4 Rumah Adat Terbaik di Indonesia

AttailahPetir Indonesia merupakan salah satu negara dengan kepulauan terbanyak di dunia, sebagai sebuah negara yang punya banyak pulau, tentu indonesia ini juga memiliki sangat banyak ragam badat dan juga budaya di setiap daerahnya.

4 Rumah Adat Terbaik di Indonesia

Begitu pula halnya dengan rumah adat dari setiap daerah yang ada di indonesia ini yang punya desain uniknya tersendiri. Hampir setiap daerah di indonesia yang memiliki rumah adat dengan bentuk dan model yang bisa dikatakan berbeda-beda baik itu dari segi desain, hingga interiornya yang terlihat lumayan berbeda walaupun pada satu daerah.

Masing-masing rumah adat dari setiap daerah punya nilai budayanya masing-masing dan makna tersendiri yang terkandung dalam bentuk rumah adat mereka. Tidak hanya itu, bahan yang digunakan untuk membangun rumah adat itupun juga bisa berbeda-beda untuk setiap daerahnya.

Maka dari itu, sudah seharusnya indoensia ini disebut sebagai sebuah negara yang kaya baik dari sumber daya alam, adat dan budaya, hingga Rumah Adat yang ada di berbagai daerah di seluruh nusantara ini. Pada postingan kali ini admin ingin mengajak anda semua untuk melirik rumah adat terbaik yang ada di indonesia, lebih tepatnya 4 Rumah Adat Terbaik di indonesia menurut admin pribadi.

Pada dasarnya setiap rumah adat yang ada di indonesia ini punya desain menariknya tersendiri dan semuanya terlihat menarik, namun jika admin harus memilih 4 yang terbaik. Maka rumah adat yang akan admin sebutkan pada postingan ini merupakan yang paling bagus ( Menurut Admin Pribadi ).

Penasaran rumah adat mana saja? Mari kita ulas langsung di bawah ini.

Rumah Adat Sumatera Utara ( Bolon )

4 Rumah Adat Terbaik di Indonesia

Dari sekian banyak rumah adat yang ada di berbagai pelosok di seluruh nusantara ini, Rumah adat yang berasal dari Sumatera utara ini atau yang lebih dikenal dengan bolon merupakan rumah adat terbaik yang ada di indonesia.

Rumah adat yang satu ini punya desain yang unik saat dilihat dari berbagai sudut pandang mulai dari bentuk atapnya yang meruncing hingga bentuk dan model dari rumah adat yang satu ini pun seakan punya ciri khas tersendiri.

Tapi jika dilihat lebih jauh lagi dari bentuk ujung atap dari rumah adat yang satu ini, mungkin kebanyakan orang akan langsung teringat dengan salah satu rumah adat yang juga masih berasal dari pulau sumatera juga yang lebih tepatnya rumah adat masyarakat sumatera barat. Karena seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya kalau bentuk ujung dari atap rumah adat bolon ini punya bentuk yang lumayan tinggi dan meruncing.

Namun hal unik lainnya yang admin temukan disini adalah kalau Rumah Adat Sumatera utara ini punya hubungan yang sangat erat dengan Aceh, karena berdasarkan informasi yang admin kutip dari Kompas.com, Bolon memiliki arti Rumoh Aceh ( Rumah Adat Masyarakat Aceh Besar ). 

Selain itu Bolon ini juga bisa diartikan sebagai Rumah Besar karena memang ukuran dari rumah adat yang satu ini yang tidak bisa dibilang kecil. 

Pada zaman dulu, Rumah Adat bolon ini di tinggali oleh para raja yang ada di Sumatera Utara. Beberapa raja yang pernah tinggal di Rumah bolon tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tuan Ranjinman
  • Tuan Naga Raja
  • Tuan Batiran
  • Tuan Baringin dan juga beberapa raja lainnya yang pernah tinggal di rumah bolon ini.

Rumah Adat Sumatera Barat ( Gadang )

4 Rumah Adat Terbaik di Indonesia

Selanjutnya rumah adat terbaik yang ada di indonesia yang akan kita bahas pada video kali ini adalah rumah adat gadang yang berasal dari provinsi sumatera barat. Walaupun hanya sekedar penyebutannya saja, tapi rumah adat dari provinsi sumatera barat ini sudah admin singgung diatas tadi meskipun tidak admin bahas secara lebih mendetail.

Sedikit berbeda dengan rumah adat bolon dari sumatera utara tadi, Rumah adat gadang ini punya desain yang terlihat lebih simpel meskipun ujung atap dari Rumah ada tersebut pada dasarnya sama-sama meruncing.

Jika ujung dari atap Rumah adat bolon hanya terdiri dari 2 bagian saja, maka disinilah perbedaan yang paling terlihat yang bisa untuk membedakan kedua rumah adat tersebut, karena untuk Rumah Adat Gadang dari sumatera barat ini punya beberapa ujung atap yang memang sama-sama meruncing dalam 1 bangunan rumahnya.

Selain itu bentuk dari Rumah adat Gadang ini terlihat lebih rumit dibandingkan dari beberapa Rumah adat yang berasal dari daerah lainnya di indonesia. Yang menjadi nilai lebih dari Rumah adat yang satu ini adalah keberadaannya yang tidak hanya bisa ditemui di tanah minangkabau semata, akan tetapi bagi anda yang sudah pernah ke malaysia juga pastinya sudah pernah melihat bangunan yang sangat mirip dengan Rumah Adat Gadang ini di negara tetangga kita tersebut

Untuk atap dari rumah adat ini sendiri dulunya dibuat dari bahan ijuk yang terkenal kuat dan juga awet. Namun untuk sekarang ini, bahan tersebut sudah mulai ditinggalkan dan diganti dengan bahan seng yang lebih mudah untuk didapat dibandingkan dengan bahan ijuk.

Rumah Adat Aceh ( Krong Pade )

4 Rumah Adat Terbaik di Indonesia

Aceh merupakan provinsi paling barat dari pulau sumatera, layaknya provinsi-provinsi lain yang ada di indonesia. Aceh ini sendiri juga memiliki ragam adat dan budayanya tersendiri yang menarik untuk dilirik, begitu juga untuk rumah adat mereka yang kalah menarik untuk dibahas.

Seperti beberapa rumah adat lain yang sudah kita bahas tadi, Rumah adat dari provinsi aceh ini juga masih berbentuk rumah panggung dengan ketinggian nya yang mencapai 2,5 hingga 3 meter. Setiap bagian dari rumah aceh ini juga punya namanya tersendiri seperti Seuramo Keu, Seuramo Teungoh, Seuramo Likot dan juga bagian yang paling wajib ada yakni Dapu Rumoh atau yang lebih dikenal dengan bagian dapurnya.

Sedangkan bagian atap dari Rumah Adat Aceh ini sendiri juga bisa digunakan untuk menyimpan pusaka keluarga. 

Pada bagian bawah dari rumah aceh ini kita juga akan melihat lumayan banyak tiang yang digunakan untuk menopang Rumah ini sendiri, yang mana jumlah tiangnya bisa sampai 24 tiang banyaknya. Bagian pintunya sendiri memliki tinggi hingga 150 cm.

Beberapa bahan utama yang digunakan untuk membangun Rumah adat Aceh ini sendiri diantaranya ada Kayu, Papan, Bambu, Tali Pengikat, Daun Lumbia dan juga masih ada beberapa bahan lain sebagai pelengkap. 

Sebagai sebuah rumah panggung, tentu Rumah adat Aceh ini punya bagian bawah yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan bahkan bisa dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat, namun untuk Rumah Aceh zaman dulu, bagian bawahnya digunakan untuk menyimpan padi dan beberapa hasil panen lainnya, atau dengan kata lain kalau bagian bawahnya ini bisa digunakan sebagai sebuah gudang.

Rumah Adat Bangka Belitung ( Rakit Limas )

4 Rumah Adat Terbaik di Indonesia

Pada posisi terakhir Rumah Adat Terbaik di Indonesia yang akan kita coba bahas pada postingan kali ini adalah Rumah Adat dari Provinsi Bangka Belitung atau yang dikenal dengan Nama Rakit Limas. Sebagai sebuah provinsi namanya berasal dari 2 buah nama pulau di indonesia yakni Pulau Bangka dan Juga Pulau Belitung, Rumah adat yang satu ini punya desain yang lumayan berbeda dengan ketiga rumah adat yang sudah kita bahas sebelumnya.

Karena jika diperhatikan lebih jauh lagi, bentuk dari rumah adat yang satu ini lebih mirip dengan rumah-rumah dari masyarakat Tionghoa. Selain itu, rumah adat yang satu ini juga lebih unik dibandingkan dengan ketiga rumah adat yang sudah admin sebutkan sebelumnya, karena rumah adat yang satu ini yang memang dibagun diatas Air.

Untuk bahan-bahan yang digunakan dalam pembangunan rumah ini pun tidak akan luput dari bahan-bahan yang bisa mengapung di atas air layaknya bambu. Bambu yang digunakan tersebut juga bukan sembarang bambu, namun bambu Manyan yang bisa digunakan sebagai pelampung agar Rumah yang akan dibangun diata nantinya tidak mudah tenggelam.

Nah, Itu dia 4 Rumah Adat Terbaik di Indonesia yang bisa admin share untuk anda pada postingan kali ini, semoga informasi tersebut bisa berguna dan bisa menambah wawasan anda selaku pengunjung. Semmoga bermanfaa, Terimkasih & Sampai Jumpa.


Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »