Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Kelebihan Honda CR-V

AttailahPetir - Honda CR-V merupakan salah satu SUV pabrikan Honda yang sudah ada sejak 1996 lalu. CR-V ini sendiri tersedia dalam 2 varian yakni penggerak roda depan dan juga varian penggerak empat roda, walaupun di beberapa negara hanya tersedia penggerak empat roda saja, layaknya di Inggris dan juga di Australia.

4 Kelebihan Honda CR-V

Hingga saat ini, Honda CR-V ini sudah ada 5 generasi sejak pertama kali peluncurannya. Dimana Generasi Pertama dimulai pada tahun 1996 hingga tahun 2001, Generasi Kedua pada tahun 2001 hingga tahun 2006, Generasi Ketiga tahun 2007 hingga tahun 2012, Generasi keempat pada 2011 hingga 2016 lalu, kemudian yang terakhir yakni Generasi kelima yang sudah dimulai pada tahun 2016 hingga sekarang.

Untuk yang model terbaru sekarang ini Honda CR-V ini menggunakan 4 varian mesin yang berbeda-beda di tiap variannya. Dimana diantaranya adalah mesin berkapasitas 2 liter dengan kode R20A I4, kemudian ada yang menggunakan mesin 2.4 liter dengan kode mesin K24W I4, varian mesin 1.5 liter dengan kode mesin L15B7 I4 (turbo) dan yang terakhir ada yang menggunakan mesin berkapasitas 1.6 liter I4 (turbo diesel).

Bagi anda yang hendak meminang Honda CR-V tapi masih memiliki keraguan, admin punya 4 ulasan atau bisa dibilang sebagai kelebihan dari Honda CR-V ini yang mungkin bisa memperkuat alasan anda untuk memboyong mobil tersebut.

Bagi anda yang pensaran Apa Saja Kelebihan Honda CR-V ini? Mari kita kupas lebih jauh lagi satu persatu di bawah ini.

Performa Mesin Sangat Baik
Mesin Honda CR-V

Salah satu kelebihan yang dimiliki Honda CR-V ini dibandingkan dengan kebanyakan SUV dari brand-brand lain dipasaran saat ini ada pada bagian performa mesinnya yang menjadi semakin baik.

Hal tersebut bisa didapat oleh Honda CR-V ini berkat penggunaan mesin mungil yang berkodekan L15B, dimana mesin tersebut hanya memiliki kapastitas 1.500 cc ( lebih tepatnya 1.498 cc ) saja. Tapi tenaga yang mampudihasilkan mencapai 187 HP yang bisa didapatkan berkat adanya Turbo.

Bahkan, bila dibandingkan dengan para kompetitornya, mesin L15B yang ada pada Honda CR-V terbaru ini masih lebih kecil hingga 1.000cc. Begitu juga dengan tenaga yang dihasilkan CR-V ini yang 27 HP jauh lebih besar dibandingkan dengan Honda Civic yang bisa dibilang adik dari Honda CR-V ini.

Karena memang casis mobil ini yang diambil langsung dari Honda Civic, dengan kata lain casis CR-V ini merupakan Monokok, bukan Lader Frame layaknya mobil SUV sejati pada umumnya.

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi kalau mesin L15B ini bisa memiliki tenaga yang lumayan besar karena penggunaan Turbo. Turbo ini sendiri merupakan salah satu komponen yang memang dipasang pada bagian pipa gas buang kendaraan ( dalam hal ini pada Honda CR-V Turbo). 

Dimana Fungsi utamanya adlaah untuk memanfaatkan gas buang dari mesin yang berguna untuk memutar baling-baling yang terdapat pada perangkat turbo ini sendiri,  sehingga bisa menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang lumayan banyak.

Nantinya udara tersebutlah yag akan disuplai ke dalam silinder untuk dikeluarkan dari lubang exhaust. Maka dari itu, dengan adanya ekstra oksigen ini yang nantinya akan membantu memberikan daya dorong yang lebih dari Exhaust.

Biaya Perawatan Lumayan Terjangkau
Biaya Perawatan Honda CR-V

Pada dasarnya setiap mobil tentu membutuhkan perawatan untuk bisa berjalan dengan baik dan tetap bisa awet untuk jangka waktu yang lumayan lama. Namun, seperti yang kita tahu kalau biaya perawatan pada tiap mobil pastinya akan berbeda-beda.

Misalnya saja biaya perawatan mobil Mitsubishi Pajero Sport dengan Range Rover Evoqe yang pasti akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan untuk Honda CR-V ini.

Namun, dikarenakan komponen Honda CR-V yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan mobil-mobil lain yang menjadi kompetitornya, maka sangat wajar kalau biaya perawatan yang harus dikeluarkan setiap bulannya juga jauh lebih sedikit.

Berdasarkan kutipan dari Honda Prospect Motor ( HPM ), Pihak honda bahkan menawarkan paket perawatan mobil CR-V hingga jarak tempuhnya mencapai 20.000 km. Selain itu, pengguna mobil CR-V ini juga masih bisa mengambil Paket Service After 15 years yang dimulai pada angka Rp 15 Jutaan saja.

Hal ini tentu sangat membantu pengguna Honda CR-V ini untuk lebih menghemat biaya yang seharusnya dikeluarkan untuk perawatan mobil ini setiap bulannya untuk kebutuhan mereka yang lain. Karena pada beberapa mobil lain dikelas yang sama, yang biaya service rutin setiap bulannya saja bisa mencapai 3 hingga 7 juta.

Karakter Transmisi Semakin Baik
Transmisi CR-V

Memang poin yang satu ini tidak dirasakan oleh semua orang, karena masih banyak yang mengeluh kalau Karakter transmisi Honda CR-V ini masih lemot dibandingkan dengan Kompetitor-kompetitornya. Namun sebenarnya karakter transmisi mobil CR-V generasi sekarang ini sudah jauh lebih baik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Hal ini terbukti dari sistem perpindahan gigi Honda CR-V yang sudah mulai mirip dengan sistem transmisi yang digunakan pada Civic Turbo. Selain itu, CVT CR-V Turbo ini juga meniru karakter perpindahan gigi layaknya yang terdapat pada mobil dengan transmisi Otomatis Konvensional demi mendapatkan rasa berkendara yang lebih natural.

Pada dasarnya penilaian setiap orang tentang transmisi CVT pada Honda CR-V turbo ini bisa berbeda-beda, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa kelebihan & kekurangan Transmisi CVT pada sebuah mobil.

Adapun beberapa kelebihan dari Transmisi CVT pada Honda CR-V ini diantaranya adalah:

  1. Tarikan mobil menjadi lebih halus terutama pada saat berakselerasi.
  2. Mobil jadi terasa lebih nyaman pada saat dikendarai.
  3. Putaran mesin menjadi lebih stabil.
  4. Tenaga yang dihasilkan dari mesin menjadi tidak banyak yang terbuang hingga sampai ke bagian roda.
  5. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit.
  6. Daya engine brake yang dihasilkan menjadi lebih besar.

Sedangkan beberapa kekurangan dari Transmisi CVT pada Honda CR-V ini diantaranya adalah:

  1. Biaya perawatannya jauh lebih mahal dibandingkan dengan jenis Transmisi Konvensional.
  2. Torsi  mesin menjadi terbatas.
  3. Hanya bisa digunakan pada mobil yang penggunaannya ringan.
  4. Untuk memperbaikan Transmisisi CVT ini tidak bisa dilakukan oleh sembarangan bengkel.

Tapi walau bagaimanapun, tetap saja Transmisi CVT pada Honda CR-V ini menjadi kelebihan, karena dalam beberapa kasus pada beberap pengguna mobil tersebut yang bahkan tidak menyadari proses perindahan giginya yang begitu halus, padahal yang memindahkan gigi mobil ini adalah robot dengan sistem sabuk baja CVT.

Bobot Yang Lebih Ringan
Bobot Honda CR-V

Terakhir yang menjadi kelebihan dari Honda CR-V ini berasal dari bobotnya yang sedikit lebih ringan dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Seperti yang kita tahu kalau bobot yang ringan pada mobil akan sangat berpengaruh pada saat mobil tersebut berakselerasi. Semakin ringan mobil tersebut maka akan semakin cepat pula mobil bisa berakselarsi dan juga sebaliknya.

Dengan casis monokoknya, Honda CR-V turbo memiliki power to weight ratio yang bisa dibilang lebih baik dibandingkan dengan para pesain lain dikelasnya yang menggunakan casis ladder-frame. 

Berdasarkan keterangan dari Honda Prospect Motor, kalau bobot kosong dari Honda CR-V turbo hanya 1.649 kg saja. Yang mana seperti yang sudah admin singgung diatas kalau tenaga yang mampu dihasilkan oleh mesin mobil ini yang mencapai 190 PS.

Artinya power to weight ratio yang mampu dihasilkan oleh Honda CR-V ini berada pada angka 8,68 kg/ps nya. Sedangkan untuk rival lain dari CR-V ini yang menggunakan Casis Ladder-frame berjenis mesin Diesel memiliki bobot yang lebih berat, yakni mencapai 2.600 kg.

Dengan bobot yang berat tersebut, tenaga yang mampu dihasilkan oleh mobil lain rata-ratanya adalah sebesar 181 PS. Jadi dengan kata lain, power to weight rationya hanya mentok di 10,69 kg/ps nya.

Sedikit informasi kalau semakin rendah angka power to weight raito sebuah kendaraan maka performa dari kendaraan tersebut juga akan menjadi semakin baik, begitu juga yang terjadi sebaliknya. Selain itu, semakin ringan kendaraan juga maka akan semakin baik juga konsumsi bahan bakar dari kendaraan tersebut.

Nah, itu dia 4 Kelebihan Honda CR-V yang bisa admin share untuk anda pada Postingan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Kelebihan Honda CR-V"