Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Hacker

Cara Menjadi Hacker

Cara Menjadi Hacker - Sebenarnya ada banyak sekali cara menjadi Hacker yang bisa anda coba, Tapi tentu untuk menjadi seorang Hacker sebetulnya tidak semudah yang anda bayangkan.

Jika ada diantara teman, sahabat atau siapapun yang bertanya apa itu hacker? Anda bisa memberikan jawaban paling simpelnnya Hacker adalah orang yang punya skill pemrograman yang luar biasa, yang bahkan mereka mampu membobol sistem keamanan dari sebuah program ataupun website.

Pengertian Hacker
Cara Menjadi Hacker

Pengertian Hacker secara akademis adalah seseorang yang ahli dalam bidang komputer jaringan ataupun keterampilan lain dalam mengatasi masalah teknis. 

Dalam bahasa Indonesia sendiri hacker bisa diartikan sebagai peretas. Hacker juga menggunakan keterampilan teknis mereka untuk mengeksploitasi pertahanan atau keamanan keamanan siber.

Cara Kerja Hacker
Cara Menjadi Hacker

Pada dasarnya, para hacker selalu menggunakan skill mereka untuk membobol perlindungan keamanan pada sebuah komputer, jaringan, sistem, perangkat mobile, aplikasi dan juga sistem IoT. 

Alasan paling sederhananya adalah agar mereka bisa mengontrol atau mengambil alih kendali suatu sistem jaringan komputer.

Aktivitas hacking sendiri juga kerap dihubung-hubungkan dengan cracking walaupun sebenarnya berbeda. 

Jika hacking hanya memiliki tujuan untuk bisa mendapatkan celah agar bisa masuk ke dalam suatu sistem, cracking justru lebih dalam lagi.

Karena selain masuk ke dalam sistem, dengan cracking seseorang bisa melakukan perusakan atau pencurian data sehingga dampaknya akan jadi lebih besar lagi. 

Tujuan Hacker
Cara Menjadi Hacker

Untuk mengetahui tujuan dari seorang hacker anda perlu memahami terlebih dulu kalau di dunia ini ada hacker jahat dan ada juga hacker baik. 

Karena dalam membobol keamanan dari suatu sistem, keduanya tentu mempunyai motivasi yang sangat berbeda.

Untuk mereka para hacker yang memiliki kaitan erat dengan kejahatan siber sudah pasti tujuan mereka dalam membobol atau memanipulasi sistem keamanan adalah sebagai berikut.

  • Pencurian data pribadi.
  • Pencurian data rahasia perusahaan.
  • Penipuan.
  • Mendapatkan akses ilegal ke sistem keuangan para korban

Sementara hacker yang baik dengan berbagai aktivitasnya yang disebut ethical hacking, justru untuk mengamankan sistem jaringan komputer. 

Dalam hal ini Hacker baik bertujuan untuk mengetahui kelemahan sistem perlindungan yang diterapkan dan berusaha untuk menemukan solusi dalam memberikan keamanan sistem yang lebih optimal lagi.

Jenis-Jenis Hacker
Cara Menjadi Hacker

Ternyata ada lumayana banyak jenis-jenis yang bertebaran di dunia ini. Hacker-hacker tersebut tergantung dari aktivitas dan juga motivasi mereka di dikategorikan ke dalam 6 kategori.

Masing-masing kategori dari hacker itu sendiri adalah sebagai berikut.

White Hat

White hat atau Hacker Topi Putih merupakan hacker baik dengan aktivitasnya ethical hacking seperti yang sudah pernah admin singgung diatas barusan. 

Adapun tujuan mereka dalam melancarkan aksinya adalah guna menguji keamanan jaringan komputer di sebuah perusahaan ataupun instansi demi kepentingan masyarakat umum.

Lebih dari itu, mereka akan melapor jika menemukan celah yang rentan pada sistem keamanan dan mencoba membantu untuk mengatasi masalah tersebut. 

Dimana ini merupakan langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk menjaga keamanan data sebelum hacker kriminal lainnya melakukan peretasan pada sistem tersebut.

Black Hat

Black Hat atau hacker Topi Hitam merupakan hacker yang beraktivitas secara ilegal agar mereka bisa mengakses suatu jaringan dengan tujuan dan maksud yang jahat. 

Contoh aksi yang dilakukan Blckhat ini misalnya menyebarkan virus dan malware, mencuri data, menghilangkan atau merusak sistem, dan masih banyak lagi yang berujung pada kerugian untuk orang banyak.

Motivasi mereka salah satunya adalah untuk mendapatkan keuntungan finansial dan bahkan beberapa dari mereka ada juga yang karena ingin tenar di dunia maya.

Contoh yang paling gampangnya adalah kebocoran data BPJS lebih yang melebihi dari 200 juta masyarakat Indonesia yang konon katanya dijual ke pasar gelap melalui sistem transaksi  Bitcoin. 

Lalu kemudian yang belakangan ini mencuri perhatian publik terutama di indonesia adalah kasus hacker Bjorka yang mencuri data registrasi SIMcard masyarakat Indonesia.

Grey Hat

Selanjutnya ada Gray Hat yang merupakan hacker dengan motivasi mereka yang bisa dikatakan seringkali tidak jelas, tapi memang umumnya bukan karena faktor uang. 

Tindakannya dalam membobol suatu sistem jaringan komputer memang ilegal, Tapi biasanya yang bersangkutan akan memberitahukan kelemahan sistem yang dibobol tersebut kepada pemiliknya. 

Tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau ada juga hacker grey hat ini yang kemudian meminta bayaran atas jasanya. 

Script Kiddies

Selanjutnya ada script kiddies, dimana script kiddies ini yang merupakan orang yang baru coba-coba terjun dalam dunia hacking. 

Peretas amatir ini biasanya belum atau hanya memiliki sedikit skill dalam dunia peretasan sistem dan aktivitasnya kebanyakan menggunakan script yang sebelumnya sudah pernah ditulis. 

Biasanya mereka mendapatkan Script-script tersebut dari forum-forum hacker yang cukup banyak.

Umumnya aksi dari hacker pemula (Amatir) ini tidak terlalu merusak seperti ketiga jenis Hacker yang sudah kita bahas diatas.

Hacktivist

Hakctivist ataupun sebuah aktivitas yang umumnya dilakukan oleh organisasi peretas dengan tujuan menarik perhatian publik akan sebuah peristiwa ataupun kondisi yang mereka yakini sebagai pelanggaran HAM atau pelanggaran etika yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu.

Biasanya serangan yang mereka tunjukkan bisa berupa mengumbar bukti-bukti kesalahan dengan menyebarkan gambar, informasi, jejak komunikasi digital, video, dan masih sangat banyak lagi.

Contoh aksi dari hacktivist ini sendiri adalah berupa serangan terhadap website DPR RI dengan melakukan deface yang dapat mengubah nama situs sebagai bentuk protes.

Phreaker

Terakhir jenis hacker yang jarang orang tahu ada Phreaker yang merupakan seseorang yang melakukan aktivitas hacking lebih ke mencari kelemahan sistem telepon, alih-alih meretas sistem jaringan komputer.

4 Cara Menjadi Hacker
Cara Menjadi Hacker

Sebenarnya ada banyak sekali langkah yang harus anda lakukan untuk bisa menjadi seorang hacker profesional.

Namun untuk cara yang paling singkat atau paling gampangnya adalah dengan 4 Cara seperti yang akan coba kita bahas dibawah ini.

Belajar Bahas Pemrograman 

Yang pertama sekaligus yang paling bisanya Cara Menjadi Hacker adalah sudah pasti anda harus bisa menguasai bahasa pemrograman.

Karena seperti yang kita tahu bersama kalau dalam meretas sebuah situs ataupun sebuah aplikasi maupun program pastinya tidak akan lepas dari yang namanya bahasa pemrograman.

Mungkin anda yang berasal dari kalanggan teknisi atau bahkan mahasiswa IT bahas pemrograman ini sudah menjadi makanan sehari-hari anda.

Tapi untuk mereka yang masih awam dengan bahas pemrograman pastinya akan sangat susah untk memulai belajar karena ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman komputer yang bisa dipelajari sekarang ini.

Tapi yang paling umum dipelajari diantaranya ada bahasa tingkat tinggi,bahasa tignkat menengah dan juga ada bahasa pemrograman tingkat rendah layaknya bahasa Assembly.

Sebenarnya untuk benar-benar bisa menguasai 1 bahasa pemrograman saja sudah sangat sulit menurut admin.

Tapi untuk menjadi seorang hacker profesional tentu anda harus bisa beberapa bahasa pemrograman, Setidaknya anda harus menguasai basicnya terlebih dahulu.

Selain itu masih ada satu hal yang tidak boleh anda lewatkan untuk anda kuasai kalau misalnya anda anda ingin menjadi seorang hacker.

Anda harus mahir dalam mengoperasikan sebuah Sistem Operasi yang kita kenal dengan sebutuan Linux.

Pahami Dengan Baik Konsep & Cara Kerja Jaringan

Selanjutnya Cara Menjadi Hacker yang bisa anda coba adalah memahami atau bahkan menguasai seluk beluk dari jaringan komputer.

Mulai dari konsepnya, cara kerjanya hingga bagaimana jaringan tersebut dibuat.

Belum cukup sampai di situ saja, anda juga perlu memahami berbagai macam jenis jaringan maupun protokolnya.

Karena dengan begitu, nantinya anda bisa tahu sisi mana yang rentan dimanfaatkan oleh hacker lain dalam melancarkan aksinya.

Adapun cara yang paling mudah untuk belajar jaringan komputer sebenarnya adalah dengan melakukan setup koneksi jaringan untuk kebutuhan rumah anda sendiri.

Barulah setelahnya anda bisa mengeksplor lagi berbagai jenis jaringan lain seperti LAN, WLAN, PAN dan masih sangat banyak lagi.

Untuk lebih memperdalam lagi anda juga bisa mengeksplor lebih detail tentang cara penggunaan tools yang memiliki hubungan yang erat dengan jaringan semacam Wireshark ataupun Nmap untuk memantau serta menganalisa sebuah jaringan jaringan komputer.

Mulai Mengeksplore Deep Web Maupun Dark Web

Kedua cara diatas masih belum cukup untuk bisa menjadi seorang Hacker. Maka Cara Menjadi Hacker selanjutnya adalah dengan memulai untuk mengeksplore Deep Web Maupun Dark Web.

Bagian yang satu ini mungkin akan kelihatan ngeri-ngeri sedap untuk anda coba. Pasalnya bagian yang satu ini merupakan bagian yang mungkin sudah pernah anda bayangkan ketika anda memulai untuk belajar hacker.

Nah, mengeksplor deep dan juga dark web ini yang nyatanya bukan hanya bertujuan untuk gaya-gayaan saja.

Keduanya wajib untuk anda eksplor karena di sanalah anda bisa benar-benar mempelajari serba-serbi dari dunia hacking.

Bahkan menurut informasih yang admin dapat dari beberapa sistus kalau militer, politisi, jurnalis, dan juga  institusi-institusi terkait keamanan kerap menggunakan dark web ini sebagai sebuah media untuk mengakses serta bertukar informasi.

Namun anda juga tidak boleh sembarang mengakses dark web ini tanpa penghetahuan yang cukup. Pastikan kalau sebelumnya anda sudah tahu terlebih dahulu dari A sampai Z yang ada di dark web ini.

Barulah kemudian anda lakukan persiapan seperti memasang VPN, pakai TOR browser, gunakan TAILS, dan juga menerapkan berbagai tips untuk mengamankan identitas yang anda miliki.

Ikuti Diskusi & Komunitas Serta Perbanyak Jam Terbang

Terakhir Cara Menjadi Hacker yang mungkin paling mudah untuk anda coba adalah dengan mengikuti berbagai macam diskusi & komunitas, serta anda juga harus memperbanyak jam terbang anda di dunia Hacking.

Karena sebenarnya untuk menjadi seorang Hacker amatiran seperti yang admin singgung diatas tadi saja tidak semudah yang anda bayangkan, apalagi untuk anda yang ingin menjadi seorang hacker profesional.

Karena memang pada dasarnya cara yang paling mudah dan paling cepat untuk belajar hacker secara otodidak adalah memperbanyak ikut diskusi maupun komunitas.

Karena melalui forum  ataupun komunitas tersebutlah nantinya anda bisa lebih cepat mendapatkan informasi seputar dunia hacking.

Bahkan tidak menutup kemungkinan juga kalau nantinya anda akan ditawari untuk jadi rekan setim atau bahkan bisa terlibat langsung didalam proyek tertentu.

Dimana hal tersebut tentu menjadi keuntungan tersendiri untuk anda. Karena dengan begitu anda tidak perlu lagi susah-susah mencari komunitas di dark web.

Eksplor saja dulu komunitas yang terjangkau seperti komunitas hacking yang ada di Facebook, Discord, Telegram, dan juga di beberapa platform online lainnya.

Selain itu, anda juga perlu menambah jam terbang anda dalam mengeksplore segala sesuatu yang berbau hacker.

Karena dengan begitu, nantinya anda bisa mendapatkan banyak sekali hal-hal baru yang bahkan belum banyak orang tahu.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Hacker"