Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Prosesor Intel

Kelebihan Prosesor Intel

Kelebihan Prosesor Intel - Intel merupakan sebuah perusahaan multinasional dan menjadi salah satu perusahaan teknologi raksasa di dunia, sebenarnya ada sangat banyak kelebihan intel celeron yang bisa anda dapat.

Perusahaan teknologi ini berasal dari Amerika Serikat dengan kantor pusatnya di Santa Clara, Californialebih tepatnya di Silicon Valley.

Seperti yang sudah kita tahu bersama bahwa Intel ini sudah menjadi perusahaan yang memproduksi prosessor yang banyak digunakan di laptop maupun PC dari zaman dulu.

Sebenarnya kalau kita sudah berbicara tentang intel, maka kita tidak hanya berbicara berbicara tentang prosessor komputer atau laptop semata.

Karena nyatanya, intel ini merupakan sebuah brand penyedia Chip semikonduktor. Meskipun memang produk utama mereka adalah berupa prosessor ( yang paling dikenal banyak orang ).

Padahal selain membuat prosessor, itel juga memproduksi beberapa perangkat pendukung lainnya layaknya Motherboard, komponen server, produk ethernet, barang elektronik konsumen, perangkat SSD dan masih banyak lagi.

Namun untuk produk mereka yang berhubungan dengan perangkat komputer. Intel ini menjadi pemasok mikroprosessor ke beberapa brand ternama dunia seperti Lenovo, HP, Dell, Asus dan masih banyak lagi.

Bahkan beberapa tahun sebelumnya mereka juga menjadi pemasok mikroprosessor untuk perusahaan sekelas Apple yang digunakan pada Perangkat iMac dan juga Macbook ( meskipun sekarang Apple sudah memproduksi Chip mereka sendiri M1 & M2 ).

Perbedaan Prosessor Intel Core i3, Core i5, Core i7 dan juga Core i9

Untuk anda para pengguna perangkat komputer atau laptop pasti sudah paham akan kata core pada prosessor intel.

Core itu sendiri bisa dibilang sebagai inti dari prosessor buatan intel. Pada prosessor AMD kita lebih mengenal istilah Ryzen yang menjadi rival dari intel, misalnya saja Ryzen 3, Ryzen 5, Ryzen 7 dan juga Ryzen 9.

Balik lagi ke intel core i3 yang merupakan sebuah prosessor yang didalamnya terdapat 3 inti yang bekerja, core i5 dengan 5 inti yang bekerja, core i7 yang didalamnya terdapat 7 inti yang bekerja dan yang terakhir sekaligus prosessor dengan seri tertinggi dari intel untuk saat ini adalah intel core i9 yang didalamnya terdapat 9 inti prosessor yang akan bekerja.

Itu merupakan penjelasan singkatnya saja, yang kalau dibahas lebih jauh pembahsannya masih sangat panjang, karena masing-masing seri dari prosessor tersebut masih bisa digali lebih dalam akan apa saja yang disematkan oleh intel pada masing-masing prosessor tersebut.

Fungsi Prosessor Pada Komputer

Setiap perangkat yang pernah dibuat pasti memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Begitu juga halnya dengan Prosessor komputer ini yang juga memiliki fungsinya tersendiri.

Adapun beberapa fungsi utama dari prosessor komputer terutama untuk prosessor intel diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Otak dari sebuah komputer.
  • Menjaga performa komputer bisa tetap stabil.
  • Untuk mendukung spesifik dari sebuah komputer.

Kelebihan Prosessor Intel

Kalau sudah berbicara tentang kelebihan yang dimiliki prosessor intel, sebenarnya ada banyak sekali kelebihan yang bisa anda temukan dari prosessor intel tersebut.

Namun 4 kelebihan diantaranya adalah sebagai berikut.

Tidak Cepat Panas
Kelebihan Prosesor Intel

Kelebihan Prosessor Intel yang pertama yang tidak lain adalah Prosessor buatan intel tidak akan mengalami cepat panas.

Hal ini menjadi hal yang penting, Karena pada dasarnya setiap prosessor dari brand apapun itu pasti akan mengalami yang namanya panas.

Namun untuk prosessor intel ini sendiri panas yang dihasilkan masih bisa dikontrol sehingga suhu prosessor tersebut tidak akan naik dengan begitu cepat.

Kalaupun misalkan suhunya naik juga sebenarnya anda tidak perlu terlalu khawatir. Karena Intel punya teknologi canggih yang akan mengontrol suhu dari prosessor mereka agar bisa tetap dalam kondisi yang stabil.

Bahkan kalau seandainya anda menggunakan laptop yang memakai prosessor intel, anda pasti akan mendapatkan saat dimana performa dari laptop anda yang menurun pada saat suhu laptop sudah terlalu panas.

Hal tersebut bisa terjadi karena adanya teknologi canggih yang disematkan Intel pada prosessor mereka yang bisa bekerja secara otomatis.

Pada saat suhu prosessor naik ke ambang batas yang sudah ditentukan oleh perusahaan pembuat chip tersebut, biasanya Prosessor intel akan secara otomatis menurunkan Clocknya agar tidak mengalami Over Heat.

Meskipun ada juga prosessor intel yang memang berasal dari seri khusus untuk anda gunakan over clocking dengan tujuan untuk mendapatkan performa diatas rata-rata prosessor dengan kondisi yang normal.

Tapi prosessor tersebut hanya tersedia untuk komputer saja. Tidak hanya itu, pada kebanyakan laptop tipis terbaru sekarang ini yang lebih memilih untuk menggunakan prosessor intel karena performa maupun penjagaan suhunya bisa lebih stabil.

Karena memang hal yang sangat sulit untuk diatasi pada sebuah laptop tipis adalah pengendalian serta pembuangan suhu panas yang terkendala oleh desain tipisnya laptop.

Dengan suhu yang tidak cepat atau tidak terlalu panas pada sebuah laptop, tentu penggunaan laptop tersebut pun juga akan menjadi jauh lebih nyaman.

Selain itu, dengan suhu yang normal juga bisa membuat beberapa bagian pada sebuah lapto jadi lebih awet seperti beberapa komponen pada bagian motherboard, prosessor itu sendiri, keyboard dan juga beberapa bagian lainnya.

Branding Intel Umumnya Lebih Dikenal Dibandingkan AMD
Kelebihan Prosesor Intel

Seperti yang kita tahu kalau reputasi sebuah brand sangat penting untuk dikenal oleh banyak orang. Karena hal tersebut akan berpengaruh pada seberapa banyak peminat sebuah produk dari sebuah brand dimata para calon konsumennya.

Begitu juga dengan branding intel sebagai sebuah produsen komputer atau laptop yang juga sudah sangat dikenal dibandingkan dengan beberapa perusahaan produsen prosesor lainnya yang ada didunia.

Apalagi jika dibandingkan dengan rival abadinya yakni AMD yang membuatnya masih sedikit lebih unggul dan lebih dikenal.

Bahkan ada banyak orang yang akan lebih memilih laptop yang menggunakan prosessor intel karena pengalaman mereka dalam membuat prosessor komputer atau laptop yang sudah sejak lama hadir ketimbang AMD.

Maka dari karenanya, admin rasa sangat wajar kalau itel punya segudang cara untuk menarik perhatian orang-orang yang ingin membeli sebuah pc atau laptop untuk berbagai kebutuhan.

Selain itu, Intel juga menyediakan berbagai macam jenis dan seri prosessor untuk kebutuhan orang yang berbeda-beda.

Beberapa contoh prosessor yang banyak beredar dipasaran seperti intel Core 2 duo, Dual Core, Intel Core i series ( i3, i5, i7 dan i9 ), Intel Xeon dan masih sangat banyak lagi.

Bgeitu juga dengan huruf ujung dari prosesor intel tersebut yang memiliki maknanya tersendiri. Seperti huuf s di ujung prosessor yang menandakan kalau prosessor tersebut merupakan prosessor yang bisa anda boyong dengan budget yang terjangkau.

Prosessor dengan huruf H di ujung yang menandakan kalau prosessor tersebut merupakan prosessor gaming yang canggih tapi untuk mobile ( Prosesor Laptop ), huruf HX, K, F, G dan juga yang ujung prosesor dengan huruf X.

Setiap prosessor intel dari generasi ke generasi juga pastinya mengalami perkembangan setiap kali mereka memperkenalkan produk-produk baru mereka.

Dimana yang paling signifikannya adalah prosessor terbaru serkarang ini yang sudah memasuki generasi ke 13.

Performanya bisa berkali-kali lipat lebih kencang dibandingkan dengan generasi ke 10 tapi tetap dengan efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan dengan prosesor intel generasi ke 10 tersebut.

Lagi-lagi hal tersebut bisa terjadi karena teknologi yang ditawarkan Intel pada prosesor generasi terbaru mereka yang sudah sangat-sangat canggih.

Performa Keseluruhan Yang Lebih Baik
Kelebihan Prosesor Intel

Kemudian Kelebihan Prosesor Intel yang menarik adalah Performa yang Secara keseluruhan, apa yang ditawarkan intel pada prosessor yang mereka buat sebenarnya sudah sangat baik.

Begitu pula halnya dengan perform keseluruhan yang ada pada prosessor intel ini yang lebih merata ke semua aspek.

Karena kalau misalkan kita lihat dari penawaran yang dilakukan oleh AMD yang lebih ke kartu grafis dibandingkan prosesor.

Intel malah menyamaratakan semua bagian agar punya performa yang lebih stabil di semua aspek.

Meskipun memang untuk beberapa tahun terakhir ini AMD justru beberapa kali sudah membuat intel kaget dengan apa yang mereka tawarkan pada prosessor seri-seri terbaru mereka.

Lebih Mudah Didapat
Kelebihan Prosesor Intel

Terakhir Kelebihan Prosesor Intel adalah lebih mudah untuk didapat ketmibang prosessor AMD.

Sebenarnya hal ini tidak terjadi di semua tempat, namun ditempat admin sendiri prosesor AMD lebih sulit didapat karena memang tidak banyak orang yang menggunakan prosesor tersebut di PC mereka.

Nah, dikarenakan Prosessor Intel ini lebih mudah didapat, maka sudah pasti untuk mencapari spare part lain yang kompatibel dengan prosesor Intel ini juga akan jadi lebih mudah.

Maka dari karenanya, admin rasa sangat wajar kalau hal ini menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan. 

Karena jika sewaktu-waktu PC atau laptop yang anda miliki mengalimi kerusakan pada komponen-komponen tertentu, anda tidak akan mengalami kesulitan dalam mencari spare part penggantinya.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Prosesor Intel"