Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Moge Paling Menarik Awal 2023

Moge Paling Menarik Awal 2023

Moge Paling Menarik Awal 2023 - Moge merupakan singkatan dari Motor Gede yang akhir-akhir ini umum terdengar ditelinga kebanyakan orang indonesia.

Moge ini sendiri punya kategori yang berbeda-beda menurut admin. Karena harus memiliki spek mesin yang diatas rata-rata motor lain pada umumnya.

Selain dari Moge naked dan juga sport, ada juga Moge Matic yang mungkin bagi sebagian besar orang indonesia masih terdengar agak aneh.

Pasalnya yang umum orang tahu adalah sebuah motor matic hanya dibekali dengan mesin berkapasitas pas-pasan.

Kategori Moge
Moge Paling Menarik Awal 2023

Tapi kembali lagi, hal tersebut hanya berlaku di zaman dulu saja. Dimana untuk sekarang ini, Motor Matic pun sebenarnya sudah banyak yang masuk kedalam kategori moge yang sudah dibekali dengan mesin berkapasitas diatas 500 cc.

Karena memang sejatinya, sebuah moge harus menggunakan mesin minimal diatas 500cc.

Walaupun memang di setiap negara sebutan untuk sebuah moge tentu menggunakan spek yang berbeda-beda.

Di Jepang misalnya, sebuah sepeda motor baru bisa disebut moge kalau sudah dibekali dengan mesin dengan kapasitas minimal di 35 hp.

Pabrikan lokal disana seperti Suzuki, bisa dijadikan sebagai contoh, RGV250 yang hanya dibekali dengan mesin berkapasitas 250 cc. 

Namun, tenaga yang mampu dihasilkan menembus angka 60 hp, sehingga para raider yang ada di Jepang menganggap kalau Suzuki RGV250 tersebut masuk kedalam kategori moge.

Secara spesifik, Negeri Bunga Sakura ini membagi pasar sepeda motor menjadi tiga segmen.

Berdasarkan lansiran datanya dari laman motorcyclesdata.com, ada mini bike yang merupakan motor  dengan mesin 125 cc hingga 250 cc. 

Selanjutnya ada small bike yang merupakan sebuah motor yang sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 250 cc hingga 400 cc, dan yang tertingginya yang merupakan motor dengan kapasitas mesin diatas 400 cc yang masuk ke dalam kategori big bike.  

Lain halnya di Amerika Serikat, dimana Sepeda motor dengan mesin minimal 600 cc baru akan dianggap sebagai sebuah moge. Tentu hal tersebut sama dengan yang ada di Lo Stivale alias Italia.  

Salah satu contoh yang paling gampangnya adalah Harley Davidson Road Glide Ultra. Dimana Moge tersebut punya kapasitas mesin hingga 1868 cc. 

Motor tersebut juga merupakan jenis touring yang punya bobot mencapai 425 kg atau hampir setengah ton.

Perbedaan Motor Matic Dengan Motor Manual
Moge Paling Menarik Awal 2023

Sebenarnya sebagian besar dari anda sudah pasti tahu akan perbedaan dari kedua jenis motor tersebut.

Namun untuk lebih detailnya lagi admin akan sedikit memaparkan dibawah ini.

Perbedaan Pada Bagian Bodi Motor

Perbedaan Motor Matic Dengan Motor Manual Pertama ada pada bagian bodi motornya. Umumnya memiliki dimensi yang lebih kecil. Karena perbedaan yang paling mencolok dari ke 2 jenis motor tersebut ada pada bagian bodinya. 

Dimana Body Motor matic memiliki dimensi lebih kecil dibandingkan dengan motor manual. Hal tersebut yang nantinya akan sangat berpengaruh pada bobot dari kedua motor tersebut.

Memang kalau dilihat lebih jauh, Sebenarnya Motor Matic lebih diperuntukkan untuk mereka yang berasal dari kalangan kaum hawa.

Karena seperti yang kita tahuk kalau kemudahan yang ditawarkan pada sebuah motor matic yang lebih baik dan lebih gampang untuk dikendalikan ketimbang motor dengan transmisi manual.

Perbedaan Dibagian Transmisi

Perbedaan Motor Matic Dengan Motor Manual selanjutnya sudah pasti ada pada bagian sistem transmisi yang digunakan.

Karena sesuai dengan penamaannya, kalau motor manual yang berarti kalau pengendara harus melakukan perpindahan gigi pada saat ingin menambah kecepatan motor.

Sedangkan pada Motor Matic hanya tersedia 2 pilihan saja yakni gas & rem untuk bisa menjalankan kendaraan tersebut sebagai mana mestinya. 

Hal tersebut terjadi didalam disparitas sistem penggerak roda yang bernama Continuously Variable Transmission (CVT). 

Perbedaan transmisi tersebutlah yang lantas menciptakan perbedaan pada ke 2 motor yang sedang kita bahas ini.

Karena sebanarnya semua kembali lagi ke medan yang digunakan pada saat mengoperasikan motor tersebut. 

Untuk kebutuhan harian admin lebih merekomendasikan untuk anda gunakan Motor Matic, terutama untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan yang umumnya macet.

Sementara untuk anda yang membutuhkan motor dengan torsi yang besar agar bisa melewati medan-medan yang terjal atau untuk kebutuhan touring, admin akan lebih merekomendasikan untuk anda gunakan motor dengan transmisi manual.

Perbedaan Pada Bagian Sistem Pengereman

Selain dari kedua perbedaan yang sudah admin sebutkan diatas tadi, ada Perbedaan Motor Matic Dengan Motor Manual lainnya yang berasal dari bagian sistem pengeremannya.

Karena pada saat anda melewati turunan, penunggang Motor Matic akan terasa meluncur begitu saja karena sistem penghentian nir otomatis & inheren yang terdapat di bagian dalam ban.

Perbedaan Dibagian Biaya Perawatan

Kemudian Perbedaan Motor Matic Dengan Motor Manual ada di bagian biaya perawatan yang harus anda keluarkan setiap kali service.

Karena Basicnya Motor Matic memiliki komposisi mesin yang lebih tertutup dibandingkan motor manual. 

Alhasil Biaya perawatannya juga jadi lebih besar ketimbang biaya service motor manual. 

Selain itu, jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan juga pastinya akan lebih sulit untuk dideteksi. 

Perbedaan Dari Segi Konsumsi BBM

Dari segi bahan bakar juga sebenarnya motor manual bisa lebih irit ketimbang Motor Matic.

Sebagai contoh paling gampangnya adalah Vario Techno 125 yang bisa menempuh jarak 52,1 km hanya dengan satu liter BBM.

Tapi ternyata kalau dibandingkan Honda Supra X 125 PGM-FI range-nya bisa lebih jauh yang bahkan bisa sampai 56,1 km per satu liter bahan bakar.

Hal tersebut bisa terjadi karena Motor Matic mengonsumsi BBM lebih dibanding motor manual karena perputaran sistem transmisi yang terjadi secara secara otomatis, sebagai akibatnya kerja mesin akan dipaksakan bekerja dengan lebih keras pastinya.

Berbeda dengan motor manual yang bila tarikan terasa kurang, pengendara bisa menurunkan atau mengoper gigi ke gear yang lebih rendah agar bisa mendapatkan torsi yang lebih besar.

Jika seandainya pengendara motor manual ingin berkendara hemat juga mereka bisa memanfaatkan gear tinggi tapi dengan putaran mesin se rendah mungkin. 

Perbedaan Harga

Terakhir Perbedaan Motor Matic Dengan Motor ada di Harganya. Dimana biasanya Motor Manual dibanderol dengan harga yang bisa dibilang lebih murah tapi tetap berdasarkan jenis-jenis lain ketimbang Motor Matic. 

Sebenarnya kalau untuk perbandingan harga motor keluaran terbaru sekarang ini harganya akan berbeda jauh jika fitur dan juga teknologi yang disematkan pada motor tersebut secanggih atau sebanyak apa.

Hal tersebut tentu berlaku pada kedua jenis motor yang sedang kita bahas, yakni berlaku untuk Motor Manual tapi juga Berlaku untuk sebuah Motor Matic.

Kelebihan & Kekurangan Motor Matic
Moge Paling Menarik Awal 2023

Sebenarnya ada beberapa kelebihan maupun kekurangan yang akan anda temukan pada Motor Matic ketimbang motor manual menurut admin pribadi.

Kekurangan Motor Matic

Kita mulai dari beberapa Kekurangan Motor Matic.

Boros Akan Bahan Bakar

Kelemahan Motor Matic Dibanding Manual yang pertama adalah Motor Matic cenderung boros bahan bakar. 

Karena seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau sebenarnya pada poin yang satu ini lebih ke Cara Berkendara Motor Manual.

Pengguna motor manual bisa mengatur putaran mesin yang rendah dengan kecepatan yang tinggi dengan memanfaatkan sistem transmisi manual agar bisa mendapatkan efisiensi berkendara yang baik.

Tapi juga bisa lebih boros ketimbang motor matic jika seandainya cara berkendara motor manual yang terlalu bar-bar.

Biaya Perawatan Cenderung Lebih Mahal

Kekurangan Motor Matic selanjutnya adalah biaya perawatan motor matic yang cenderung lebih mahal ketimbang motor manual.

Dimana poin yang satu ini merupakan poin yang penting untuk anda perhatikan. Karena kebanyakan perngguna motor juga akan memikirkan biaya yang harus dikeluarkan untuk bisa merawat motor tersebut dengan baik.

Umumnya biaya perawatan Motor Matic lebih mahal ketimbang biaya yang harus dikeluarkan untuk perawatan motor dengan sistem transmisi manual.

Karena seperti yang kita tahu bahwa perawatan motor matic ataupun pembelian berbagai perlengkapannya cenderung lebih tinggi dibanding manual.

Selain itu, Motor Matic juga memiliki perawatan yang lebih banyak guna mencegah tingkat kerusakan lebih lanjut pada beberapa komponen pada motor tersebut. 

Maka dari itu, pada saat anda hendak membeli sebuah Motor Matic apalagi Moge Matic, maka ada baiknya untuk anda siapkan juga biaya perawatan yang cukup agar nanti anda tidak kewalahan dalam merawat motor tersebut.

Tidak Cocok Untuk Medan Yang Terjal

Kelemahan Motor Matic lainnya yang juga tidak boleh untuk anda lupakan adalah Motor Matic tidak akan cocok untuk anda gunakan di medan-medan terjal.

Karena seperti yang kita tahu kalau Motor Matic memiliki diameter roda yang lebih kecil ketimbang Motor Manual yang akan sangat berpengaruh pada kenyamanan saat berkendara. 

Misalnya saja saat motor melewati medan jalan yang tidak mulus yang akan sangat menyebalkan. Hal inilah yang menjadikan Motor Matic ini mungkin tidak akan cocok untuk medan jalan terjal, bergelombang bahkan medan-medan dengan bebatuan sekalipun. 

Sehingga dengan kekurangannya ini tentu anda akan mempertimbangkan kembali apakah cocok dengan daerah tinggal anda sekarang.

Harus Sering Service

Kelemahan Motor Matic selanjutnya adalah kendaraan roda dua yang satu ini harus sering-sering dilakukan pengecekan ke bengkel. 

Sebab hal tersebut akan sangat berguna untuk mencegah risiko kerusakan pada komponen motor matic terutama pada bagian CVT (continuously variable transmission) nya. 

Begitu pula dengan komponen aki maupun oli yang juga butuh untuk di cek dan melakukan pergantian secara berkala apabila terjadi masalah. 

Karena jika anda tidak pernah melakukan pengecekan, bisa saja beresiko pada kenyamanan saat anda berkendara.

Tidak Cocok Untuk Beban Berat

Seperti yang kita tahu kalau Motor Matic hanya memiliki satu shockbreaker pada bagian samping bawah belakang motor. 

Sehingga Motor Matic ini sangat-sangat tidak cocok untuk mengangkut beban berat. Hal ini sangat berbeda dengan tipe motor manual ataupun motor bebek yang memiliki dua shockbreaker yang memiliki kekuatan maksimal pada bagian belakangnya.

Ketika Motor Matic kelebihan beban maka akan berisiko akan mengalami kerusakan pada bagian shockbreaker. 

Dimana hal tersebut tidak bisa dianggap sepele sama sekali, karena kerusakan bagian shockbreaker tersebut bisa mengganggu kestabilan motor pada saat dikendarai.

Kelebihan Motor Matic

Setelah membahas beberapa kelemahan motor matic seperti yang ada diatas. Dibawah ini admin akan membeberkan beberapa kelebihan dari Motor Matic ini, yang mana diantaranya adalah sebagai berikut.

Kemudahan Pengoperasian

Kelebihan Motor Matic yang pertama adalah Motor Matic ini merupakan kendaraan yang paling mudah untuk dioperasikan. 

Dimana hal ini sangat cocok untuk anda para pemula yang ingin belajar mengendarai kendaraan roda dua. 

Karena memang motor matic ini bisa dengan mudah dioperasikan tanpa perlu memperhatikan perpindahan gigi motor. 

Hal tersebut tentu sangat berbeda dengan motor manual yang mengharuskan anda untuk melakukan perpindahan gigi pada saat ingin menambah kecepatan.

Memiliki Bagasi Yang Lega

Kelebihan Motor Matic selanjutnya adalah bagasinya yang tergolong lega. Sehingga dengan adanya bagasi yang lega tersebut yang akan sangat berguna untuk menyimpan banyak barang maupun perlengkapan didalamnya. 

Faktor inilah yang seringkali menjadi bahan pertimbangan bagi banyak pengendara untuk beralih untuk menggunakan Motor Matic.

Memiliki Bobot Yang Ringan

Selanjutnya Kelebihan Motor Matic adalah ringan untuk dikendarai. Maka tidak heran kalau ada cukup banyak pengendara motor matic yang berasal dari kalangan kaum hawa. 

Selain itu pada bagian depannya, motor matic ini juga cukup ramah bagi pengendara perempuan dengan style tertentu yang mereka pakai.

Memiliki Banyak Varian

Terakhir Kelebihan Motor Matic yang paling umumnya adalah variannya yang sudah sangat banyak untuk zaman sekarang ini.

Karena seperti yang kita tahu bersama kalau untuk sekarang ini sudah ada beragam jenis motor matic dengan variasi, desain bahkan juga warna yang sangat beragam. 

Di mana sebagian besarnya punya desain dan tampilan cukup menawan menurut admin. Maka tidak heran kalau dengan banyaknya variasi jenis motor matic tersebut yang menjadikan kendaraan roda dua ini lebih unggul jika dibandingkan dengan motor manual untuk sekarang ini.

Moge Matic Paling Menarik Awal 2023
Moge Paling Menarik Awal 2023

Kalau sudah membahas tenang motor matic maka kurang lengkap rasanya jika tidka membahas tentang Moge Matic Paling Menarik Awal 2023 ini.

Kira-kira Moge Matic mana saja? Mari kita bahas lebih lanjut dibawah ini.

Yamaha TMAX

Admin sangat-sangat yakin kalau anda sudah pasti tahu dengan brand motor yang satu ini. Pasalnya, Selain Yamaha TMAX ini, sebelumnya yamaha juga sudah memperkenalkan beberapa motor matic mereka yang menggunakan mesin dengan kapasitas yang lebih kecil dari Yamaha TMAX ini.

Bahkan kedua saudara dari Yamaha TMAX ini juga tidak kalah populernya di indonesia seperti Yamaha NMAX menggunakan mesin berkapasitas 150cc dan juga yamaha XMAX yang sudah dibekali dengan mesin 250cc oleh yamaha.

Sedangkan untuk Yamaha TMAX ini sebenarnya merupakan motor matic yamaha yang paling spesial dari yamaha. Karena mereka sudah membekali Moge Matic yang satu ini dengan mesin berkapasitas diatas 500cc, lebih tepatnya adalah 530cc.

Dengan kapasitas mesin yang besar tersebut sudah pasti kalau moge matic yang satu ini mampu menghasilkan power yang besar juga. 

Dimana Yamaha TMAX ini mampu menghasilkan output tenaga sebesar 33,8 kW dengan torsinya yang mencapai 53 Nm.

Look bagian depan Moge Matic ini juga terlihat sangat keren, karena sudah menggunakan garpu teleskopik. Dengan lengan ayun yang diterapkan dibagian belakangnya.

Untuk bisa membawa pulang 1 Unit Yamaha TMAX ini, setidaknya anda harus menyiapkan budget yang tidak kurang dari Rp300 jutaan.

BMW C650 GT

Selanjutnya Moge Matic paling menarik untuk anda boyong di awal tahun 2023 ini adalah BMW C650 GT. Dimana Moge Matic yang satu ini yang sebenarnya berasal dari pabrikan mobil terkenal dari eropa.

Memang kalau dibandingkan dengan Yamaha TMAX yang sudah kita bahas tadi, Moge Matic yang satu ini masih kalah populer di indonesia dalam hal Motor.

Karena yang umum orang tahu BMW merupakan sebuah bran mobil bukan motor. Tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau Moge Matic buatan BMW ini memang sangat menarik bahkan sangat-sangat patut untuk anda pertimbangkan untuk anda yang tidak pernah bermasalah dengan yang namanya Budget.

Moge Matic buatan BMW ini sendiri sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 647cc yang sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk membelah jalanan di perkotaan di jakarta.

Walaupun pada waktu atau jam-jam tertentu anda gunakan Moge Matic ini di jakarta juga tenaganya masih terbuang sia-sia.

Untuk harganya sendiri berdasarkan informasi dari beberapa situs. BMW C 650 GT ini dibanderol dengan harga sekitar Rp500 jutaan.

Yang mana dengan harga tersebut sebenarnya anda sudah bisa membeli sebuah mobil SUV mewah layaknya Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport.

Tapi memang hal tersebut tidak akan belaku untuk mereka yang tidak memiliki masalah dengan budget dan pastinya punya hobi motoran.

MAX SYM 600i ABS

Selain dari kedua Moge Matic yang sudah admin sebutkan diatas barusan anda juga masih bisa melirik Moge Matic lainnya yang juga tidak kalah menarik di awal tahun 2023 ini.

Moge Matic tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah SYM MAX SYM 600i. Dimana Moge Matic yang satu ini bersal dari pabrikan SYM Motors yang juga menawarkan sebuah Moge Matic dengan performa tinggi.

Adapun sebutan yang paling cocok untuk Moge Matic yang satu ini adalah SYM MAX SYM600i ABS karena memang Moge Matic ini sudah menggunakan sistem ABS.

Moge Matic yang berasal dari Taiwan ini juga sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 565cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 30,3 kW pada putaran mesin 6.500 rpm dan torsinya mencapai 43,2 Nm pada putaran mesin 5.500 rpm.

Tentu tenaga besar yang dihasilkan tersebut sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan motoran setiap orang yang suka menggunakan Motor Matic.

NM4 Vultus

Terakhir Moge Matic paling menarik di awal tahun 2023 ini menurut admin pribadi adalah NM4 Vultus.

Dimana Moge Matic yang satu ini merupakan sebuah moge matic yang berasal dari brand kendaraan yang juga sudah sangat dikenal oleh setiap orang yang ada di indonesia yakni Brand Honda.

Honda NM4 Vultus ini sendiri sebenarnya bisa dibilang sebagai salah satu motor matic termahal yang ada di dunia.

Karena berdasarkan informasi dari beberapa forum jual beli motor. Harga kendaraan roda dua berukuran besar ini melebihi angka Rp400 jutaan.

Adapun Spesifikasi mesinnya sendiri honda sudah membekali NM4 Vultus ini dengan mesin berkapasitas 745cc SOHC in-line 2-silinder.

Dengan konfigurasi mesin 4-tak 8-katup yang mampu memuntahkan tenaga maksimal di  40,3 kW pada putaran mesin 6250 rpm.

Posting Komentar untuk "Moge Paling Menarik Awal 2023"