Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang - Ada banyak sekali Fakta Unik Jepang yang jarang orang tahu. Karena memang pada dasarnya orang indonesia banyak yang mengenal jepang dari sejarah di masa penjajahan.

Begitu juga jika seandainya anda pergi berkunjung ke Jepang. Dimana anda bisa menemukan bisa menemukan banyak sekali Hal Unik di Jepang.

Namun pada postingan kali ini adamin ingin mengajak anda semua untuk membahas tentang 4 Fakta Unik Yang hanya bisa anda temukan di jepang.

Namun sebelumnya admin akan sedikit menjelaskan tentang beberapa informasi seputar negara jepang.

Jepang sendiri merupakan sebuah negara kesatuan yang menggunakan sistem pemerintahan parlementer dengan berbentuk monarki konstitusional dan termasuk kedalam negara kepulauan di Asia Timur. 

Keberadaannya di ujung barat Samudra Pasifik dengan sebelah timur nya berbatasan langsung dengan Laut Jepang dan jadi tetangganya negara Tiongkok, Korea Selatan, dan juga Rusia. 

Pulau-pulau yang berada dibagian paling utara di Laut Okhotsk dengan wilayah paling selatannya  berupa kelompok pulau-pulau kecil di Laut Tiongkok Timur, lebih tepatnya di sebelah selatan nya Okinawa yang bersebrangan dengan langsung dengan Taiwan.

Selain itu, jepang ini juga dikenal dengan sebutan lainnya yakni Negeri Sakura. Karena memang negara ini sangat identik dengan bunga sakura yang bermekaran pada musim semi, yang dimulai dari bulan Maret hingga pada akhir Juni.

Karakter dari setiap orang jepang umumnya mereka memiliki mralitas yang tinggi mental dan etika yang kuat.

Dimana hal tersebut tercermin dalam nilai-nilai dan norma mereka junjung tinggi secara turun-temurun, memiliki budi bahasa yang sopan, sikap yang ramah tamah, menjunjung tinggi kesetiaan, sangat menjagga perasaan dan juga sangat menghormati orang yang lebih tua dari mereka.

Minuman Khas di Jepang
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Seperi halnya di indonesia, orang jepang juga punya Minuman khasnya tersendiri . Dalam hal ini, Jenis minuman tradisional yang paling terkenal di Jepang adalah berupa Sake dan juga Ocha. 

Sake itu sendiri merupakan salah satu minuman beralkohol khas Jepang. Sake dibuat dari hasil fermentasi yang diproduksi dari beras.

Oleh-Oleh Dari Jepang
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Ketika anda berkunjung ke Jepang, mungkin anda akan kebingungan untuk membawa pulang oleh-oleh apa untuk keluarga ataupun teman anda masing-masing.

Nah disini admin punya 10 Rekomendasi Oleh-oleh Jepang yang mungkin cocok untuk anda bawa pulang ke kampung halaman anda ketika anda kembali ke Indonesia dari Jepang.

  1. Tokyo Banana.
  2. Edo Furin.
  3. Maneki Neko.
  4. KitKat Berbagai Rasa.
  5. Nama Chocolate.
  6. Cigare au Chocolate.
  7. Omamori.enugui.
  8. Tokyo Milk Chese.
  9. Yatsuhashi.

Pakaian Tradisional Jepang
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Pada dasarnya ada 2 pakaian tradisional jepang yang sangat umum dikenal oleh banyak orang yakni Kimono.

Tapi sebenarnya masih ada 1 pakaian lainnya yang juga merupakan pakaian tradisional jepang yakni yukata.

10 Hal Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Di Jepang
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Seperti yang kita tahu kalau kita berdatangan atau bertamu ke sebuah daerah pasti kita harus melakukan pantangan yang dilarang di daerah tersebut.

Begitu pula halnya pada saat anda ke jepang. Anda juga perlu tahu apa saja yang tidak boleh untuk anda lakukan di jepang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

10 Hal yang tidak boleh anda lakukan di jepang tersebut diantaranya adalah:

  1. Awasebashi ( Memberi makan orang lain dari satu sumpit ke sumpit lainnya ).
  2. Memetik Bunga Sakura.
  3. Memberikan Uang Tip di Restoran.
  4. Tidak Mau Membungkukkan Badan.
  5. Mengotori Onsen atau Pemandian Air Panas.
  6. Menenggak Minuman Sebelum Kanpai atau bersulang.
  7. Berbicara terlalu keras menggunakan Handphone di dalam kereta.
  8. Duduk di Kursi prioritas saat berada di kereta.
  9. Berhenti di bagian sebelah kana pada saat naik ekskalator.
  10. Membuang sampah di sembarang tempat.

Nah, itu dia 10 hal yang harus benar-benar anda hindari saat anda travelling ke jepang. Hal tersebut sangat berguna agar anda bisa dihargai oleh orang-orang jepang saat berada di negara mereka.

4 Fakta Unik Jepang

Sebenarnya kalau sudah berbicara tentang Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang sangatlah banyak. Namn 4 Fakta Unik Jepang diantaranya adalah sebagai berikut.

Tradisi Makan Yang Unik
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang yang pertama yang mungkin sudah banyak dari kita yang tahu atau bahkan pernah melihat di televisi adalah tradisi makan orang jepang yang bisa dibilang unik.

Karena seperti yang kita tahu, kalau orang-orang yang ada di jepang sangat menghargai makanan dan orang-orang yang menyediakan makanan untuk mereka.

Makanya tidak aneh kalau disini admin katakan kalau mereka makan makanan layaknya mie yang enak sampai terdengar suara menyeruput kuah mie tersebut.

Tentu hal tersebut mereka lakukan dengan tujuan untuk menghargai sekaligus menandakan kalau hidangan yang disediakan tersebut rasanya sangat enak.

Selain itu, ada sejumlah tutur kata mereka yang bisa dibilang sangat sopan menurut admin kalau di istilahkan kedalam bahasa kita.

Bahkan kalau anda pernah menonton film-film jepang yang punya footage orang-orang jepang makan anda dakan menemukan dimana saat-saat mereka makan mie ataupun makanan-makanan lainnya mereka akan mendekatkan mulut mereka ke mangkok sedekat mungkin.

Hal tersebut tetu saja punya tujuan yang baik. Salah satu tujuannya tidak lain adalah agar tidak ada makan yang disajikan tersebut tumpah dan tempat atau meja makan yang mereka tempati tersebut tetap dalam keadaan bersih.

Budaya Disiplin Yang Tinggi
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Selanjutnya Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang adalah Budaya Disiplin Orang-orang jepang yang sangat tinggi, bahkan salah satu yang tertinggi di dunia.

Karena memang seperti yang kita tahu bersama bahwa orang-orang jepang itu sangat-sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kedisiplinan.

Makanya tidak mengherankan kalau anda pergi ke jepang, anda akan menemukan orang-orang yang ada di jepang akan senantiasa mengantri pada saat mereka harus melakukan hal itu.

Meskipun dibeberapa tempat garis antri tersebut tidak tersedia atau bahkan penjaganya juga tidak ada sama sekali.

Hal tersebut tentu amat sangat berbeda denga orang-orang kita yang ada di indonesia. Sudah tidak mengantri ditegur pun bisa berakhir dengan adu jotos.

Kalau ada yang bertanya kenapa hal tersebut bisa terjadi, jawabannya adalah orang-orang jepang memang sudah didik sejak kecil akan pentingnya nilai-nilai kedisiplinan.

Bahkan jika mereka sampai memotong antrian saja hal tersebut sebenarnya sudah menjadi sesuatu yang sangat memalukan bagi mereka.

Admin rasa poin yang satu ini wajib untuk kita tiru agar semua yang ada dinegeri kita bisa jadi lebih tertata.

Transportasi Yang Berkualitas
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Selain dari kedua poin yang sudah admin sebutkan diatas, Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang lainnya adalah transportasi yang mereka miliki yang sangat berkualitas.

Apalagi kalau anda pernah jalan-jalan di jepang dengan kereta Shinkansen yang memiliki sejumlah fitur dan juga kemudahan yang ditawarkan.

Semua yang ada di kereta tersebut sudah tertata dengan sangat baik dan sangat rapih. Ada tempat-tempat khusus yang memang diperuntukkan untuk mereka yang sedang dalam kondisi-kondisi teretentu.

Mereka yang sudah berumur misalnya, mereka akan dipersilahkan untuk duduk di kursi, begitu juga halnya dengan wanita yang sedang hamil yang juga jadi prioritas untuk endapatkan kursi untuk duduk.

Sedangkan untuk orang-orang biasa yang normal mereka akan dengan senang hati berdiri. Karena selain lebih menghargai orang-orang yang lebih tua dan yang lebih membutuhkan, mereka juga bisa berdiri sambil membaca buku yang lagi-lagi juga tersedia di rak yang ada didalam kereta tersebut.

Selain itu, jika seandainya anda melakukan perjalan menggunakan transportasi umum dijepang, anda juga cukup hanya membawa kartu khusus transportasi yang sudah anda isi saldo yang cukup.

Dengan kata lain, anda tidak perlu lagi membawa uang tunai untuk bisa naik bus ataupun kereta di jepang. Satu lagi yang juga tidak boleh dilupakan dari transportasi yang ada di jepang adalah tidak pernah telat.

Menjunjung Tinggi Budaya Kebersihan
4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang

Terakhir Fakta Unik yang Hanya ada di Jepang adalah orang-orang jepang sangat menjunjung tinggi akan budaya kebersihan.

Hal tersebut tentu sudah anda tahu, terutama untuk anda yang sempat nonton piala dunia qatar 2022 kemarin.

Dimana supporter jepang tidak langsung meninggalkan lapangan ketikan sudah selesai pertandingan, tapi mereka berinisiatif untuk membersihkan tribun penonton terlebih dahulu.

Tidak hanya sampai disitu saja, Ruang ganti pemain jepang juga sudah sangat bersih dan sangat rapih ketika pemain sudah tidak lagi berada di ruang ganti tersebut.

Bahkan para pemain jepang sampai membuatkan origami serta ucapan terimakasih yang mereka letakkan dengan sangat rapih di sebuah meja.

Hal-hal kecil semacam ini sebenarnya menjadi nilai plus yang sampai dilirik banyak media dan menjadi nilai positif bagi jepang dari pandangan orang diseluruh dunia.


Posting Komentar untuk "4 Fakta Unik Yang Hanya Ada di Jepang"