Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Fakta Unik Dari Kelelawar

AttailahPetirSiapa yang tidak tahu dengan jenis mamalia yang satu ini? Kelelawar merupakan satu-satunya mamalia yang bisa terbang dengan bentuk tubuh yang unik dan membuatnya berbeda dari kebanyakan mamalia lainnya. Yang mana seperti yang kita tahu kalau tangan dan kaki dari mamalia yang satu ini terhubung langsung ke bagian sayapnya yang tergolong lebar.

4 Fakta Unik Dari Kelelawar

Dengan sayap yang terhubung langsung ke bagian tangan dan kaki dari si kelelawar ini, akhirnya makhluk hidup yang satu ini bisa melakukan penerbangan dengan baik. Namun, jika dibandingkan dengan hewan lain yang bisa terbang dengan sempurna layaknya seekor burung, tentu kelelawar ini kalah jauh karena burung bisa langsung terbang dalam keadaan apa pun dan bagaimana pun.

Berbeda hal nya dengan seekor kelelawar yang baru bisa terbang jika mereka menjatuhkan diri dari tempat yang lebih tinggi dari posisi mereka bisa terbang. Lain halnya kejadian jika terjadi angin kencang pada saat mamalia yang satu ini terbang, yang mana mereka tidak akan bisa terbang dengan stabil bahkan bisa terombang-ambing hingga terjatuh.

Tapi untuk seekor mamalia, hewan ini punya beberapa kemampuan luar biasa yang menarik untuk dibahas. Dari sekian banyak hal unik dan juga menarik, admin pounya 4 Fakta Unik Dari Kelelawar untuk kita bahas pada postingan kali ini.

Penasaran fakta unik apa saja? Mari kita ulas sama-sama di bagian bawah ini.

Satu-Satunya Mamalia Yang Bisa Terbang
4 Fakta Unik Dari Kelelawar

Sebagai seekor mamalia, kelelawar ini punya hal unik yang berbeda dibandingkan dengan kebanyakan mamalia-mamalia lainnya, karena seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, mamalia yang satu ini merupakan satu-satunya mamalia yang bsia melakukan penerbangan dan membuatnya berbeda lumayan jauh dibandingkan dengan kebanyakan mamalia lainnya yang ada di permukaan bumi ini.

Kalau diperhatikan lebih jauh, anatomi tubuh dari mamalia ini lebih erat kaitannya dengan manusia dibandingkan dengan hewan layaknya seekor burung. Karena bentuk dari tubuh si kelelawar ini yang memang hampir-hampir menyerupai bentuk tubuh dari manusia, hanya saja kelelawar punya sayap yang menghubungkan kaki dengan tangan mereka.

Sayap dari kelelawar ini sendiri terdiri dari 2 lusin sendi independen dan ditutupi oleh selaput tipis yang sangat fleksibel yang membuat mamalia yang satu ini bisa terbang dengan mengandalkan sayap yang seperti itu.

Selain itu, gerakan kelelawar untuk terbang ini pun tergolong sangat kompleks dibandingkan dengan hewan-hewan lainnya yang memang sangat layak untuk terbang layaknya seekor burung. Karena seperti yang sudah admin singgung sebelumnya kalau burung bisa terbang langsung dari tanah ke udara hanya dengan mengandalkan sedikit loncatan saja.

Sedangkan kelelawar harus menjatuhkan diri dari tempat yang lebih tinggi dengan tujuan agar mereka bisa terbang dengan sempurna, maka dari itu tidak akan terasa aneh kalau banyak dari kelelawar yang tidur dengan posisi terbalik yakni kepalanya ke bagian bawah dan biasanya mereka selalu menggantung pada batang-batang pohon.

Bahkan jika tidak diperhatikan dengan lebih, orang akan menyangka kalau pohon yang di tempati kelelawar tidak ada yang aneh karena mereka bergantung pada batang pohon tersebut layaknya daun dari pepohonan itu sendiri.

Usia Kelelawar Lebih Panjang Dari Ukuran Tubuhnya
4 Fakta Unik Dari Kelelawar

Jika kebanyakan kita menyangka kalau hewan dengan ukutan tubuh yang besar selalu punya usia atau masa hidup mereka yang juga panjang. Namun tahukah anda bahwa hewan layaknya kelelawar ini mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang lumayan lama?

Karena pada dasarnya mamalia terbang yang satu ini mampu hidup antara 10 hingga 25 tahun lamanya. Sedikit informasi yang admin kutip dari majalah Batcon yang menyatakan bahwa seekor kelelawar kecil dengan jenis kelamin jantan dan berasal dari serbia tercatat sebagai kelelawar tertua di dunia yang mampu bertahan hidup dalam jangka waktu yang sangat lama.

Pasalnya kelelawar tersebut mampu bertahan hidup hingga 41 tahun lamanya, yang mana kelelawar tertua di dunia tersebut dulunya pernah di temukan pada tahun 2005 lalu. Tapi kalau dimundurkan ke masa lalu, kelelawar tersebut sudah pernah di selamatkan oleh para peneliti pada tahun 1964 lalu, yang mana itu artinya si kelelawar tersebut memecahkan rekor terbaru sebagai kelelawar tertua di dunia dengan usia 41 tahun.

Setelah ditemukan pada tahun 2005 lalu, kelelawar tertua di dunia tersebut dilepaskan kembali ke alam liar agar kelelawar tersebut bisa hidup dengan lebih leluasa pada habitat mereka.

Kotoran Kelelawar Bisa Dijadikan Salah Satu Bahan Pembuat Bubuk Mesiu
4 Fakta Unik Dari Kelelawar

Mungkin akan terasa aneh dengan fakta unik yang satu ini, namun memang pada kenyataannya, kotoran dari mamalia terbang ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat Bubuk Hitam atau yang lebih dikenal dengan istilah Bubuk Mesiu.

Bagi yang belum tahu, Bubuk Mesiu itu sendiri merupakan salah satu bahan yang digunakan pada peluru atau Bom untuk menghasilkan ledakan. Pada peluru bubuk mesiu tersebut biasanya terisi di bagian dalam dari selongsong peluru tersebut dengan tujuan untuk menghasilkan ledakan pada saat proses penembakan dengan menggunakan Senjata Api.

Memang fakta unik yang satu ini terasa lebih dibandingkan dengan kedua fakta yang sudah kita bahas diatas tadi, tapi memang pada kenayataannya Kotoran dari kelelawar ini bisa daijadikan salah satu bahan untuk membuat Bubuk mesiu.

Bahan yang dapat dimanfaatkan untuk membuat bubuk mesiu dari kotoran kelelawar ini tidak lain adalah Guano, yang mana zat yang satu ini yang terdapat di dalam kotoran kelelawar yang kaya akan Potasium Nitrat. 

Walaupun zat tersebut sering digunakan sebagai bahan untuk membuat pupuk, tapi bukan berarti kalau Potasium Nitrat ini tidak bisa dijadikan sebagai bahan untuk membuat Bubuk Mesiu. Maka dari itu, jangan mencela lebih dulu jika ada dari teman atau saudara anda yang mencari bahkan mengumpulkan kotoran kelelawar ini karena bisa jadi mereka bisa mengolahnya menjadi salah satu bahan untuk membuat bahan peledak.

Karena pemerintah AS sendiri pernah memanfaatkan Guano ini untuk membuat komponen peledak pada saat perang sipil Amerika Serikta yang terjadi pada tahun 1861 hingga tahun 1865 lalu, yang mana pada saat itu kotoran kelelawar sangat mudah didapat dari gua-gua tempat kelelawar tersebut tinggal.

Sistem Ekolokasi
4 Fakta Unik Dari Kelelawar

Fakta unik yang satu ini mungkin sudah sangat banyak orang yang tahu karena sudah pernah dijelaskan pada pelajaran fisika di SMP bagi yang pernah sekolah SMP dulu. Namun bagi yang belum tahu, Ekolokasi itu sendiri merupakan teknik penggunaan galombang atau gema suara untuk menentukan posisi dari sebuah objek.

Yang mana hal tersebut juga diadopsi pada sensor parkir pada kebanyakan mobil yang beredar di pasaran saat ini. Namun yang membedakan sensor parkir pada mobil dengan sistem ekolokasi pada seekor kelelawar adalah tingkat keakuratan.

Karena seperti yang kita tahu kalau sensor parkir pada mobil yang disebut dengan istilah sensor ultra sonik memanfaatkan gelombang pantulan yang diberikan oleh pemancar pada sensor tersebut, tapi tidak akan ketahuan benda yang terdeteksi oleh sensor parkir tersebut sebesar apa dan sejauh mana.

Berbeda halnya dengan ekolokasi pada seekor kelelawar yang mana mereka akan tahu seberapa jauh benda yang mereka deteksi dengan telinga mereka dan seberapa besar benda tersebut. Tentu hal tersebut akan membuat sensor parkir pada mobil menjadi lebih terlihat kuno.

Adapun cara mereka menggunakan teknik ekolokasi ini adalah dengan cara mengeluarkan suara dengan frekuensi yang lebih tinggi dari 20 Khz dari bagian mulut atau hidung dari kelelawar itu sendiri hingga mengenai sebuah objek dan memantulkan kembali gelombang suara yang di pancarkan teresbut.

Selanjutnya pantulan tersebut akan masuk ke telinga kelelawar untuk di analisa seberapa besar dan jauhnya benda tersebut berada. Bahkan kelelawar bisa tau bentuk dari benda yang ada di depan mereka walaupun tanpa mereka lihat sekalipun atau dengan kata lain hanya dengan mengandalkan gelombang suara yang mereka pancarkan.

Nah, itu dia 4 Fakta Unik Dari Kelelawar yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Fakta Unik Dari Kelelawar"