Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyakit Mitsubishi Pajero Sport

Penyakit Mitsubishi Pajero Sport

Penyakit Mitsubishi Pajero Sport Pada dasarnya ada sejumlah Penyakit Pajero Sport yang membuat para pengguna mobil tersebut kewalahan.

Apalagi kalau mobil mobil tersebut harga dasarnya saja sudah tidak murah. Begitu pula halnya dengan harga dari setiap sparepartnya yang pasti memiliki harga yang mahal.

Sebenarnya anda bisa melakukan perawatan mobil secara berkala dengan rutin guna memastikan kalau Mitsubishi Pajero Sport yang anda miliki tersebut selalu dalam kondisi yang prima.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau sangat sedikit dari pengguna mobil pajero yang benar-benar melakukan perawatan berkala secara rutin terutama di bengkel-bengkel resminya.

Memang, sebenarnya Mitsubishi Pajero Sport ini merupakan salah satu SUV paling badak yang ada di indonesia saat ini.

SUV tersebut di pasaran indonesia bersaing langsung dengan rival abadinya yakni Toyota fortuner, yang menjadi mobil idaman bagi setiap keluarga yang ada di tanah air tercinta kita ini.

Kelebihan Mitsubishi Pajero Sport

Adapun beberapa kelebihan yang bisa anda temukan pada mobil Mitsubishi Pajero Sport ini sendiri adalah sebagai beriku.

  1. Mesinnya badak ( cukup tangguh di berbagai medan ) walaupun ada beberapa dari komponen mesin yang sangat sering bermasalah, tapi itu pun hanya terjadi pada generasi pertama.
  2. Punya banyak varian yang bisa anda pilih sesuai dengan kebutuhan maupun budget yang anda miliki masing-masing.
  3. Memiliki teknologi keamanan yang sudah sangat canggih yang berguna untuk melindungi anda sekeluarga selama dalam perjalanan.
  4. Baik eksterior maupun interiornya terlihat sangat modern walau pada varian atau tipe paling rendah sekalipun.
  5. Harga masih masuk akal walaupun bagi kebanyakan orang harga tersebut masih sangat tinggi bahkan tidak akan bisa mereka beli.

Kelemahan Mitsubishi Pajero Sport

Selain memiliki beberapa kelebihan seperti yang sudah admin sebutkan diatas barusan, Mitsubishi Pajero Sport ini juga memiliki beberapa kelemahan seperti yang admin sebutkan dibawah ini.

Beberapa kelemahan Mitsubishi Pajero Sport diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Head room sangat terbatas.
  2. Tidak memiliki headrest pada bangku baris ke 2.
  3. Bangku baris kedua tidak bisa diatur maju mundurnya.
  4. Pengaturan Jok Elektrinya hanya untuk kursi driver saja.
  5. Masih mengandalkan hidraulic power steering.
  6. Belum memiliki fitur wireless Charging.
  7. Lampu Sein Belakang masih menggunakan Lampu Halogen biasa.
  8. Akses untuk Keluar masuk Mobil lumayan tinggi.
  9. Belum memiliki fitur wiper serta lampu otomatis.
  10. Fitur jendela auto Up & Down hanya untuk Driver saja.

Nah, selain dari kelemahan yang dimiliki Pajero Sport ini yang lumayan banyak, ada juga beberapa kekurangan ataupun keluhan lainnya dari para pengguna mobil ini yang mungkin bisa dikatakan sebagai penyakit.

Tapi sebenarnya permasalahan tersebut bisa dibilang relatif, karena hanya terjadi pada Unit generasi pertama.

Selain itu, 10 kekurangan mitsubishi pajero sport yang sudah admin sebutkan diatas juga mungkin sudah tidak terjadi lagi pada generasi terbaru.

Untuk lebih jelasnya penyakit-penyakit Mitsubishi Pajero Sport ini apa-apa saja, Langsung saja kita bahas lebih jauh dibawah ini.

Steering Main Shaft Cepat Aus
Penyakit Mitsubishi Pajero Sport

Salah satu penyakit yang paling umum terjadi pada Mitsubishi Pajero Sport terutama pada generasi pertama adalah berupa Steering Main Shaftnya yang sangat rawan bermasalah.

Steering Main Shaft atau yang lebih dikenal dengan nama Poros Utama Kemudi yang merupakan komponen mobil yang terdapat pada bagian batang kemudi mobil yang memiliki kegunaan untuk setir kemudi ke tempat roda mobil.

Umumnya Steering Main Shaft ini lebih rentan rusak Pada Mitsubishi Pajero Sport karena memang mobil tersebut yang lebih umum digunakan di medan-medan offroad.

Sebenarnya tidak hanya disebabkan karena penggunaan Offroad saja, tapi penyebab lainnya juga bisa disebabkan oleh karakter jalanan yang kasar juga bisa jadi biang keroknya.

Gejala yang paling umum terjadi ketika Steering Main Shaft pada Mitsubishi Pajero Sport ini bermasalah adalah berupa getaran yang terjadi pada bagian setir mobil yang bisa dikatakan tidak wajar.

Maka dari karenanya, pada saat gejala tersebut terjadi pada mobil anda, terutama untuk anda yang menggunakan Mitsubishi Pajero Sport, maka bagian yang satu ini patut Untuk anda curigai.

Penyebab Steering Main Shaft ini mudah aus pada Pajero Sport memang sangat wajar menurut admin.

Karena memang pada umumnya karakter jalanan yang ada di indonesia yang kurang rata atau bahkan rusak parah.

Tapi untuk generasi pertamanya memang bahan yang digunakan pada Steering Main Shaftnya yang kurang badak jika dibandingkan langsung dengan bobot dari kendaraannya yang lumayan berat.

Sebenarnya dulu pada masa awal-awal Pajero Sport ini diperkenalkan komponen ini masih masuk kedalam cover garansi.

Tapi untuk sekarang ini anda harus mengeluarkan biaya yang tidak kurang dari Rp 1,2 jutaan untuk mengganti parts tersebut.

Walaupun anda mengganti parts tersebut dengan yang baru atau bahkan parts originalnya, admin rasa tetap saja tidak akan bertahan lama.

Selain itu, jika anda melakukan inden atau pemesanan parts aslinya ke bengkel resminya. Setidaknya anda harus menunggu selama 2 hingga 4 minggu.

Bagian Rotor Disc Kurang Rata

Penyakit Mitsubishi Pajero Sport

Penyakit Mitsubishi Pajero Sport selanjutnya yang umum terjadi adalah Bagian Rotor Discnya yang kurang rata.

Sedikit informasi untuk anda yang belum tahu kalau Rotor Disc ini merupakan istilah lain dari piringan cakram.

Biasanya bagian yang satu ini sangat sering bermasalah dan mudah untuk dideteksi. Cara yang paling mudah untuk mendeteksinya adalah ketika mobil dibawa pada kecepatan diatas 60 kmpj.

Rasa berkendara akan menjadi tidak nyaman karena adanya getaran yang berasal dari bagian rotor disc tersebut.

Getaran yang ditimbulkan tersebut akan terasa hingga ke bagian setir mobil. Jika anda membawa mobil Mitsubishi Pajero Sport kesayangan anda yang mengalami masalah ini ke bengkel resmi.

Biasanya mereka menawarkan solusi dengan membubut Rotor Disc tersebut saja agar tidak bermasalah lagi.

Kalau boleh admin menyarankan, sebaiknya tawaran tersebut tidak anda terima. Karena memang akan sama saja setelah anda lakukan hal tersebut.

Akan lebih baik jika anda ganti saja Rotor Disc Mistubishi Pajero Sport ini dengan Rotor Disc after market complete dengan parts-parts pendukung lainnya yang kualitasnya telah teruji.

Adapun penyebab kenapa Rotor Disc Mitsubishi Pajero Sport ini rentan bermasalah adalah karena memang kinerja pengereman mobil ini yang bisa dibilang lumayan berat.

Karena seperti yang kita tahu kalau ukuran dari body mobil ini sendiri yang sama sekali tidak kecil yang membuat bobot mobil menjadi lebih berat.

Begitu juga jika seandainya anda juga menggunakan Ban dengan ukuran yang lebih besar dari ukuran ban Standar Pajero Sport.

Dimana anda juga perlu mengganti ukuran Velg lengkap dengan Rotor Disc yang baru agar lebih berimbang.

Shockbreaker Belakang Rawan Bocor
Penyakit Mitsubishi Pajero Sport

Untuk menunjang kenyamanan anda pada saat berkendara, tentu mobil yang anda miliki harus menggunakan suspensi dengan kondisi yang baik.

Namun pada unit Mitsubishi Pajero Sport ini, Shockbreaker bagian belakang mobil ini lebih rawan terjadi kebocoran dibandingkan dengan suspensi bagian depan mobil.

Lagi-lagi hal tersebut terjadi karena memang bobot dari Mobil ini yang sama sekali tidak ringan.

Sehingga Suspensi dan juga bagian kaki-kakinya harus bekerja ekstra untuk bisa memberikan kenyamanan yang baik kepada para penggunanya.

Untuk cara anda melakukan pengecekan pada bagian Shockbreaker ini sebenarnya bisa anda lakukan dengan memeriksanya secara langsung pada bagian batang shockbreaker tersebut.

Pastikan kalau batang Shock ( body shock ) tidak mengalami rembesan. Jika seandainya terdapat rembesan anda perlu melakukan pengecekan ke bengkel Shock kepercayaan anda.

Hal tersebut perlu anda lakukan jika seandainya anda belum memiliki budget yang cukup untuk mengganti Shock Breaker Mitsubishi Pajero Sport ini.

Karena anda bisa memastikan terlebih dahulu apa kira-kira yang bermasalah pada bagian Shockbreaker tersebut, apakah hanya seal yang bocor atau bagian lainnya dari Shockbreaker tersebut yang memang sudah bermasalah.

Penalty Gear Rusak & Kampas Kopling Gosong
Penyakit Mitsubishi Pajero Sport

Penyakit Mitsubishi Pajero Sport yang terakhir ada bagian yang berasal dari bagian dalam meesin seperti Penalty Gear yang rentan rusak hinga kampas kopling mobil yang mudah gosong.

Umumnya komponen yang satu ini rentang mengalami kerusakan pada unit Mitsubishi Pajero Sport generasi pertama.

Jika Penalty Gearboxnya yang rusak biasanya mobil tidak akan bisa masuk ke gigi mundur karena akan tersendat pada saat proses perpindahan gigi.

Namun penyakit yang semacam ini hanya umum terjadi pada Unit Mitsubishi Pajero Sport yang varian Maticnya.

Sedangkan untuk permasalahan kampas kopling yang sampai gosong biasanya terjadi karena memang faktor usianya yang sudah waktunya untuk diganti.

Tapi memang tidak bisa dipungkiri kalau Kampas Kopling juga bisa jadi gosong jika Oli Transmisinya sudah lama tidak anda ganti.

Selain itu anda juga perlu memantau volume oli tansmisinya apakah masih dalam batas yang wajar atau bahkan sudah berkurang drastis.

Posting Komentar untuk "Penyakit Mitsubishi Pajero Sport"