Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia - Pesawat tempur merupakan jenis kendaraan militer yang memang dirancang untuk bisa melakukan operasi militer khususnya yang berlangsung di udara. 

Pesawat tempur itu sendiri menjadi sarana utama bagi angkatan udara.

Biasanya sebuah pesawat tempur akan dilengkapi perangkat peralatan perang yang memadai untuk bisa menghentikan musuh dalam melancarkan aksinya. 

Mengutip Britannica, peralatan perang yang disematkan pada sebuah pesawat tempur salah satunya adalah berupa BOM.

Operasional dari pesawat tempur ini sendiri dilakukan oleh pilot yang handal dan sudah sangat berpengalaman tentunya, karena mengingat yang mereka bawa tersebut merupakan sebuah peralatan perang yang bisa menghancurkan apapun yang ada di depan.

Senjata Yang Digunakan Pada Pesawat Tempur
Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau pesawat tempur ini memiliki sejumlah senjata yang bisa diandalkan untuk bisa menumbangkan musuh diudara.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, ada beberap jenis senjata yang umumnya digunakan pada sebuah pesawat tempur seperti Senjata Mechine, Bom, Missiles, Pelontar Roket dan masih banyak lagi.

Dengan hadirnya senjata-senjata yang mematikan tersebut pada sebuah pesawat tempur tentu saja pesawat tempur tersebut menjadi ancaman tersendiri bagi lawan-lawan yang berada dibawah.

Jenis-jenis Mesin Pesawat
Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Sebelumnya, mungkin anda menyangka kalau mesin pesawat hanya terdiri dari 2 jenis yakni mesin baling-baling dan juga mesin jet.

Tapi pada kenyataannya tidak seperti itu, karena yang anda bayangkan tersebut adalah komponen atau bagian dari sebuah pesawat.

Karena Jenis-jenis Mesin Pesawat yang sebenarnya adalah seperti yang ada dibawah ini.

Turboprop

Jenis Mesin Pesawat yang pertama ada Turboprop, dimana turboprop ini sendiri yang merupakan jenis mesin pesawat yang pembangkitnya mengandalkan turbin gas untuk menggerakan baling-baling. 

Mesin turboprop ini biasanya digunakan pada tipe pesawat subsonic dengan kecepatan rata-rata sekitar 500 knot atau setara dengan 926 km/jam.

Cara kerja dari mesin pesawat yang satu ini adalah dengan menarik Udara ke bagian dalam intake yang nantinya akan dikompresi oleh kompresor. 

Bahan bakar yang dimiliki pada sebuah pesawat kemudian akan ditambahkan ke udara dikompresi dalam ruang bakar tersebut, di mana campuran bahan bakar udara tersebut yang nantinya akan di combusts. 

Pembakaran gas panas juga akan diperluas melalui turbin. Beberapa kekuatan yang dihasilkan oleh turbin ini pastinya bisa digunakan untuk menggerakkan kompresor. 

Barulah sisanya akan diteruskan melalui pengurangan gearing untuk baling-baling pesawat.

Turbojet

Selanjutnya Jenis Mensin Pesawat ada Turbojet. Dimana Turbojet ini sendiri merupakan jenis mesin pesawat jet sederhana dan biasanya digunakan pada jenis pesawat tempur atau pesawat tipe lainnya yang memang membutuhkan tenaga yang besar untuk bisa menghasilkan kecepatan yang tinggi. 

Kategori dari tipe pesawat yang menggunakan jenis mesin ini bisa dibilang masuk kedalam kelas supersonic atau melebihi kecepatan suara.

Adapun Cara Kerja Turbojet ini sendiri adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama udara segar akan masuk melalui saluran udara (air inlet).
  • Udara yang masuk tersebut kemudian akan dikompresi (ditekan) pada saat melewati bilah kompresi (compressor blade) dan juga bilah diam (stator blade). 
  • Selanjutnya udara yang bertekanan tinggi akan dicampur dengan bahan bakar yang bersumber dari pesawat.
    Sehingga akan terjadi ledakan di dalam ruang bakar dan bisa menghasilkan daya dorong ke depan melalui bilah turbin (turbines blades) yang letaknya berada di bagian belakang ruang bakar (combustor).

Turbofan

Kemudian Jenis Mesin Pesawat Lainnya ada Turbofan. Dimana Turbofan ini merupakan jenis mesin pesawat yang mirip dengan turbojet yang baru saja kita bahas diatas. 

Mesin Turbofan ini sendiri terdiri dari tambahan kipas di bagian depannya dan juga sebuah turbojet kecil internal yang berada di bagian belakang untuk menggerakkan kipasnya.

Cara kerja dari mesin pesawat yang satu ini adalah mengalirkan aliran udara masuk melalui inlet (mulut mesin) yang selanjutnya akan melewati turbojet. 

Pada bagian ini kita akan menemukan dua saluran udara yang dipisahkan. Dimana, ada udara yang digunakan sebagai combustor (pembakaran) yang berguna untuk menggerakkan kipas dan ada juga udara sisa yang digunakan sebagai penghasil gaya dorong.

Turboshaft

Selain dari kedua Jenis Mesin Pesawat yang sudah kita bahas diatas, ada juga mesin pesawat lainnya yang dikenal dengan Turboshaft. Dimana Turboshaft ini merupakan jenis mesin pesawat bentuk turbin gas yang bisa dioptimalkan untuk menghasilkan daya poros. 

Mesin Pesawat jenis ini biasanya digunakan pada tipe pesawat rotary wing atau sayap putar layaknya Helicopter. 

Sesuai dengan kebutuhan dalam dunia penerbangan yang memerlukan output daya yang tinggi, tapi tetap dengan kehandalan yang tinggi, ukuran kecil dan juga bobot yang ringan. 

Cara kerja dari mesin ini pada dasarnya sama saja dengan Turbojet yang menggunakan ekspansi turbin tambahan untuk kebutuhan mengekstrak energi panas dari bagian knalpot. 

Selanjutnya akan diubah menjadi daya keluaran poros yang bisa digunakkan untuk menggerakkan bilah baling-baling dengan tujuan untuk bisa menerbangkan pesawat.

Mesin Piston

Mesin Piston ini merupakan jenis mesin pesawat yang cara kerjanya lebih kurang sama saja dengan mesin piston pada kebanyakan kendaraan darat pada umumnya. 

Hanya saja konfigurasi mesin piston pesawat yang digunakan ini mengadopsi sitem pembakaran dalam. 

Biasanya Jenis Mesin Pesawat ini lebih dikenal dengan mesin radial. Dimana silinder yang diatur berbentuk mengelilingi arah dari poros engkol. 

Sehingga torsi bisa dihasilkan dari sistem pembakaran yang digunakkan untuk menggerakkan blade atau propeller pesawat.

Pada awal-awal sebelum ditemukannya berbagai macam jenis mesin pesawat yang ada seperti sekarang ini. 

Penggunaan mesin piston atau radial ini menjadi yang pertama kali digunakan dalam industri penerbangan. Sebenarnya Mesin radial ini memiliki banyak sekali kelebihan bila digunakan pada pesawat.

bebera kelebihan diantaranya adalah memiliki aturan pembakaran yang tetap, memberikan pergerakkan yang lancar dan juga tidak akan mudah rusak bila terjadi retak pada blok mesin. 

Susunan dari komponen silindernya disambungkan ke bagian kruk as dengan susunan poros induk dan juga sambungan. 

Setiap silinder memiliki satu batang utama dengan sambungan langsung ke bagian poros mesin pesawat.

Ramjet

Ramjet sendiri merupakan jenis mesin pesawat yang memang didesain untuk kecepatan tinggi. 

Tipe pesawat yang menggunakan jenis mesin ramjet ini yang masuk dalam kategori kelas pesawat supersonic dengan kecepatan suara lebih dari satu, dan juga bisa beroperasi hingga kecepatan Mach 6.

Pada dasarnya mesin Ramjet ini tidak bisa menghasilkan daya dorong dengan nol kecepatan udara dan tidak bisa juga digunakan untuk menggerakkan pesawat ketika berhenti. 

Sehingga akan membutuhkan beberapa sistem propulsi lainnya agar bisa mempercepat dengan kecepatan tertentu untuk bisa memulai menghasilkan daya dorong.

Scramjet

Terakhir Jenis Mesin Pesawat yang jarang orang tahu adalah Jenis Mesin Scramjet. Dimana Jenis Mesin Scramjet (Supersonic Combustion Ramjet) ini yang merupakan jenis mesin pesawat varian dari Ramjet dengan sistem pembakaran yang terjadi pada aliran udara supersonic. 

Kecepatan daya dorong yang mampu dihasilkan antara  Mach 12 (9.100 mph, 15.000 km/jam) hingga Mach 24 (18.000 mph, 29.000 km/h) yang tentu sudah amat sangat kencang.

Cara kerja dari mesin yang satu ini adalah dengan cara memasukkan udara kedalam ruang bakar dengan kecepatan supersonic. 

Kecepatan aliran udara tersebut yang kecepatannya lebih cepat pada mesin Scramjet membuat suplai oksigen menjadi lebih intensif. 

Sehingga energi yang dihasilkan bisa menjadi lebih besar dan memungkinkan pesawat bergerak hingga mencapai kecepatan hypersonic.

Beberapa Negara Pembuat Pesawat Tempur Supersonic
Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, kalau setiap pesawat tempur yang ada didunia sekarang tidak hanya diproduksi oleh satu negara saja.

Akan tetapi diproduksi oleh beberapa negara yang berbeda dengan jenis dan keunggulannya masing-masing.

Beberapa Negara Pembuat Pesawat Tempur Supersonic diantaranya adalah sebagai berikut.

Amerika Serikat

Negara Pembuat Pesawat Tempur Supersonic Pertama yang paling dikenal dunia ada Amerika Serikat.

Dimana AS ini menjadi salah satu negara yang mengembangkan dan juga menerbangkan jet tempur supersonik.

Washington memiliki lebih dari 10 jenis jet tempur supersonik terbaik mereka yang dimulai dari Lockheed A-12 yang diproduksi 1962, Lockheed SR-71 Black Bird pada 1964 hingga McDonnell Douglas F/A-18 Hornet.

Untuk lebih rinci, tipe Lockheed sendiri ada YF 12, Martin F-22 Raptor, Martin F-35 Lighting II, F-104 Starfighter, Martin X-35.

Selain itu, ada juga MCDonnell Marietta X-24A, McDonnel Douglas F-101 Voodoo, F-4 Phantom II, F-15 Eagle, F/A-18 Hornet.

Yang terbaru sekarang ini, AS juga sudah merampungkan produksi jet tempur siluman super canggih mereka yakni Lokheed Martin F-35 Lightning II.

Rusia

Selanjutnya Negara Pembuat Pesawat Tempur Supersonic yang juta tidak mau kalah ada rivalnya Amerika Serikat yakni Rusia.

Karena seperti yang kita tahu kalau Rusia juga sudah menjadi negara yang memiliki jet tempur supersonik bahkan sudah sejak masih bernama Uni Soviet.

Deretan jet supersonik mereka diantaranya ada MiG-19, Mig-21, MiG-23, MiG-25, MiG-29, MiG-31, MiG 35 dan juga Mikoyan Project 1.44.

Yang terbaru sekarang ini ada jet tempur Sukhoi dengan variannya yang tertinggi yaitu Su-35S dan jet siluman Su-57.

China

Selain kedua negara yang sudah admin sebutkan diatas, masih ada Negara Pembuat Pesawat Tempur Supersonic lainnya yang sangat menarik untuk dibahas.

Negara tersebut adalah china memiliki jet tempur supersonik Nanchang J-12 dan juga Nanchang Q-5.

Nanchang J-12 sendiri sudah mulai diproduksi pada 1970 lalu, sedangkan Nanchang Q-5 yang menjadi pendahulunya sudah diproduksi sejak tahun 1965.

Chengdu J-20 menjadi jet tempur siluman generasi terbaru yang diproduksi oleh China untuk saat ini.

Jepang

Jepang juga menjadi salah satu negara di Asia yang juga memproduksi jet tempur supersonik.

Jet tersebut diantaranya ada Mitsubishi F-1, Mitsubishi F-2, dan Mitsubishi T-2 hingga X-2 Shinshin.

Prancis

Kemudian Negara Pembuat Pesawat Tempur Supersonic  ada Prancis yang memproduksi jet tempur supersonik Nord Gerfaut dan Nord Griffon, Dassault MD 550 Mirage, Dassault Mirage III, Dassault Mirage IIIV, Dassault Mirage F5, F2, F1, dan juga Dassault Rafale serta beberapa pesawat tempur lainnya.

Inggris

Inggris sendiri pada tahun 1954 lalu sudah memproduksi Fairy Delta 2, yang kemudian pada tahun 1957 membuat English Electric Lightning. 

Lalu pada tahun 1964 lalu mereka memproduksi jet tempur supersonik dengan nama BAC TSR2 dan BAC 221.

Korea Selatan

Terakhir Negara Pembuat Pesawat Tempur Supersonic  ada Korea Selatan yang memproduksi jet tempur supersonik yang diberi nama KF-21. 

Dimana Jet tempur yang satu ini merupakan buatan Industri Luar Angkasa Korea (KAI). Indonesia juga turut berperan dalam pengembangan jet tempur tersebut. 

Karena pada tahun 2014 yang lalu, RI-Korsel sepakat untuk mengembangkan jet tempur melalui proyek senilai 8,1 triliun won atau sekitar Rp92 triliun.

Korsel juga pertama kali memamerkan prototipe KF-21 mereka pada bulan April tahun lalu. Pesawat tempur yang satu ini disebut-sebut akan menjadi alternatif jet F-35 produksi Amerika Serikat.

Setelah siap beroperasi, KF-21 diduga akan dipersenjatai dengan berbagai macam rudal dan bahkan tidak akan menutup kemungkinan menggunakan rudal jelajah yang bisa diluncurkan dari udara.

Pesawat tempur bermesin ganda ini juga akan datang dalam versi kursi tunggal dan juga dalam versi dua kursi.

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia
Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia

Pada dasarnya semua Pesawat Tempur sudah dibekali dengan teknologi canggih untuk mendukung operasionalnya.

Namun jika disuruh untuk memilih Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia admin akan memilih Pesawat Tempur Berikut.

F-35 Lightning II

Pesawat Tempur tercanggih di dunia hingga pada saat postingan ini admin buat adalah pesawat tempur yang sudah admin singgung diatas yakni F-35 Lightning II.

Dimana Pesawat tempur yang satu ini yang memiliki segudang fitur canggih dan membuatnya masuk kedalam jajaran jet tempur paling canggih sekaligus paling mumpuni di dunia.

Sementara varian-varian sebelumnya dari jet tempur yang satu ini yang memang memiliki banyak sekali masalah yang harus diperbaiki.

Sehingga pada varian terbaru seperti yang sedang kita baha sekarang ini Pesawat Tempur F-35 Lightning II ini sudah jadi lebih sempurna dengan segudang teknologi canggih didalamnya.

Hal tersebut memang terasa wajar, mengingat AS sudah menghabiskan miliaran dolar untuk mengembangkan pesawat tempur yang satu ini.

Yang membuat F-35 Lightining II ini lebih menonjol dibandingkan pesawat tempur lainnya di dunia tidak lain adalah perpaduan luar biasa dari sejumlah sensor canggih, siluman, peperangan elektronik, dan juga kemampuan jaringan nya yang sangat baik.

Maka tidak heran kalau AS sampai rela mengucurkan dana yang lebih dari USD 1,5 miliar dolar hanya sekedar untuk mengembangkan pesawat tempur canggih yang satu ini.

Bahkan bisa menjadikan Pesawat Tempur yang satu ini sebagai platform senjata paling mahal sekaligus yang paling canggih yang pernah ada di dunia hingga pada saat postingan ini admin tulis.

Chengdu J-20

Selanjutnya Pesawat Tempur Paling Canggih di Dunia ada Chengdu J-20 yang lagi-lagi sudah admin singgung diatas tadi.

Dimana pesawat tempur yang satu ini yang memang merupakan jet tempur yang berasal dari negeri tirai bambu yakni China.

Sebenarnya kemampuan dari pesawat tempur yang satu ini tidak diketahui secara pasti oleh pihak manapun. Karena memang dijaga kerahasiaannya dengan sangat ketat oleh pemerintah china dan  hanya diketahui oleh pejabat-pejabat tinggi Tiongkok saja.

Namun walaupun begitu bisa dipastikan kalau China akan terus mengembangkan kemampuan dan juga potensi yang dimiliki oleh Pesawat tempur Chengdu J-20 ini dengan kemampuan penerbangan siluman nya yang bahkan besar kemungkinan tidak mampu ditandingi oleh pesawat tempur lainnya.

Sukhoi Su-57

Selain dari kedua pesawat tempur yang sudah admin sebutkan diatas barusan, masih ada pesawat tempur canggih lainnya yang juga tidak boleh untuk kita lewatkan.

Pesawat tempur tersebut tidak bukan dan tidak lain adalah Jet tempur Sukhoi Su-57 buatan negeri pak putin.

Su-75 ini sendiri merupakan pesawat tempur siluman pertama buatan Rusia. Dimana pesawat tempur ini yang merupakan penggabungan efektivitas tempur jarak dekat yang hebat dan ditakuti lawan.

Karena sebenarnya, pesawat tempur Su-57 ini  merupakan pengembangan yang dilakukan pada pendahulunya yang berasal dari keluarga Su-27 dan juga keluarga Su-30.

Sementara itu, ada juga bocoran informasi yang menyatakan bahwa Rusia sedang mengembangkan mesin terbaru untuk digunakan pada pesawat tempur ini yang sangat powerfull.

F-22 Raptor

Terakhir Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia ada F-22 Raptor. Dimana Jet Tempur F-22 Raptor ini sendiri yang merupakan jet tempur generasi kelima pertama yang masih tetap menjadi jet tempur paling siluman yang pernah ada hingga saat ini.

Bagaimana tidak, Pesawat Tempur yang satu ini bahkan diklaim sebagai pesawat tempur paling siluman karena kemampuan radarnya yang memiliki visibilitas radar rendah, supercruise, jaringan sensor yang sangat canggih, dan juga supermaneuverability-nya yang sudah lengkap dalam satu paket.

Posting Komentar untuk "Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia"