4 Kota Terindah di Indonesia

Attailah PetirIndonesia merupakan sebuah negara yang luas dan memiliki sangat banyak daerah. Setiap daerah yang ada di indonesia tentu memiliki kota nya masing-masing, selain dari suku dan beraneka ragam budaya juga bisa di temui di negeri tercinta ini.
City
City
Berdasarkan beberapa sumber yang admin dapatkan, indonesia memiliki 34 kota yang tersebar di berbagai belahan bumi nusantara ini, namun dari 34 kota tersebut admin berhasil merangkum 4 kota yang menjadi kota terindah di indonesia ini. 4 Kota Terindah di Indonesia tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.


Bukit Tinggi
merupakan kota dengan perekonomian terbesar kedua di Provinsi Sumatra Barat, luas wilayah dari kota bukit tinggi ini adalah sebesar 25.24 Kilometer persegi dengan kepadatan penduduk yang mencapai 110.954 jiwa pada tahun 2015 lalu, dan untuk sekarang ini mungkin bisa lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya.

Kota Bukittinggi berada di antara Bukit Barisan yang membujur sepanjang pulau Sumatra yang dan dikelilingi oleh dua gunung berapi yaitu Gunung Singgalang dan juga Gunung Marapi. Kota ini berada di ketinggian 909–941 meter di atas permukaan laut dan memiliki hawa udara yang sejuk dengan suhu berkisar antara 16.1–24.9 °C. 

Sementara itu, dari total luas wilayah Kota Bukittinggi saat ini (25,24 km²), 82,8% telah diperuntukkan menjadi lahan budidaya, sedangkan sisanya merupakan hutan lindung.

Kota Bukit Tinggi ini juga mempunya topografi yang berbukit-bukit dan berlembah, beberapa bukit tersebut diantaranya tersebar dalam wilayah perkotaan yang di antaranya adalah Bukit Ambacang, Bukit Tambun Tulang, Bukit Mandiangin, Bukit Campago, Bukit Kubangankabau, Bukit Pinang Nan Sabatang, Bukit Canggang, Bukit Paninjauan, dan sebagainya. 

Selain itu, terdapat lembah yang dikenal dengan Ngarai Sianok dengan kedalaman yang bervariasi antara 75–110 m, yang di dasarnya mengalir sebuah sungai yang disebut dengan Batang Masang, walaupun memiliki kepadatan penduduk yang lumayan banyak, namun kota bukit tinggi ini tetap memiliki struktor kota yang tertata sangat rapi.


Ambon
Kota kedua yang menjadi kota terindah di indonesia adalah kota Ambon, kota ambon ini memiliki luas wilayah total sebesar 377 kilometer persegi dengan kepadatan penduduk yang mencapai 427.034 jiwa.

Asal mula nama ambon ini tidak lain adalah Ombong yang tidak lain bermakna embun jika ti kutip dari bahasa daerahnya, memang puncak gunung pulau ambon ini sering ditutupi oleh embun tebal, maka dari hal tersebut dinamailah kota ambon ini dengan nama Ombong dan menyebutnya dengan kata ambon.

Selain itu, ambon juga dikenal sebagai daerah asalnya kapiten Pattimura, sebagai salah satu pahlawan nasional indonesia,  yang menjadi keunggulannya kota ambon ini adalah pemandangan pantai yang mampu menarik sangat banyak perhatian para pengunjung, terutama mereka yang datang dari luar daerah.

Dikarenakan keindahan dari kota ambon ini, orang-orang sering menyebut kota ambon ini dengan istilah ambon manise atau ambon manis.


Mataram
Mataram merupakan salah satu kota terindah di indonesia dikarenakan kota mataram ini masuk kedalam 10 besar kota terindah di indonesia, keindahan pantai yang dimiliki kota mataram ini mampu menyamai keindahan dari pulau dewata bali yang sudah terkenal ke berbagai penjuru dunia.

Selain itu kota mataram ini juga menjadi pusat pendidikan di indonesia bagian timur, kota mataram ini juga memiliki kepadatan penduduk hingga 419.506 jiwa, dan pantai yang menjadi iconnya kota mataram ini tidak lain adalah pantai senggigi.

Setiap pengunjung yang datang ke kota mataram ini akan kebingungan dalam memilih fasilitas yang tersedia di kota ini, dikatenakan kota mataram ini memiliiki sangat banyak fasilitas yang bisa digunakan oleh para pengunjung.


Sabang
Sabang merupakan sebuah kota yang indah yang berada di ujung barat pulau sumatera, kindahan kota sabang mampu marik perhatian banyak orang dari berbagai penjuru daerah, tidak hanya di indonesia, tapi juga di dunia, dan yang spesial yang bisa di temui di kota sabang ini tidak lain adalah tugu kolometer nol yang tidak akan pernah bisa ditemui di tempat lain di indonesia.

Kota sabang memiliki luas wilayah yang hanya 153 Kilometer persegi, dengan populasinya yang hanya 40.040 jiwa, Keindahan kota sabang mampu menarik perhatian dunia walaupun tidak terlalu ramai diperbincangkan publik, namun tidak sedikit dari orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke sabang dan memilih kembali ke kota yang satu ini dikarenakan keindahan pantainya yang sangat luar biasa.



Saya Attailah asal Aceh 26 tahun hobi menulis.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »