Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda

AttailahPetir Pada dasarnya tidak semua mobil tua bisa disebut sebagai mobil kuno. Karena memang ada pembatasan kriteria tertentu yang membuat mobil tua layak untuk disebut sebagai sebuah mobil kuno. 

4 Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda

Di Indonesia sendiri para penggemar mobil kuno bahkan membentuk perkumpulan mereka beri nama  dengan Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI). Pada perkumpulan tersebut, sebuah mobil baru layak disebut sebagai mobil kuno kalau sudah berusia minimal 40 tahun dari tahun berjalan.

Adapun definisi dari mobil kuno di tiap negara sebenarnya cenderung berbeda-beda, klub penggemar mobil klasik yang ada di Amerika Serikat bahkan membuat istilah "historical vehicle" untuk mobil yang sudah mulai diproduksi setelah tahun 1922 lalu.

Terminologi di negara Jerman dan juga Inggris berbeda-beda, karena setiap negara memiliki ukuran sendiri-sendiri. Sedangkan di Indonesia, PPMKI menerapkan patokan kalau sebuah mobil baru bisa disebut kuno jika usianya di bawah tahun 1979.

Adapun ukuran sebuah mobil baru layak untuk disebut kuno kalau memang mobil tersebut sudah berusia minimal 40 tahun, dan hal tersebut merupakan hasil kesepakatan yang tertuang dalam AD/ART PPMKI 2017 lalu.

Sedangkan mobil klasik merupakan mobil-mobil dengan tahun pembuatan dibawah 1970-an lalu. Sebuah  mobil akan dinilai semakin klasik jika seandainya umur dari mobil tersebut yang semakin tua. Sementara untuk mobil retro adalah mobil-mobil yang memang dibuat pada kisaran tahun 1980-an hingga tahun 1990-an lalu.

Di indonesia sendiri terdapat 10 mobil klasik yang pernah populer, dan berasal dari berbagai brand. Ke 10 mobil tersebut bisa anda cek di bawah ini.

  1. Mercedes Benz 450 SLC
  2. BMW E30 325I Hartge
  3. Mercedes Benz 190E AMG
  4. Jeep Wrangler TJ
  5. Volkswagen Beetle
  6. Holden Kingswood
  7. Mini Morris
  8. Chrysler Imperial Ghia
  9. Fiat 12000.
  10. Volkswagen Kombi

Dari ke 10 mobil tersebut, apakah anda pernah memiliki salah satunya? Atau bahkan anda pernah mempunyai semua mobil klasik tersebut di garasi anda?

Sebenarnya selain ke 10 mobil klasik tersebut, masih ada 4 mobil yang menurut admin masih cocok disebut sebagai mobil klasik dan masih terlihat keren untuk ditunggangi oleh anak muda.

4 Mobil Klasik Yang Cocok Untuk Anak Muda tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

BMW E30
BMW E30

Pada posisi pertama mobil Klasik Yang Cocok Untuk Anak Muda dan mungkin cocok untuk dipertimbangkan adalah BMW E30. Di Indonesia sendiri BMW E30 ini sudah dibekali dengan mesin berkapasitas 1.800 cc 4 silinder yang mengadopsi sistem injeksi L Jetronic (M10) dan Motronic (M40). 

Selain itu, mobil ini sudah menggunakan penggerak roda depan, adapun mesin M10 tersebut mampu menyemburkan tenaga hingga 105 HP dengan torsi 140 Nm, sedangkan pada unit M40 tenaga yang mampu dihasilkan adalah sebesar 115 HP dengan torsi 165 Nm.

Kalau dilihat pada zamannya, tenaga yang dihasilkan oleh mesin BMW E30 ini bisa dibilang lumayan kencang dan istimewa. Selain itu, mesin BMW E30 318i juga dikenal akan kehandalannya, hal tersebut masih berlaku hingga sekarang jika mesinnya dirawat secara rutin.

Untuk merasakan performa mobil BMW dimasa lalu, pengguna juga bisa melakukan perpindahan gigi dengan lebih maksimal, hal tersebut bisa terjadi berkat penggunaan transmisi manual 5 percepatan, tapi untuk mereka yang lebih suka mengemudi dengan lebih mudah juga masih tersedia varian transmisi otomatis 3 percepatan. 

Suspensi yang bersifat independen dengan rem cakram yang sudah tersedia pada keempat rodanya juga bisa membuat rasa mengemudi menjadi lebih nyaman. Untuk mesin M40 sendiri berdasarkan hasil test yang dilakukan oleh beberapa riviewer mobil indonesia, akselerasi yang berhasil didapat dari 0-100 km / jam hanya dalam waktu 11 detik saja tapi tentu dengan catatan kalau mobil ini dalam kondisi yang sehat. 

Jika anda memiliki keberanian, BMW E30 ini mampu membawa anda hingga ke Top Speed 180 km / jam dengan begitu gampang. Dengan kata lain, Mobil BMW E30 benar-benar merupakan mobil yang bisa dibilang sangat fun to drive. 

Suspensinya juga cukup kuat untuk menahan mobil dalam guncangan keras, tetapi tapi juga masih sangat nyaman untuk digunakan perjalanan jauh.

Tidak hanya itu, diindonesia BMW E30 ini juga pernah populer pada masanya, terutama pada era 1980-an. Yang mana pada saat itu, Mobil BMW yang satu ini pernah dikendarai oleh si Boy di film Catatan Si Boy.

BMW E30 ini juga menjadi salah satu mobil BMW yang menjadi tunggangannya anak-anak para konglomerat. Jadi wajar kalau Mobil Klasik BMW yang satu ini masih sangat-sangat cocok untuk digunakan oleh mereka yang berjiwa muda.

Datsun Bluebird 510
Datsun Bluebird 510

Kalau berbicara tentang Datsun Bluebird 510 tentu kita tidak boleh melewatkan sejarah dari mobil ini yang tidak lepas dari kerja keras Yutaka Katayama atau yang lebih dikenal dengan nama sapaan Mr. K yang merupakan inisial dari namanya. 

Sebelum munculnya Datsun 510 ini, datsun hanyalah pembuat mobil ekonomis yang memang hanya mengandalkan keiritan konsumsi bahan bakarnya sebagai nilai jual utama setiap mobil yang mereka produksi. Namun, Pada tahun 1960 lalu nissan selaku pemilik Datsun mengirim Katayama-san ke Amerika Serikat untuk mempelajari lebih jauh seperti apa selera orang-orang yang berada diluar Jepang pada sebuah mobil. 

Disanalah ia mempelajari bahwa gaya dan juga fun to drive merupakan sesuatu yang sangat penting untuk orang luar layaknya yang ada pada sedan sport kecil seperti BMW 1600-2. Pada saat kembali ke Jepang, disanalah ia baru memulai untuk menciptakan BMW 1600-2 versinya sendiri.

Dengan desain dari Teruo Uchino yang merupakan pegawai Nissan dari devisi desain di Nissan Jepang, maka lahirlah Datsun 510 yang kedepannya menjadi populer dan disebut "poor man's BMW" karena memang sensasi berkendaranya mirip-mirip dengan BMW (Neue Klasse dan BMW 02) namun dijual dengan harga yang lebih terjangkau.

Mesin yang digunakan Datsun 510 ini sendiri merupakan mesin Nissan L16, yang mana mesin ini sudah menggunakan teknologi OHC 4 silinder dengan kapasitas 1600cc yang mampu menghasilkan tenaga hingga 96Hp pada putaran mesin 5600Rpm dan torsi 135 Nm pada putaran mesin 3600Rpm ( tenaga dan kapasitas mesin bisa berbeda-beda di tiap varian ).

Namun, dikarenakan mobil ini merupakan mobil yang sudah lumayan berusia, maka sangat wajari kalau sistem suplai bahan bakar kedalam ruang bakar mesin masih menggunakan sistem karburator twin barrel dari Hitachi. 

Teanga dari mesin Datsun Bluebird 510 ini disalurkan melalui transmisi 4 percepatan syncromesh ke dua buah roda belakang. Jadi dengan kata lain, meskipun ukurannya lebih kecil dibandingkan BMW 1600-2 yang menjadi acuan pengembangan mobil ini, tapi selisih 30Hp tentunya tidak terlalu menjadi masalah untuk kelas sedan yang bobotnya kurang dari 1 ton ini.

Selain dari beberapa hal yang sudah admin sebutkan diatas, masih ada fakta lainnya yang membuat Datsun Bluebird 510 ini jadi lebih menarik lagi, yakni angka penjualannya yang begitu fantastis sejak pertama kali di luncurkan dipasaran Amerika Serikat.

Karena mampu terjual sebanyak 45.000 unit dalam waktu yang sangat singkat. Sebenarnya mobil klasik buatan Datsun ini masih cocok digunakan oleh para anak muda hingga saat ini.

Seperti yang sudah kita bahas diatas tadi kalau Datsun ini merupakan anak pabrikan dari Nissan, maka sangat wajar kalau mesin yang digunakan pada Datsun Bluebird 510 yang merupakan mesin yang mirip-mirip dengan mesin yang digunakan pada nissan Skyline dan juga Fairlady Z.

Toyota Hardtop
Toyota Hardtop

Salah satu brand mobil yang sudah sangat melekat dihati kebanyakan orang indonesia dari dulu hingga sekarang tidak lain adalah Toyota.

Hingga saat ini, masih ada satu mobil buatan toyota yang masih cocok untuk digunakan oleh mereka dari kalangan anak muda dan mungkin bisa jadi pertimbangan untuk anda yang hendak meminang mobil klasik.

Mobil tersebut adalah toyota Hardtop, Hardtop ini sendiri merupakan nama lain dari Toyota Land Cruiser yang pertama kali rilis di Jepang pada tahun 1951 lalu. Amerika Serikat yang memesan langsung mobil ini ke pihak Toyota yang kemudian mengganti namanya dengan Jeep BJ.

Nama mobil ini baru berubah di tahun 1954 lalu, dimana pada saat nama Land Cruiser dikenalkan Toyota secara resmi dan langsung mendapatkan kompetitor kuat asal Inggris yakni Land Rover. Setelah itu, keduanya lantas menaruskan kompetisi mereka sebagai produk mobil jip yang dinekal dunia hingga saat ini.

Toyota Hardtop atau Landcruiser FJ40 ini sudah dibekali dengan mesin yang tangguh yakni mesin berkapasitas 3,9 liter F-OHV yang mempu menghasilkan tenaga hingga 125 PS pada putaran mesin 3600Rpm. Torsinya juga lumayan besar untuk sekelas mobil yang sudah lumayan berusia yakni mencapai 290Nm yang sudah bisa diraih pada putaran mesin 2000rpm saja.

Tapi bagi sebagian pengguna mobil ditanah air, mesin tersebut tergolong boros karena hanya mampu mencatat angka 8 higga 9 Km/liter. Namun hal tersebut wajar-wajar saja menurut admin karena memang mobil ini merupakan mobil yang bisa diajak ke segala medan.

Selain itu, fakta menarik lainnya tentang Toyota Hardtop ini adalah FJ40 pernah digunakan sebagai kendaraan pasukan Cakrabirawa di tahun 1963 lalu. Jadi, seharusnya histori tersebutlah yang bisa menjadi salah satu nilai tambah akan kegagahan dari mobil pabrikan toyota yang satu ini.

Awal-wal kedatangan mobil ini adalah karena di inisiasi oleh presiden Soeharto yang berkunjung ke jepang dan merasa langsung terkesima pada saat melihat FJ40 ini yang kemudian memutuskan untuk memboyong mobil ini ke indonesia sebagai kendaraan militer.

Namun setelah beberapa tahun kemudian, barulah mobi Toyota Hardtop ini digunakan oleh kebanyakan orang indonesia sebagai kendaraan pribadi yang mapu melibas segala medan. Maka tidak terlalu berlebihan rasanya kalau sewaktu-waktu anda masih bisa menemukan orang yang menggunakan Toyota Hardtop ini sebagai mobil yang mereka gunakan untuk Off-road.

Toyota Corolla DX KE70
Toyota Corolla DX KE70

Masih dari brand Toyota, terakhir mobil yang mungkin cocok untuk anda pertimbangkan bagi anda yang masih berjiwa muda adalah Toyota Corolla DX KE70.

Desain Toyota Corolla DX KE70 ini yang agak mengotak seakan memberikan identitas tersendiri bagi mobil ini saat dibawa kejalanan sebagai sebuah mobil tua. Dulunya mobil ini sempat menjadi primadona dikalangan masyarakat indonesia pada era tahun 1980 hingga tahun 1990-an.

Karena memang pada awal-awal kemunculannya yang kerap kali menjadi salah satu kendaraan yang paling dilirik oleh kebanyakan orang pada saat sedang melintasi jalan raya. Hal tersebut memang sangat wajar terjadi, karena pada saat itu Toyota Corolla DX KE70 ini merupakan salah satu mobil yang memiliki desain yang cukup futuristik.

Selain itu, Toyota Corolla DX KE70 ini juga sudha dibekali dengan mesin berkode 4K-U 1,3 liter yang mampu menghasilkan tenaga hingga 62HP dengan torsi 97Nm yang sudah tergolong besar pada masanya. Meskipun memang untuk sekarang ini tenaga yang dihasilkan tersebut sudah terasa kurang, karena memang sudah ada mobil-mobil lain yang memiliki tenaga yang lebih besar.

Adapun konsumsi bahan bakar Toyota Corolla DX KE70 ini juga tergolong irit untuk sebuah mobil yang menggunakan mesin NA yang masih belum menggunakan teknologi modern yang dapat memaksimalkan pembakaran bahan bakar yang lebih efisien.  Namun dengan konsumsi bahan bakar 9 hingga 12Km/liter admin rasa pengguna mobil ini masih bisa mentolelir hal tersebut.

Untuk harganya sendiri berdasarkan pantauan admin pada saat postingan ini admin publish, harga Toyota Corolla DX KE70 ini berkisar di angka Rp 11,5 juta hingga ada yang menjual dengan harga yang masih sangat tinggi yang mencapai Rp 82 juta ( tentu dengan catatan kalau mobil tersebut dalam konsisi yang sangat spesial dan keluaran tahun yang paling muda diantara mobil-mobil lainnya ).

Nah, itu dia sedikit banyaknya informasi yang bisa admin share untuk anda tentang 4 Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda yang berhasil admin rangkum dan bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini. Semoga informasi yang sudah admin rangkum dan admin share pada postingan kali ini bermanfaat & bisa menjadi referensi untuk anda yang sedang mencari Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda jika memang anda masih berjiwa muda, Terimakasih & Sampai Jumpa pada postingan selanjutnya.

Posting Komentar untuk "4 Mobil Tua Yang Cocok Untuk Anak Muda"