4 Penyakit Utama Toyota Avanza

AttailahPetirBisa memiliki sebuah mobil tentu merupakan Impian dari setiap orang, namun tidak banyak orang mengerti akan permasalahan dari setiap mobil yang membuat kantong jebol setiap kali mobil tersebut mengalami kerusakan.

4 Penyakit Utama Toyota Avanza

Di indonesia sendiri saat ini terdapat sangat banyak sekali jenis mobil yang beredar di pasaran, yang  bisa membuat setiap orang yang hendak membeli mobil tersebut kebingungan. Bayangkan saja untuk membeli sebuah mobil setiap orang harus mempertimbangkan banyak hal mulai dari ketersediaan bahan bakar, biaya perawatan rutin, hingga biaya kerusakan tidak terduga pun harus mereka waspadai.

Salah satu brand mobil yang sudah sangat melekat dihati kebanyakan masyarakat indonesia adalah brand mobil Asal Jepang yakni Toyota, dan dari sekian banyak jenis mobil buatan toyota yang beredar di indonesia, terdapat 1 jenis mobil yang sudah sangat merakyat dan tidak mampu di salip oleh mobil apapun.  Mobil tersebut adalah Toyota Avanza.

Toyota Avanza ini sendiri merupakan sebuah mobil MPV yang diproduksi oleh pabrikan toyota sejak tahun 2005 lalu. Alasan dari setiap orang yang membeli jenis mobil yang satu ini pada dasarnya sama-sama saja karena pada dasarnya Toyota Avanza ini terkenal akan Ketangguhannya, Keiritan bahan bakarnya, Serivce Centernya yang mudah ditemui hampir di berbagai pelosok di seluruh nusantara, dan alasan yang paling kuat dari semua alasan tersebut adalah mobil ini mampu untuk mengangkut hingga 5 orang penumpang di dalam kabinnya.

Seperti yang sudah pernah admin singgung diatas tadi, walaupun sesempurna apa pun mobil yang tersedia di pasaran bukan berarti bahwa mobil tersebut tanpa kekurangan, dan hal tersebut tidak terkecuali dengan Toyota Avanza ini. Dimana Toyota Avanza ini pun punya penyakit tersendiri yang mustinya setiap orang perlu mengetahuinya, dari sekian banyak penyakit yang ditimbulkan oleh Toyota Avanza, 4 diantaranya akan coba kita bahas pada postingan kali ini.

Penasaran Penyakit Toyota Avanza apa-apa saja? Mari kita Ulas satu persatu.

Suara Mesin
4 Penyakit Utama Toyota Avanza

Permasalahan yang paling utama dari sebuah toyota avanza yang seringkali di keluhkan oleh kebanyakan orang adalah suara mesin yang terlalu berisik pada saat mobil MPV yang satu ini dijalankan pada kecepatan tinggi.

Walaupun Toyota Avanza ini merupakan sebuah mobil yang handal dalam urusan mesin, tapi tidak sedikit dari pengguna mobil MPV yang satu ini yang mengeluhkan akan hal tersebut. Selain itu, mobil ini juga punya masalah lain seperti suara cit... cit....

Yang mana suara tersebut yang kemungkinan besar disebabkan oli v-belt alternator atau pun v-belt AC yang kendor atau bisa sudah mulai kerasnya karet yang terdapat pada kedua komponen tersebut. Untuk anda yang mengalami masalah yang satu ini, ada baiknya untuk mengolesi sedikit gemuk pada V-belt, jangan lupu untuk menekan v-beltnya untuk mengetahui apakah v-belt tersebut kendor atau tidak? 

Jika v-belt tersebut sudah kendor ada baiknya untuk menyetel ulang.

Sedangkan untuk permasalahan suara mesin yang teralu berisik dan masuk ke bagian dalam kabin mobil, maka ada baiknya untuku menambahkan peredam di beberapa bagian mobil seperti pada bagian kap mesin, maupun pada bagian jendela dan juga pintu dengan tujuan agar kabin Toyota Avanza ini menjadi lebih kedap dan lebih nyaman pada saat mobil tersebut dijalankan.

Namun untuk suara kasar yang datang dari bagian dalam mesin Toyota Avanza lama sendiri biasanya permasalahannya adalah masa operasinya yang sudah diatas 7 tahun, akan tetapi jika mobil tersebut terawat maka seharusnya permasalahan suara kasar pada bagian dalam mesin tersebut tidak pernah muncul.

Matic Delay
4 Penyakit Utama Toyota Avanza

Selanjutnya penyakit utama dari sebuah Toyota Avanza adalah Matic Delay dan tentu hal yang satu ini hanya terjadi pada jenis Toyota Avanza dengan transmisi Matic. Seperti yang kita tahu kalau Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia.

Hal tersebut tidak terkecuali untuk Kota Jakarta, Bagi kebanyakan orang yang tinggal di DKI Jakarta, Kendara Matic baik itu mobil maupun sepeda motor yang paling nyaman untuk dikendarai adalah kendaraan dengan Transmisi Matic.

Dikarenakan padatnya kendaraan di jalan yang membuat setiap orang yang berkendara untuk berjalan pada kecepatan rendah. Bagi pengguna kendaraan Manual, hal ini tentu akan sangat membosankan mengingat setiap saat mereka harus mengoper gigi untuk berhenti karena persoalan Macet.

Namun berbeda halnya untuk pengguna kendaraan Matic, yang mana mereka tidak harus memikirkan transmisi. Hanya dengan mengandalkan gas dan rem untuk sepeda motor dan gas, rem dan kopling untuk mobil seharusnya setiap orang sudah bisa menyetir kendaraan dengan sangat nyaman walaupun di tengah kemacetan.

Akan tetapi bagi anda yang hendak membeli sebuah mobil terutama mobil Toyota Avanza dalam kondisi bekas, maka ada baiknya untuk memeriksa terlebih dahulu kondisi dari Transmisi Maticnya, karena seringkali pengguna Toyota Avanza dengan transmisi Matic yang mengeluh akan permasalahan yang satu ini. Perlu menjadi catatan juga bahwa untuk permasalahan Transmisi Matic ini sendiri tidaklah murah, maka sebelum membeli Mobil tersebut ada baiknya untuk mambawa mekanik yang mengerti akan kondisi mobil yang akan anda beli.

Untuk gejalanya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Lambatnya respon tenaga pada saat berakselerasi.
  • Sering merasakan Loss Power pada saat mobil diajak untuk berakserasi.
  • Perpindahan gigi terasa kasar dan seringkali menghentak.
  • RPM terasa tidak stabil.
  • Mesin terasa bergetar.

Kaki-Kaki Toyota Avanza Veloz Sering Bermasalah
4 Penyakit Utama Toyota Avanza

Kenyamanan bagian dalam dari sebuah kabin sangat bergantung dari komponen yang ada pada bagian bawah mobil itu sendiri, dan hal tersebut juga berlaku untuk Toyota Avanza. Dimana komponen yang paling sering bermasalah selanjutnya pada mobil yang satu ini ada pada bagian kaki-kakinya.

Banyak dari Pengguna Avanza terutama untuk tipe Veloz yang mengeluh kalau kakai dari mobil MPV yang satu ini yang sering mengeluarkan suara gluduk... gluduk.... yang mana hal ini akan membuat para penumpang yang ada di dalam cabin mobil terasa sangat mengganggu.

Bunyi tersebut bukan tanpa penyebab karena pada dasarnya, setiap komponen pada sebuah perangkat punya usianya tersendiri masing-masing. Begitu juga untuk mobil keluarga yang satu ini, yang mana mobil terebut juga memiliki komponen, dan setiap komponen dari Toyota Avanza ini punya usia yang prima untuk bekerja.

Beberapa penyebab kaki-kaki toyota avanza bermasalah diantaranya adalah:

  • Keausan pada long tie rod.
  • Karet bushing arm menipis.
  • Bushing stabilizer longgar.
  • Shock breaker mati.
  • Kerusakan karet support shockbreaker.

Sedangkan untuk elemen-elemen penting pada bagian kaki-kaki dari Toyota Avanza ini diantaranya adalah:

  • Roda.
  • Shockbreaker (suspensi).
  • Ball joint.
  • Bushing.
  • Bearing (laher).
  • Tie Rod.

Rem Kurang Pakem
4 Penyakit Utama Toyota Avanza

Penyakit terakhir yang akan kita bahas pada postingan kali ini adalah Rem yang kurang pakem. Seperti yang kita tahu kalau Rem merupakan salah satu komponen terpenting pada sebuah kendaraan, faktor atau penyebab paling utama terjadinya suatu insiden adalah komponen Rem atau setir pada sebuah kendaraan yang bermasalah.

Begitu juga halnya pada unit mobil yang sedang kita bahas. Berdasarkan reasearch yang admin lakukan pada grup-grup Toyota Avanza di media sosial, salah satu keluhan yang paling sering terjadi pada unit MPV tersebut ada pada bagian Rem nya yang dirasa kurang pakem.

Padahal seperti yang kita tahu kalau Rem ini punya peranan yang sangat penting untuk menjaga keselamatan para penumpang yang ada di dalam mobil. Tidak sedikit jgua dari para pengguna Toyota Avanza terutama untuk yang tipe Veloz yang lebih memilih mengganti Rem bawaan dari mobil tersebut dengan Rem after market yang mereka rasa lebih pakem.

Untuk jenis dari Rem mobil ini sendiri pada dasarnya sangatlah banyak, berdasarkan kategori ada 3 jenis rem yang paling dikenal oleh masyarakat indonesia yang mana diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Rem cakram.
  • Rem tromol.
  • Rem angin.

Setiap jenis rem yang digunakan pada masing-masing kendaraan juga memiliki keunggulan tersendiri, seperti Rem tromol yang tidak gampang panas tapi tidak akan se pakem rem cakram, begitu juga dengan jenis rem cakram yang punya cengkraman yang sangat baik dan juga pakem akan tetapi kekurangan dari jenis rem yang satu ini adalah cepat panas yang ujung-ujungnya akan menyebabkan rem tersebut bermasalah.

Sedangkan yang menjadi faktor keamanan dari sebuah rem itu sendiri juga bergantung pada sistem pengereman yang digunakan, yang masing-masing dari sistem pengereman tersebut juga punya keunggulan tersendiri.

Beberapa sistem pengereman yang paling sering ditemukan pada kendaraan untuk zaman sekarang ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Rem konvensional.
  • Perangkat ABS (Anti-lock Brake System).

Nah, itulah 4 penyakit yang paling sering muncul pada mobil Toyota Avanza yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat untuk anda dan bisa menjadi referensi bagi anda yang akan membeli Mobil Toyota Avanza dalam kondisi bekas. Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.



Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »