Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Cara Memulai Usaha

4 Cara Memulai Usaha

4 Cara Memulai Usaha -
 Ada banyak sekali Cara Memulai Usaha yang bisa anda lakukan, karena memang pada dasarnya setiap orang pasti punya caranya tersendiri dalam memulai sebuah usaha.

Walaupun memang pada dasarnya ada cara ataupun metodenya tersendiri dalam memulai sebuah usaha agar nantinya usaha tersebut bisa berjalan dengan lebih maksimal.

Maka dari karenanya anda perlu mempelajari beberapa hal terlebih dahulu sebelum anda memilih untuk memulai usaha.

Sebenarnya dalam menjalahkan sebuah usaha anda juga perlu memperhatikan beberapa faktor terlebih dahulu seperti jenis usaha, tempat atau lokasi usaha dan juga beberapa hal lainnya yang punya sangkut pautnya dengan dunia usaha.

10 Jenis Usaha Paling Umum di Indonesia

Pada dasarnya ada lebih dari 10 jenis usaha yang bisa anda coba jalankan di indonesia ini. Tapi 10 usaha yang paling umum dijalankan oleh kebanyak orang indonesia akhir-akhir ini adalah sebagai berikut.

  1. Bisnis Toko Online.
  2. Usaha Kuliner.
  3. Membuka Kursus Online.
  4. Jasa Sewa Mobil + Driver.
  5. Bisnis Laundry.
  6. Jasa Pembuatan Website.
  7. Agen asuransi.
  8. Usaha dibidang Kesehatan.
  9. Usaha dibidang Pertanian.
  10. Usaha dibidang Peternakan.

Kesemua usaha tersebut pastinya punya kelebihan dan kekurangannya tersendiri masing-masing. Setiap orang yang menjalankan usaha tersebut juga seharusnya sudah memiliki pengalaman sebelumnya.

Setiap usaha yang dijalankan tersebut pun juga punya langkah-langkah dan juga caranya tersendiri agar hasil yang didapatkan bisa lebih maksimal.

Namun 4 Cara Memulai Usaha menurut admin pribadi adalah seperti yang akan admin jabarkan dibawah ini.

Pilih Ide Usaha Sesuai Dengan Minat ( Passion )
4 Cara Memulai Usaha

Keseringan orang-orang yang ada diindonesia ini tidak banyak yang mencoba cara yang pertama ini.

Dimana kebanyakan dari mereka dipaksakan oleh keadaan untuk menjalankan usaha yang sebenarnya mereka sendiri tidak menyukai usaha tersebut.

Tapi memang sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut selama mereka memiliki pengalaman yang cukup sebelum mulai terjun ke dunia usaha yang mereka jalankan masing-masing.

Hanya saja, jika seandainya usaha yang anda jalankan tersebut merupakan jenis usaha yang memang benar-benar anda suka atau dengan kata lain itu adalah passion anda.

Maka besar kemungkinan kalau hasil yang anda dapatkan nantinya akan lebih maksimal dibandingkan dengan usaha yang anda jalankan tersebut yang bukan merupakan passion anda masing-masing.

Karena seperti yang kita tahu kalau segala sesuatu yang kita kerjakan karena memang basic nya kita suka dengan hal terebut.

Maka kita tidak akan pernah bosan atau merasa jenuh dengan apa yang kita kerjakan terebut.

Selain itu, kalau memang pekerjaan kita merupakan hoby yang kita miliki admin rasa kita hanya menyalurkan hobi tapi tetap mendapat income dari hobi terebut.

Begitu juga halnya dengan pengetahuan yang anda miliki jika seandainya anda menjalankan sebuah usaha sesuai dengan passion yang anda miliki.

Karena kalau usaha yang anda jalankan tersebut sesuai dengan passion anda masing-masing. Maka tidak akan menutup kemungkinan kalau anda akan dengan mudah bisa mengatasi masalah yang timbul nantinya karena sebenarnya anda sudah mengerti akan apa yang sedang anda kerjakan.

Walaupu memang lagi-lagi anda yang menjalankan usaha yang tidak sesuai dengan passion juga sama sekali tidak salah menurut admin selama anda memiliki pengalaman yang benar-benar cukup dalam menjalankan usaha tersebut.

Menjalankan Riset
4 Cara Memulai Usaha

Dalam menjalankan sebuah usaha tentu yang anda butuhkan tidak hanya ide usaha yang sesuai dengan passion yang anda miliki semata.

Akan tetapi cara memulai usaha yang baik lainnya adalah dengan menjalankan riset pasar terlebih dahulu sebelum anda terjun langsung ke dalam dunia usaha.

Riset yang anda jalankan tersebut harus meliputi beberapa hal seperti data tentang keadaan pasar, apa kira-kira yang sedang dibutuhkan oleh para konsumen bahkan hingga solusi yang mereka butuhkan juga menjadi salah satu hal yang harus anda pelajari terlebih dahulu.

Karena dengan melakukan riset tersebut sudah pasti anda mendapat keuntungan tersendiri selaku pebisnis.

Bayangkan saja, sekelas perusahaan tersbesar dunia sekelas google saja yang setiap detik mengumpulkan data klien mereka untuk mereka analisis.

Setelah mereka analisis mereka biasanya akan mendapatkan solusi atas apa yang sedang dibutuhkan oleh klien mereka dan apa saja yang bisa mereka tawarkan.

Tentu hal semacam ini tidak semua orang melakukannya, karena sebagian besar dari kita yang memulai berkecimpung di dunia bisnis hanya melihat apa yang sedang ramai saja.

Kebiasaan buruk lainnya adalah usaha yang kita jalankan sama sekali tidak mengalami kemajuan atau dengan kata lain hanya seperti itu-itu saja.

Padahal peluang dari usaha yang kita jalankan tersebut sebenarnya sangatlah besar. Tapi hanya karena sedikit trick yang kurang maka segala yang seharusnya bisa kita dapatkan lebih menjadi tidak ada sama sekali.

Adapun beberapa riset yang bisa anda lakukan pada saat hendak memulai sebuah bisnis yang pertama sekali kira-kira siapa kira-kira target market anda? Kemudian anda juga perlu melakukan riset kira-kira seperti apa karakteristik mereka? Lalu bagaimana dengan kompetitor yang anda miliki? Semua informasi tersebut nantinya akan sangat berguna dalam menjalankan bisnis ataupun usaha yang akan anda jalankan.

Bahkan untuk sekarang ini sudah ada banyak sekali penyedia jasa riset untuk sebuah badan usaha. Tapi sayangnya biaya yang harus anda bayar untuk data-data tersebut sama sekali tidak murah.

Maka dari karenanya, ada baiknya untuk anda turun langsung atau anda buat tim sendiri untuk melakukan riset tersebut.

Selain dari beberapa data yang sudah admin sebutkan diatas, anda juga perlu melakukan riset beberapa hal lainnya usia dari target market anda, lokasi, jenis kelamin, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, status ataupun keluarga dan juga beberapa hal lainnya yang menyangkut dengan psikologis seperti minat dan gaya hidup mereka.

Kesemuanya itu berguna untuk ketepatan anda dalam menemukan pelanggan yang membuat anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk orang-orang yang belum tentu tertarik dengan apa yang anda tawarkan.

Hitung & Persiapkan Modal
4 Cara Memulai Usaha

Cara Memulai Usaha selanjutnya adalah dengan menghitung & mempersiapkan modal yang anda butuhkan agar anda bisa menjalankan usaha tersebut.

Karena seperti yang kita tahu kalau akan sangat percuma jika semua hal yang anda butuhkan bahkan anda sudah melakukan riset tapi anda tidak punya modal untuk mulai menjalankan usaha yang sudah anda rencanakan tersebut.

Meskipun tidak terlalu banyak, tapi tetap saja anda harus memiliki sedikit modal di awal untuk mulai bergerak.

Karena untuk modal yang lebih besarnya akan datang sendiri dari para investor jika seandainya usaha yang anda jalankan tersebut sudah mulai dan sedang berkembang.

Asalkan anda sudah memperhitungkan dengan matang semua yang akan anda jalankan dan tidak asal-asalan.

Karena bisa dipastikan jika anda hanya mengedepankan modal saja dari para investor tanpa mengetahui akan resiko serta ketepatan planing yang akan anda jalan tersebut dimana ujung-ujungnya tidak akan ada pemodal yang akan mensupport anda.

Maka dari itu, Perhitungkan dengan tepat apa-apa saja yang anda butuhkan, berapa modal awal yang anda butuhkan, berapa bulan kira-kira modal tersebut akan kembali dan semua hal lainnya yang berhubungan degan modal.

Barulah setelahnya anda melakukan persiapan modal awal, dan secara perlahan anda bisa mencari investor dengan membuka slot investasi ke para investor dengan segudang penawaran menarik yang saling menguntungkan.

Start Menjalankan Usaha
4 Cara Memulai Usaha

Terakhir Cara Memulai Usaha yang akan kita bahas pada postingan ini adalah Start untuk mulai menjalankan usaha jika dirasa semua poin yang sudah admin sampaikan diatas sudah anda persiapkan.

Karena akan sangat percuma jika anda sudah mengumpulkan segudang trick tapi ujung-ujungnya trick tersebut hanya akan jadi trick saja yang tidak anda realisasikan.

Maka dari itu, jika anda sudah mempersiapkan semuanya dengan baik anda hanya perlu menjalankan usaha yang sebelumnya sudah anda planing.

Tapi sekali lagi anda pastikan sepasti-pastinya kalau semua yang anda rencanakan sudah matang dan sudah sesuai.

Karena akan sangat disayangkan jika usaha anda hanya berjalan setengah jalan saja ( Terutama untuk anda yang menjalankan usaha dengan modal yang besar ).

Sebenarnya Cara Memulai Usaha setiap orang bisa berbeda-beda dan bisa jauh lebih banyak dan lebih luas dari apa yang sudah admin sebutkan diatas.

Tapi untuk anda yang ingin rangkuman singkat tentang Cara Memulai Usaha admin rasa 4 langkah yang sudah admin sebutkan diatas sudah lebih dari cukup, yang kurang hanya tinggal mempraktekkannya saja.

Posting Komentar untuk "4 Cara Memulai Usaha"