Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Rekomendasi Prosessor Untuk Komputer Gaming

AttailahPetir Komputer seakan sudah menjadi perangkat yang wajib dimiliki oleh setiap orang di zaman sekarang ini dengan berbagai macam alasan. Apalagi untuk sekarang ini hampir semua pekerjaan harus di kerjakan di rumah masing-masing atau yang lebih dikenal dengan istilah Work From Home ( WFH ).

4 Rekomendasi Prosessor Untuk Komputer Gaming

Komputer itu sendiri pada dasarnya punya berbagai macam jenisnya, beberapa jenis dari komputer tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Personal Computer (PC).
  • Desktop.
  • Laptop.
  • Netbook.
  • PDA (Personal Digital Assistant).
  • Workstation.
  • Server.
  • Mainframe.
  • Supercomputer.
  • Wearable computer.

Dari kesemua jenis komputer teresbut punya keunggulannya tersendiri masing-masing yang bisa dinilai dari berbagai aspek mulai dari fungsi, model hingga harga pun akan berbeda. Sedangkan untuk spesifikasinya sendiri masing-masing perangkat komputer juga akan berbeda-beda teragantung dari penggunaan komputer tersebut.

Untuk kebutuhan pekerjaan berat tentu akan membutuhkan perangkat komputer dengan spesifikasi yang tinggi yang harganya juga tentu tidak akan murah sama sekali. Sedangkan untuk kebutuhan sedang hingga rendah pastinya spesifikasi komputer yang dibutuhkan tidak akan setinggi untuk kebutuhan pekerjaan yang berat.

Salah satu komponen yang berperan penting pada sebuah perangkat komputer adalah otak dari komputer itu sendiri yang dikenal dengan nama Prosessor. Seperti yang kita tahu kalau prosessor itu sendiri merupakan sebuah chip yang digunakan pada sebuah perangkat komputer untuk memproses data yang di kirim dari berbagai sumber, baik itu dari RAM, ROM maupun Hdd/SSD.

Prosessor itu pun juga punya banyak sekali jenis untuk saat ini, dalam hal ini kebutuhan prosessor yang akan kita bahas adalah prosessor yang cocok untuk digunakan pada PC/ Komputer Gaming. Dari sekian banyak prosessor yang beredar di pasaran saat ini, 4 Prosessor diantaranya akan admin coba sebutkan pada postingan kali ini.

Penasaran Prosessor mana saja? Mari kita ulas satu persatu.

Intel Core i9 9900KF
4 Rekomendasi Prosessor Untuk Komputer Gaming

Pada posisi pertama Prosessor yang paling cocok untuk digunakan pada komputer gaming berasal dari Brand Intel. Sedikit informasi tentang brand yang sudah sangat melegenda di dunia komputer yang tidak lain adalah brand intel.

Bagi yang belum tahu kalau brand intel ini merupakan sebuah  brand yang memproduksi prosessor untuk komputer dan pada tahun 1971 intel membuat microprocessor pertama, microprocessor tersebut mereka beri konde 4004 dan pertama kali digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan prosessor yang satu ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati.

Seiring perkembangan zaman, perkembangan di dunia processor pun juga semakin berkembang yang hingga saat ini intel sudah memproduksi sangat banyak jenis prosessor baik untuk komputer maupun smartphone.

Hingga yang terakhir mereka produksi adalah prosessor untuk komputer yang tidak lain adalah Intel Core i9 9900KF dengan spesifikasi yang tertinggi untuk saat ini.

Untuk spesifikasi lebih detailnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Spesifikasi Prosessor Intel Core i9 9900KF

Segmen

PC

Nomor Prosessor

I9-9900KF

Litografi

14nm

Core

8

Thread

16

Frekuensi

3,6 GHz

Maksimal Frekuensi

5.0 GHz

Jenis Dukungan RAM

DDR4-2666

Maksimal RAM

128GB

Maksimal Jumlah RAM

2

TDP

95 Watt

Perkiraan Harga

Rp 6.000.000 Hingga 8.250.000 ( Update: Bulan Januari 2021 )

Dengan spesifikasi yang diusung tersebut memungkinkan anda untuk menjalankan berbagai macam game berat untuk saat ini tanpa ada masalah sama sekali, tapi sekali lagi kalau kemampuan dari sebuah komputer juga tidak akan maksimal jika tidak menggunakan hardware pelengkap lain sebagai dukungannya.

Sedangkan untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin per bulan januari ini berada pada angka Rp 6.000.000 hingga harga tertingginya yang bisa menyentuh angka Rp 8.250.000, harga tersebut masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun. Untuk Update harga terbarunya bisa langsung cek disini.

AMD Ryzen 9 3900X
4 Rekomendasi Prosessor Untuk Komputer Gaming

AMD merupakan salah satu perancang tertua prosessor skala besar yang sudah menjadi subyek perdebatan polarisasi di antara para penggemar teknologi selama lebih kurang hampir 50 tahun dan hingga saat ini mereka sudah memproduksi sangat banyak sekali jenis prosessor komputer baik untuk kebutuhan ringan, sedang hingga prsessor dengan kebutuhan yang tinggi.

Selain itu, prosessor buatan AMD ini juga bersaing langsung Heat to Head dengan prosessor buatan Intel yang sudah admin sebutkan diatas tadi yakni Intel Core i9 9900KF. Untuk kebutuhan Gaming prosessor Buatan AMD ( American Micro Device ) yang paling cocok adalah seri Ryzen 9 3900X, dimana secara spesifikasi Prosessor ini sudah punya CPU dengan 12 Core dan 24 Threads.

Untuk Clock speednya sendiri pun sudah tidak main-main karena punya clock speed 3,8 GHz yang masih bisa tembus hingga 4,6 GHz pada saat dibutuhkan berkat adanya teknologi Turbo Boost.

Dengan speknya yang powerfull tersebut membuat prosessor yang satu ini mampu untuk menjalankan berbagai macam Game berat saat ini tanpa harus takut akan Lag sama sekali. Spesifikasi yang lebih detail dari Prosessor AMD Ryzen 9 3900X ini bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Spesifikasi Prosessor AMD Ryzen 9 3900X

Segmen

PC

Nomor Prosessor

9-3900X

L2 Cache

L3 Cache

6MB

64MB

Core

12

Thread

24

Frekuensi

3,8 GHz

Maksimal Frekuensi

4,6 GHz

Jenis Dukungan RAM

DDR4-3200

Maksimal RAM

-

Maksimal Jumlah RAM

2

TDP

105 Watt

Perkiraan Harga

Rp 8.010.000 Hingga 9.150.000 ( Update: Bulan Januari 2021 )

Dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh AMD pada prosessor kencang buatan mereka yang satu ini admin rasa sudah mampu untuk menjalankan berbagai macam game maupun aplikasi berat untuk saat ini dengan catatan harus di dukung oleh beberapa komponen lain seperti RAM, Penggunaan SSD dan juga VGA yang digunakan pun harus memadai.

Untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin per bulan januari 2021 dimulai dari angka Rp 8.010.000 hingga harga tertingginya yang menyentuh angka Rp 9.150.000. Catatan: Harga tersebut masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun, selalu pantau harga terbarunya atau bisa cek disini.

AMD Ryzen 7 3800X
4 Rekomendasi Prosessor Untuk Komputer Gaming

Pada posisi ke 3 Rekomendasi prosessor Untuk kebutuhan Gaming dari admin adalah Prosessor AMD Ryzen 7 3800X. Dimana prosessor buatan AMD yang satu ini sudah dibekali dengan CPU 8 Core dan 16 Thread dengan Clock Speed yang menembus angka 4,5 GHz yang admin rasa sudah sangat mencukupi untuk menjalankan beberapa Game berat saat ini dengan settingan rata kanan.

Sama seperti prosessor AMD Ryzen 9 3900X yang admin sebutkan diatas tadi, Prosessor AMD Ryzen 7 3800X ini punya base Clock 3,9 GHz yang bisa di Boost hingga 4,5 GHz, dan tentunya sudah punya L2 Cache 4MB dengan L3 Cache yang mencapai 32MB, yang mana ini artinya akan sangat membantu untuk menambah performa dari prosesor yang satu ini.

Beberapa game dengan grafik yang tinggi seperti Microsoft Flight Simulator (2020), Hitman 2, Far Cry 5, The Witcher 3: Wild Hunt, Deus Ex: Mankind Divided, Rise of the Tomb Raider dan Assassin’s Creed Odyssey mampu dijalankan dengan mulus oleh Prosessor yang satu ini.

Untuk spesifikasi yang lebih detail dari Prosessor AMD Ryzen 7 3800X ini bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Spesifikasi Prosessor AMD Ryzen 7 3800X

Segmen

PC

Nomor Prosessor

7-3800X

L2 Cache

L3 Cache

4MB

32MB

Core

8

Thread

16

Frekuensi

3,9 GHz

Maksimal Frekuensi

4,5 GHz

Jenis Dukungan RAM

DDR4-3200

Maksimal RAM

-

Maksimal Jumlah RAM

2

TDP

105 Watt

Perkiraan Harga

Rp 5.620.000 Hingga 5.949.000 ( Update: Bulan Januari 2021 )

Walaupun AMD Ryzen 7 3800X ini merupakan prosessor yang sedikit lebih rendah dibandingkan kakaknya yakni AMD Ryzen 9 3900X, namun untuk performa yang ditawarkan proessor yang satu ini sama sekali tidak bisa di remehkan.

Untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin per bulan januari 2021 ini dimulai dari angka Rp 5.620.000 hingga harga tertingginya yang menyentuh angka Rp 5.494.000. Note: Harga tersebut masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun, untuk harga terbarunya bisa langsung cek disini.

AMD Ryzen 5 3600X
4 Rekomendasi Prosessor Untuk Komputer Gaming

Terakhir Rekomendasi prosessor untuk komputer gaming yang akan admin rekomendasikan adalah Prosessor AMD Ryzen 53600X. Walaupun Prosessor yang satu ini merupakan Prosessor dengan seri yang paling rendah dari AMD, Namun performa yang ditawarkan oleh AMD Ryzen 5 3600X ini sama sekali tidak bisa dianggap remeh dikelasnya.

Karena AMD Ryzen 5 3600X ini punya Base Clock 3,8 GHz yang masih bisa tembus hingga 4,4 GHz berkat fitur Turbo Boost nya. Untuk CPU nya sendiri prosessor yang satu ini pun dibekali dengan CPU 6 Core dan 12 Threads dengan CMOS TSMC 7nmFenFeet yang tentunya akan sangat membantu untuk mendongkrak perfroma dari prosessor yang satu ini.

Sedangkan konsumsi dayanya lebih rendah dibandingkan dengan kedua prosessor AMD yang sudah kita bahas di atas sebelumnya yakni hanya 95 Watt saja, tapi walaupun daya yang dikonsumsi oleh prosessor yang satu ini lebih kecil, namun perfroma yang di tawarkan sudah sangat mencukupi untuk diajak bermain game berat sekalipun.

Walaupun sekali lagi tidak akan semulus menggunakan prosessor yang lebih tinggi dari seri AMD Ryzen 5 3600X ini. Untuk spesifikasi yang lebih lengkapnya bisa dilihat pada tabel di bawah ini.

Spesifikasi Prosessor AMD Ryzen 5 3600X

Segmen

PC

Nomor Prosessor

5-3600X

L2 Cache

L3 Cache

4MB

32MB

Core

6

Thread

12

Frekuensi

3,8 GHz

Maksimal Frekuensi

4,4 GHz

Jenis Dukungan RAM

DDR4-3200

Maksimal RAM

-

Maksimal Jumlah RAM

2

TDP

95 Watt

Perkiraan Harga

Rp 3.735.000 Hingga 3.950.000 ( Update: Bulan Januari 2021 )

Beberapa game yang mampu dijalankan dengan lancar oleh prosessor AMD Ryzen 5 3600X ini diantaranya adalah Age of empires II HD Edition, Rise of nations, Stellaris : Ancient Relic, Dota 2, Skyrim, Minecraft, Warthunder, Stronghold crusader HD dan masih banyak lagi game-game lainnya yang mampu dijalankan oleh prosessor buatan AMD yang satu ini.

Untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin per bulan  januari 2021 ini dimulai dari angka Rp 3.735.000 hingga harga tertingginya yang mencapai Rp 3.950.000. Namun perlu menjadi catatan kalau harga tersebut masih bisa berubah kapan pun dan dimana pun, selalu pantau harga terbarunya atau silahkan cek disini.

Nah, itulah 4 Rekomendasi Prosessor untuk komputer gaming yang bisa admin share pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk anda yang ingin membangun PC Gaming kesayangan anda, Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjuntya.

 


Attailah Petir
Attailah Petir Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Post a Comment for "4 Rekomendasi Prosessor Untuk Komputer Gaming"