Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah

Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah

Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah - Gempa Bumi Merupakan sebuah getaran ataupun guncangan yang terjadi pada permukaan bumi yang terjadi karena pelepasan energi dari bawah permukaan bumi secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik. 

Gempa bumi sendiri umumnya disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Selain itu gempa bumi juga bisa terjadi akibat dari letusan gunung berapi.

Adapun alat yang digunakan untuk mengukur kekuatan dari gempa bumi tersebut adalah berupa Seismometer dengan satuan pengukurannya dalam Skala Richter.

Jenis-jenis Gempa Bumi

Seperti halnya gejala alam lainnya, Gempa Bumi ini juga punya jenis-jenisnya tersendiri. Dalam hal ini Gempa Bumi ini bisa terjadi berdasarkan 2 hal yakni berdasarkan Penyebab dan juga berdasarkan Kedalamannya.

Gempa Bumi Berdasarkan Penyebab

Untuk gempa bumi yang terjadi atas dasar penyebab terbagi kedalam 3 macam yang mana diantaranya adalah:

  • Gempa Tektonik.
  • Gempa Vulkanik.
  • Gempa Runtuhan atau Terban.

Gempa Bumi Berdasarkan Kedalaman

Sedangkan untuk gempa bumi yang terjadi berdasarkan kedalaman diantaranya.

  • Gempa Bumi dalam.
  • Gempa Bumi menengah.
  • Gempa bumi dangkal.

Perbedaan Gempa Bumi Magnitudo Dengan Skala Richter Amplitudo

Gempa Bumi Magnitudo merupakan metode menghitung kekuatan gempa dengan sistem frekuensi getaran tanah. 

Sedangkan perhitungan skala richter menggunakan amplitudo adalah metode menghitung gempa bumi berdasarkan simpangan terjauh dari titik keseimbangan getaran. 

Sementara ini, hasil dari perhitungan magnitudo sering kali dipandang jauh lebih akurat untuk menghitung kekuatan gempa dengan jangkauan wilayah yang luas.

4 Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah

Sebenarnya sepanjang sejarah ummat manusia sudah ada sangat banyak sekali gempa bumi yang terjadi, bahkan bisa dikatakan sudah tidak terhitung jumlahnya.

Namun 4 Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejaran diantaranya adalah sebagai berikut.

Gempa Bumi Valdivia, Cile 22 Mei 1960 (magnitudo 9,5)
Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah

Pada posisi pertama Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah ada Gempa bumi yang terjadi di Valdiva, Cile pada tanggal 22 Mei 1960 Silam.

Sebagai yang paling dahsyat yang pernah terjadi sepanjang sejarah ummat manunia. Dimana Gempa tersebut menewaskan 1.655 orang dan melukai hingga 3.000 orang lainnya yang terkena dampak gempa terebut .

Tidak hanya itu, Akibat terjadinya gempat tersebut membuat dua juta orang terpaksa harus mengungsi ke tempat yang lebih aman guna menghindari gempa-gempa susulan yang terjadi.

Adapun kerugian yang disebabkan oleh gempa tersebut diperkirakan mencapai USD550 juta.

Sementara untuk tsunami yang ditimbulkan akibat dari gempa tersebut menyebabkan kematian serta kerusakan parah hingga ke beberapa negara seperti Hawaii, Jepang, dan juga Filipina.

Panjang zona pecah akibat dari gempa bumi tersebut mencapai lebih dari 1000 km. Bahkan 2 hari setelah gempa awal terjadi, gunung berapi Puyehue di dekatnya juga sampai meletus.

Yang mana lagi-lagi hal tersebut mengirimkan abu dan juga uap hingga radius 6 km ke bagian atmosfer yang terjadi selama beberapa minggu.

Gempa Bumi Prince William Sound, Alaska 28 Maret 1964 (magnitudo 9,2)
Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah

Selanjutnya Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah yang pernah terjadi adalah gempa bumi yang pernah melanda Prince William Sound Alaska.

Gempa bumi yang dahsyat tersebut terjadi pada tanggal 28 maret tahun 1964 lalu.

Jika dibandingkan dengan gempa yang terjadi di Valdiva, Cile yang sudah kita bahas diatas barusan . Sebenarnya gempa yang terjadi ini tidak terlalu merusak.

Namun walau bagaimanapun, tetap saja gelombang tsunami yang ditimbulkan akibat gempa tersebut yang sampai merenggut hingga 128 nyawa.

Selain mengakibatkan korban jiewa juga menyebabkan kerugian material yang diperkirakan mencapai USD311 juta.

Gempa yang terjadi tersebut juga dirasakan terutama di Alaska dan juga dibeberapa tempat lain di Kanada.

Sementara tsunami yang ditimbulkannya yang sampai menyebabkan kerusakan yang lumayan hingga ke Hawaii.

Adapun kerusakan yang paling parahnya yang terjadi di kota Anchorage yang berlokasi sekitar 120 km barat laut dari pusat gempa.

Makanya sangat wajar, kalau getaran dari gempa tersebut yang dilaporkan berlangsung lebih kurang mencapai tiga menit lamanya.

Gempa Aceh, Indonesia 26 Desember 2004 (magnitudo 9,1)
Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah

Pada posisi ketiga Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah adalah Gempa bumi yang pernah terjadi di bumi indonesia, lebih tepatnya di provinsi Aceh pada tanggal 26 Desember 2004 yang lalu.

Lebih kurang kurangnya sekitar 18 tahun yang lalu jika dihitung pada saat postingan ini admin tulis.

Dimana seperti yang kita tahu bersama kalau gempa tersebut sampai menyebabkan kerusakan yang parah dan korban jiwa dalam jumlah yang sangat banyak.

Dalam hal kerusakan dan korban jiwanya sendiri skala bencana yang diakibatkan oleh Tsunami Boxing Day ini sangatlah besar.

Dimana secara keseluruhan, lebih kurang ada sebanyak 227.900 orang yang sampai meninggal dunia, Dengan sekitar 1,7 juta orang yang terpaksa mengungsi ke 14 negara di Asia Selatan dan juga Afrika bagian Timur.

Berdasarkan informasi dari beberapa sumber, kalau pusat gempanya sendiri berada di sekitar 250 km tenggara Banda Aceh.

Gempa tersebut terjadi pada kedalaman 30 km. Bahkan beberapa hari kemudian, yakni pada tanggal 28 Desember tahun 2004, gunung lumpur juga kembali meletus di dekat Baratang, Kepulauan Andamar yang lagi-lagi diduga punya keterkaitan dengan gempa maha dahsyat yang terjadi tersebut.

Sendai, Jepang 11 Maret 2011 (magnitudo 9,0)
Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah

Terakhir Gempa Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah gempa bumi yang pernah terjadi di Sendai Jepang.

Dimana gempa bumi tersebut terjadi pada tanggal 11 Maret di tahun 2011 yang lalu. Adapun kekuatan dari gempanya sendiri mencapai 9,0 skala richter.

Walaupun sedikit lebih rendah dari gempa Aceh yang sudah kita bahas diatas barusan yang mencapai 9,1 Skala Richter, tapi tetap saja gempa tersebut mampu membuat jepang jadi luluh lantak.

Jumlah korban jiwa akibat dari Gempa yang terjadi di Sendai jepang ini diperkirakan mencapai 10.000 orang. 

Begitu pula halnya dengan efek yang ditimbulkan akibat dari gempa terebut, seperti gempa susulan dan juga tsunnami yang ditimbulkannya.

Akibat dari bencana alam yang terjadi tersebut membuat perekonomian negara jepang menjadi terdampak.

Karena seperti yang kita tahu, kalau reaktor nuklir yang ada di jepang sampai ditutup agar tidak terjadi malapetaka yang lebih parah lagi.

Akibatnya, dimana reaktor nuklir yang ditutup tersebut merupakan sumber energi andalannya jepang dalam hal kebutuhan akan energi listrik.

Bahkan jepang sendiri sampai membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk bisa memulihkan keadaan karena adanya bencana gempa dan tsunnami tersebut.

Dari semua bencana gempa yang terjadi dan sudah kita bahas diatas, disini admin bisa menyimpulkan kalau bencana alam terutama gempa bisa terjadi kapan pun dan dimanapun yang tidak bisa dicegah.

Maka yang harus kita lakukan adalah tetap menjaga alam dan melakukan persiapan jika seandainya amit-amit terjadi hal yang serupa.

Posting Komentar untuk "Gempa Bumi Dengan Magnitudo Terbesar Sepanjang Sejarah"