU dan lain-lain.

Apa Fungsi VGA Card?

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau fungsi dari VGA Card ini berguna untuk melakukan proses rendering atau pemrosesan output yang selanjutnya akan ditampilkan pada layar komputer yang anda miliki masing-masing.

VGA Card itu sendiri punya seri-seri dan juga spesifikasinya tersendiri yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap orang.

Semakin tinggi spek dari sebuah VGA Card maka akan semakin bagus pula performa rendering untuk ditampilkan dilayar monitor yang mampu diberikan oleh VGA Card tersebut.

Apakah VGA Card ( Kartu Grafis ) Tersebut Penting Untuk Kebutuhan Gaming?

Jawabannya sangat-sangat penting. Apalagi untuk VGA Card Nvidia seri RTX yang akhir-akhir ini banyak digunakan oleh mereka yang suka mining bitcoin.

Karena secara letak, kartu grafis ini bisa dibilang terhubung langsug ke bagian CPU ataupun Prosessor. Sehingga dengan adanya VGA dengan spesifikasi yang mumpuni nantinya akan mampu memberikan tampilan game yang sempurna dengan berbagai fitur yang bisa dimaksimalkan.

Dikarenakan kartu grafis ini merupakan salah satu perangkat, maka sudah pasti didalamnya terdapat prosessor dan juga RAM yang beroperasi ( RAM & Prosessor terpisah dari prosessor utama PC ).

Lantas mana sajakah Rekomendais VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 ini yang patut untuk anda perhitungkan?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas satu persatu dari ke 4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 ini menurut admin pribadi.

Nvidia GeForce RTX 3060 Ti
4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022

Yang pertama Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 ini ada Nvidia GeForce RTX 3060 Ti.

Dimana kartu grafis yang satu ini yang memungkinkan anda untuk memaninkan berbagai macam game keluaran terbaru di PC anda masing-masing.

Tapi tetap dengan catatan kala prosessor, ram dan juga beberapa komponen lain mendukung untuk dipadukan dengan VGA Nvidia GeForce RTX 3060 Ti ini.

Hal tersebut bisa dilakukan RTX 3060 Ti ini berkta penggunaan kekutan Amperenya yang lebih tinggi dari RTX 3060 dan RTX 3050.

Walaupun memang kalau berbicara tentang kelemahan, sebenarnya VGA Card yang satu ini juga punya bebeberape kelemahan layaknya kartu grafis lain yang pernah diperkenalkan Nvidia.

Tapi dengan adanya stream prosessor 4864 dengan memori 8GB DDR6 dan Core Clock 1,41 Mhz, admin rasa Nvidia GeForce RTX 3060 Ti ini mampu memberikan performa gaming yang baik denga harganya yang paling terjangkau menurut admin pribadi.

Karena hingga pada saat postingan ini admin buat, Harga dari VGA Nvidia GeForce RTX 3060 Ti ini dimulai dari angka 6,5 jutaan saja. 

Kelebihan Nvidia GeForce RTX 3060 Ti

Adapun kelebihan dari VGA Nvidia RTX 3060 Ti ini sendiri diantaranya adalah sebagai berikut.

Kelebihan VGA Nvidia GeForce RTX 3060 Ti.

  1. Masuk kedalam kategori GPU Tercepat di dunia.
  2. Memiliki grafis yang sangat realistis dan mendalam.
  3. Mempunyai performa yang lebih di percepat terutama untuk urusan AI karena sudah menggunakan Nvidia DLSS.
  4. Sistem latensi ( Delay ) ke monitor jadi lebih rendah.
  5. Mampu memberikan anda pengalaman bermain game dengan lebih baik.
  6. Bisa anda gunakan untuk kebutuhan Live Streaming.
  7. Sudah mendukung Nvidia Broadcast ( Untuk anda para streamer pasti tahu ini ).
  8. Masih cocok untuk digunakan oleh para konten kreator ( Sudah mendukung Nvidia Studio ).

Kekurangan VGA Nvidia GeForce RTX 3060 Ti

  1. Harga VGA nya saja masih bisa untuk merakit sebuah PC Spek rendah.
  2. Kurang worth’it untuk menjalankan game dengan resolusi 4K.

Untuk Spesifikasinya sendiri adalah sebagai berikut.

  • Core clock 1,41 Mhz.
  • Memory Clock 14 Gbps.
  • Stream prosesor 4864.
  • Memory bus 256 bit.

Nvidia GeForce RTX 3080 Ti
4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022

Selanjutnya Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 ada GPU Nvidia GeForce RTX 3080 Ti.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa anda lakukan dengan GPU Nvidia GeForce RTX 3080 Ti ini, karena memang kartu grafis yang satu ini dirancang tidak hanya untuk digunakan bermain game saja, akan tetapi juga masih cocok jika seandainya ingin anda gunakan untuk kebutuhan produktivitas.

Selain itu, mungkin anda juga sudah tahu kalau VGA Card yang satu ini juga memiliki segudang kelebihan bila dibandingkan dengan Nvidia GeForce RTX 3060 Ti yang sudah kita bahas tadi.

Namun yang paling mencolok adalah performa yang ditwarkan Nvidia pada GPU ini yang sudah sangat powerfull.

Hal tersebut bisa terjadi berkat limit power GPU ini sendiri yang dari awalnya saja sudah sangat tinggi dikelasnya.

Tapi memang sangat disayangkan kalau ada banyak orang yang melupakan VGA yang satu ini pada saat mereka hendak merakit komputer.

Untuk harganya sendiri hingga pada saat postingan ini admin buat. Harga dari VGA Nvidia GeForce RTX 3080 Ti ini dimulai dari angka 9,5 jutaan saja.

Kelebihan Nvidia GeForce RTX 3080 Ti

  1. Kinerja dari Floating-point 4,33 ( TFLOPS nya lebih tinggi dari RTX 3060 Ti ).
  2. Pixel rate yang lebih tinggi.
  3. VRAM lebih besar hingga 12 GB.
  4. Bandwith memori lebih banyak.
  5. Memori bus lebih lebar hingga 384 bit.
  6. Shading unitnya lebih banyak.
  7. TMUs 48 lebih banyak.
  8. Dll.

Kekurangan Nvidia GeForce RTX 3080 Ti

  1. Harganya lebih mahal sekitar 3 Jutaan dibanding RTX 3060 Ti.
  2. Suhu pada saat sedang dijalankan lebih tinggi dari RTX 3060 Ti.
  3. Konsumsi daya yang lebih tinggi dari RTX 3060 Ti.

Untuk spesifikasinya sendiri adalah sebagai berikut

  • Core Clock 1,37 hingga 1,67 Ghz.
  • Memori 12GB GDDR6X.
  • Memori Clock 14 Gbps.
  • Stream prosesor sebanyak 10.240.
  • Memory bus 384 bit.

Nvidia GeForce RTX 3090
4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022

Kemudian Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 ini yang mungkin cocok dan worth’it untuk anda incar ada Nvidia GeForce RTX 3090.

Sebenarnya ada satu alasan kenapa admin lebih memilih VGA yang satu ini ketimbang kartu grafis keluaran terbaru dari Nvidia yakni RTX 4080 dan RTX 4090.

Hal tersebut karena memang kedua GPU tersebut belum ada banyak pengujian yang lebih intens. Tidak hanya itu, ada rumor juga yang menyatakan kalau saking besarnya daya yang dikonsumi RTX 4090 sampai-sampai kabel pada bagian soket powernya sampai meleleh saking panasnya.

Nah untuk menghindari hal tersebut admin lebih memilih jalan amannya saja yakni dengan merekomendasikan VGA Nvidia GeForce RTX 3090 karena memang peningkatannya juga tidak terlalu jauh menurut admin.

Sekitar setahunan yang lalau VGA Nvidia GeForce RTX 3090 ini harganya sempat menembus angka Rp 60 jutaan karena saking langkanya VGA paa saat itu.

Tapi untuk sekarang harga dari RTX 3090 ini sendiri sudah turun lumayan drastis bahkan hingga pada saat postingan ini admin tulis, harganya hanya tinggal 18,3 jutaan saja.

Hal tersebut tentu sangat positif mengingat GPU yang satu ini merupakan salah satu GPU yang masih sangat-sangat worth’it untuk anda boyong.

Karena memang sebenarnya Nvidia GeForce RTX 3090 ini merupakan GPU yang sudah lebih disempurnakan dari Nvidia GeForce RTX 3080 yang sudah kita bahas tadi.

Mulai dari resolusinya yang sudah didukung hingga 8K hingga multiprosessor Streamingnya yang sudah lebih disempurnakan.

Walaupun memang kalau dibandingkan secara langsung dengan Nvidia Geforce RTX 3080 Ti yang sudah kita bahas diatas peningkatannya tidak terlalu signifikan.

Kelebihan Nvidia GeForce RTX 3090 

  1. VRAM 2 Kali lebih banyak ( 24GB ).
  2. Memiliki 3 port HDMI ( 2 buah lebih banyak dari RTX 3080 Ti ).

Kekurangan Nvidia GeForce RTX 3090

  1. Harganya lebih mahal hampir 2 kali lipat dari RTX 3080 Ti.
  2. Peningkatannya tidak terlalu signifikan dari RTX 3080 Ti.

Untuk spesifikasinya sendiri adalah sebagai berikut.

  • Core Clock mulai dari 1,4 hingga 1,7 Ghz.
  • Memori 24GB GDDR 6X.
  • Memori clock mencapai 19,5 Gbps.
  • Stream prosesor 10.496.
  • Memory bus 384 bit 

AMD Radeon RX 6900 XT
4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022

Terakhir rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022 ini berasal dari kubu merah yakni AMD Radeon 6900 XT.

Dimana kartu grafis yang satu ini yang sebenarnya sudah ada di pasaran VGA Card tanah air sejak tahun 2020 yang lalu.

Tapi saking powerfull nya GPU tersebut admin rasa masih sangat worth’it untuk anda gunakan kebutuhan gaming di PC anda hingga tahun 2022 ini.

Tapi memang kalau untuk kebutuhan produktivitas di beberapa aplikasi layaknya adobe sebenarnya GPU Nvidia lebih admin rekomendasikan.

Tapi tetap saja AMD Radeon 6900 XT ini merupakan GPU yang luar biasa kencang untuk kebutuhan VGA di komputer gaming anda.

Selain itu, Kartu Grafis yang satu ini juga bisa dibilang sebagai salah satu kartu grafis paling terjangkau dengan performa tinggi yang ditawarkan.

Bayangkan saja, dengan harga yang hanya Rp 10,2 jutaan saja anda sudah mendapatkan GPU yang mampu bersaing dengan RTX 3090 yang sudah kita bahas diatas tadi.

Harga tersebut tentu hampir setengahnya harga RTX 3090 dari pabrikan Nvidia. Dengan membayar hanya setengah dari harga Nvidia GeForce RTX 3090 tersebut anda sudah bisa mendapatkan performa yang mirip-mirip dengan GPU tersebut.

Kelebihan AMD Radeon 6900 XT 

  1. TFLOPS  mencapai 23,04.
  2. VRAM 16GB.
  3. Speed Memori di 1,6 Mhz.
  4. Bandwith memorinya mencapai 512 Gbps.
  5. Lebar memori bus 256 bit.
  6. Shading unit mencapai 5.120.
  7. Harganya lebih terjangkau

Kekurungan AMD Radeon 6900 XT

  1. Tidak memiliki DLSS
  2. Beberapa fitur pendukung di beberapa game tidak bisa anda manfaatkan.

Untuk spesifikasi dari VGA AMD Radeon 6900 XT adalah sebagai berikut.

  • Core clock 1,8 hingga 2 Ghz.
  • Memory 16GB GDDR6.
  • Memory clock 16 Gbps.
  • Stream Prosesor 5.120.
  • Memory bus 256 bit.

Posting Komentar untuk "4 Rekomendasi VGA Card Untuk Gaming Akhir 2022"